Intip Inspirasi 8 Padu Padan Busana Hijab Kasual dan Tutorial Hijab ini, yuk!

Bagi perempuan muslim, memakai hijab adalah suatu kewajiban. Meski begitu, kita bisa saja memilih pakaian hijab yang nyaman namun tetap sesuai aturan. Seringkali merasa bingung untuk memadankan busana hijab kasual? Yuk, baca panduan menggunakan busana hijab kasual di artikel ini.

Busana Muslim Kasual untuk Penampilan Harian

Siapa yang bilang kalau baju muslim hanya bisa digunakan untuk acara resmi saja? Semakin berkembangnya mode busana muslim, membuat pakaian ini semakin beragam. Sehingga saat ini baju muslim bisa dipakai kapan pun dan di mana pun dalam suasana apa saja.

Saat liburan maupun saat santai di rumah kamu bisa tetap memakai baju muslim. Untuk kamu yang seorang muslim, menutup aurat itu wajib. Sehingga tak salah, dong, jika kamu tetap berhijab meski sedang santai di rumah. Tapi tentu saja, baju muslim untuk saat santai jelas berbeda dengan baju muslim untuk acara formal atau pesta, ya.

Sesuaikan penampilan dan pilihan baju muslim kamu dengan acara yang akan dihadiri. Kalau memang lagi santai dan acara kasual, kenakan busana muslim yang santai dan tak terlalu resmi juga. Yuk, lihat bagaimana tampil fun dan kasual sehari-hari dengan baju muslim santai ala BP-Guide.

Tutorial Dasar Penggunaan Hijab

Untuk tampil dengan busana muslim yang santai tentunya dibutuhkan penampilan keseluruhan yang kasual juga. Namun yang terpenting dalam busana muslim tentu adalah hijabnya.

Kamu harus tahu bagaimana caranya tampil rapi dan nyaman meski tengah suasana santai. Model jilbabnya yang simple saja agar tak terlalu rumit dan lebih nyaman. Yuk, tengok tutorial pemakaian jilbab dasar dan santai dari BP-Guide.

Jilbab Paris

Sumber gambar hijabyuk.com

Untuk kamu yang menggunakan hijab, pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan jilbab paris yang satu ini. Kerudung yang terbuat dari bahan katun tipis ini sangat nyaman digunakan. Cara menggunakan jilbab paris pun sangat mudah, kok. Kamu hanya membutuhkan ciput, 1 jilbab paris, dan beberapa jarum pentul.

Yuk, simak tutorial di bawah ini. Jika kamu bingung, kamu bisa melihatnya lebih jelas lewat gambar di atas.

Cara menggunakan:

  • Pasanglah ciput dan rapikan rambut-rambut yang masih keluar. Kemudian lipatlah jilbab paris menjadi segitiga.
  • Setelah itu pasang di kepala dan buat bagian sebelah kiri menjadi lebih pendek.
  • Kemudian putar bagian panjang melewati leher kemudian ke belakang kepala. Jangan lupa sematkan jarum pentul agar jilbab tidak bergerak.
  • Setelah itu rapikan bagian ujung-ujung jilbab. Masukkan ke dalam baju, atau selipkan ke bagian bawah leher.

Jilbab Pashmina

Sumber gambar bacaterus.net

Buat kamu yang tidak suka menggunakan jilbab paris, kamu bisa memilih pakai jilbab pashmina, nih. Jilbab model yang lebih panjang dari jilbab paris ini berbahan wol kashmir. Cocok banget untuk dikenakan saat apa saja untuk kesan kasual maupun formal.

Yuk, langsung saja siapkan peniti, bros, inner ninja, dan pashmina.

Cara menggunakan

  • Pakai inner ninja lalu letakkan pashmina di kepala dengan satu bagian lebih panjang.
  • Kemudian satukan kedua sisi hijab pashmina dengan peniti.
  • Tarik bagian kanan dari hijab, lalu letakkan di atas kepala dan sematkan pentul.
  • Setelah itu tarik bagian kiri melewati leher kemudian letakkan di kepala dan sematkan dengan pentul
  • Rapikan.

Jilbab Paris Segi Empat

Sumber gambar hijabyuk.com

Model hijab memang tak ada batasnya. Ada saja model terbaru yang diciptakan dari sebuah jilbab. Apalagi jilbab paris segi empat. Banyak gaya yang bisa dibuat dari satu jilbab ini. Coba tutorial lain dari jilbab segi empat, yuk. Siapkan bros, jarum pentul, ciput, dan jilbab.

Cara menggunakan

  • Lipat hijab menjadi bentuk segitiga lalu letakkan dengan posisi kanan kiri sama panjang.
  • Lanjut dengan menyematkan di bagian leher dan rapikan.
  • Ambil sedikit sisi jilbab dan sematkan dengan bros di bagian sisi kepala. Kemudian rapikan.

Tips Padu Padan Busana Hijab

Tentu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memadankan busana hijab. Kamu bisa perhatikan bahan yang kamu pakai untuk baju muslim santai kamu, nih. Sebaiknya kamu tidak memilih bahan tebal dan kaku. Pilihlah bahan bertekstur lembut dan jatuh agar berkesan flowy dan kasual.

Untuk warna pun kamu bisa memilih warna cerah agar terkesan lebih ceria. Namun jika lebih menyukai suasana kalem, kamu boleh juga mengenakan warna pastel yang lembut. Terakhir, pastikan juga model hijabnya sesuai dengan gaya kamu. Bahan jilbab juga harus sesuai dengan baju, ya, supaya tak berkesan tabrakan.

Jangan Salah Memilih Bahan

Bahan untuk busana muslim itu sangat banyak. Kamu bisa memilih sesuai dengan favorit kamu atau cuaca di tempat kamu. Kalau cenderung panas sebaiknya kenakan bahan yang menyerap keringat, ya. Sementara untuk cuaca dingin kenakan baju yang bahannya sedikit tebal.

Atau jika kamu ingin yang berkesan mewah, kamu bisa memakai bahan sutra atau satin. Bisa juga pilih kain saudi yang berkesan halus namun dingin di kulit. Atau ada juga bahan wolfis yang tebal dan tak menerawang serta jersey yang elastis.

Warna yang Cerah

Untuk kesan yang lebih ceria kamu bisa memilih warna yang segar dan jangan takut bermain tabrak warna. Namun bagi yang kamu yang kurang percaya diri dalam memadukan warna bisa juga memakai warna-warna aman.

Kamu juga wajib sesuaikan baju muslim dengan warna kulit kamu, ya. Jika kulit putih boleh banget pakai segala macam warna. Untuk yang berkulit agak gelap bisa pilih warna lembut seperti baby blue atau pink. Bisa juga kenakan abu abu atau khaki. Untuk kamu yang berkulit kuning langsat bisa pakai warna hijau, biru, merah dan juga jingga.

Sesuaikan Model Jilbab dengan Busana

Untuk penampilan hijab kasual, kamu bisa menggunakan hijab yang sederhana saja. Misalnya memakai paris segi empat atau pashmina. Selain itu model juga tak perlu rumit, asalkan menutup dada sudah cukup. Pilihan bahan untuk santai adalah katun dengan model hijab basic dan simple yang tak membutuhkan banyak pentul dan bros. Untuk suasana santai memang sebaiknya tak perlu kebanyakan aksesori hijab.

Memilih Model Busana yang Baik

Untuk model busana juga harus dipilih yang baik ya. Busana muslim yang baik adalah yang tidak melanggar syariat agama. Salah satunya adalah tidak boleh menerawang. Oleh karena itu pilihlah bahan yang sedikit tebal. Selain itu busana yang baik adalah yang tidak ketat. Maka dari itu sebaiknya memilih baju yang sedikit longgar dan tak membentuk tubuh.

Ingat juga untuk mengenakan busana yang tak menampakkan aurat, ya. Usahakan hijabnya harus menutup bagian dada. Jangan berlebihan dalam berbusana karena akan terlihat norak dan tak anggun. Kenakan aksesori sesederhana dan seminim mungkin, karena Islam menyukai kesederhanaan.

Sesuaikan dengan Kegiatan

Saat memutuskan mengenakan baju muslim pastinya harus disesuaikan dengan kegiatannya, ya. Baju muslim sudah beragam modelnya dan hadir untuk membantumu tampil anggun sesuai kegiatan. Jika hendak berolahraga kamu bisa memakai celana training dan kaos lengan panjang yang tak terlalu ketat. Kamu bisa memadukan dengan hijab paris yang yang dipakai model sederhana.

Sedangkan jika untuk ke pesta kamu bisa tampil anggun dengan gamis dan jilbab pashmina. Untuk ke acara kasual kamu bisa memilih untuk memakai padanan atasan bawahan atau mengenakan long dress.

Inspirasi 8 Padu Padan Gaya Baju Muslim Santai

Nah, kali ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi untuk kamu semua dalam memadukan pakaian busana muslim. Bagaimana, sih, cara memakai busana muslim yang ciamik? Yuk, lihat inspirasi di bawah ini.

Paduan Celana dan Atasan Peplum

Sumber gambar bukalapak.com
Sumber gambar zalora.com

Kamu tahu dong atasan model peplum? Atasan ini memiliki aksen mengembang di sekitar pinggang atau perut. Baju ini sangat pas dalam memberikan kesan feminin. Model baju ini sempat populer di tahun 80-an, loh. Sangat keren untuk paduan celana atau juga rok.

Baju Atasan Wanita Tere Peplum Blouse bisa kamu beli di Bukalapak. Baju seharga Rp 72.000 ini tersedia dalam warna merah salmon dan cokelat. Dengan lingkar dada 102 cm, baju ini memiliki panjang 54 cm. Berbahan balotelli, baju ini memiliki ukuran all size.

Gabungkan dengan celana panjang model pencil cut dari brand BIA by Zaskia Mecca. Celana seharga Rp 320.000 ini berwarna pine green dengan kancing dan ritsleting di bagian depan. Ada 2 kantong depan dengan detail folded hem. Berbahan linen, celana ini tersedia dalam ukuran all size. Kamu bisa membeli produk berpotongan high rise ini di situs Zalora.

Paduan Rok Tie Dye dan Atasan yang Sesuai

Sumber gambar salestockindonesia.com
Sumber gambar bukalapak.com

Kamu yang gemar pakai rok, bisa mencoba mengenakan rok tie dye. Memiliki perpaduan warna yang menarik sehingga dijamin rok ini akan membuatmu terkesan ceria. Kamu cukup hanya memadukan dengan atasan polos supaya lebih menarik.

Atasannya kamu bisa kenakan Senclea Plain Longsleeve Muslim Blouse. Produk seharga Rp 119.000 ini tersedia dalam ukuran L dan XL. Kamu bisa memperolehnya di website Sale Stock Indonesia. Tersedia warna hitam, biru, serta merah yang bisa kamu beli.

Untuk bawahannya, Rok Pelangi bisa kamu beli melalui situs Buka Lapak. Tenang saja, rok ini memiliki ukuran all size, kok. Jika kamu berminat, kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 110.000 untuk membeli rok cantik ini.

Paduan Celana dengan Rompi atau Mantel Panjang

Sumber gambar tokopedia.com
Sumber gambar zalora.com

Padankan celana kamu dengan luaran untuk tampilan baju muslim kasual. Tampilan ini pas untuk hangout bareng teman atau jalan-jalan ke mal. Kenakan dengan atasan kemeja untuk acara resmi biar tampilan kamu lebih oke.

Untuk luarannya, Outers Wanita Outwear Cardigan ini bisa kamu beli di Tokopedia. Raindoz Original Clothing ini berkode rzm 095 dan berukuran all size. Dengan menggunakan bahan rajutan, long cardigan ini dijual seharga Rp 149.000.

Skinny Olivia Jeans ini bisa kamu beli di Zalora. Celana bahan denim ini dijual Rp 599.000. Berpotongan mid rise, celana skinny ini memiliki aksen kancing. Ada 5 kantong pada celana bahan katun kombinasi ini. Yuk, segera serbu celana kece ini!

Paduan Celana dengan Tunik Cantik

Sumber gambar zalora.com
Sumber gambar lazada.com

Yuk, kenakan atasan tunik. Atasan satu ini berkesan formal namun cocok juga, kok, untuk dipakai pada acara non formal. Kamu bisa kenakan tunik dengan padanan celana untuk kesan kasual yang anggun.

Half Pleated Tunik produk dari Zumara ini bisa jadi pilihan oke kamu. Tersedia warna putih dan hitam, tunik yang satu ini bernuansa monokrom. Berpotongan regular fit, tunik ini dilengkapi dengan kerah. Ada ritsleting dan kancing belakang pada tunik berbahan wolly crepe ini. Dijual di situs Zalora pada harga Rp 209.000.

Celana Kulot Polos Panjang cocok untuk dijadikan padanan tuniknya. Kamu bisa membeli produk ini di Lazada dengan harga Rp 69.900. Produk ini berbahan rayon dengan pinggang full karet. Memiliki ukuran lingkar pinggang 104 cm dengan panjang celana 92 cm. Celana kulot ini tersedia dalam beragam warna dari hitam, merah marun, dan kuning.

Paduan Celana dan Jaket

Sumber gambar hargapass.com
Sumber gambar berrybenka.com

Padukan jaket dan celana kamu untuk tampilan kasual. Kenakan jilbab paris segi empat untuk tampilan kasual ini. Kamu bisa pilih jaket denim agar berkesan kasual yang klasik.

Jaket Denim bisa kamu beli di Lazada. Produk ini nyaman dengan bahan denim berkualitas. Pas untuk semua kalangan dan sangat mudah perawatannya. Ada ukuran S hingga XXL yang tersedia. Kamu bisa memiliki produk ini dengan harga Rp 109.900 saja.

Kunjungi situs penjualan Berrybenka dan dapatkan celana dari Beyounique ini. Celana kulot chambray ini dilengkapi dengan sabuk. Tersedia warna biru, celana ini memiliki kantong di bagian pinggang. Kamu bisa memilikinya dengan membayar Rp 269.000.

Paduan Blus Motif dengan Rok atau Celana

Sumber gambar zalora.com
Sumber gambar bukalapak.com
Sumber gambar hijabenka.com

Padukan juga blus motif dengan rok maupun celana. Atasan motif ini bisa bikin kamu berkesan lebih ceria. Bagi yang bertubuh kurus, atasan motif bisa membuat tubuh lebih proporsional. Untuk yang sudah berisi bisa kenakan motif kecil supaya badan tak terlihat lebih berisi lagi, ya.

Rok Marymar dari Nashwa bisa kamu kenakan. Dijual seharga Rp 399.000 kamu bisa mendapatkannya di situs Zalora. Produk rok maxi ini beraksen twist. Tersedia warna hitam, rok ini memiliki karet di bagian pinggang. Ada aksen kancing pada rok bahan katun organik ini.

Ranty Blouse bisa kamu pakai sebagai atasannya. Produk Rp 60.000 ini tersedia dalam ukuran all size fit L. Berbahan wolfis, tersedia warna navy, putih, serta hitam untuk produk ini. Kamu bisa memperolehnya di situs Buka Lapak, ya.

Untuk celana kamu bisa pakai Volita Pants Olive. Produk dari Havva ini bisa kamu dapat di Zalora pada harga Rp 258.000. Produk celana dari Pallazo ini memiliki saku di bagian samping. Kamu bisa pakai dengan atasan trendy lengan panjang atau atasan motif. Tersedia ukuran M sampai XL. Berbahan crepe, celana ini sangat nyaman dipakai.

Paduan Baju Kelelawar dan Celana

Sumber gambar lazada.com
Sumber gambar saqina.com

Kenakan baju model kelelawar yang bikin gerakan tangan kamu lebih bebas. Kamu bisa padukan atasan ini dengan celana. Keren untuk beragam acara santai namun pas juga untuk liburan.

Kamu bisa pakai jilbab yang sekaligus dengan baju model batwing, nih. Jilbab dan bajunya menyatu sehingga kamu tak perlu bingung lagi mengenakan padana jilbab yang tepat. Produk ini lengkap dengan ciput dan brosnya. Sangat simpel dan pastinya keren untuk aktivitasmu. Produk ini memiliki ukuran hingga XXL! Segera kunjungi situs Lazada dan dapatkan baju ini seharga Rp 160.000.

Celana motif bisa kamu jadikan sebagai bawahannya, ya. Berbahan soft jeans dan ada karet elastis di bagian pinggangnya. Terdapat dua saku di bagian depan dan belakang celana. Berwarna cokelat, celana ini tersedia dalam ukuran S. Kamu bisa membelinya di website Saqina dengan harga Rp 116.000.

Paduan Celana Batwing dan Atasan Lengan Panjang

Sumber gambar tokopedia.com
Sumber gambar lazada.com

Kenakan celana batwing dengan padanan atasan berlengan panjang. Kamu bisa tampil kasual dan keren dengan baju muslim model ini. Yuk, segera beli produk-produknya.

Ada Celana Batwing bahan kaos yang bisa kamu dapatkan di Tokopedia. Dijual dengan harga Rp 55.000, celana ini keren untuk menemani keseharian kamu dengan atasan lengan panjang.

Blus dan Kulot bisa kamu beli dalam satu set di situs Lazada. Menggunakan bahan balotelli polos, blusnya memiliki ukuran lingkar dada 110 cm dengan panjang 67 cm. Bagian celananya berbahan rami printing dengan lebar pinggang 100 cm dan panjang 97cm. Kamu bisa dapatkan produk ini seharga Rp 152.000.

From our editorial team

Tampil Nyaman Tanpa Meninggalkan Kewajiban

Bagi perempuan muslim, menutup aurat adalah kewajiban. Tak hanya menutupi, tapi juga tak membentuk tubuh atau tak menerawang. Mengikuti kewajiban berhijab sebenarnya untuk kebaikan kita sendiri, lho. Tinggal bagaimana kita pintar untuk memadukan busana hijab agar selalu tampil menarik, nyaman, dan menawan.