10 Rekomendasi Baju Koko Pria Untuk Lebaran Tahun 2022

10 Rekomendasi Baju Koko Pria Untuk Lebaran Tahun 2022

Sumber gambar pikiran-rakyat.com

Lebaran atau Idul Fitri identik dengan segala sesuatu yang berbau religius, termasuk pakaian yang dipakai kaum pria. Baik itu untuk shalat Ied atau bersilaturahmi, baju koko wajib dimiliki lho! Simak rekomendasi baju koko pria yang cocok Anda kenakan tahun ini!

Lebaran Sudah Dekat, Yuk Siapkan Baju Koko

Sumber gambar review.bukalapak.com

Lebaran sebentar lagi. Selain menggencarkan ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan, ada baiknya Anda juga mempersiapkan beberapa hal untuk menunjang kegiatan silaturahmi. Bukan hanya wanita, pria juga perlu memperhatikan jenis outfit yang tepat agar dapat tampil paripurna saat sholat Ied dan pada acara kumpul bersama sanak saudara.

Jenis Pakaian Muslim Pria

Baju Koko

Sumber gambar lazada.co.id

Baju koko yang dikenal sebagai baju muslim ini terinspirasi dari pakaian laki-laki Tionghoa. Desain pakaian laki-laki Tionghoa ini memang cocok untuk gaya berpakaian muslim. Sehingga laki-laki muslim memakai desain pakaian yang sama dan terbiasa menyebutnya sebagai baju koko.

Lambat laun, baju koko pun berkembang semakin luas sebagai busana wajib bagi kaum muslim pria di Indonesia. Warnanya pun tidak hanya terbatas pada warna polos saja, tetapi juga tersedia dalam beragam warna lainnya, dan ada juga yang dihiasi dengan ornamen bordir.

Galabiyya

Sumber gambar bukalapak.com

Galabiyya merupakan jubah longgar asal Mesir, yang memiliki potongan memanjang hingga mata kaki. Pakaian ini sedikit longgar dan memiliki tampilan simpel dengan sedikit detail minimalis yang menghiasinya.

Sekalipun di negara lain terdapat pakaian yang memakai desain sama, tetapi galabiyya asal Mesir ini umumnya tetap mempunyai keistimewaan tersendiri, yakni lebih memberikan kesan lebih casual. Meski begitu, pakaian ini tetap cock dipakai dalam dalam berbagai acara.

Tawb

Sumber gambar www.liputan6.com

Tawb atau thobes ini merupakan pakaian yang sering digunakan di Arab. Bukan hanya Arab Saudi saja, namun juga negeri di sekitarnya yang memiliki bahasa yang sama dan budaya yang mirip serta masih sama-sama negeri gurun pasir seperti Kuwait, Uni Emirat Arab dan Qatar.

Baju muslim laki-laki yang satu ini memiliki potongan yang panjang hingga ke mata kaki. Fakta menarik, di negeri asalnya, jenis kain yang digunakan akan berbeda tiap musim. Pada musim panas, kainnya cenderung tipis seperti katun. Sementara pada musim dingin, kainnya yang tebal seperti wol.

Jubba

Sumber gambar kumparan.com

Jubba memiliki potongan yang mirip dengan galabiyya dan tawb. Hal yang berbeda adalah penyebutannya saja, karena pakaian muslim laki-laki ini sama-sama panjang menutupi tubuh hingga mata kaki.

Jubba sendiri dalam bahasa Turki memiliki arti sepanjang mata kaki. Mungkin asalnya dari Turki. Pakaian ini cenderung polos dengan aneka macam warna. Namun bisa saja ada Jubba di Indonesia yang dikreasikan dengan corak khas Indonesia.

Sherwani

Sumber gambar zilingotrade.id

Jika Anda melihat baju muslim yang panjang hingga menutupi lutut, maka ini adalah baju Sherwani. Baju Sherwani berasal dari India dan Pakistan. Di negeri asalnya, Sherwani identik dengan pakaian untuk aristokrat.

Tak hanya dipakai untuk ibadah atau hari lebaran Sherwani juga pakaian yang digunakan laki-laki di India dan Pakistan sebagai baju pernikahan. Sedangkan di Indonesia Sherwani dikenal sebagai salah satu gaya baju muslim laki-laki.

Tips Memilih Baju Lebaran Untuk Pria

Pakai Baju Koko

Sumber gambar akurat.co

Baju koko merupakan baju lebaran pria yang simpel dan span. Baju ini didesain dengan beragam warna dan motif, sehingga mudah dipadupadankan dengan bawahan pilihan. Anda bisa menyesuaikan warna dan motif serta potongan lengannya sesuai dengan acara yang Anda hadiri.

Pilih Warna yang Sesuai

Sumber gambar akurat.co

Sadar atau tidak sadar, baju yang Anda kenakan dapat menarik perhatian orang-orang. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai baju dengan warna yang sesuai dengan warna kulit Anda. Pilihlah baju dengan warna yang sederhana namun tetap dapat menonjolkan tampilan Anda agar aura Anda pun terpancar.

Padukan Dengan Celana yang Pas

Sumber gambar akurat.co

Anda dapat memadukan baju koko dengan berbagai macam celana, baik celana bahan maupun celana jeans. Atasan bermotif seperti bordir cocok dipadukan dengan celana kain atau model chinos. Sementara untuk koko bermotif simple dan tidak banyak ornamen sangat baik dipadukan dengan bahan celana jeans.

Rekomendasi Baju Koko Pria Untuk Hari Raya Idul Fitri

DGM fashion Koko Kurta Pria 3/4 Premium

Baju koko lengan panjang ini dibuat dari bahan katun toyobo, yaitu salah satu jenis kain katun dengan tekstur yang halus dan lembut sehingga nyaman dipakai. Jahitannya kualitas garmen. Baju ini tersedia dalam ukuran M, L, dan XL. Terdapat satu kantong di bagian atas yang membuatnya jadi praktis untuk meletakkan barang bawaan yang berukuran kecil.

Harga Rp. 135.000-300.000

Kemeja Koko Parayu Pria Lengan Pendek Katun Linen Premium

Kemeja koko (kemko) ini memiliki lengan yang panjang. Anda dapat menggunakannya saat Hari Raya, ibadah sholat, bahkan ke kantor dan kondangan karena cocok untuk acara formal juga. Kemko ini dibuat dari bahan katun linen premium yang terlihat sangat elegan dan mewah. Tersedia dalam ukuran M, L, dan XL.

Harga Rp. 100.000-200.000

Ulikids Baju Koko Kurta Pakistan Dewasa Lengan Pendek

Baju koko pria yang satu ini memiliki kombinasi dua warna yang membuatnya terlihat elegan dan menarik. Baju ini cocok untuk Anda gunakan pada hari lebaran dan juga pada momen lainnya dalam keseharian, karena dibuat dari bahan katun premium yang halus dan lembut, sehingga nyaman digunakan seharian. Terdapat juga saku aktif di bagian sampingnya untuk tempat THR.

Harga Rp. 130.000-250.000

M231 Kemeja Pria Shanghai Polos Oxford Panjang Putih 1552A

Baju koko warna putih ini cocok untuk dipakai pada hari lebaran, karena warna putih pun memiliki arti suci. Sangat filosofis dalam berdandan! Baju ini dibuat menggunakan material katun oxford. Katun oxford ini memiliki serat yang rapat dan halus, sehingga menjadikan bahan kain ini memiliki ketebalan yang pas namun tetap terasa lentur dan nyaman dipakai.

Harga Rp. 100.000-200.000

Gold Cows - Baju Koko Warna Coklat Muda

Baju koko pria dewasa lengan pendek ini dibuat dari bahan full katun yang adem dan menyerap keringat. Anda pun nyaman menggunakannya seharian saat lebaran. Terdapat detail bordir pada bagian bahu dan lengan, yang membuat penampilan Anda makin stand out. Jahitannya juga rapi dan kuat, sehingga awet digunakan.

Harga Rp. 75.000-200.000

Kayser - Almeer Toyobo Kurta Pakistan

Baju koko lengan panjang ini dibuat dari bahan 100% kain toyobo premium impor dari Jepang. Kain toyobo merupakan sejenis bahan kain dari keluarga katun yang halus dan lembut. Jika dibandingkan dengan katun jepang yang biasa, kain toyobo ini memiliki karakteristik sedikit lebih tebal, lebih jatuh dan cenderung glossy. Baju koko ini tersedia dalam berbagai pilihan warna.

Harga Rp. 100.000-200.000

Emba Classic - Ray Two Baju Koko Pria Lengan Pendek

Baju kemeja koko ini memiliki lengan yang pendek, dengan kancing yang penuh dari atas ke bawah. Baju ini dibuat dari bahan katun yang tidak transparan. Anda dapat tampil gaya dengan motif garis-garisnya bervariasi. Cocok untuk dipakai pada acara santai bersama. Terdapat juga detail saku pada bagian atas.

Harga Rp. 200.000-400.000

Alby Casual - Baju Koko Pria Lengan Pendek

Baju koko lengan pendek ini didesain dengan apik dengan sedikit balutan minimalis yang sangat kekinian. Baju ini dibuat dari bahan katun toyobo fodu premium, yang merupakan varian tertinggi dari kain toyobo. Karakteristik bahannya adalah halus, lembut, dan tidak mudah kusut, serta menyerap keringat. Tersedia dalam 4 pilihan warna, yaitu hitam, abu-abu, coklat, dan maroon.

Harga Rp. 100.000-200.000

Odza Kemeja Baju Koko Lengan Pendek Pria Dewasa

Baju koko lengan pendek ini didesain dengan model Nehru collar. Terdapat kantong di bagian kiri dada untuk memudahkan Anda membawa benda-benda kecil. Baju ini dibuat dari katun viscose yang terkenal memiliki daya serap yang baik, sehingga nyaman digunakan. Cocok untuk Anda pakai saat acara santai bersama.

Harga Rp. 150.000-400.000

Kurta Hutama Archipelago Texture

Baju koko lengan panjang ini dibuat dari bahan katun, sehingga nyaman untuk digunakan beribadah. Dengan detail shanghai collar dan desainnya yang trendi, baju ini pun cocok digunakan untuk merayakan lebaran. Selain itu Anda pun dapat menggunakan baju ini dalam aktivitas sehari-hari maupun menghadiri acara.

Harga Rp. 350.000-500.000
From our editorial team

Berikan Penampilan Terbaik Anda di Hari Raya

Memilih baju koko terbaik dari rekomendasi BP-Guide di atas adalah bentuk dari rasa syukur umat muslim karena bisa berjumpa kembali dengan Hari Raya Idul Fitri. Oleh karena itu, sudah selayaknya Anda mempersiapkan penampilan yang maksimal untuk hari khusus tersebut. Apalagi karena akan bertemu keluarga besar, jangan sampai penampilan Anda biasa-biasa saja ya!