10 Rekomendasi Baju Koko Pria Untuk Ramadhan dan Idul Fitri (2022)

10 Rekomendasi Baju Koko Pria Untuk Ramadhan dan Idul Fitri (2022)

Baju koko adalah pakaian wajib untuk kaum muslim pria saat beribadah. Di bulan Ramadhan dan dalam rangka menyambut Lebaran, tidak ada salahnya mengenakan baju koko baru. Yuk, simak rekomendasinya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Baju Koko Jadi Pakaian Wajib Kaum Pria yang Beragama Islam

Baju koko terinspirasi dari pakaian tradisional masyarakat Tionghoa yang dikenal dengan nama tui-khim. Nah, karena yang biasa memakai baju tui-khim ini adalah “engkoh-engkoh”, yang kemudian dieja menjadi “koko”, maka lambat laun baju ini disebut sebagai “baju koko”.

Lama kelamaan, di Indonesia, baju koko memiliki arti yang lebih luas sebagai baju muslim untuk pria. Sekarang ini, makin banyak baju koko yang hadir dalam desain kekinian namun tetap syar’i. Baju ini biasa digunakan saat beribadah atau pada momen Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Tips Memilih Baju Koko Bagi Kaum Pria

Pastikan Bahannya Nyaman dan Berkualitas

Bahan pakaian menjadi faktor penentu sebuah kenyamanan. Umumnya, bahan katun menjadi pilihan yang paling banyak diminati karena sifatnya yang sejuk dan mudah menyerap keringat. Bahan ini juga tidak terlalu menerawang sehingga tidak mengganggu penampilan, mudah dibersihkan, dan perawatannya juga mudah.

Sesuaikan Dengan Warna Kulit

Sumber gambar brilio.net

Warna baju yang sesuai dengan skin tone akan membuat penampilan Anda jadi makin bersinar dan berkharisma. Bagi Anda yang memiliki warna kulit yang lebih gelap, cobalah warna maroon, mustard, khaki, dan sebagainya. Bagi Anda yang memiliki kulit cerah, cobalah pilih baju koko dengan warna gelap.

Periksa Kerapian Jahitan

Sumber gambar akurat.co

Anda tentu tak ingin membeli baju yang mudah sobek. Belum lagi cacat pada bagian tertentu sehingga nantinya akan mengurangi kepercayaan diri saat menggunakannya. Ada baiknya cek seluruh jahitan pada baju, mulai tadi kerah, lengan, hingga pinggir jahitan dan lipatan bawah. Semakin rapi dan kuat sebuah baju koko, tentu akan semakin awet.

Ukuran Lengan Juga Harus Dipertimbangkan

Sumber gambar tokopedia.com

Baju koko hadir dalam ukuran lengan yang beragam, seperti lengan panjang, lengan 3/4, dan lengan pendek. Anda boleh memilih lengan baju koko yang paling sesuai dengan gaya Anda. Sebagai saran, jika Anda menghadiri acara formal, sebaiknya pilihlah baju koko yang memiliki lengan panjang.

Pilih Motif dan Warna Sesuai Selera

Sumber gambar shopee.co.id

Saat ini, baju koko juga hadir dalam beragam corak dan motif. Anda bisa memilih baju koko dengan aksen bordir atau polos, sesuai dengan selera. Anda juga boleh memilih baju koko dengan warna netral atau warna yang lebih mencolok, sesuai dengan gaya Anda. Memakai baju dengan motif dan warna yang Anda sukai akan memberikan rasa percaya diri.

Adab Berpakaian Untuk Kaum Pria Dalam Islam

Sederhana dan Tidak Berlebihan

Sumber gambar akurat.co

Islam menganjurkan untuk bersikap sederhana dalam segala hal, termasuk dalam hal berpakaian. Jika memakai pakaian mewah dapat menimbulkan penyakit hati seperti sombong dan takabur pada diri sendiri, sebaiknya hindarilah.

Hindari Sutra dan Emas

Sumber gambar lazada.co.id

Pakaian sutra dan perhiasan emas biasanya dipakai oleh perempuan. Islam melarang laki-laki untuk mengenakan dua barang tersebut di dunia sebagaimana yang telah tercantum di dalam dalil-dalil.

Kenakan Pakaian yang Menutup Aurat

Sumber gambar lazada.co.id

Pakaian yang baik adalah pakaian yang menutup aurat. Aurat laki-laki dimulai dari bagian tubuh pusar hingga lutut. Baju yang lebih longgar dan tidak terawang akan lebih baik. Pilihlah pakaian yang menutupi aurat dan tetap sopan di segala tempat.

Rekomendasi Baju Koko Pria untuk Ramadhan dan Idul Fitri

Zoya Garvin Baju Koko Pria Dewasa

Siapa yang tidak pernah mendengar nama brand Zoya? Iklannya banyak berlalu lalang di jagad internet. Brand ini menjadi salah satu brand busana muslim terkenal di Indonesia. Brand ini menambah koleksi dengan membuat model baju koko pria modern terbaik yang bernama Garvin.

Dengan model lengan pendek, baju koko pria modern yang satu ini bisa dikenakan sebagai pakaian semi formal maupun casual. Baju koko ini juga memiliki serat dan tekstur karena dibuat menggunakan bahan katun dobby sehingga akan terasa nyaman saat dikenakan.

Harga Rp. 150.000-250.000

Woffi Man Baju Koko Muslim

Siapa sangka, ternyata produsen batik yang sudah malang-melintang di dunia fashion ini pun ternyata turut mengeluarkan produk baju muslim pria, yang tak kalah bagus dibandingkan produk-produk batiknya! Woffi Man menggunakan bahan dasar katun untuk baju koko keluarannya.

Bahan katun memiliki karakteristik yang tidak kaku, halus, adem, dan ringan. Meskipun pilihan warna baju ini tidak terlalu banyak, namun warna yang disuguhkan terbilang sangat keren dan kekinian, apalagi corak minimalis di bagian bahunya yang memberi kesan mahal.

Harga Rp. 150.000-300.000

Benhill Koko Black Panther Lengan Pendek

Produsen yang satu ini begitu unik. Baju koko dari Benhill ini terinspirasi dari kostum Black Panther, salah satu hero pada serial Marvel. Sentuhan motif khas Black Panther pun menghiasi bagian dada dan punggung atas baju koko ini.

Selain dikenakan pada saat beribadah, Anda tentunya juga dapat mengenakan baju koko ini pada acara buka bersama atau pada acara kumpul lainnya. Dengan mengenakan baju koko ini, Anda pun terlihat lebih keren.

Harga Rp. 175.000-450.000

Koko Preview Infinite PVI 283 by Itang Yunasz

Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan baju koko berdesain sederhana, tetapi tetap memancarkan wibawa. Itang Yunasz, desainer ternama yang merancang baju ini memberikan sentuhan klasik pada baju koko ini.

Nuansa keemasan dari Koko Preview Infinite keluaran Preview ini memang terlihat sangat menawan. Ditambah lagi dengan detail bordir berpola zig-zag dengan warna senada di bagian depan membuat desain baju ini begitu serasi.

Harga Rp. 300.000-350.000

Manzone Chori White

Baju koko dari Manzone Chori memiliki desain lengan pendek, dan sangat cocok bagi Anda yang menyukai tampilan yang simpel. Warnanya putih, sangat identik dengan nuansa suci, baik pada bulan Ramadhan maupun di hari raya nanti.

Baju koko ini menggunakan material dobby stripe sebagai bahan utama, dan solid linen sebagai bahan kombinasi. Baju koko ini mengusung modern fit dengan desain kaftan yang lebih basic dan french placket. Kemeja koko dari Manzone ini juga memiliki saku bobok di bagian dada yang dirancang dengan contrast placket.

Harga Rp. 150.000-300.000

Behaestex Baju Muslim Atlas Super

Jika Anda menginginkan tampilan stylish dengan baju warna bold, cobalah produk baju koko yang satu ini. Kombinasi warna maroon dan ungu pada baju koko keluaran Atlas ini akan memberikan kesan yang mewah pada penampilan Anda.

Selain warnanya, baju ini juga memiliki detail dan motif yang mendukung penampilan Anda menjadi beda dan menawan. Detail motif yang ada di bagian depannya pun seolah menambah kesan eksklusif dan modis.

Harga Rp. 250.000-500.000

MOC Lammbie Baju Koko

Baju koko dari Lammbie ini memiliki desain yang panjang sampai lutut dengan potongan slim fit. Produk ini juga menghadirkan perpaduan warna putih bersih dengan detail list warna abu-abu di bagian kerah serta lengan.

Dengan mengenakan baju ini, Anda akan mendapatkan look yang cerah dan minimalis saat memakainya. Selain dipakai untuk sholat, baju koko ini pun sangat cocok dipakai pada momen kumpul di Hari Raya Idul Fitri.

Harga Rp. 250.000-500.000

NextUp Koko Shanghai

Sebagai produsen baju koko kekinian, Next Up terus berinovasi untuk mengeluarkan produk-produk terbaiknya. Seiring dengan tren kemeja shanghai, Next Up mendesain baju kokonya satu ini dengan menggunakan model shanghai yang memiliki corak dan aksen lengkap dengan dua kancing di bagian kantongnya.

Baju ini dibuat dengan menggunakan material katun yang nyaman, tidak mudah bau, dan tentunya menyerap keringat. Anda tidak akan mudah merasa gerah saat menggunakan produk baju koko ini.

Harga Rp. 200.000-300.000

Kayser Setelan Set Koko Pria Syakib

Baju koko dari Kayser ini memiliki tampilan yang cukup simpel, dengan sentuhan list kontras di tepi lengan. Produk fashion yang satu ini cocok untuk menemani Anda menghadiri aktivitas keagamaan maupun beribadah.

Baju ini memiliki kantong di bagian depan, kanan, dan kiri yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan dompet atau smartphone. Sangat praktis digunakan. Anda tinggal mengandalkan kantong baju tersebut untuk membawa uang infak.

Harga Rp. 200.000-300.000

Rabbani Juko Iskan Jubah Koko

Apabila Anda ingin tampil ala orang Pakistan, produk dari Rabbani ini patut Anda pertimbangkan. Juko Iskan merupakan satu set pakaian berupa baju koko model kurta dan celana. Detail bordir di bagian lengan menambah kesan modern produk ini.

Setelan ini dibuat menggunakan bahan polycotton yang cukup tebal sehingga tidak menerawang saat digunakan. Tak hanya itu, bagian depan baju ini juga dilengkapi dengan resleting sehingga memudahkan Anda saat melepas dan menggunakannya.

Harga Rp. 350.000-500.000
From our editorial team

Selain Baju Koko, Kebersihan Diri Juga Penting

Tidak hanya baju koko saja yang perlu baru, penampilan Anda juga. Setelah memantaskan diri dengan rekomendasi baju koko rekomendasi BP-Guide di atas, cukur rambut dan gunakan wangi-wangian. Yuk, segera siapkan baju koko untuk Lebaran!