10 Rekomendasi Mesin Kopi Mini Ini Cocok untuk Penggunaan di Rumah, Kantor, hingga Kedai Kopi (2019)

10 Rekomendasi Mesin Kopi Mini Ini Cocok untuk Penggunaan di Rumah, Kantor, hingga Kedai Kopi (2019)

Sumber gambar www.pexels.com

Para pencinta kopi pasti setuju kalau memulai aktivitas tanpa ngopi rasanya jadi kurang bersemangat menjalani hari, benar kan? Nah, kamu yang tidak bisa lepas dari kopi sepertinya wajib untuk punya mesin kopi sendiri di rumah. Selain bisa menikmati kopi enak di rumah, kamu juga bisa lho, belajar membuat kopi layaknya seorang barista!

Memiliki Mesin Kopi di Rumah jadi Pilihan Tepat bagi Pencinta Kopi

Kafe dan warung kopi menjadi tempat yang sering dituju oleh para pecinta kopi. Kopi tidak sama dengan minuman lainnya karena tidak hanya memberikan rasa nikmat, tetapi juga bikin penggemarnya jadi kecanduan. Tanpa secangkir kopi di pagi atau sore hari, pencinta kopi akan merasa ada yang kurang dalam menjalani rutinitas.

Kenapa? Karena kopi dianggap berpengaruh dalam produktivitas seseorang. Minum secangkir kopi dapat membuat seseorang jadi lebih segar, bersemangat, dan lebih bisa berkonsentrasi. Karena itu pula seorang pencinta kopi akan membutuhkan coffee maker di rumah.

Selain agar bisa menikmati kopi kapan saja, dengan adanya mesin kopi di rumah, pencinta kopi bisa belajar dan berkreasi dengan kopi racikan sendiri. Namun perlu diketahui pula bahwa cita rasa kopi racikan sendiri tentu akan berbeda dengan kopi mahal yang biasa kamu minum di kafe-kafe.

Cita rasa pada kopi tersebut akan dipengaruhi oleh kualitas mesin, biji kopi, proses pembuatan, takaran, lama penyeduhan, dan lain sebagainya. Karena itu sebelum membeli mesin kopi untuk di rumah, perhatikanlah tipe mesin, kapasitas, tekanan bar, fitur-fitur yang ada pada mesin tersebut, dan harga mesin.

Banyak Produsen Memproduksi Mesin Kopi untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Apakah kamu seorang maniak kopi yang bisa menghabiskan 3 cangkir kopi sehari? Sepertinya membeli mesin kopi untuk di rumah jadi pilihan tepat. Kopi nikmat yang kamu dapatkan dari warung kopi atau kafe tentu harganya tidaklah murah.

Dan dengan memiliki mesin kopi di rumah kamu bisa menghemat pengeluaran harian. Kamu juga bisa bereksperimen dalam meracik kopi sendiri. Kopi buatanmu bisa saja memiliki cita rasa yang lebih nikmat, lho.

Terlebih jika kamu adalah penyuka kopi espresso yang pembuatannya harus menggunakan mesin kopi. Merasa ribet jika harus membuat kopi sendiri? Nggak juga kok! Justru sekarang sudah banyak mesin kopi khusus pengguna rumahan dengan konfigurasi yang lebih mudah dan praktis.

Dan mesin kopi ini jenisnya juga banyak jadi kamu bisa pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Dengan menyediakan mesin kopi di rumah, kamu juga bisa lebih santai menikmati kopi bareng teman atau keluarga. Seru, bukan?

Jenis Mesin Pembuat Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Coffee Pod

Sumber gambar pixy.org

Coffee pod adalah mesin kopi yang penggunaannya lebih praktis dan mudah dibanding mesin kopi yang lainnya. Cocok untuk kamu yang belum pernah atau terbiasa menggunakan mesin pembuat kopi. Mesin ini harganya terbilang mahal, namun dengan satu mesin kopi saja kamu bisa mendapatkan banyak variasi rasa kopi.

Hanya dengan memasukkan kapsul kopi atau pod ke dalam mesin, kamu sudah bisa menikmati secangkir kopi nikmat. Praktis, bukan? Mesin ini dilengkapi dengan kantong kecil untuk menakar bubuk kopi agar pas dan tidak berserakan. Selain itu perawatannya juga gampang karena mesin kopi ini mudah dibersihkan.

Espresso

Sumber gambar polaris.company

Espresso diambil dari bahasa Italia yang artinya cepat atau ekspres. Espresso adalah mesin kopi yang tidak hanya bisa mengolah bubuk kopi, tetapi juga biji kopi. Mesin kopi ini jenis ini banyak digunakan di kafe-kafe karena dapat menghasilkan secangkir kopi espresso yang nikmat.

Ada banyak variasi model, fungsi, kecanggihan, ukuran, hingga harga untuk mesin ini yang nantinya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Entah untuk penggunaan rumahan atau untuk membuka usaha kedai kopi. Tidak membutuhkan waktu lama dan kemampuan mendalam untuk dapat menikmati secangkir kopi di rumah karena mesin ini bisa digunakan dengan mudah oleh semua orang.

French Press

Sumber gambar gearpatrol.com

French press adalah jenis mesin kopi manual yang telah dipatenkan pada tahun 1929 oleh desainer Italia, Attilio Calimani. Hanya saja desainnya belum sempurna sehingga alat ini sudah mengalami beberapa kali modifikasi sehingga menghasilkan mesin kopi press yang lebih modern.

Pada akhirnya mesin ini dipopulerkan oleh perusahaan asal Denmark bernama Bodum dan sebuah perusahaan milik Inggris, Household Articles Ltd. Penggunaan mesin pembuat kopi ini mudah dan cocok untuk penggunaan di rumah, kantor, atau warung kopi.

Untuk french press modern, pada mesinnyaa terdapat tabung silinder berpenutup logam atau plastik dan plugger. Ada yang dari material kaca dan ada pula dari plastik bening. Dilengkapi pula dengan penyaring nilon atau kawat filter yang kokoh. Mesin ini sangat cocok untuk biji kopi yang masih kasar agar kopi tidak terlalu pahit dan berampas.

Vietnam Coffee Drip

Sumber gambar www.solidrop.net

Vietnam coffee drip adalah mesin kopi yang menghasilkan secangkir kopi pekat kelas premium seperti robusta. Mesin ini biasa digunakan oleh orang Vietnam dalam membuat kopi sehingga dinamakan vietnam coffee drip.

Selain kopi robusta, secangkir kopi nikmat hasil ekstraksi biji kopi lewat tetesan dengan tambahan susu kental manis juga menjadi favorit orang Vietnam. Susu kental manis dipilih karena menurut sejarahnya, dulu masyarakat Vietnam kesulitan menemukan susu segar atau krim untuk campuran kopi.

Vietnam coffee drip kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Mesin kopi ini cocok untuk di rumah karena mudah digunakan. Kamu hanya perlu menunggu tetesan kopi memenuhi cangkir kopi.

Coffee Urn

Sumber gambar www.katom.com

Coffee urn adalah mesin kopi yang cocok untuk di rumah yang memiliki banyak anggota keluarga pencinta kopi ataupun untuk penggunaan di kantor karena bisa digunakan untuk membuat kopi dalam jumlah banyak. Mesin ini bentuknya seperti dispenser dengan boiler air panas dan pada bagian atasnya terdapat tempat untuk bubuk kopi.

Saat ingin membeli mesin coffee urn ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti filter, sistem pemanas, dan kapasitasnya.

Umumnya, coffee urn modern tidak memiliki filter karena telah memiliki saringan plastik atau logam. Namun filter kertas juga bisa ditambahkan jika jumlah ampas kopi yang didapat terlalu banyak.

Untuk sistem pemanas ada yang aktif dan pasif. Sistem pemanas aktif harganya lebih mahal karena elemen pemanasnya lebih kuat sehingga panasnya tahan lebih lama. Berbeda dengan sistem pemanas pasif yang mirip dengan termos dengan menjaga suhu panas bertahan lebih lama.

Begitu juga dengan kapasitas, untuk penggunaan kantor tentu kapasitasnya harus lebih besar sedangkan penggunaan rumahan cukup berkapasitas kecil saja.

10 Rekomendasi Mesin Kopi Mini yang Cocok untuk Penggunaan di Rumah

Cosmos CCM 308 Coffee Maker

Sumber gambar https://www.blibli.com

Cosmos CCM 308 Coffee Maker adalah mesin kopi mini yang cocok untuk ditaruh di rumah ataupun kantor. Desainnya mewah dan modern yang akan terlihat cantik di dapur rumah. Mesin kopi ini juga mudah dan bisa dibersihkan dengan cepat. Kapasitasnya juga cukup besar, yakni 0,65 liter sehingga dalam sekali pembuatan mesin ini bisa menghasilkan 6 cangkir kopi sekaligus.

Mesin pembuat kopi ini dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menyala jika kopi sedang diproses. Pada gagangnya juga ada pengaman berupa pengunci. Dilengkapi pula dengan fitur overheat protection, fitur auto keep warm, dan permanent filter with handle.

Bahannya terbuat dari material berkualitas food grade sehingga aman dan tidak akan mentransfer zat berbahaya pada kopi. Mesin kopi Cosmos yang mengonsumsi daya 600 watt ini dijual di Blibli seharga Rp 313.000.

Electrolux ECM1303W

Jika kamu membutuhkan mesin kopi mini dengan kapasitas yang lebih besar, ada Electrolux ECM1303W – Coffee Maker 1.25 Liter. Desainnya modern dan minimalis sehingga terlihat lebih berkelas. Mesin kopi ini akan menghasilkan kopi yang nikmat hingga 10 cangkir dengan proses pembuatan yang mudah.

Tekonya terbuat dari bahan kaca, sementara bodinya terbuat dari material plastik. Mesin kopi ini berdimensi 18,3 x 28,2 x 33 cm dengan konsumsi daya 730 - 830 watt. Kabelnya juga panjang sehingga mudah menjangkau ke stop kontak.

Saat membeli mesin kopi ini, kamu akan mendapatkan sebuah buku panduan untuk penggunaan mesin. Dilengkapi juga dengan garansi 1 tahun, mesin kopi buatan China ini bisa kamu beli seharga Rp 363.000 di Jual Elektronik.

Delonghi ICM15210 Drip Coffee Maker Mesin Kopi ICM 15210

Delonghi ICM15210 Drip Coffee Maker dapat menyeduh kopi untuk 10 cangkir sekaligus karena berkapasitas 1,25 liter. Cocok untuk kamu yang sering kedatangan tamu yang juga penikmat kopi. Desainnya modern dan praktis dengan bodi luar berbahan plastik, sementara bodi dalam berbahan logam.

Mesin ini mudah sekali digunakan dan memiliki perangkat teko non tetes sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk menikmati secangkir kopi. Mesin kopi ini membutuhkan konsumsi daya 900 watt.

Harga Rp. 940.000-133.000

Wacaco Minipresso GR Portable Espresso Coffea Machine

Wacaco Minipresso GR Portable Espresso juga bisa jadikan pilihan untuk kamu yang sering melakukan perjalanan. Portable espresso maker ini adalah alat pembuat kopi manual yang mudah digunakan, tidak membutuhkan listrik ataupun baterai dengan tekanan 8 bar.

Alat ini berkapasitas 70 ml dan dimensi keseluruhan adalah 17 x 8 x 8 cm. Begitu ringan sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Tutup dari alat ini bisa dijadikan sebagai cangkir saat kamu sedang dalam perjalanan.

Untuk menikmati secangkir kopi nikmat kamu hanya perlu menyeduh 7 gram bubuk kopi dengan 0,70 liter air panas. Dengan alat ini, kamu bisa menikmati kopi ristretto, atau caffé lungo saja.

Harga Rp. 938.000

Coffee Maker Black+Decker DCM25B1

Mau mesin kopi mini dengan harga yang lebih terjangkau? Ada Coffee Maker Black+Decker DCM25B1 – 1 Cup 330 Watt yang bisa jadi pilihan. Desainnya sangat minimalis dan modern dengan kapasitas 0,18 liter. Cocok sekali untuk di rumah atau untuk kamu yang hidup sendiri di kos-kosan atau kontrakan.

Pada bagian atas alat ini, kamu bisa menaruh bubuk kopi. Tidak hanya kopi, mesin ini juga bisa untuk membuat teh dan bir juga. Mesin ini mudah untuk dibersihkan, wadahnya juga rapat sehingga tidak akan ada percikan air. Terbuat dari material plastik yang aman dan awet.

Harga Rp. 100.000-300.000

Nankai NK 106 Alat Pembuat Kopi Otomatis

Mesin kopi dengan harga terjangkau berikutnya adalah Nankai NK 106 Alat Pembuat Kopi Otomatis. Berkapasitas 0,75 liter, mesin kopi ini terbuat dari bahan plastik berkualitas dan tahan untuk pemakaian lama. Tekonya sendiri terbuat dari bahan kaca. Perangkatnya juga mudah dibersihkan dan dilepas.

Mesin kopi mini ini memakan daya 150 - 300 watt untuk memanaskan dan 600 watt untuk memasak air. Cocok untuk penggunaan rumahan.

Harga Rp. 125.000-149.000

Kris Coffee Maker Mesin Pembuat Kopi

Kris Coffee Maker Mesin Pembuat Kopi 1.5 Liter ini cocok untuk kamu yang seringkali menghidangkan banyak kopi di rumah, kantor, atau tempat usaha karena mesin ini bisa membuat kopi hingga 15 cangkir.

Mesin dengan desain minimalis ini memiliki fitur mati otomatis setelah 2 jam tidak digunakan, sehingga aman untuk kamu yang sering kelupaan. Tetesan kopi juga tidak akan mengotori piringan pemanas karena dilengkapi fitur antidrip. Piringan pemanasnya pun juga anti lengket sehingga mudah untuk dibersihkan.

Harga Rp. 280.000-391.000

Mayaka Premium CM-4011 Drip Coffee Maker

Mayaka Premium CM-4011 Drip Coffee Maker dilengkapi dengan saringan nilon sehingga kamu tidak lagi membutuhkan saringan kertas. Saringan ini juga dapat dipakai berulang-ulang. Kamu bisa menikmati kopi yang enak langsung dari jug yang ada pada bagian dalamnya. Jug ini terbuat dari stainless steel. Alat ini berkapasitas 0,40 liter dan membutuhkan daya listrik 600 watt.

Dalam sekali penyeduhan, alat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit dan akan langsung mati secara otomatis. Agar kopi yang didapat bercita rasa enak, gunakanlah biji kopi yang masih segar dan bertekstur setengah halus.

Harga Rp. 340.000-480.000

Severin Coffee Maker W Grinder KA 4811

Sumber gambar https://www.jd.id

Severin Coffee Maker W Grinder KA 4811 adalah mesin kopi berkualitas yang terbuat dari bahan yang aman. Desainnya ramping, minimalis, dan modern yang hanya berukuran 17 cm sehingga tidak memakan tempat.

Unit penggiling integral (stainless-steel conical mechanism) akan menghasilkan kopi yang nikmat dari biji kopi yang masih segar. Memiliki 2 tingkatan aroma, sehingga kamu bisa mengaturnya sesuai selera. Produk ini bisa menghasilkan kopi hingga 6 cangkir.

Tangki air pada mesin ini bisa dilepas. Pada tangki ini juga ada indikator untuk melihat tinggi permukaan air. Swing out filter-nya bisa dilepas dan grinder-nya bisa dinonaktifkan. Dilengkapi pula dengan drip stop, filter permanen tambahan, dan automatic switch off. Mesin kopi mini ini bisa kamu beli di JD dengan harga Rp 2.419.000.

Coffe Maker Midea MCM-015D1

Coffe Maker Midea MCM-015D1 merupakan mesin kopi dengan kontrol digital dan dilengkapi dengan detechable permanent filter. Untuk membuat kopi yang enak tanpa ampas, mesin ini hanya membutuhkan waktu selama 4 sampai 5 menit saja.

Mesin ini memiliki nylon filter permanen yang cocok juga untuk membuat teh. Mesin ini hanya bisa untuk membuat satu cangkir kopi saja karena hanya berkapasitas 0,15 L. Terdapat pula fungsi mati otomatis ERP serta perlindungan overheat oleh termostat dan thermofuse pada mesin kopi yang berukuran 175 x 143 x 203 mm ini.

Harga Rp. 275.900-277.000
From our editorial team

Punya Mesin Kopi di Rumah Bisa Menghemat Pengeluaran, lho!

Kamu yang sudah kecanduan kopi bisa berapa kali sih membeli kopi dalam sehari? Tentunya kopi dari kafe dan warung kopi yang bercita rasa lezat harganya sedikit mahal, bukan? Nah, ada baiknya kamu beli mesin kopi sendiri untuk di rumah yang bisa memangkas hingga separuh bujet buat ngopi. Bukan hal yang tidak mungkin pula kamu bisa membuat kopi yang sama nikmatnya dengan yang biasa kamu beli.

Tag