Nama Brand yang Unik Dapat Menjadi Salah Satu Daya Tarik Tersendiri
Brand bisa dibilang sebagai cara untuk mengukur kepopuleran suatu produk atau perusahaan. Strategi branding menjadi elemen terpenting dalam suatu bisnis yang dimiliki oleh seseorang. Jika nama brand-nya unik, maka bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu perusahaan.
Brand bisa memberikan identitas pada sebuah bisnis. Lebih dari sekadar logo, brand bisa menjadi perwujudan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan. Maka dari itu jika berencana membuat suatu brand, kamu tidak bisa asal sembarangan saja ya. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebelum membuat suatu brand. Simak pembahasannya bersama BP-Guide, yuk!
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Brand
Menggambarkan Bisnis atau Produk yang Ditawarkan
Setiap hari ada banyak brand yang bermunculan sehingga akan sangat sulit untuk bersaing jika nama brand terlalu pasaran. Dengan brand yang unik maka konsumen mudah mengenali produk melalui penglihatan, suara, tekstur, dan lain sebagainya.
Ketika memikirkan nama sebuah brand, usahakan supaya brand-nya bisa menggambarkan bisnis atau produk yang memang sedang ditawarkan. Pertimbangkan nama brand dengan melihat bidang apa yang kamu lakukan dan berhubungan dengan hal apa. Nama brand harus sinkron dengan produk sehingga memudahkan konsumen mengerti produk yang kamu buat dalam waktu singkat.
Mudah Diucapkan
Salah satu tips dalam membuat nama brand yang cepat beken adalah dengan memilih nama yang mudah diucapkan. Jika nama brand mudah diucapkan, maka brand akan mudah diingat. Untuk membuat nama brand yang mudah, kamu bisa menggunakan bahasa lokal. Pilihan lainnya adalah menggunakan frasa yang merupakan bahasa sehari-hari. Selain itu kamu bisa juga memakai bahasa asing, namun tentu saja bahasanya harus yang sudah akrab di telinga masyarakat, ya.
Gunakan Maksimal Tiga Suku Kata
Agar brand yang kamu buat jadi lebih mudah dikenal maka kamu bisa membuat nama brand yang terdiri dari maksimal 3 suku kata. Hindari membuat nama brand yang panjang. Kata yang berlebihan hanya menyulitkan konsumen untuk mengingat nama brand. Contohnya adalah Google, Nikon, dan lain sebagainya.
Sesuaikan dengan Logo
Brand belum lengkap tanpa hadirnya sebuah logo. Untuk membuat logo juga tidak bisa asal saja karena logo bisa berperan penting menarik konsumen untuk mengingat produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sesuaikan brand dengan logo sehingga bisa memberi pesan kuat terhadap siapa saja yang melihatnya. Akan lebih baik lagi jika nama dan logo berada dalam kesatuan desain.
Menarik dan Unik
Bisnis atau produk yang kamu tawarkan akan makin mudah dikenal jika brand kamu menarik dan unik. Pilih brand yang memiliki pembeda dari lainnya. Konsumen tentunya akan lebih memilih dan lebih mengingat brand yang menarik dan mudah diucap serta diingat.
Kamu bisa memasukkan makna konotasi dan denotasi yang positif dalam brandmu. Tujuan dari hal ini adalah agar konsumen menangkap makna dan arti dari visi misi brand yang kamu dirikan. Saat nama brand kamu menarik dan unik tentu pelanggan jadi penasaran dengan produk atau jasa dan selanjutnya jadi pelanggan tetap karena brand mudah diingat.
Merek Dunia Ini Memiliki Sejarah Penamaan yang Unik
Volvo
Volvo merupakan nama brand yang unik. Namanya diambil dari bahasa Latin "volvere" yang artinya "saya berputar". Unik memang kedengarannya, namun brand ini sukses menggambarkan produknya kala itu yang merupakan bantalan poros roda mobil.
Logo dari Volvo adalah referensi dari simbol kuno alchemy dari besi. Logo ini mampu menunjukkan ketangguhan dari produk yang dihadirkan oleh Volvo.
Volvo merupakan perusahaan asal dari Swedia. Merek ini mulai memproduksi ball bearing untuk AB SKF antara 1915 dan 1924. Kemudian brand ini mencoba membangun perusahaan mobil. Meski butuh waktu lama, namun pada akhirnya Volvo sukses menghadirkan mobil paling aman, yang melindungi pengendara dari risiko kecelakaan fatal.
Atari
Mulai hadir pada tahun 1972, Atari dihadirkan oleh Bushnell dan Ted Dabney. Brand ini menjadi pionir di dunia game arcade, konsole, dan komputer. Perusahaan asal Amerika ini sengaja membuat sebuah brand dengan nama seperti orang Jepang. Arti dari Atari sendiri adalah "skak-mat" dalam bahasa Jepang.
Sempat dibeli oleh Hasbro di tahun 90-an, Atari dibeli kembali oleh Infogrames pada akhir dekade yang sama. Sayangnya Atari kembali mengalami kebangkrutan. Namun kini Atari dikabarkan telah kembali dari kebangkrutan. Mereka siap mulai dari awal untuk kembali membangun perusahaan di bawah kepemimpinan Frederic Chesnais.
HP (Hewlett Packard)
HP alias Hewlett Packard dikenal sebagai brand yang menghasilkan komputer, laptop, dan peralatan elektronik seperti scanner dan printer. Awalnya brand ini didirikan oleh dua sahabat karib yakni William Hewlett dan David Packard.
Uniknya, nama perusahaan ini ditentukan dengan cara melakukan undian koin. Kala itu Bill memenangkan undian maka namanya digunakan di bagian depan.
Brand yang didirikan pada tahun 1939 ini awalnya berdiri di garasi rumah Packard dengan modal awal $538. Perusahaan asal Amerika Serikat ini kini berkembang pesat sebagai sebuah perusahaan besar dan melakukan banyak penawaran saham.
Adobe System
Perusahaan Adobe Systems Incorporated mulai didirikan pada tahun 1982 lalu. Brand yang satu ini diciptakan oleh John Warnock dan Charles Geschke. Dengan kantor pusat di San Jose California, Adobe dikenal sebagai salah satu perusahaan software komputer terpopuler di dunia.
Sejarah unik dari perusahaan ini adalah dari segi nama brand-nya. Adobe diambil dari nama sungai yang mengalir di belakang rumah salah satu pendirinya. Logo perusahaan dirancang oleh perancang grafis dan istri salah satu pendiri perusahaan bernama Marva Warnock.
Saat ini Adobe telah berkembang pesat baik dari segi penjualan maupun jumlah pengguna.kamu pasti juga sudah tidak asing dengan aneka produk dari Adobe. Beberapa di antaranya adalah Photoshop, Flash, dan Acrobat.
Sharp
Sharp berarti "tajam". Meski demikian, arti nama perusahaan ini jauh berbeda dari usaha yang dijalani. Sharp merupakan perusahaan yang bergerak di bidang elektronik. Perusahaan ini adalah milik Hayakawa Tokuji. Awalnya perusahaan ini memproduksi pensil mekanik. Namun akibat gempa tahun 1923, Tokuji menjual pabriknya dan kembali mendirikan pabrik dengan nama sama namun kali ini memproduksi radio.
Dari tahun ke tahun, perusahaan ini terus melebarkan sayapnya. Kini, Sharp juga memproduksi aneka alat elektronik. Mulai dari televisi, kulkas, hingga mesin cuci berkualitas tinggi.
eBay
Pierre Omidyar merupakan pendiri perusahaan eBay. Awalnya ia memakai nama Echo Bay Technology Group untuk perusahaannya. Sayang domain nama itu telah dimiliki orang lain, maka dari itu Omidyar memakai singkatan Echo Bay yakni eBay.
Perusahaan yang didirikan pada tahun 1995 ini merupakan bagian dari situs web AuctionWeb. Perusahaan ini ditujukan untuk menyediakan platform untuk melelang barang-barang koleksi. Namun siapa sangka perusahaan ini ternyata begitu sukses seperti sekarang. Kini eBay tidak hanya dikenal sebagai tempat lelang barang saja. Situs ini kini menjadi portal belanja online yang menarik banyak pelanggan di seluruh dunia.
Cadillac
General Motors Company memiliki banyak divisi yang salah satunya adalah Cadillac. Perusahaan ini diberi nama Cadillac yang merupakan nama seorang petualang Perancis bernama Antoine Laumet de La Mothe Cadillac yang lahir di tahun 1658. Arti namanya bisa memberi kesan mewah dan luar biasa.
Cadillac merupakan puing-puing perusahaan yang gagal dibangun oleh Henry Ford. Perusahaan ini dikenal sebagai merek tertua kedua di dunia setelah Buick. Brand yang satu ini memproduksi kendaraan mewah serta bagian bagian mobilnya. Cadillac banyak dipasarkan di Amerika Serikat dan juga Kanada.
Volkswagen
Volkswagen merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi mobil. Nama brand-nya berasal dari bahasa Jerman yang artinya "mobil rakyat". Merek ini mulai tenar pada masa pemerintahan Jerman saat dikuasai Nazi.
Adolf Hitler cukup berjasa kala itu karena merupakan seseorang yang berjasa pada perkembangan Volkswagen pertama. Hitler mencetuskan ide membuat kendaraan agar dapat digunakan oleh semua kalangan dan lapisan masyarakat.
Produk pertama Volkswagen adalah KDF yang merupakan kependekan dari Kraft Durch Freude. Kendaraan ini masih simpel karena pada masa itu banyak perusahaan Jerman yang tidak kompatibel dengan rancangan ini.
Amazon
Amazon merupakan brand yang bergerak dalam bidang e-commerce. Didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994, perusahaan yang satu ini awalnya hanya menjual buku secara online. Perkembangan teknologi membuat perusahaan ini makin banyak menambah produknya.
Nama perusahaan awalnya direncanakan sebagai Cadabra. Namun brand tersebut tidak digunakan karena huruf awalnya C, sementara iJeff ingin perusahaan memakai huruf awal A. Maka jadilah ia memilih Amazon yang terdengar eksotis serta bisa mencerminkan sungai terbesar di dunia.
Motorola
Motorola mulai didikan pada tahun 1928 lalu. Perusahaan multinasional ini bergerak di bidang telekomunikasi. Awalnya, perusahaan ini diberi nama Galvin Manufacturing Corporation yang merupakan nama pendirinya Joseph E. Galvin. Selain itu awalnya bukan bergerak di bidang telekomunikasi melainkan pembuatan battery eliminator.
Sayangnya produksi adaptor ini hanya berjalan dalam waktu yang pendek saja. Perkembangan pesat teknologi membuat adaptor tidak terlalu dibutuhkan lagi. Maka Galvin memutuskan untuk banting setir dan memproduksi radio mobil. Ia pun memakai nama Motorola karena produk radionya akan dipasang pada mobil.
Setiap Brand Ternama Memiliki Sejarahnya Sendiri
Brand merupakan suatu cara bagi perusahaan atau pengusaha guna memperkenalkan produknya pada masyarakat agar mudah dikenali. Setiap brand memiliki kisah menarik di balik terpilihnya nama brand tersebut. Brand-brand di atas terbukti memiliki nama yang unik dan mencapai kesuksesan di bidangnya.