8 Fashion e-Commerce yang Populer di Indonesia dan Tips Membuka Bisnis Fashion e-Commerce

8 Fashion e-Commerce yang Populer di Indonesia dan Tips Membuka Bisnis Fashion e-Commerce

Semakin majunya teknologi tentu saja semakin memudahkan kita sebagai pengguna teknologi mendapat segudang manfaat. Salah satunya adalah berbelanja online yang membuat kita dapat menghemat waktu, energi, dan juga biaya. Nah, fashion item menjadi bisnis yang paling laris di jagat e-commerce. Apa kamu berniat membuka bisnis fashion di situs online? Simak tips-nya di sini ya!

Apakah e-Commerce Itu?

Sumber gambar techno.okezone.com

Kemajuan teknologi memang membawa banyak kemudahan terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Untuk menunjang kebutuhan mereka yang memiliki kesibukan, saat ini, ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce.

Istilah ini mungkin tak asing lagi bagi kamu yang suka berbelanja daring alias online. Kamu yang mungkin tidak punya waktu untuk belanja langsung di toko atau ingin membeli baju dari luar kota bahkan luar negeri dapat memanfaatkan situs e-commerce untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

E-commerce sendiri merupakan singkatan dari electronic commerce atau dapat diartikan sebagai penyebaran, penjualan, pembelian, yang meliputi transfer dana dan atau pertukaran data elektronik yang melibatkan Internet dalam prosesnya. Pada dasarnya, e-commerce dibagi menjadi beberapa tipe seperti business-to-consumer (B2C), consumer-to-consumer (C2C), business-to-business (B2B), dan lainnya.

Saat ini, telah hadir berbagai situs e-commerce yang bisa kamu andalkan untuk memperoleh barang incaran seperti busana, sepatu, gawai, aksesori, bahkan kebutuhan rumah tangga. Nah, sudah punya daftar e-commerce tepercaya soal fashion? Yuk, simak ulasan BP-Guide di sini.

Fashion e-Commerce Jadi e-Commerce Paling Populer Saat Ini

Sumber gambar www.indiaretailing.com

Busana, alas kaki, dan aksesori memiliki pangsa pasar besar di seluruh dunia. Hal ini tampaknya menjadi salah satu sebab fashion e-commerce menjadi situs belanja elektronik yang paling digemari dan populer saat ini.

Fashion e-commerce sangat mudah kamu temukan di internet bahkan sudah banyak aplikasi yang dibuat untuk mendukung kegiatan belanja online. Mulai dari fashion lokal hingga internasional, bisa diperoleh dengan mudah lewat fashion e-commerce ini.

Ada beberapa dampak positif dari hadirnya fashion e-commerce, seperti mendorong usaha kreatif menjadi lebih maju dan mendukung inovasi serta perkembangan mode tanah air. Survei yang dilakukan oleh Bekraf Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sektor fashion menjadi penyumbang nomor dua setelah sektor kuliner di bidang ekonomi.

Lewat munculnya fashion e-commerce, para pengusaha di sektor usaha kecil dan menengah pun dapat turut serta dalam meramaikan perniagaan di bidang mode. Asyik, bukan?

Keuntungan Fashion e-Commerce untuk Pengusaha

Pengurangan Biaya Perusahaan

Bisnis di bidang mode memang menggiurkan karena pergerakan tren busana termasuk cepat berubah dan menarik minat banyak pihak. Tidak heran jika kemudian usaha di bidang ini semakin berkembang bahkan pesat. Terlebih sejak munculnya fashion e-commerce yang memberi ruang bagi pebisnis pemula yang ingin menjajal bisnis di dunia mode.

Bagi pengusaha yang tidak memiliki modal besar, fashion e-commerce bisa menjadi salah satu pilihan serta solusi. Fashion e-commerce dapat memangkas biaya perusahaan, seperti tidak perlu menghabiskan banyak modal untuk membuka cabang, menyewa gedung, atau pembiayaan lain yang cenderung mahal. Cukup dengan menghadirkan foto koleksi busana yang memadai serta deskripsi jelas untuk menarik minat calon konsumen, para pebisnis di ranah mode bisa memasarkan produknya via fashion e-commerce.

Target Pasar Lebih Luas

Kelebihan memiliki toko adalah dapat mengundang calon konsumen yang lebih nyaman berbelanja langsung di tempat. Namun, toko fisik juga memiliki kekurangan seperti terbatasnya konsumen pada wilayah tersebut. Untuk menjawab tantangan ini, pebisnis bisa memasarkan produknya lewat fashion e-commerce.

Lewat hadirnya fashion e-commerce yang berpadu kemajuan teknologi internet, produk kamu dapat diperoleh oleh mereka yang tersebar di berbagai wilayah, di mana saja, dan kapan saja. Tak perlu menunggu waktu toko buka, para pelanggan dapat memesan koleksi busana dan kamu bisa mengeceknya di jam operasional atau kapan pun kamu inginkan.

Fashion e-commerce juga membantu kamu menjangkau pasar lebih luas mulai dari luar kota bahkan luar negeri secara cepat dan mudah tanpa modal besar untuk membuka cabang toko fisik.

Menekan Biaya Infrastruktur

Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis pakaian memang tidak sedikit. Mulai dari biaya bahan, penjahitan, menyewa tenaga karyawan, hingga mendirikan gedung sampai gudang penyimpanan, semua harus dipikirkan matang. Lalu, bagaimana jika modal kamu hanya terbatas pada tersedianya produk jadi?

Fashion e-commerce dapat menjadi alternatif solusi bagi kamu yang baru saja mengembangkan usaha di bidang mode. Tanpa perlu pengadaan toko dan atau gudang, kamu sudah bisa memasarkan produk jadi bahkan dapat menerapkan sistem pre-order untuk meminimalkan kerugian. Kamu tidak perlu pusing membeli tanah atau menyewa gedung tambahan untuk menaruh koleksi busana yang akan dijual. Tentunya, hal ini dapat memangkas biaya prasarana dan mengalihkannya untuk kebutuhan lain.

Harga Barang yang Dijual Bisa Lebih Murah

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik minat calon pelanggan. Misalnya, memberi potongan harga alias diskon untuk item tertentu. Hal ini bisa tetap mendapat untung, loh.

Lewat fashion e-commerce, kamu bisa mengurangi biaya-biaya operasional seperti biaya pemeliharaan toko fisik, distribusi, atau biaya penyewaan gedung cabang. Pengurangan biaya ini tentu berdampak pada harga produk yang kamu jual. Kamu bisa memangkas harga menjadi lebih murah tanpa mengurangi laba dan menawarkan produk dengan harga murah yang bisa memikat calon konsumen.

Daftar 8 Fashion e-Commerce Indonesia Terpopuler Saat Ini

Zalora

Sumber gambar medium.com

Toko daring ini menjadi salah satu fashion e-commerce populer yang menghadirkan banyak pilihan koleksi busana dari berbagai desainer hingga desainer ternama seperti Itang Yunaz dan Raden Sirait. Zalora menawarkan ragam pilihan busana dan alas kaki setidaknya dari 500 merek lokal juga internasional sehingga cocok bagi kamu yang suka berburu fashion item bermerek.

Zalora sendiri adalah anak dari situs belanja online Zalando sekaligus bagian dari proyek Rocket Internet yang berpusat di Singapura. Zalora hadir di Indonesia pada tahun 2012, berbarengan dengan meluncurnya fashion e-commerce ini di beberapa negara Asia lainnya seperti Vietnam, Thailand, Filipina, Hong Kong, Taiwan, dan Malaysia. Pada tahun 2013, Zalora kemudian memperluas jaringan layanan ke Brunei Darusalam.

Untuk memudahkan pelanggan, situs belanja mode ini menghadirkan beberapa kategori seperti Zalocal, tas, pakaian, jam & aksesoris, baju muslim, batik, flagship stores, brands, sports, dan sepatu.

Berrybenka

Sumber gambar www.dictio.id

Memiliki beberapa cabang toko fisik, Berrybenka menjadi salah satu fashion e-commerce pilihan bagi kaum urban yang mencari fashion item terkini. Berrybenka mulai beroperasi sejak tahun 2011 dan menjadi salah satu situs belanja mode dan kecantikan ternama di Indonesia. Fashion e-commerce satu ini menghadirkan produk in-house label dan menjual produk dari sekitar 1.000 merek lokal juga internasional.

Berrybenka sendiri menjadi populer karena koleksi busana yang hadir dalam harga terjangkau. Kamu bisa menemukan koleksi busana yang trendi dengan harga lebih miring daripada merek kelas atas tapi tetap tak kehilangan gaya kekinian.

Tidak hanya busana, Berrybenka juga dapat membantu kamu mendapatkan sepatu atau tas bahkan aksesori seperti kalung, anting, syal, kacamata, jam tangan, dan topi.

Hijup

Sumber gambar www.textiletoday.com.bd

Hijab dan busana muslim di era modern seperti sekarang tidak lagi identik dengan kesan ketinggalan zaman. Seiring perkembangan dan inovasi di dunia mode dan didukung oleh kreativitas para desainer busana muslimah, baju muslim menjadi salah satu pakaian yang diperhitungkan di industri fesyen tak hanya lokal tapi juga internasional.

Menggeliat dengan pesat, banyak pihak yang menginginkan busana muslim dalam nuansa dinamis dan bisa diperoleh secara cepat juga mudah.

Menjawab kebutuhan tersebut, Hijup hadir dengan deretan merek busana muslim yang dapat dipilih. Berdiri di tahun 2011, fashion e-commerce ini menjadi salah satu situs belanja fesyen populer dan menghadirkan koleksi busana dari berbagai desainer seperti Ria Miranda, Zaskia Sungkar, Ayu Dyah Andari, Restu Anggraeni, Hannie Hananto, dan banyak lagi.

Hijabenka

Sumber gambar id.techinasia.com

Masih bagian dari Berrybenka, fashion e-commerce satu ini menyasar muslimah yang menginginkan koleksi busana santun nan modis. Kesadaran muslimah dalam menutup aurat di Indonesia mulai pesat dan hal ini didukung oleh usaha desainer muslimah lewat koleksi busana hijab mereka.

Hijabenka menghadirkan berbagai busana muslim yang modis serta trendi untuk berbagai acara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan. Koleksi busana yang dapat kamu intip di Hijabenka adalah kerudung, rok, tunik, gaun muslimah atau gamis, hingga outerwear.

Maskoolin

Sumber gambar www.gadgetan.com

Meski tak seramai koleksi busana wanita, bukan berarti kaum pria kehilangan pilihan karena saat ini hadir fashion e-commerce yang fokus pada busana kaum adam seperti Maskoolin.

Maskoolin berdiri pada tahun 2012 dan digerakkan oleh Ilham Syafriadi, Mustafa Kemal, Kristian Harahap, serta Errol Widhavian. Fashion e-commerce ini juga merupakan bagian dari VC Grupara Inc. dan saat ini telah menghadirkan koleksi busana dari sekitar 20 merek lokal.

Situs belanja ini memberi kategori pilihan seperti kaos, sepatu sneakers, jam tangan, tas pria, dompet pria, luaran pria, sepatu formal, dan celana jeans. Kamu juga bisa meminta bantuan lewat chat Facebook Messenger, WhatsApp, atau LINE bila menemukan kesulitan.

Sorabel

Sumber gambar www.dailysocial.id

Bermula dengan nama Salestock yang kini berubah menjadi Sorabel, fashion e-commerce ini menjadi salah satu situs belanja pilihan yang memberi ragam busana serta aksesori untuk para pelanggannya.

Salah satu keunggulan dari situs belanja ini adalah pelanggan dapat mencoba terlebih dahulu busana atau sepatu yang dipilih dan dapat dikembalikan kepada kurir jika ukurannya tidak sesuai atau tidak sesuai keinginan. Layanan ini tersedia di kota-kota tertentu yang tentunya memudahkan pelanggan untuk mendapat produk yang diinginkan.

Fashion e-commerce yang juga dapat diunduh via Google Play ini menghadirkan beberapa kategori seperti blouse, dress, perawatan kulit, kemeja pria, baju anak, muslim wear, dan busana big size. Fashion e-commerce ini cocok buat kamu yang ingin tampil trendi tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Seru, kan?

8wood

Sumber gambar www.technesia.com

Fashion e-commerce yang satu ini berdiri pada tahun 2013 oleh Alvin Yudhapatria bersama sang istri, Alice Norin yang juga dikenal sebagai salah satu selebriti Indonesia. Fashion e-commerce ini hadir laiknya one stop shopping buat kamu yang mencari koleksi busana.

Tak hanya menghadirkan deretan pakaian wanita, 8wood juga menawarkan pakaian anak-anak, sepatu, aksesoris, juga koleksi busana dari merek lokal serta internasional.

Tak berhenti di sana, 8wood juga hadir lewat koleksi signature mereka yakni By 8WOOD. Koleksi dari kategori ini memuat atasan, bawahan, dan dress. Harga yang ditawarkan pun beragam dan dapat kamu sesuaikan dengan anggaran yang ada.

Cloth Inc

Sumber gambar www.cloth-inc.com

Untuk mencapai tangga kesuksesan memang tidak dapat melalui jalan mudah dan terkadang kamu harus nekat untuk bisa meraihnya. Seperti yang dilakukan oleh Julian Tanoto ini. Modal Rp 40 juta dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendirikan Cloth Inc. yang kini menjadi salah satu fashion e-commerce Indonesia.

Modal yang tak begitu besar dimaksimalkan lewat strategi tepat, yakni memanfaatkan teknologi guna dan meminimalkan pengeluaran biaya prasarana. Saat ini, Cloth Inc. ini telah memproduksi setidaknya sekitar 2.000 potong busana.

Fokus pada busana wanita, Cloth Inc. menghadirkan koleksi busana yang trendi dibalut desain modern, serta warna-warna menawan. Lewat fashion e-commerce ini kamu bisa memilih ragam koleksi busana mulai dari atasan, bawahan, dress, juga outerwear.

Tertarik Membuka Bisnis Fashion e-Commerce? Ini Tips Pentingnya

Pahami e-Commerce Lebih Mendalam

Sumber gambar www.iprice.co.id

Memahami bidang bisnis yang akan digeluti adalah langkah dasar agar kamu bisa mengerti keuntungan, kerugian, serta risiko yang ada di dalamnya. Demikian juga dengan peluang bisnis fashion e-commerce, kamu harus terlebih dahulu paham segala aspek yang ada di dalam bidang e-commerce.

Untuk memahaminya, kamu dapat melakukan riset yang menunjang. Riset bisa kamu lakukan lewat observasi terhadap situs jual beli atau marketplace yang telah ada dan mengamati pergerakan serta perkembangannya di Indonesia.

Selain itu, jika kamu fokus pada penjualan produk, kamu dianjurkan memilih marketplace atau fashion e-commerce yang paling sesuai dengan konsep serta segmen pasar. Hal ini untuk meminimalkan kerugian akibat salah sasaran karena menggunakan situs belanja yang kurang tepat.

Kenali Lebih Dalam Platform-nya

Sumber gambar www.liputan6.com

Jika kamu ingin mendirikan platform atau menjual produk di platform tertentu, kamu dianjurkan memperhatikan beberapa hal. Prioritaskan pada faktor keamanan. Hal ini penting untuk meminimalkan pencurian data oleh oknum tak bertanggung jawab serta keamanan dalam transfer dana serta penukaran informasi pribadi yang terjadi saat melakukan transaksi.

Selain itu, perhatikan juga fitur e-commerce yang ditawarkan. Semakin efisien fitur yang ada, pelanggan akan nyaman berbelanja tanpa harus terus menerus melihat iklan.

Kemudian, pertimbangkan aspek bantuan dan dukungan yang dihadirkan oleh platform. Hal ini berguna untuk membantu calon pelanggan atau pelanggan yang baru mengakses situs belanja. Lewat ketersediaan staf atau sistem yang mampu menjawab masalah platform, pelanggan dan penjual dapat menghadapi masalah dengan solusi efisien yang ditawarkan oleh platform tersebut.

Pikirkan Apakah Produk Kamu Sudah Sesuai Target Pasar

Sumber gambar www.ruangfreelance.com

Menjalankan bisnis mungkin tampak menyenangkan apalagi jika sudah meraup keuntungan. Namun, sisi positif dari bisnis bisa dicapai jika kamu benar-benar matang dalam perencanaan termasuk ketika menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan target pasar yang ada. Misalnya, jika kamu ingin menjual produk busana, tentu harus melihat tren yang sedang atau akan tren.

Tidak hanya itu saja, sesuaikan juga target pasar dengan harga produk yang kamu tawarkan. Jika target pasar kamu adalah mereka yang belum produktif bekerja, kamu bisa menawarkan harga jual produk lebih rendah daripada target pasar yang berasal dari kalangan pekerja. Jangan sampai salah target pasar karena ini akan berdampak pada aspek untung-rugi bisnis yang kamu jalankan.

From our editorial team

Cerdas dan Cermatlah Melihat Peluang Bisnis Fashion e-Commerce

Siapa yang tidak tergiur dengan bisnis e-commerce yang menguntungkan? Apakah kamu salah satunya? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum terjun membangun bisnis fashion e-commerce. Jangan karena tergiur keuntungan semata kamu melalaikan hal penting bagi bisnis kamu. Alih-alih meraup untung, kamu justru bisa merugi.

Tag