10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik dan Serbaguna (2022)

10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik dan Serbaguna (2022)

Anda berencana piknik bersama keluarga besar? Berikut BP-Guide rekomendasikan cooler box terbaik yang serbaguna untuk membawa makanan dan minuman. Namun, sebelum membeli kenali juga hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan cooler box terbaik. BP-Guide juga akan memberikan info tips menyimpan makanan dan minuman dalam cooler box agar tetap aman.

Makanan dan Minuman Tetap Segar Saat Bepergian Dengan Cooler Box

Cooler box atau kotak pendingin merupakan salah satu barang yang wajib Anda bawa saat piknik atau berkemah, supaya makanan dan minuman Anda kesegarannya terjaga. Anda bisa membawa berbagai macam makanan dan minuman di dalamnya, termasuk ikan agar tetap segar.

Cooler box ini tidak membutuhkan listrik. Jadi, aktivitas makan bersama saat bepergian pun jadi makin praktis dengan alat ini. Saat listrik mati, cooler box juga dapat Anda gunakan sebagai pengganti kulkas sementara di rumah. Ada berbagai macam cooler box yang dijual di pasaran, dengan keunggulannya masing-masing.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Cooler Box

Jenis Cooler Box

Ada tiga jenis cooler box yang dibedakan sesuai dengan penggunaannya, yaitu jenis jinjing, mobil, dan yang berukuran besar. Jenis jinjing cocok untuk menyimpan ASI dan bekal makanan. Jenis ini disertai tali yang mudah diatur panjangnya.

Cooler box mobil didesain dengan ukuran kompak agar dapat disambungkan ke soket. Dengan aliran listrik, alat ini dapat mendinginkan maupun memanaskan isinya dengan cepat. Namun, Anda juga dapat membawanya tanpa colokan listrik dengan menambahkan batu es.

Nah, jenis terakhir adalah cooler box berukuran besar yang cocok digunakan untuk berjualan atau aktivitas luar ruangan bersama banyak orang. Jenis ini biasanya dilengkapi dengan pegangan dan roda yang kuat supaya mudah dipindahkan.

Kemampuan Mempertahankan Suhu

Setiap jenis cooler box dapat mempertahankan suhu dingin dalam waktu yang berbeda-beda. Hal ini juga dipengaruhi oleh material yang digunakan untuk membuat cooler box.

Cooler box jinjing biasanya hanya mampu bertahan dalam beberapa jam hingga maksimal 24 jam. Tidak jauh berbeda dengan cooler box mobil, hanya saja cooler box mobil dapat mempertahankan suhu lebih lama jika terhubung dengan sambungan listrik.

Sementara cooler box yang berukuran besar biasanya terbuat dari bahan yang dapat menjaga suhu lebih lama. Sebab, cooler box yang satu ini memang dirancang untuk aktivitas luar yang dilakukan selama berhari-hari, seperti memancing atau berkemah.

Kapasitas

Perbekalan yang dibutuhkan satu orang dewasa adalah sekitar 4 liter untuk perjalanan sehari dan 15 liter untuk sehari semalam. Sementara untuk anak-anak, kapasitasnya kira-kira sekitar setengah dari orang dewasa. Itu untuk hitung-hitungan secara umum. Anda bisa berpatokan dengan angka ini sebagai referensi.

Jika Anda ingin menggunakan cooler box sebagai tas pendingin saat berbelanja, produk dengan kapasitas 15 liter sudah sangat ideal. Biasanya, cooler box yang cocok dijadikan tas pendingin saat belanja adalah yang soft type, yang lebih mudah dibawa-bawa.

Jika barang bawaan Anda ada banyak, Anda dapat membeli dua cooler box ukuran kecil. Dua cooler box ukuran kecil biasanya akan lebih terjangkau daripada membeli satu cooler box ukuran besar. Anda dapat mempertimbangkan hal ini sesuai dengan kemampuan Anda.

Bahan Pembuatnya

Cooler box dibuat dari beberapa jenis bahan, yang memiliki keunggulan masing-masing. Cooler box yang terbuat dari styrofoam memiliki bentuk yang simpel, berbobot yang ringan, dan harganya yang relatif terjangkau. Jika Anda ingin membawa cooler box yang ringan dan tidak bepergian terlalu lama, jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selanjutnya, ada pilihan logam yang merupakan bahan kotak pendingin paling kuat. Bahan ini tidak mudah penyok dan pecah sehingga pemakaiannya akan lebih awet. Namun, hati-hati dengan resiko karat dan kepraktisan saat membawanya. Cooler box berbahan logam ini perlu dibawa oleh 2 orang atau lebih karena bobotnya cukup berat.

Kemudian, ada pula cooler box yang dibuat dari bahan plastik. Tentu saja plastik yang digunakan bukan sembarang plastik, tetapi plastik yang dapat mempertahankan suhu dingin. Plastik yang digunakan biasanya memiliki kualitas yang tinggi dan ramah lingkungan.

Fitur yang Memudahkan

Praktis dan mudah dibawa-bawa tentu menjadi poin penting dalam memilih cooler box. Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan cooler box yang dilengkapi dengan handle dan roda.

Secara umum, ada 3 tipe handle pada cooler box, yaitu gagang kecil berbentuk U, bail handle atau handle ayun seperti pegangan ember, dan handle yang terletak di samping kiri-kanan. Bentuk handle ini juga berpengaruh pada cara membawa cooler box. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana cara membawa cooler box yang paling nyaman bagi Anda, dan apakah cooler box bisa dengan mudah diangkat oleh 2 orang.

Selain handle, perhatikan fitur rodanya. Produk yang dilengkapi roda dan handle extended akan memudahkan Anda menarik cooler box. Namun, fitur ini kurang cocok untuk medan yang terjal. Jadi, sesuaikan juga model cooler box dengan lokasi acara Anda ya!

Tips Menjaga Makanan Dingin Lebih Lama di Cooler Box

Tambahkan Ice Pack

Ada baiknya Anda menambahkan ice pack pada bagian dasar cooler box. Udara dingin akan berkumpul di bagian bawah, dan makanan ataupun minuman Anda pun jadi terjaga kesegarannya dalam waktu yang lebih lama.

Perhatikan Cara Penempatan Makanan

Sangat penting saat menempatkan bahan makanan pada posisi yang tepat agar tidak ada celah. Jika terdapat celah, Anda dapat menggunakan plat alumunium untuk mengisi celah tersebut.

Simpan di Tempat Sejuk

Letakkan cooler box di tempat yang teduh dan sejuk. Cooler box yang langsung terkena matahari dapat membuat isinya jadi lebih cepat mencair. Selain itu, hindari membuka dan menutup kotak pendingin agar udara di dalamnya terjaga.

Rekomendasi Cooler Box Untuk Berbagai Keperluan

Claris 3531 I-Cool Cooler

Cooler box dengan kapasitas 5,5 liter ini diklaim mampu menjaga suhu dingin hingga 24 jam. Selain untuk mendinginkan makanan dan minuman, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan stok ASI, hingga maksimal 12 botol susu.

Cooler box mini ini dibuat dari bahan PP (polipropena) dengan dimensi 25 x 21 x 20,8 cm, dan memiliki bobot 2 kg. Oleh karan cukup ringan, cooler box ini gampang dibawa bepergian. Agar lebih maksimal, sebaiknya Anda menambahkan ice pack gel atau es batu ukuran besar biasa ke dalam cooler box ini.

Harga Rp. 120.000-250.000

Naturehike NH20SJ021 Cooler Box

Jika Anda mencari cooler box yang memiliki desain ramping untuk menemati mini trip bersama sahabat, pertimbangkanlah produk yang satu ini. Produk ini memiliki kapasitas yang lumayan lega, dapat memuat 13 kaleng di dalam cooler box berkapasitas 13 L ini. Minuman Anda pun bisa dingin hingga 12 jam di dalamnya.

Desainnya ergonomis dan multifungsi. Jika tutup boks dibalik, Anda dapat memanfaatkannya sebagai cup holder. Anda pun tidak akan kerepotan mencari alas botol/gelas saat sedang dalam perjalanan. Warna cooler box yang clean pun tampak menarik, cocok untuk Anda yang menyukai tampilan minimalis dan simpel.

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Rubbermaid Cooler Marine

Produk cooler box keluaran Rubbermaid ini terbilang sangat kokoh dan tahan banting. Jika Anda gemar memancing di laut, produk ini layak untuk menemani Anda. Cooler box ini dapat menampung 252 buah minuman kaleng dan es atau setara 113 kg ikan, lho!

Selain hadir dengan kapasitas super jumbo, produk ini juga mampu mempertahankan suhu dingin selama 7 hari! Sebab, produk ini memang didesain untuk medan ekstrim seperti di tengah laut, misalnya. Materialnya pun tahan panas, tahan cuaca, dan tahan air. Meski terkena air laut sekalipun, material baut pada produk ini tidak mudah berkarat.

Harga Rp. 5.000.000-7.000.000

Mobicool T08

Cooler box ini didesain eco friendly karena bebas freon atau CFC (chlorofluorocarbon). Cooler box ini cocok untuk digunakan di rumah ataupun di mobil saat perjalanan karena dapat disambungkan dengan soket mobil, dan menggunakan daya sebesar 32 watt. Dimensi yang ringkas membuat cooler box mobil mudah diletakkan di mana saja, seperti slot konsol tengah, jok baris kedua atau ketiga.

Dengan kapasitas 8 liter, produk ini mampu memuat 8 minuman kaleng standar dan 2 minuman kemasan pada pegangan gelas luar. Setelah diaktifkan, Anda perlu menunggu 15 menit untuk dapat mendinginkan atau memanaskan minuman.

Kotak ini mampu menyimpan minuman di bawah 5°C dan menghangatkan hingga 60°C. Tersedia juga tali pengikat untuk memudahkan Anda membawanya ke mana-mana.

Harga Rp. 700.000-1.200.000

Marina Cooler Box 18S

Cooler box dari Lion Star ini memiliki kapasitas 16 liter dan dimensi produk 37x25x34,5 cm. Produk ini terbuat dari plastik berkualitas yang ramah lingkungan. Material plastik berkualitas tersebut membuat cooler box ini tahan lama dan tidak mudah kotor.

Kotak pendingin ini menggunakan pengunci yang rapat dari besi, agar minuman dapat tetap dingin dalam waktu yang lama. Terdapat juga kaitan untuk tali selempang yang akan memudahkan Anda membawanya bepergian. Untuk warnanya, Anda dapat memilih antara warna merah, buru, atau abu-abu.

Harga Rp. 200.000-300.000

ROICHEN ICEPIA Smart Ice Box

Cooler box yang satu ini menggunakan lapisan isolasi berkualitas tinggi sehingga dapat menjaga suhu di dalamnya tetap dingin atau hangat dalam waktu yang lama. Cooler box ini juga memiliki metode hand lock yang dapat memudahkan Anda membuka dan menguncinya dengan satu tangan.

Materialnya bersifat BPA Free sehingga aman digunakan untuk penyimpanan makanan segar, seperti buah-buahan dan sayuran. Di samping itu, produk ini juga sudah bersertifikat FDA Amerika. Soal kapasitas, cooler box ini memiliki tersedia dalam 8, 15, dan 23 liter dengan desain yang compact. Sangat cocok digunakan di berbagai acara.

Harga Rp. 200.000-350.000

Green Leaf Polar Cooler Box

Kotak pendingin merk Green Leaf ini memiliki ukuran 29 x 21,8 x 32 cm dan kapasitas 6,5 liter. Produk ini terbuat dari material plastik, dengan pengunci klip sederhana yang anti karat, sehingga kotak pendingin ini awet dan tahan lama. Penutupnya juga memiliki karet pengaman di sepanjang bagian untuk mencegah adanya udara dingin keluar.

Kotak ini tampak minimalis, dan dilengkapi dengan tali pegangan yang dapat diatur sehingga memudahkan untuk dibawa kemanapun. Produk cooler box yang satu ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu biru dan hijau.

Harga Rp. 125.000-250.000

Puku Cooler Box

Puku Cooler Box adalah salah satu cooler box dengan dimensi 21 x 24 x 17 cm yang tergolong ringkas. Kotak pendingin ini terbuat dari bahan PP (polipropilena) yang tahan panas, dan juga terdapat lapisan bahan polyurethane di bagian dalam untuk menjamin menjaga suhu makanan dan minuman tetap dingin.

Cooler box ini memiliki bobot yang ringan. Terdapat juga pegangan yang memudahkan Anda saat memindahkan box ini. Kapasitas cooler box kecil ini cukup kecil, yaitu 5,5 liter. Karena ukurannya kecil dan memiliki insulasi yang baik, alat ini dapat Anda gunakan untuk menyimpan ASI dalam jangka pendek.

Harga Rp. 125.000-250.000

Lion Star Cooler Box Es Antartica

Cooler box dari Lion Star ini memiliki dimensi 69 x 43 x 45 cm, dan kapasitas 55 liter. Kapasitasnya yang cukup besar membuatnya dapat diisi dengan banyak minuman maupun bahan makanan saat travelling atau kegiatan outdoor bersama keluarga. Bisa juga digunakan untuk berjualan di kios berjalan atau di industri kecil rumahan untuk menghemat pemakaian listrik.

Sayangnya, cooler box ini tidak dilengkapi dengan roda. Namun, produk ini memiliki gagang pegangan yang kokoh pada masing-masing sisi, sehingga dapat membantu Anda untuk memindahkannya. Setidaknya perlu 2 orang untuk memudahkan membawa cooler box ini.

Harga Rp. 650.000-850.000

IGLOO Cooler Island Breeze Roller

Igloo Cooler Box ini memiliki kapasitas sebesar 26 liter yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan hingga 38 kaleng berukuran sedang. Cocok digunakan untuk kegiatan luar ruang seperti kemah, piknik, festival, dan kegiatan lainnya. Alat ini memiliki teknologi cool riser yang meminimalisir pengaruh suhu panas di dalam kotak untuk mengoptimalkan kinerja sistem pendingin.

Dalam mengangkutnya, Anda dimudahkan dengan fitur yang dimiliki oleh cooler box ini. Produk ini dilengkapi dengan handle trolley, pegangan samping, dan roda yang membuatnya ergonomis. Pegangannya berupa handle telescoping yang dapat dibuka dengan cara menekan tombol. Berkat fitur tersebut, kotak ini mudah diangkat dan dibawa dalam medan rata maupun bergelombang.

Harga Rp. 850.000-1.200.000
From our editorial team

Selalu Bersihkan Cooler Box Setelah Digunakan

Cooler box memang punya fungsi yang sangat serbaguna. Apalagi jika Anda senang piknik, pasti akan membutuhkan alat yang satu ini. Setelah memilih produk favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas, jangan lupa uantuk menjaga kebersihannya dengan baik ya. Yaitu dengan membersihkan cooler box setiap habis dipakai.