Pastikan Anak Terlindungi dengan 10 Bantal Anak Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Aktivitasnya (2022)

Pastikan Anak Terlindungi dengan 10 Bantal Anak Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Aktivitasnya (2022)

Anak-anak yang masih berusia bayi dan balita masih belum mengetahui tentang hal yang dilakukannya akan membahayakan atau tidak. Disinilah tugas orangtua untuk memastikan segala bentuk aktivitas anak terlindungi dengan maksimal. Anda bisa cek beragam fungsi dan rekomendasi dari bantal anak berikut ini. Yuk, langsung simak.

Apakah Bantal Anak Diperlukan?

Bantal adalah salah satu perlengkapan anak yang perlu Anda siapkan sebagai orang tua. Kegunaan utama dari bantal ini tidak lain dan tidak bukan adalah kenyamanan saat tidur. Kebanyakan orang tua menganggap bahwa penggunaan bantal bisa menyempurnakan bentuk kepala anak atau bayi yang baru lahir.

Tentu, bantal itu perlu untuk anak agar anak bisa tidur dengan nyenyak dan merasa nyaman ketika tidur. Bantal anak sendiri ada beragam bentuk dan kegunaan masing-masing.

Bantal anak juga punya fungsi yang beragam seperti bantal anak saat di motor, bantal anak untuk tidur, bantal anak khusus bagian lutut, bantal anak untuk bagian kepala dan ada berbagai bantal anak lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Pastinya sebagai orang tua yang masih bingung dalam memilih bantal anak yang terbaik, artikel ini hadir untuk menginformasikan hal-hal penting yang berkaitan dengan bantal anak.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memberikan Bantal Anak

Beberapa pertimbangan saat Anda memilih bantal anak adalah cukup pilih bantal yang tidak terlalu tinggi atau tebal ini berlaku untuk bantal tidur, kemudian jika bantal yang terlalu empuk akan membuat anak atau bayi bisa berisiko kesulitan bernapas saat tidur atau melakukan aktivitas, juga beberapa bantal yang terbuat dari bahan yang tidak aman akan menimbulkan risiko tersedak saat isinya robek dan keluar.

Perlu diingat bahwa setiap anak tumbuh kembangnya berbeda, ada anak yang sudah bisa menggunakan bantal sejak kecil dan ada juga anak yang belum siap menggunakan bantal. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran fisik anak yang dapat membantu menentukan apakah anak tersebut sudah siap untuk menggunakan bantal atau tidak.

Jika fisik anak masih terlalu kecil atau memiliki otot leher yang lemah, maka lebih baik tidak memberikan bantal terlebih dahulu untuk menghindari bahaya pada anak nantinya.

Inilah Tips Memilih Bantal Anak Sesuai Kebutuhan!

Bantal anak memang diciptakan dengan bentuk dan kegunaan yang berbeda-beda. Ini berguna bagi anak agar merasa nyaman di keadaan tertentu sesuai dengan bantal yang Anda pilih.

Lalu, apa saja tips memilih bantal anak yang perlu Anda perhatikan agar anak tidak salah memilih?
Inilah tips untuk Anda, yaitu:

Sesuaikan Umur Anak

Pastikan Anda memilih bantal anak yang sesuai dengan umur anak Anda, ini berlaku untuk Anda agar bisa sesuai dengan ukuran kepala anak Anda.

Dengan memilih bantal anak sesuai dengan umur, Anda bisa sesuaikan kenyamanan bantal anak Anda. Misalnya, bayi baru lahir tidak membutuhkan bantal yang dapat menopang kepalanya seperti orang dewasa. Namun, Anda dapat menggunakan bantal untuk membantu bayi Anda bernapas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pilihlah bantal anak yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, ini perlu agar Anda tidak salah memilih bantal pada anak. Misalnya, Anda perlu bantal untuk digunakan di motor maka Anda perlu membeli bantal Anda yang cocok digunakan di motor. Misalnya, jika Anda khawatir dengan kepala dan posisi tidur bayi Anda, pilihlah bantal berbentuk donat.

Bantal berlubang akan memudahkan bayi berbaring dalam posisi terlentang dan membantu mencegah tekanan pada bagian kepala bayi. Jadi, jika Anda benar-benar memperhatikan akan kebiasaan tidur bayi Anda, silakan pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

Sebetulnya, penggunaan bantal anti peyang diperbolehkan, tetapi tidak terlalu memberikan banyak manfaat untuk bayi. Alasannya karena kepala peang pada bayi dapat diatasi seiring berjalannya waktu dan bukan karena penggunaan bantal peang.

Sesuaikan dengan Kenyamanan Anak

Bantal anak ini Anda harus pilihkan dengan kualitas yang baik, empuk agar kepala anak Anda bisa terasa nyaman atau anggota badan lain yang terkena bantal bisa terasa nyaman dan terlindungi. Bantal anak ini juga pastikan kenyamanannya yang disesuaikan dengan ukuran kepala yang pas atau anggota badan yang lain.

Teruntuk bayi belum membutuhkan bantal besar. Sebaiknya pilih ukuran khusus untuk bayi dan balita, atau bantal sekitar 33 x 45 cm. Bantal ini menyesuaikan dengan ukuran kepala dan tempat tidur si kecil sehingga lebih nyaman digunakan.

Sesuaikan dengan Desain Kesukaan Anak

Pilihlah bantal anak yang sesuai dengan karakter kartun yang biasa anak Anda sukai. Pemilihan warna juga penting untuk bantal anak Anda, ini ditunjukkan agar anak bisa merasa nyaman, ceria, dan senang.

Misalnya, jika anak Anda menyukai karakter Spongebob, Anda bisa memilihkan bantal anak yang sesuai dengan karakter tersebut yaitu Spongebob. Ini juga agar anak Anda bisa menyukai bantal yang Anda belikan untuknya.

Perhatikan Bahan yang Digunakan

Bantal anak harus terbuat dari bahan yang aman dan nyaman. Material yang terbuat dari bahan kain katun akan terasa nyaman saat anak menggunakan bantal tersebut. Ini berguna juga agar Anda bisa merasa nyaman ketika sedang berkendara dan bepergian jauh.

Banyak bantal diisi dengan bahan ramah lingkungan seperti soba atau rami. Namun, bahan ini dapat menyebabkan alergi, sehingga tidak cocok untuk bayi dan anak kecil. Kami merekomendasikan memilih bantal serat sintetis atau busa memori.

Bahan pada bantal anak yang kualitasnya bagus, seperti:

  • Kapuk. Banyak orang di Indonesia menggunakan bantal yang diisi dengan kapuk. Biasanya bantal ini cenderung padat dan empuk saat digunakan untuk tidur anak. Sayangnya bantal ini agak lembap, jadi harus hati-hati saat mengeringkannya.
  • Memory Foam. Bahan bantal ini mengandung busa poliuretan. Ideal untuk tidur menyamping atau terlentang, karena bantal ini umumnya dapat kembali ke bentuk semula setelah digunakan.
  • Lateks. Jika Anda berencana menggunakan bantal untuk waktu yang lama, pilih bantal lateks yang tahan terhadap jamur, kutu, dan caplak. Selain itu, bantal lateks ini tidak menjadi panas saat digunakan.
  • Busa. Bantal busa yang ringan ini juga dapat menyesuaikan dengan bentuk leher Anda. Proses pembersihannya juga sangat mudah. Sayangnya, bantal ini menjadi sangat panas saat anak Anda tidur.
  • Dacron. Bantal dengan bahan Dacron ini untuk siapa saja yang memiliki masalah pernapasan. Seperti yang Anda lihat, bantal ini terbuat dari serat plastik, yang membuatnya tahan air dan bebas debu.

Bahan kain yang digunakan juga perlu diperhatikan, seperti:

  • Poliester. Bantal dengan bahan poliester adalah salah satu bahan yang paling populer di industri fashion, desain, dan furnitur. Bahan poliester tidak mudah kusut dan mudah kering. Artinya, produk poliester sangat mudah dibersihkan. Tidak seperti sutra, katun, dan wol, yang terbuat dari serat alami, poliester adalah serat buatan. Bahan ini juga dapat bertahan lama, tidak mudah berkerut, dapat menahan panas tubuh, dan sangat ringan.
  • Katun. Jika Anda menginginkan sesuatu yang aman untuk kulit anak Anda, pilihlah bahan katun organik dan kain rajut katun. Bahan katun organik terbilang aman jika tanpa sengaja anak menggitnya. Selain itu, kain rajut katun memiliki rasa lembut yang sangat cocok untuk kulit anak. Bahan ini pada dasarnya terbuat dari serat kapas. Selain bahannya murah, bahan ini memiliki sifat lembut dan nyaman dikenakan. Katun dapat menyerap air, tahan panas setrika yang tinggi, tidak mudah kusut dan mengerut, dan bahan katun dapat susut saat dicuci.
  • Serat bambu. Ingin memberikan kenyamanan pada bayi Anda? Pilih sarung bantal serat bambu atau mesh. Kain mesh dan serat bambu dapat bernapas dan memungkinkan bayi Anda tidur dengan nyaman. Kami juga merekomendasikan serat bambu, yang memiliki efek anti serangga dan anti bakteri. Selain itu, ada juga kain tipe kontak yang sejuk yang terasa nyaman di kulit. Pertimbangkan bahan ini saat musim panas tiba dan udara terasa lembab.

Periksa dengan Teliti

Anda perlu memeriksa dengan teliti saat memilih bantal untuk anak Anda, ini untuk menghindari rasa tidak nyaman atau bahkan jika bahan yang digunakan bantal tidak bagus bisa menyebabkan penyakit kulit.

Pastikan tidak ada bagian longgar ketika Anda membeli bantal di tokonya langsung. Pastikan juga untuk membaca ulasan-ulasan yang pernah membelinya, ini berlaku jika Anda membeli bantal secara online.

Pilih bantal yang tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Hal ini penting karena tekstur bantal menentukan seberapa baik bantal itu menopang tubuh anak Anda, terutama lehernya.

Kebersihan Bantal

Kebersihan harus menjadi prioritas untuk apa pun yang menyangkut bayi, termasuk bantal bayi. Pilih sarung bantal yang mudah dilepas dan dicuci. Hal ini penting karena bantal adalah barang sehari-hari. Bantal menyerap keringat dan sebum. Memilih bantal yang mudah dibersihkan akan membantu anak Anda merasa nyaman menggunakannya.

Selain itu, lebih higienis jika Anda bisa mencuci bagian dalam bantal bersama dengan penutupnya. Bahkan jika bantal menjadi kotor, itu bisa dicuci dengan air. Jika bantal Anda juga terbuat dari bahan yang cepat kering, Anda bisa mencucinya secara rutin.

Rekomendasi Bantal Anak untuk Kenyamanan Terbaik Sang Buah Hati

Kami kemudian akan merekomendasikan 10 bantal anak terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tentunya kami tentukan berdasarkan hasil riset yang akurat. Inilah 10 bantal anak terbaik:

Bantalan Dudukan Alas Mandi

Bantal anak ini merupakan bantal anak yang digunakan sebagai bantal dudukan alas bak mandi. Ini ditunjukkan untuk Anda yang mempunyai anak yang masih bayi.

Bantal anak ini digunakan di bathtub anak agar tidak licin. Bahannya terbuat dari material yang aman untuk bayi agar tidak terselip. Dilengkapi dengan lapisan bahan 3D mesh, juga dapat membuat cushion bantal bisa lebih cepat kering setelah digunakan.

Fitur pelengkap dari bantal ini adalah isi partikel yang ada di bantal ini mengambang dan terbuat dari produk food grade. Selain itu, berbusa independen murni yang tidak berbau dan ukuran partikel yang digunakan seragam berukuran 0,5 mm.

Harga Rp. 49.950-55.000

Bantalan Alas Duduk di Stroller

Bantal alas duduk untuk stroller bayi. Bahan Impor halus dapat membuat anak terasa nyaman. Bisa dipakai untuk segala jenis stroller.

Dilengkapi dengan bahan busa lembut yang empuk dan masih dilapisi lagi dengan kain katun yang memberi rasa dingin jadi tidak panas saat anak menggunakannya.

Selain itu, ada 5 lubang yang bisa untuk dipasang pada pengaman stroller. Bahannya juga tidak mudah kempes dan tentunya bantal ini bisa dicuci. Fitur pendukung lain adalah desainnya unik dan mewah.

Harga Rp. 45.000-55.000

Bantalan Penahan Kepala Anak

Bantal anak untuk menahan kepala anak saat perjalanan jika anak Anda tidur. Bantal anak ini didesain khusus untuk kebutuhan perjalanan anak Anda saat sedang bepergian jauh. Bantal ini bisa Anda aplikasikan saat anak Anda sedang duduk dengan atau tanpa car seat.

Fitur pendukung dari bantal anak ini adalah memiliki bahan yang aman dan nyaman saat digunakan, juga anak Anda dapat menggunakannya saat duduk dengan atau tanpa kursi khusus anak. Pemasangannya mudah dan dapat diatur sesuai lingkar kepala anak.

Harga Rp. 69.500-75.000

Bantalan Anak Stang Motor

Bantal anak pada stang motor. Bantal anak ini didesain dengan motif yang lucu dan karakternya cocok untuk anak Anda. Bantal anak ini memberikan kenyamanan pada anak saat berboncengan di depan atau stang motor.

Ini juga bisa untuk melindungi anak agar tidak terjadi pengereman mendadak agar anak tidak terbentur. Selain itu, dengan desain yang simpel ini akan membuat anak mudah dalam menggunakan bantal anak ini. Bahan yang digunakan adalah semi-katun dengan isi silikon super anti bakteri.

Harga Rp. 8.100-9.000

Bantalan Anak Infus atau Spalk Penyangga Infus

Bantal anak saat anak Anda diinfus. Bantal anak ini biasa disebut dengan Spalk penyangga infus. Bantal ini biasa digunakan untuk penahan selang infus tangan anak yang terbuat dari spons yang empuk dan tidak gampang kempes.

Bantal anak ini ditaruh triplek 3 mm di tengah dan dibalut kain halus sehingga penyangga kuat, empuk, lembut dan juga aman saat digunakan. Bantal ini berfungsi agar infus tidak goyang. Motif yang dibuat juga beragam dan unik.

Harga Rp. 3.600-5.400

Bantalan Anak Pengaman Kepala

Bantal anak sebagai pengaman kepala saat anak sedang bermain. Bantal ini dilengkapi dengan bahan katun yang lembut dan dingin. Selain itu, motif yang digunakan juga beragam.

Bagian kepala yang nyaman ditambah dengan bantal empuk di bagian punggung akan membuat rasa nyaman anak Anda. Selain itu, bantal ini memiliki fungsi lain untuk melindungi kepala anak Anda agar tidak mengalami cedera dan menimbulkan rasa aman saat sedang bermain.

Harga Rp. 75.000-110.000

Bantalan Anak Pelindung Lutut

Bantal anak yang ada di bagian lutut. Penggunaan bantal anak ini di bagian lutut adalah untuk melindungi kulit muda anak saat merangkak, dan lutut anak tidak takut kedinginan, saat bermain lutut anak Anda tidak lecet, ini juga menjaga kaki lutut anak Anda tetap hangat di cuaca dingin.

Selain itu, kaki lutut Anda bisa terlindung dari kerusakan UV, ketika anak tidur juga tidak takut saat menendang, tidak hanya di lutut ini juga bisa dipakai di bagian lengan anak atau bayi Anda. Bahan yang digunakan oleh bantal ini berbahan benang katun yang halus yaitu fuchun dan spandex. Motif-motif yang diberikan juga beragam macam dan warnanya.

Harga Rp. 9.500-44.000

Bantalan Anak Anti Fall Cap

Bantal anak anti fall cap adalah bantal anak yang dikhususkan di bagian kepala. Bahan yang digunakan masih 99% menggunakan bahan poliester dan katun murni.

Bantal anak yang difokuskan pada pelindung kepala anti jatuh ini berguna untuk mencegah anak tidak terluka di bagian kepala saat berjalan atau sedang dalam tahap belajar berjalan.

Ini memudahkan orang tua yang sedang mengawasi anaknya yang sedang latihan belajar berjalan dan tidak akan khawatir lagi jika Anda jatuh di bagian kepala karena bantal ini aman.

Desain ventilasi strip pada bagian kepala ini menyediakan helm pengaman untuk anak sehingga anak memiliki lapisan perlindungan nyaman dipakai, bisa bernapas, dan tidak pengap.

Kemudian anak yang menggunakan velcri tanpa mencengkram dan lembut, free fit pada lingkar kepala, dan bisa dapat disesuaikan dengan lingkar kepala anak, sentuhannya halus, dan elastis tanpa menarik rambut anak.

Selain itu, bantal anak ini dilengkapi perawatan 360' tanpa buntu, ini didesain khusus agar sesuai dengan bentuk kepala bayi, dahi kepala bayi, penutup tianling, pelipis, dan bagian-bagian anggota kepala lain yang penting dan sensitif untuk perlindungan keselamatan kepala.

Bantal kepala ini cukup ringan, tanpa pengekangan, tanpa beban pada anak, dengan berat 76 gr, super ringan tanpa beban.

Harga Rp. 85.000-100.000

Bantalan Anak Latex

Bantal anak Luvina Latex. Bantal anak didesain secara ergonomis dengan kemiringan 15" yang didukung dengan penggunaannya 100% bahan latex alami.

Bantal latex ini sangat direkomendasikan oleh para dokter untuk anak yang sering muntah pada saat dan setelah menyusui. Selain itu, bantal ini dapat membantu kelancaran sistem pernapasan dan pencernaan anak Anda.

Beragam manfaat yang dihasilkan bantal latex ini adalah aman untuk kesehatan anak, ergonomis, nyaman, anti alergi, anti bakteri, anti tungau, anti lembab, dan bebas bahan kimia dan zat yang berbahaya.

Walaupun motifnya tidak beragam, namun Anda perlu memikirnya fungsi utama dari bantal ini. Bantal latex ini dilengkapi dengan cover berbahan kain lembut yang dapat dilepas dan dicuci.

Harga Rp. 70.000-119.900

Bantalan Anak Kursi Untuk Makan

Bantal anak yang ditempatkan di kursi makan. Bantal anak ini dapat dengan mudah dibersihkan, dicuci dengan mesin panas. Selain itu, dengan menggunakan sarung bantal ini dapat menyangga tubuh anak Anda saat sedang makan.

Anak Anda akan dengan nyaman dan merasa terbantu ketika anak Anda sedang duduk dan menikmati makanan kesukaannya di meja makan. bantal anak ini terdiri dari 100% poliester yang dapat bertahan lama dan telah disetujui.

Bantal ini juga bebas dari zat adiktif berbahaya. Bantal anak ini juga mudah dibawa ke mana-mana karena sarung ini berukuran buku saku saat dilipat.

Selain itu jika Anda memasang sabuk pengaman kursi anak melalui lubang penutupnya maka bantal yang anak Anda pakai akan tetap di tempat. Berukuran panjang 26 cm, lebar 21 cm, dan tinggi 2 cm.

Harga Rp. 86.000-269.000

Bantalan Anak Satu Set dengan Guling Seat Peang Rainbow Series

Bantal anak yang satu paket dengan empat item. Bantal Guling Set Peang Rainbow Series adalah satu paket bantal guling yang digunakan untuk tidur. Kelebihan dari bantal ini adalah bahannya halus dan tidak berbulu.

Bahan yang digunakan juga sangat berkualitas dengan menggunakan silikon sehingga anak akan menjadi nyaman.

Fungsi dari satu set bantal guling ini adalah dapat membantu postur tubuh anak sehingga tetap nyaman dan tidak mudah cedera saat tidur dan juga dilengkapi dengan guling yang berfungsi untuk menjaga anak tetap aman.

Harga Rp. 89.999-152.000
From our editorial team

Pastikan untuk Menjaga Kebersihan Bantal Anak

Bantal dan sarung bantal bayi harus dicuci sebelum digunakan. Bantal baru memiliki lapisan lilin dan mungkin tidak menyerap air dengan baik. Hal ini dapat mencegah bantal menyerap keringat bayi Anda dan bahkan dapat menyebabkan iritasi kulit. Untuk itu, cucilah bantal bayi Anda agar menyerap keringat dengan baik dan terasa lembut. Tidak diperlukan deterjen saat pertama kali mencuci bantal bayi. Anda bisa menggosoknya dengan lembut menggunakan air hangat. Selamat mencoba.

Tag