Kamu Bisa Tampil Keren dengan 10 Rekomendasi Dasi Kupu-kupu Pria Ini (2019)

Kamu Bisa Tampil Keren dengan 10 Rekomendasi Dasi Kupu-kupu Pria Ini (2019)

Saat akan menghadiri suatu acara, jangan ragu mengenakan pakaian yang dilengkapi dengan dasi kupu-kupu. Jangan takut terlihat kuno karena dasi yang satu ini justru bisa bikin tampilan kamu jadi stylish. Intip rekomendasinya bersama BP-Guide ya.

Dasi Kupu-kupu Dikenal Sebagai Padanan untuk Setelan Tuksedo pada Acara Formal

Para pria yang kerap berpakaian formal pasti tidak asing dengan aneka ragam jenis dasi yang ada. Selain dasi panjang yang paling umum digunakan, ada juga jenis dasi pendek bernama dasi kupu-kupu. Dasi yang satu ini dikenal paling cocok untuk digunakan sebagai padanan setelan tuksedo.

Dikenal dengan nama lain yakni bow tie, dasi ini memiliki sejarah yang panjang. Bow tie muncul pada abad ke 17 karena kebiasaan para pedagang Kroasia yang mengikatkan syal di leher supaya bisa menahan kerah baju. Dasi kupu-kupu juga dikenal dengan nama cravat dan digunakan untuk melambangkan status sosial.

Cara Memasang Dasi Kupu-kupu

Pada awal kemunculannya dasi kupu-kupu kebanyakan hanya dipakai untuk pakaian resmi saja. Seiring berkembangnya zaman dan berlalunya waktu maka dasi yang satu ini jadi makin mainstream. Pemakaiannya tak sebatas pada tuksedo saja melaikan juga pada aneka pakaian kasual yang bernuansa retro.

Untuk memakainya, kamu bisa menggantungkannya di bawah kerah baju lalu peganglah ujung dasi. Usahakan bagian kanan dasi kupu-kupu harus lebih panjang daripada bagian kiri. Silang bagian dasi yang lebih panjang di atas bagian dasi yang lebih pendek. Kemudian ikat ujung yang lebih panjang kedalam ikatan untuk membentuk simpul. Tarik ujung dasi panjang ke ujung dasi pendek dan lipat kembali ke kanan. Tahan lipatan karena akan menjadi ikatan paling depan dari dasi kupu-kupu saat telah selesai.

Sekarang, masukkan ujung dasi yang kamu naikkan ke bagian depan dasi. Pegang sisi kiri dan kanan lalu tariklah secara bersamaan di depan ujung juntaian. Sumpal bagian tengah juntaian melalui simpul yang kamu lakukan pada langkah ketiga. Ketatkan dasi dengan cara menarik sisi berlawanan secara bersamaan. Buatlah dasi menjadi lebih nyaman dikenakan degan menarik dan mengendurkan bagian yang sekiranya perlu disempurnakan.

Tips Memakai Dasi Kupu-kupu

Sesuaikan dengan Acara

Memakai dasi kupu-kupu sekarang ini memang tidak melulu harus memakai baju yang formal. Baju kasual pun oke juga kalau kamu melengkapinya dengan dasi yang satu ini. Namun tentu saja ada aturannya tersendiri, salah satunya kamu harus menyesuaikan dengan acaranya ya.

Untuk menghadiri acara yang resmi kamu bisa gunakan dasi yang berkesan elegan. Pilihan warnanya adalah hitam, merah marun, atau biru gelap karena bisa memunculkan kesan formal. Sementara untuk acara yang lebih kasual kamu bisa pilih dasi yang lebih santai dengan warna yang lebih ceria.

Jika Leher Kamu Pendek, Hindari Menggunakan Dasi Kupu-kupu

Dalam dunia fashion, berbagai aksesori memang dibutuhkan utnuk membuat penampilan jadi makin oke. Kendati demikian, pemakaian aksesori tentu harus disesuaikan dengan kondisi penggunanya. Jika kurang cocok sebaiknya tidak memaksa memakainya karena kesannya jadi berantakan.

Dasi kupu-kupu sangat jauh berbeda dengan dasi panjang segitiga pada umumnya. Dasi kupu-kupu bisa memberi ilusi leher yang lebih pendek. Hal ini karena dasinya bisa menegaskan bagian pangkal leher. Oleh sebab itu, hindari memakai dasi kupu-kupu untuk kamu yang memiliki leher pendek. Jika tetap memaksa maka jadinya kamu terkesan tidak memiliki leher karena tertutup oleh dasi itu sendiri. Dasi kupu-kupu lebih pas untuk mereka yang berleher jenjang.

Perhatikan Ukuran Tubuhmu

Saat akan memakai dasi kupu-kupu ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan. Misalnya saja ukuran tubuh si pemakai dasi kupu-kupu. Kamu harus tahu bahwa jenis dasi yang satu ini lebih cocok dikenakan oleh seseorang yang bertubuh sedang.

Mereka yang bertubuh kurus atau gemuk memang tidak dilarang memakai dasi kupu-kupu. Kendati demikian, harus diperhitungkan juga ukuran dasi kupu-kupu yang dikenakan supaya pas dengan ukuran leher maupun dagu. Kalau kamu salah memilih ukuran dasi maka akibatnya penampilan keseluruhan jadi berkesan makin kurus atau makin gemuk.


Cocokkan dengan Bentuk Wajah

Dasi kupu-kupu merupakan dasi yang sederhana dan terkesan simpel. Namun justru karena kesederhanaannya, dasi ini berpotensi menimbulkan bencana fashion jika tidak digunakan sebagaimana mestinya.

Memakai dasi kupu-kupu juga perlu disesuaikan dengan bentuk wajah. Mereka yang berwajah kecil akan lebih baik jika mengenakan dasi kupu-kupu yang berukuran sayap kecil. Sementara mereka yang memiliki wajah cenderung lebar maka akan lebih pas ketikan memakai dasi yang juga memiliki ukuran lebar supaya wajah jadi tetap seimbang.

10 Rekomendasi Dasi Kupu-kupu yang Bisa Kamu Kenakan

WinRos Dasi Kupu Kupu - HItam Putih

Sumber gambar www.blibli.com

Dasi kupu-kupu dengan warna hitam menjadi aksesori wajib bagi para pria. Dasi semacam ini menjadi padanan pas untuk kemeja putih. Kamu tidak akan pernah salah memadukan keduanya untuk menghadiri acara yang formal.

WinRos Dasi Kupu Kupu hitam putih ini merupakan salah satu item yang kami rekomendasikan. Dari yang satu ini terbuat dari bahan poliester. Selain itu, dasinya memiliki adjustable strap dengan lock closure. Selain mudah digunakan, juga bisa disesuaikan dengan lingkar leher. Dasi berukuran 13 x 7 cm ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 30.000.

a+ Super Glossy 3 Strip Dasi Kupu-Kupu Pria

Sumber gambar www.blibli.com



Untuk tampil keren dengan tuksedo, kamu bisa kenakan a+ Super Glossy 3 Strip Dasi Kupu-Kupu Pria. Produk dasi pria ini terbuat dari bahan katun. Desainnya menarik dan pastinya bisa bikin tampilan jadi makin elegan. Memiliki adjustable strap yang bisa kamu sesuaikan. Dasi yang satu ini boleh kamu kenakan dalam acara formal dan semi formal. Dapatkan dasi ini di Blibli dengan harga Rp 107.663.

PROFUMO BOW TIE SOLID MICROFIBER POYESTER

Sumber gambar www.zalora.co.id



Profumo Bow Tie Solid Microfiber Polyester ini harus ada di lemari kamu. Produk dasi berwarna hitam ini terbuat dari bahan microfiber polyester. Dengan kancing kait, dasinya memiliki ukuran lingkar leher yang bisa disesuaikan. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 199.200.

Jogjakhas Dasi Kupu Kupu Pria

Sumber gambar www.blibli.com



Kalau mau keren, jangan ragu lagi memakai Jogjakhas Dasi Kupu Kupu Pria. Produk yang satu ini terbuat dari bahan satin. Desainnya cukup stylish dan bisa kamu kenakan dalam acara formal maupun non formal. Dasi ini memiliki ukuran 11 x 6 cm dan mudah digunakan. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 40.000.

Elfs Shop Bow Tie Polkadot

Sumber gambar www.blibli.com

Berlalunya waktu membuat tren fashion terus berkembang. Begitu juga dengan tren dasi kupu-lupu. Jika dulu dasi kupu-kupu berwarna hitam dengan bahan satin menjadi yang paling umum digunakan, kini tidak lagi. Sekarang sudah makin banyak variasi warna dan motif dasi kupu-kupu yang oke punya.

Elfs Shop Bow Tie Polkadot ini adalah produk rekomendasi kami yang bisa kamu andalkan. Dasi ini memiliki motif polkadot. Dijamin kamu jadi makin keren dan elegan kala memakai produk yang satu ini. Terbuat dari bahan poliester, dasi ini memiliki buckle strap dengan ukuran 13 x 7 cm. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 25.000.

The Cufflinks Store Silk Bowtie Self Tie

Sumber gambar www.blibli.com



The Cufflinks Store Silk Bowtie Self Tie tentu saja bisa menjadi pilihan kamu. Dasi yang satu ini hadir dengan warna perak yang mewah. Produk ini dilengkapi dengan adjustable strap yang dapat disesuaikan. Kamu boleh memakai dasi ini untuk acara formal dan semi formal. Dapatkan dasi ini di Blibli dengan harga Rp 162.500.

Mulyocreative Dasi Kupu-Kupu Pria

Sumber gambar www.blibli.com



Mulyocreative Dasi Kupu-Kupu Pria ini akan pas jadi pilihan dasi kamu. Produk ini terbuat dari bahan kain yang berkualitas dengan strap dari karet. Desainnya sangat trendi dan bisa dikombinasikan dengan aneka pakaian. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 9.000.

VM Dasi Kupu Kupu Polos 2 Layers

Sumber gambar www.blibli.com



VM Dasi Kupu Kupu Polos 2 Layers ini paling pas untuk kamu yang ingin berpenampilan stylish. Terbuat dari bahan satin sehingga membuat dasi ini berkesan sangat mewah. Dengan detail 2 lapisan dan velcro strap, dasi ini cocok dipakai untuk acara pesta dan non formal. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 59.500.

Houseofcuff Bowtie Wedding Dasi Kupu-Kupu

Sumber gambar www.blibli.com

Para pria kebanyakan hanya bermain aman dengan memakai dasi kupu-kupu berwarna hitam. Namun kini tren makin berkembang dan membuat pria jadi berani menggunakan dasi kupu-kupu berwarna lain. Mulai dari warna merah, kuning, hingga hijau kerap jadi pilihan untuk memberi penampilan yang lebih eye catching.

Houseofcuff Bowtie Wedding Dasi Kupu-Kupu ini bisa jadi pilihan kamu. Dasi berwarna hijau ini terbuat dari bahan satin. Produknya dilengkapi dengan adjustable strap sehingga lebih mudah untuk disesuaikan. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 69.000.

Dasi Kupu Kupu Batik Two Layer Coklat

Sumber gambar www.blibli.com



Dasi Kupu Kupu Batik Two Layer Coklat ini bisa jadi pilihan keren loh. Produk ini memiliki motif batik dengan model dua lapis yang memiliki kesan elegan dan unik. Lengkap dengan perekat di bagian belakang sehingga membuat dasi ini lebih mudah digunakan. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 39.950.

From our editorial team

Ingin Tampil Beda, Kenakan saja Dasi Kupu-kupu

Dasi kupu-kupu kerap dianggap sebagai fashion item yang tampak kuno. Padahal kamu bebas memadukan dasi kupu-kupu dengan setelan apa saja loh. Bukan hanya cocok dengan tuksedo, kamu juga bisa memakainya dengan paduan kemeja polos. Dasi yang satu ini bisa menciptakan kesan formal dan kasual sesuai dengan padanan busana yang kamu kenakan. Yuk, tampil beda dengan dasi kupu-kupu rekomendasi kami di atas!