10 Wisata Berastagi di Dataran Tinggi Bikin Kamu Tak Ingin Pulang!

10 Wisata Berastagi di Dataran Tinggi Bikin Kamu Tak Ingin Pulang!

Sumber gambar limamarga.blogspot.co.id

Tempatnya yang terkenal dingin dan sejuk membuat wisata Berastagi jadi pilihan menarik untuk dikunjungi saat liburan ataupun akhir pekan. Jadi, kenapa tidak coba rekomendasi tempat wisata dari BP-Guide?

Kota Berastagi Terletak Di Dataran Tinggi yang Memiliki Banyak Obyek Wisata Indah

Sumber gambar www.karoduniamaya.com

Pernah mendengar tempat bernama Berastagi? Yah, mungkin Anda mengenal nama ini dari salah satu jenis jeruknya yang terkenal manis, Jeruk Berastagi. Namun, bila Anda ingin berkunjung ke Berastagi, pasti Anda akan nyaman dan betah, karena lokasinya yang sejuk serta pemandangan yang indah dan asri untuk dipandang dan dirasakan.

Suhu sejuk Berastagi karena lokasinya berada di kaki dua gunung besar lho, yakni Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Gunung Sinabung sempat menjadi pembicaraan media nasional karena beberapa waktu silam sempat aktif kembali dan sempat pula meletus.

Karena lokasinya tersebut, tepatnya berada di ketinggian 1.300 mdpl, lokasi ini memiliki suhu mulai dari 16 hingga 17 derajat celcius. Itulah kenapa lokasi ini menjadi salah satu sentra penghasil tanaman seperti jeruk, sayur mayur dan tentu saja kopi arabica. Lokasinya bisa ditempuh dari Medan dengan jarak sekitar 70 km, atau sekitar 90 menit berkendara.

Hotel di Kota Berastagi Sebagai Pilihan Menginap Selama Liburan

Sinabung Hills Hotel & Cottage

Sumber gambar www.tripadvisor.com

Tentunya, Anda bisa menginap di hotel untuk menjelajahi keindahan Berastagi dan segala kekayaan alamnya yang menawan. Salah satu hotel yang bisa Anda coba adalah Sinabung Hill Resort yang ada di Jalan Kolam Renang, Berastagi. Penginapan yang satu ini menawarkan pelayanan prima dan berkualitas tinggi untuk Anda.

Sinabung Hills Resot didirikan sejak tahun 1992. Memiliki kamar sebanyak 106 unit dengan harga sewa mulai dari Rp 400.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan antara lain kolam renang, parkir gratis, fasilitas olahraga dan pemandangan gunung Sinabung yang eksotis. Selain itu, juga ada kedai kopi, arena permainan tenis, squash dan paintball yang seru.

Mikie Holiday Resort

Sumber gambar www.agoda.com

Mikie Holiday merupakan salah satu hotel yang jaraknya dekat dengan sejumlah destinasi wisata di Berastagi, termasuk taman hiburan Mikie Funland. Alamatnya ada di Jalan Letjen Jamin Ginting, Berastagi. Setiap kamar didekorasi secara modern yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas super lengkap. Mulai dari TV, shower air panas, layanan pijat dan spa, binatu dan sebagainya. Juga disediakan brankas di meja depan yang bisa diakses selama 24 jam non stop.

Untuk menginap di hotel ini, Anda dikenai biaya mulai dari Rp 840.000 sampai Rp 3.400.000 dengan jenis kamar Mikie Plus dan Mikie Theme. Di dalam kamar, Anda juga bisa membuat kopi, juga ada akses Wi-Fi gratis. Sedangkan di luar kamar, ada layanan seperti taman dengan pemandangan gunung, dan kolam renang.

Hotel Sibayak International

Sumber gambar www.youtube.com

Hotel Sibayak merupakan salah satu hotel dengan fasilitas mumpuni dan berkualitas yang ada di Jalan Merdeka, Berastagi. Hotel berbintang 4 ini menyediakan sejumlah fasilitas seperti meja kerja, TV, akses internet, dan informasi destinasi wisata yang bisa langsung Anda tanyakan pada resepsionis.

Anda bisa menyewa hotel satu ini dengan biaya kisaran Rp 488.000 hingga Rp 4.584.000. Dekorasi khas Batak Karo serta berbagai fasilitas lainnya seperti tempat karaoke, DJ, pub, convention hall, dan sebagainya. Sangat tepat untuk Anda yang berkunjung ke Berastagi untuk urusan bisnis, maupun sekedar plesiran.

10 Wisata Berastagi untuk Jadi Rekomendasi Anda

Berastagi merupakan salah satu tempat yang ramai dikunjungi, termasuk pada akhir pekan. Suasana yang sejuk, pemandangan alam yang indah serta destinasi wisata yang tidak sedikit menjadikan Berastagi sebagai lokasi yang wajib dikunjungi di Sumatera Utara. Lokasinya juga bisa dicapai dari Medan kurang dari 2 jam, menjadikan Berastagi tempat terbaik untuk berkunjung di akhir pekan.

Jadi bila Anda di Jakarta akan menghabiskan akhir pekan di Puncak. Lain hal bila Anda ke Medan, maka habiskan akhir pekan Anda di Berastagi.

Bukit Gundaling

Sumber gambar www.tempatwisatamu.com

Kota Berastagi dikelilingi oleh pegunungan. Banyak gunung-gunung aktif, juga beberapa perbukitan yang bisa didaki di sekitaran Berastagi. Pemandangan yang indah dari ketinggian, serta cuaca yang sejuk bisa Anda nikmati di dataran tinggi ini.

Salah satunya adalah Bukit Gundaling. Lokasi ini menawarkan pemandangan yang indah dari atas ketinggian 1.575 mdpl. Di atasnya ada sejumlah fasilitas hiburan seperti naik kuda, naik sado dan sebagainya. Atau, Anda bisa juga berkunjung ke lokasi tersebut hanya untuk duduk santai bersama keluarga.

Tarif parkir mulai dari Rp 4.000 per kendaraan, sedangkan untuk menyewa kuda dikenai biaya Rp 25.000 dan menyewa sado dikenai biaya Rp 50.000. Di sekitar itu juga ada sejumlah kios oleh-oleh dan souvenir yang menjual oleh-oleh khas Berastagi dengan harga yang cukup terjangkau, apalagi bila Anda pandai menawar.

Bukit Kubu

Sumber gambar sp.beritasatu.com

Bukit lainnya adalah Bukit Kubu. Di atasnya ada lokasi lapangan luas yang hijau dan indah, juga berbagai wahana seperti flying fox dan tentunya bermain layang-layang.

Di lokasi ini juga ada rumah persinggahan Bung Kano saat berkunjung ke Berastagi. Untuk masuk ke lokasi ini, Anda akan dikenai biaya Rp 15.000 per orang, atau sekitar Rp 100.000 per mobil. Sedangkan untuk bermain ke kediaman Bung Karno, dikenai biaya Rp 15.000 per orang.

Air Terjun Sikulikap

Sumber gambar www.dimedan.co

Ada sebuah air terjun yang eksotis dengan ketinggian 30 meter yang berada di tengah-tengah hutan pinus yang harum dan lebat. Lokasi ini berada di Penatapan, yang merupakan perbatasan antara Deli Serdang dan Karo. Air terjun ini sangat jernih sehingga Anda pasti tertarik untuk bermain air di lokasi ini.

Air ini bersumber dari mata air yang terletak di Taman Hutan Rakyat Bukit Barisan, yang terletak di Taman Nasional Gunung Leuser. Selain menikmati indahnya air terjun ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dari hutan pinus yang masih sangat asri dan menjadi habitat asli kawasan Monyet Gibon.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa menaiki angkutan kota dari Berastagi menuju Penatapan yang jaraknya hanya sekitar 11 menit. Bila Anda membawa kendaraan pribadi, maka Anda bisa memarkirkan kendaraan di Penatapan dekat warung pinggir jalan. Setelah itu, Anda akan berjalan kaki menyusuri hutan pinus, sungai dan pemandangan asri lainnya hingga menuju ke air terjun ini.

Gunung Sibayak

Sumber gambar www.voaindonesia.com

Gunung Sibayak menjadi salah satu gunung vulkanik yang masih aktif dengan ketinggian 2.094 mdpl. Gunung ini termasuk dalam Taman Hutan Raya Bukit Barisan dengan koordinat puncaknya berada di 97 derajat 30' bujur timur dan 4 derajat 15' lintang selatan. Bagian puncak ini diberi nama Takal Kuda, alias Kepala Kuda.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa mengunjungi daearh Jaranguda yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari Berastagi. Di sana, Anda akan dikenai biaya Rp 2.000 sebelum masuk ke lokasi gunung. Karena tingginya sekitar 2.000 meter, maka Anda bisa mendakinya hanya dalam waktu 2 jam saja. Jadi, semua umur bisa mencoba mendaki gunung ini dan langsung melihat kawah belerang yang terus mengeluarkan asap di atasnya.

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-debuk

Sumber gambar www.tobatabo.com

Sebagai daerah yang berada di bawah gunung berapi, tentunya Anda akan menemukan lokasi pemandian air panas di Berastagi. Salah satunya adalah pemandian air panas Sidebuk-debuk yang terletak di Desa Lau, Penatapan. Sensasi nikmatnya berendam di air hangat, tentu akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi tubuh Anda di tengah suasana sejuk Berastagi.

Untuk masuk ke areal pemandian, Anda hanya perlu membayar tarif mulai dai Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Dari lokasi awal pendakian, Anda hanya perlu berjalan kaki hingga 3 jam perjalanan untuk mencapai lokasi ini.

Sambil berendam di air panas ini, Anda akan menikmati pemandangan Gunung Sibayak yang indah dan gagah di depan Anda. Tentu akan sangat menarik bukan?

Taman Alam Lumbini

Sumber gambar ksmtour.com

Tahu tidak, di Indonesia ada sebuah Pagoda yang bentuknya mirip dengan Pagoda Shwedagon di Myanmar, lho. Pagoda tertinggi di Indonesia, terletak di Taman Alam Lumbini yang terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolatrayat, Berastagi. Lokasi ini juga terletak di kaki Gunung Sibayak.

Pagoda satu ini benar-benar mencirikan nuansa Buddha, yang menenangkan dan memberi kedamaian. Pagoda tersebut tambah megah dengan cat warna emas, dan hiasan taman dan pepohonan di sekitarnya. Bila Anda melihat foto Pagoda tersebut, Anda pasti menduga Pagoda ini berada di luar negeri, bukan?

Pagoda tertinggi dan terbesar di Indonesia ini berdiri di atas areal 3 hektar dengan tinggi 46,8 meter yang dihias dengan 2.500 unit patung Buddha. Dari Berastagi, lokasi ini berjarak sekitar 8 km. Dari Tugu Buah Berastagi, Anda tinggal berjalan kaki menuju pagoda ini. Masuk ke pagoda ini tidak dikenai biaya sedikitpun alias gratis. Tapi, perlu diingat bahwa ini adalah rumah ibadah, jadi jangan bersuara keras-keras, berteriak dan hal-hal lain yang bisa mengganggu kenyamanan, ketenangan dan kedamaian di lokasi itu, yah.

Funland Mickey Holiday

Sumber gambar www.tribunnews.com

Lokasi wahana permainan keluarga Mikie Holiday Funland Berastagi adalah lokasi yang paling tepat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Untuk masuk ke lokasi ini, Anda hanya dikenai biaya Rp 90.000 per orang, dan bisa mengakses semua wahana yang terletak di dalamnya.

Ada wahana yang santai, juga ada wahana yang memacu adrenalin Anda. Wahana air dan sejumlah spot berfoto yang pas untuk Anda. Karena paling sering dikunjungi oleh anak-anak dan remaja, sehingga lokasi ini menjadi wahana yang pas untuk Anda membawa anak-anak dan keluarga bersantai di akhir pekan.

Museum Pusaka Karo

Sumber gambar limamarga.blogspot.co.id

Museum Pusaka Karo adalah salah satu museum unik yang berada di Indonesia. Sebab, semua barang-barang yang berada di dalamnya merupakan pinjaman dari warga setempat yang rela agar barang-barang pusaka miliknya dipajang di museum tersebut. Karena statusnya pinjaman, maka apabila rakyat tersebut membutuhkan lagi peralatannya, bisa diambil kembali.

Museum ini didirikan tahun 2010, awalnya sebuah bangunan gereja yang tidak terpakai. Seorang misionaris asal Belanda yang juga sudah menjadi WNI sejak tahun 1994, Pastur Leo Joosten Ginting merupakan seorang pastur yang memiliki ketertarikan kuat terhadap sejarah dan budaya. Oleh sebab itu, ia membuka museum tersebut, juga menulis beberapa buku tentang sejarah Karo. Tidak hanya itu, ia juga berusaha untuk mengembalikan pusaka masyarakat Karo yang berada di Belanda.

Perhiasan khas Karo, kain, senjata, peralatan rumah tangga, dan semua benda yang bernilai sejarah serta terkait dengan budaya Sumatera utara dipamerkan di dalam museum ini. Pihak Museum juga bekerja sama dengan warga setempat untuk terus menjaga isi museum tersebut.

Pasar Buah Berastagi

Sumber gambar www.pa-kabanjahe.net

Belum sampai ke Berastagi, kalau belum ke Pasar Buah. Benar saja, buah asal Berastagi, terutama Jeruk, sudah ternama ke seluruh Indonesia. Tidak mungkin, kan ketika Anda ke Berastagi justru tidak membeli buahnya?

Dari Tugu Buah Berastagi, jarak ke Pasar Buah hanya sekitar beberapa puluh meter saja. Semua buah yang dijual di sini berasal dari hasil bumi warga setempat. Juga ada sebuah penjual es krim di lokasi pasar ini, yang rasa dan buahnya berasal dari Berastagi. Sambil menikmati suasana pasar, sambil makan es krim, lalu makan buah, tentu tidak mau Anda lewatkan, bukan?

Wisata Kuliner di Penatapan

Sumber gambar siantarnews.com

Ke Berastagi, maka Anda juga akan mampir ke Penetapan, salah satu kecamatan di Kota Berastagi. Daerah ini merupakan pintu masuk ke Gunung Sibayak, dan sejumlah destinasi wisata alam di sekitaran Gunung Sibayak. Untuk mengakses sejumlah destinasi wisata tersebut, tentunya Anda akan memarkirkan kendaraan di beberapa warung pinggir jalan yang berada di Penetapan.

Jangan sekedar parkir, karena Anda bisa mencoba makanan di lokasi ini, meski sederhana dan harganya cukup terjangkau. Mulai dari mie instant, nasi goreng, kopi, jahe dan susu. Meski makanannya sederhana, namun kelebihannya adalah pemandangannya yang super indah, menatap pemandangan dari bukit-bukit berbaris di Berastagi. Juga Air Terjun Sikukalikap terlihat dengan jelas. Ditambah lagi ada monyet yang bebas berkeliaran di hutan bawah, bisa terlihat jelas dari warung-warung tersebut.

From our editorial team

Pemandangan Sejuk Ala Kota Berastagi yang Tidak Mungkin Anda Lewatkan

Dengan beragam kesederhanaannya, Kota Berastagi menawarkan pemandangan dengan kearifan lokal yang jauh dari hiruk pikuk kota yang ramai dan membuat penat. Sangat cocok untuk Anda dan keluarga ataupun pasangan untuk sekedar menjauh sebentar dari segala kesibukan pekerjaan.

Tag