Kenali Penyebab dan 10 Jenis Makanan yang Aman untuk Asam Lambung (2020)

Kenali Penyebab dan 10 Jenis Makanan yang Aman untuk Asam Lambung (2020)

Anda memiliki masalah dengan asam lambung? Bila sudah kambuh pastinya tidak nyaman sekali. Ada beberapa hal penyebab asam lambung kambuh yang wajib Anda pahami. Simaklah penjelasan di bawah ini mengenai berbagai penyebab asam lambung kambuh dan apa jenis makanan yang aman untuk asam lambung agar tidak kambuh lagi.

Upaya Mencegah Asam Lambung Sering Kambuh

Asam lambung adalah salah satu penyakit yang paling sering kambuh pada penderitanya. Tidak seperti penyakit lainnya, asam lambung seringkali muncul kembali. Jika sudah kambuh, maka Anda pasti akan uring-uringan sekali karenanya.

Tidak hanya bagian perut saja yang akan terasa sakit, tetapi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki bisa merasakan efeknya. Agar aktivitas Anda tidak terganggu akibat asam lambung ini, maka Anda harus mencegahnya semaksimal mungkin. Cara yang paling ampuh untuk mencegah asam lambung sering kambuh adalah dengan memperhatikan makanan apa yang Anda konsumsi.

Hindari Berbagai Penyebab Asam Lambung Kambuh Berikut

Kondisi Stres Berat

Jika Anda berada dalam kondisi tertekan dan stress, maka sangat mungkin asam lambung Anda kambuh. Alasannya adalah karena stress merangsang otak untuk memproduksi asam lebih tinggi di lambung.

Akhirnya, tidak hanya asam lambung yang naik, Anda pun menjadi lebih mudah merasakan nyeri. Jadi perhatikanlah bagaimana cara Anda mengelola stres.

Konsumsi Kafein dan Minuman Bersoda

Asam lambung juga bisa dengan mudah naik karena konsumsi kafein atau minuman bersoda yang berlebihan. Kedua jenis minuman berkafein dan bersoda membuat tingkat keasaman lambung menjadi lebih tinggi.

Itulah mengapa akhirnya asam lambung terjadi dan membahayakan diri Anda sendiri. Jadi jangan konsumsi kafein dan minuman bersoda lagi mulai sekarang, ya.

Konsumsi Makanan Pedas dan Berlemak

Anda yang gemar mengonsumsi makanan luar biasa pedas dan kemudian merasakan asam lambung naik, maka kini sudah harus berhenti. Pedas dalam makanan membuat lambung menghasilkan asam lebih tinggi.

Begitu juga dengan makanan berlemak seperti goreng-gorengan dan banyak lainnya. Jadi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, sebaiknya sekarang harus mulai memperbaiki kebiasaan makan Anda.

Kekurangan Magnesium

Magnesium dalam tubuh manusia ternyata sangat penting peranannya. Jika tubuh kekurangan magnesium, maka otot yang mencegah aliran balik makanan dan asam perut menjadi terganggu kerjanya. Akibatnya asam lambung pun meningkat. Jadi pastikan untuk selalu cukupkan kebutuhan magnesium harian Anda, ya.

Kebiasaan Merokok

Terakhir, merokok adalah juga termasuk penyebab asam lambung lebih mudah kambuh. Jadi Anda yang saat ini masih merokok sangat disarankan untuk segera menghentikan kebiasaan merokok Anda.

Jika tidak, maka asap rokok akan membuat sistem pencernaan terganggu bahkan bisa sampai membahayakan kesehatan Anda.

Kenali Jenis Makanan yang Aman untuk Asam Lambung Anda

Kunyit

Anda yang masih kesulitan karena asam lambung yang sering menyerang, konsumsilah kunyit dengan rutin. Kunyit tergolong ke dalam jenis makanan yang aman untuk asam lambung Anda. Kandungan kunyit yang kaya akan kurkumin dan antioksidan membuat peradangan pada lambung lebih mudah dicegah.

Jadi asam lambung pun bisa dicegah agar tidak naik terus menerus. Masalah lambung lainnya pun dapat ikut teratasi dengan konsumsi rutinnya.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga diketahui aman dikonsumsi untuk Anda penderita asam lambung. Kandungan mukopolisakarida dalam setiap bagian dari lidah buaya ini yang bagus fungsinya untuk lambung.

Jika terus dikonsumsi, maka peradangan pada sistem pencernaan Anda pun akan lebih terkendali. Ada juga kandungan sejenis antibiotik yang bisa menghilangkan rasa sakit ketika asam lambung Anda sering kambuh dan menimbulkan rasa nyeri.

Pisang

Soal konsumsi buah-buahan, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua buah aman untuk penderita asam lambung. Hanya ada beberapa jenis buah yang sebaiknya Anda konsumsi jika masih bermasalah dengan asam lambung ini.

Buah yang pertama adalah pisang. Pisang memiliki pH yang cenderung basa sehingga bisa membantu menetralisir asam yang naik pada lambung Anda. Jadi silahkan konsumsi pisang sebagai buah rutin Anda.

Oatmeal

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, asam lambung sangat mudah dipicu oleh lemak dan makanan tepung-tepungan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengubah konsumsi makanan tepung-tepungan Anda menjadi ke jenis oatmeal.

Kandungan oatmeal diketahui sangat kaya akan mineral dan vitamin, tetapi rendah lemak dan juga gula. Sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi secara rutin dalam keseharian Anda.

Daging Tanpa Lemak

Walaupun lemak adalah penyebab utama asam lambung kambuh, bukan berarti Anda tidak boleh memakan daging. Anda yang gemar mengkonsumsi daging tapi menderita asam lambung harus pintar memilih bagian daging yang bisa tetap Anda konsumsi.

Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah bagian dada pada ayam. Dada pada ayam sangat rendah lemak dan baik dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun sebaiknya jangan digoreng, direbus atau dibuat sup akan lebih bermanfaat untuk Anda.

Melon

Selain pisang, ada juga buah melon yang merupakan jenis makanan yang aman untuk asam lambung. Melon adalah buah manis dan kaya air yang menjadi favorit banyak orang. Kandungan dalam buah melon ini pun sangat kaya.

Ada banyak magnesium di dalamnya sehingga bisa membantu mencegah asam lambung kambuh. Perlu Anda ketahui juga bahwa melon adalah bahan utama yang pasti ada pada kebanyakan merek obat maag yang Anda konsumsi.

Apel

Masih ada lagi buah yang lezat dan segar, namun tetap aman untuk asam lambung Anda yaitu apel. Apel memiliki kandungan magnesium yang juga tinggi. Khususnya pada bagian kulitnya.

Jadi konsumsilah apel yang bersih bersamaan dengan kulitnya. Namun sebisa mungkin pilihlah apel yang manis. Jika Anda mengonsumsi apel yang asam, maka sangat beresiko menyebabkan penyakit asam lambung Anda menjadi kambuh.

Semangka

Ada satu lagi buah yang menjadi makanan yang aman untuk asam lambung Anda, yaitu semangka. Penyebab buah ini aman bagi penderita asam lambung adalah karena kandungan airnya yang sangat tinggi.

Kandungan air dalam buah semangka bisa melarutkan keasaman dalam lambung. Jadi konsumsi semangka dalam jumlah banyak sama sekali tidak dilarang. Ada juga kandungan vitamin dan mineral di dalamnya untuk Anda.

Jahe

Jahe diketahui adalah salah satu jenis rempah-rempahan yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan di Indonesia. Namun lebih dari sekedar bumbu masakan, jahe juga baik untuk asam lambung Anda. Jahe memiliki kandungan yang baik untuk mencegah radang dan menjaga asam lambung terjaga dan tidak mudah naik kembali.

Sayuran Hijau

Satu lagi rekomendasi makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh Anda yang menderita asam lambung adalah sayuran hijau. Sayuran hijau diketahui sangat kaya akan antioksidan dan serat.

Jadi masalah-masalah dalam sistem pencernaan termasuk juga asam lambung. Beberapa jenis sayuran hijau yang boleh Anda konsumsi adalah bayam, brokoli, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Baik untuk Asam Lambung

Wong Coco Aloe Vera Cube

Jika kamu memiliki masalah asam lambung dan cukup bermasalah saat mengonsumsi makanan, kamu mungkin bisa mencoba Wong Coco Aloe Vera Cube yang memiliki kemasan 280 gram.

Lidah buaya yang diproses dengan higienis ini diolah tanpa pemanis buatan yang bebas kolesterol sehingga aman dinikmati baik bagi penderita asam lambung maupun diabetes.

Harga Rp. 6.300-25.000

Herbilogy On The Go Red Ginger (Jahe Merah) Extract

Ekstrak jahe merah dari Herbilogy yang memiliki berbagai manfaat seperti anti inflamasi, membantu mengatasi batuk kering, membantu mengatasi mual, dan immune booster untuk tubuhmu, lho.

Serbuk jahe merah tanpa gula tambahan ini dapat diseduh secara langsung dengan menambahkan madu, atau bisa juga dicampurkan dengan teh atau kopi, bahkan bisa juga kamu tabuhkan ke dalam oatmeal, bubur kacang hijau, dan smoothies.

Harga Rp. 69.300-93.500

Bana Banana Chips

Masalah utama asam lambung naik salah satunya karena menunda jam makan dengan berbagai alasan seperti pekerjaan yang menumpuk dan berbagai hal lainnya.

Keripik pisang dari Bana bisa jadi alternatif makanan pengganjal nih untuk kamu yang tidak bisa menunda jam makan namun masih memiliki kesibukan.

Terbuat dari pisang muda yangn segar dengan kandungan serat tinggi, kaya potasium, dan rendah gula. Diolah tanpa campuran MSG dengan berbagai pilihan rasa yang sudah pasti lezat. Pilihan snack yang sehat banget nih!

Harga Rp. 11.800-25.200

Mia Chia Fruity Mix

Oatmeal menjadi pilihan makanan yang aman untuk lambungmu. Dengan tambahan kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan membuat makanan ini sangat bergizi dan bernutrisi tinggi.

Dengan kemasan 200 gram, kamu bisa langsung menikmati oatmeal ini untuk menu sarapan atau mungkin bisa kamu jadikan overnight oatmeal dengan tanpa tambahan pemanis buatan, pengawet, dairy free, bebas gluten, dan bebas bahan kimia.

Harga Rp. 66.000-96.000

Cabrini Healthy Snacks Crunchy Veggie

Camilan yang sehat dan aman untuk lambung adalah sayur-sayuran kering yang dijadikan keripik. Tidak kalah enak dengan berbagai keripik ber-MSG, snack sehat dari Cabrini ini terdiri dari wortel, brokoli, jamur shiitake, jamur shimeji, labu, jamur tiram, buncis, ubi kuning, ubi ungu, zukini, dan okra.

Diolah tanpa tambahan bahan pengawet, membuat snack ini tetap terasa lezat dan pastinya sehat dinikmati kapan saja sekalipun kamu sedang diet.

Harga Rp. 80.000-190.000
From our editorial team

Konsumsi Makanan yang Tepat agar Asam Lambung Tidak Kambuh

Demikian tadi informasi lengkap mengenai jenis makanan yang aman untuk asam lambung Anda. Pengaturan pola makan berikut pemilihan bahan makanan yang tepat menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sekarang Anda bisa lebih tenang dalam memilih konsumsi makanan dan bisa tetap memiliki lambung yang sehat kedepannya!