10 Rekomendasi Produk Perawatan Bayi 7 Bulan yang Aman untuk Bayi

10 Rekomendasi Produk Perawatan Bayi 7 Bulan yang Aman untuk Bayi

Memilih produk untuk bayi jangan sembarangan. Salah pilih malah membuat bayi jadi alergi, bahkan iritasi. Nah, untuk itu, BP-Guide memberikan ulasan serta rekomendasi produk perawatan bayi berusia 7 bulan yang pas untuk jadi pilihan. Simak, yah.

Penting Memilih Produk Perawatan Bayi yang Tepat

Sering kesulitan atau bingung saat memilih produk perawatan untuk bayi? Ya, memilih produk untuk bayi memang tidak boleh sembarangan. Pada masa ini, bayi memiliki kulit yang sensitif dan cenderung rentan terhadap bahan-bahan tertentu. Memilih produk secara sembrono bisa saja berakibat buruk pada kesehatan kulit bayi, mulai dari iritasi hingga alergi. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih produk bayi dengan bijak.

Tidak perlu terpaku pada merek terkenal karena sebenarnya hal ini bukanlah jaminan. Hal yang perlu dijadikan pertimbangan adalah kandungan bahan yang tertera pada label dan harus dicermati dengan baik sebelum dibeli.

Anda juga harus memerhatikan kecocokan produk dengan kulit bayi Anda. Jika terdapat tanda-tanda iritasi atau alergi seperti bintik kemerahan, bayi yang merasa gatal atau tidak nyaman atau bahkan ruam, sebaiknya hentikan pemakaian produk dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Tips Memilih Produk Perawatan Bayi

Pilih Produk yang Memang Dikhususkan untuk Bayi

Ingat, kulit bayi lebih sensitif daripada kulit orang dewasa sehingga Anda tidak bisa sembarang memakaikan produk yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Carilah produk yang formulanya memang dikhususkan untuk kulit bayi. Produk khusus untuk bayi biasanya telah disesuaikan dengan kondisinya yang halus dan lembut. Pilih produk yang sudah memiliki sertifikasi jaminan keamanan bahan untuk menghindarkan bayi dari efek negatif bahan-bahan berbahaya.

Produk dengan PH Netral

Derajat keasaman alias pH pada produk bayi harus diperhatikan. Istilah yang didefinisikan sebagai ukuran konsentrasi ion hidrogen dari larutan ini sebaiknya dicermati karena meski tampak sepele, ternyata perbedaan kadarnya bisa berpengaruh bagi tubuh, termasuk kulit.

Anda sebaiknya memilih produk dengan pH netral karena jika pH terlalu asam bisa menyebabkan peradangan, sementara bila terlalu basa, dapat menimbulkan kulit kering serta sensitif. Hindari pula produk yang mengandung pewangi, pewarna, paraben dan turunannya seperti BPA (Bisophenol A), DEP (Diethyl phthalate), DBP (dibutyl phthalate), DEHP (diethylhexyl phthalate), asam benzoate dan propil ester.

Hindari Produk Berbahan Alkohol

Jaga kelembapan kulit bayi dengan menghindari produk yang mengandung alkohol. Kulit yang kering rentan iritasi dan terasa kasar, bahkan bisa memicu masalah kulit. Ada beberapa jenis produk dengan kandungan alkohol berbeda. Anda sebaiknya memilih produk yang tidak mengandung ethyl alcohol.

Beberapa jenis kandungan alkohol yang ada di dalam produk perawatan bayi dan masih bisa digunakan adalah cetearyl alcohol dan fatty alcohol karena kedua kandungan ini tidak menyebabkan iritasi pada bayi.

Tidak Menyebabkan Iritasi

Produk antibakteri mungkin banyak dipilih untuk menghindarkan kulit dari kotoran dan masalah kulit lainnya. Namun, ternyata produk antibakteri tidak selamanya baik, terutama pada bayi. Produk yang memiliki label sebagai produk antibakteri kemungkinan memiliki kandungan triclosan sekaligus agen yang bersifat karsinogenik serta dapat mengganggu endokrin.

Produk antibakteri yang terlalu sering digunakan pada bayi bisa menghambat kemampuan alami tubuh dalam melakukan perlindungan dan membuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikhawatirkan berdampak pada perkembangan sistem imunitas yang tentu saja akan memberi efek pada kekebalan tubuhnya terhadap berbagai jenis penyakit.

Untuk menyiasati tubuh bayi agar tetap bersih, Anda cukup memilih produk yang bersih, kadar alkohol rendah serta tidak mengandung bahan-bahan kimia yang terlalu berat. Saat ini, banyak juga tisu basah yang mengandung bahan herbal dan bebas alkohol sehingga cenderung lebih aman untuk bayi.

Berbagai Produk Perawatan Bayi yang Cocok untuk si Kecil yang Baru Berumur 7 Bulan

Zwitsal Baby Bath Hair & Body

Sumber gambar blibli.com

Menjaga kulit dan rambut bayi tetap lembut sejak dini perlu Anda lakukan. Rambut dan kulit yang terjaga kelembapannya dapat terhindar dari berbagai masalah seperti iritasi dan juga pengelupasan kulit yang berlebihan. Sebagai pilihan, Anda bisa coba Zwitsal Baby Bath Hair & Body ini.

Diformulasikan khusus untuk kulit bayi, Zwitsal Baby Bath Hair & Body mengandung aloe vera dan pro vitamin B5 yang bisa membersihkan tubuh juga rambut dengan lembut tanpa rasa pedih di mata. Lewat pH balanced dengan formula extra mild, botol produk ini juga telah teruji hypo-allergenic sehingga bisa digunakan pada kulit sensitif. Bisa diperoleh melalui Blibli seharga Rp 23.700.

Johnson's Baby Bath Milk+Rice

Sumber gambar blibli.com

Tidak hanya baik dikonsumsi, susu dan beras memiliki manfaat bagi kulit bayi. Asam laktat pada susu sendiri bisa membantu mengatasi kulit kering yang kerap terjadi pada bayi dan menimbulkan kerak topi, alergi, juga eksem. Lemak pada susu juga bisa membantu kulit bayi menjadi lebih lembap.

Produk ini juga diperkaya dengan nutrient beras, vitamin A, dan vitamin E yang memberi nutrisi lengkap untuk kulit sehat, lembut serta kenyal. Diformulasi dengan pH netral yang aman bagi kulit, produk ini bebas dari rasa pedih di mata sehingga aman bagi bayi Anda dan menghadirkan sensasi mandi yang menyenangkan. Pesan produk melalui Blibli seharga Rp 21.375 per 200 miliiter.

Cetaphil Baby 2in1 Gentle Wash and Shampoo

Sumber gambar blibli.com

Jika Anda ingin memberikan hadiah produk perawatan bayi, sebaiknya Anda tahu dengan jelas berapa usia bayi yang akan diberi bingkisan. Hal ini bisa membantu Anda memilih produk yang tepat.

Pilih produk yang aman digunakan pada kulit bayi seperti Cetaphil Baby 2in1 Gentle Wash and Shampoo ini.
Mengandung gliserin dan panthenol untuk membantu merawat kulit tanpa membuatnya kering, produk ini diformulasi khusus bagi bayi dan bisa membantu kulit menjadi bersih, lembut, halus dan juga wangi. Diperkaya dengan ekstrak calendula organik serta bebas paraben, produk yang telah teruji secara dermatologi ini bisa Anda pesan melalui Blibli dengan harga Rp 79.799.

Pigeon Baby Shampoo Chamomile

Sumber gambar bukalapak.com

Bunga kamomil dikenal mengandung antioksidan, antiinflamasi juga sebagai antikanker dan sudah digunakan sebagai pengobatan herbal. Bunga dengan aroma khas ini dikenal baik sebagai antidepresan dan bisa membantu mengatasi alergi secara alami. Bahkan, kebaikan kamomil juga dipercaya dapat mengatasi masalah kulit.

Salah satu produk yang mengandung kebaikan bunga kamomil adalah Pigeon Baby Shampoo Chamomile ini. Produk ini bisa membantu membersihkan rambut juga kulit kepala bayi yang sensitif. Lewat kandungan jojoba dan kamomil di dalamnya, Pigeon Baby Shampoo Chamomile bisa membantu menjaga kelembapan kulit serta mencegah iritasi ringan. Membuat rambut halus dan tidak mudah kusut serta sehat, produk ini bisa Anda dapatkan melalui Bukalapak seharga Rp 13.200.

Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil and Aloe Vera

Sumber gambar blibli.com

Minyak kelapa dan aloe vera dikenal baik dalam menjaga kelembapan serta kesehatan kulit. Minyak kelapa dikenal baik dalam membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit juga bisa membuat rambut tampak berkilau dan terasa lembut. Sementara aloe vera bisa membantu mengatasi rasa gatal pada kulit kepala, mencegah ketombe dan menghidrasi rambut.

Perpaduan kebaikan minyak kelapa dan aloe vera ini bisa Anda temukan di Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil and Aloe Vera. Losion rambut ini bisa Anda pilih sebagai perawatan ekstra bagi rambut si kecil dan menjadikan rambut lebih halus dan nyaman. Cara penggunaan produk ini cukup mudah, pijat lembut rambut dan kulit kepala bayi Anda setelah keramas. Produk yang juga bebas paraben serta memiliki kadar alkohol rendah ini bisa Anda dapatkan di Blibli dengan harga Rp 41.800.

My Baby Hair Lotion Black & Shine

Sumber gambar blibli.com

Bagi Anda yang ingin menjaga kilau hitam rambut si kecil, Anda bisa memilih produk My Baby Hair Lotion Black & Shine yang telah teruji klinis tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Diformulasi secara khusus untuk bayi dengan nutrisi yang baik untuk rambut dan kulit kepala, produk ini diperkaya dengan kemiri dan alpukat untuk membuat rambut tampak lebih tebal, hitam dan berkilau.

Tidak hanya itu saja, My Baby Hair Lotion Black & Shine juga mengandung pro vitamin B 5 dan kamomil yang bisa membantu rambut bebas iritasi dan lembut. Aman digunakan secara rutin dengan keharuman tahan lama, produk ini bisa Anda peroleh melalui Blibli dengan harga Rp 21.000.

Konicare Bedak Biang Keringat

Sumber gambar blibli.com

Kulit bayi yang sensitif tidak lepas dari gangguan seperti ruam, bintik merah, atau biang keringat. Hal ini umum terjadi dan Anda tidak perlu panik. Sebagai pertolongan pertama pada masalah kulit bayi yang ringan seperti biang keringat, Anda bisa memilih Konicare Bedak Biang Keringat ini. Produk ini mudah digunakan dengan cara diaplikasikan pada bagian yang kemerahan, dua kali sehari atau ketika Anda mengganti popok bayi.

Konicare Bedak Biang Keringat terbuat dari bahan-bahan alami yang aman bagi bayi. Selain membantu mengatasi biang keringat, produk ini juga membantu mengurangi iritasi karena ruam popok juga menyerap keringat. Aromanya menenangkan dengan formula yang tidak menimbulkan alergi juga tidak perih di mata. Dapatkan seharga Rp 15.000 melalui Blibli.

Zwitsal Classic Baby Powder Soft Floral

Sumber gambar blibli.com

Selain menjaga kelembapan kulit bayi dengan menggunakan losion, Anda juga bisa membantu menghaluskan kulit dengan menggunakan produk seperti bedak. Sebagai opsi, Anda bisa coba Zwitsal Classic Baby Powder Soft Floral yang diformulasi khusus bagi bayi.

Mengandung canola oil yang berguna sebagai pelembap alami untuk membantu melembutkan kulit bayi, produk ini memilik harum khas dari bunga lilac dan violet atau rose dan vanila. Tak hanya itu, Zwitsal Classic Baby Powder Soft Floral juga diperkaya dengan bahan bedak steril serta natural corn starch untuk membantu menyerap keringat dan menghindarkan kulit bayi dari biang keringat. Bisa diperoleh melalui Blibli seharga Rp 18.000.

Cussons Baby Oil Soft and Smooth

Sumber gambar blibli.com

Waktu pijat bayi bisa jadi saat yang tepat bagi Anda menjalin ikatan dengan si kecil. Perkenalkan diri Anda pada bayi dengan memberi sentuhan-sentuhan lembut yang menenangkan. Pijatan ini juga bisa membantu bayi lebih tenang dan mudah tidur nyenyak di malam hari.

Agar waktu pijat semakin menyenangkan, Anda bisa menggunakan Cussons Baby Oil Soft and Smooth ini. Produk ini terbuat dari minyak mineral murni dan diperkaya dengan almond oil untuk menutrisi serta membantu melembapkan kulit bayi. Selain itu, produk juga diperkaya dengan rose oil yang memberi efek menenangkan serta nyaman pada si kecil. Telah teruji secara dermatologi serta aman bagi kulit bayi, produk ini bisa didapatkan seharga Rp 22.800 di Shopee.

My Baby Minyak Telon Plus

Sumber gambar blibli.com

Pada masa bayi, mungkin Anda sering cemas terhadap dampak perubahan cuaca pada si kecil. Suhu tubuh bayi biasanya memang mudah berubah dan kehangatannya harus tetap dijaga agar tak mudah sakit.

Anda bisa memberi perlindungan dengan menyelimuti bayi dan sebagai proteksi ekstra, Anda bisa coba mengoleskan My Baby Minyak Telon Plus. Minyak ini dapat membantu menghangatkan kulit bayi serta menghindarkannya dari gangguan gigitan serangga dan nyamuk.

Selain itu, My Baby Minyak Telon Plus juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi perut kembung pada bayi. Diperkaya dengan citronella dan kamomil, produk ini dikemas praktis dan bisa dibawa ke mana-mana.

Pemakaian produk ini sangat mudah. Anda cukup membalurnya pada kulit tubuh bayi di bagian tubuh. Oles sekitar 5—10 tetes di dada, pinggang, perut juga telapak kaki. Bisa digunakan setelah mandi atau ketika udara terasa dingin. Dapatkan seharga Rp 25.000 di Shopee.

From our editorial team

Memilih Produk Bayi Musti Hati-hati

Memilih produk untuk bayi musti hati-hati. Anda bisa menjadikan pilihan produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas sebagai pilihan jitu untuk buah hati Anda. Jadikan bayi Anda lebih sehat, harum, dan nyaman dengan memilih produk yang aman.