Unik dan Kreatif! 12 Barang-Barang Komersial Ini Ternyata Bisa Dibuat Sendiri Lho (2018)

Unik dan Kreatif! 12 Barang-Barang Komersial Ini Ternyata Bisa Dibuat Sendiri Lho (2018)

Bila selama ini Anda biasa membeli hiasan untuk di rumah, coba sekali-kali membuatnya sendiri. Bahannya juga bisa didapatkan dari barang yang sudah tidak terpakai. Berikut beberapa pilihan barang yang bisa disulap kembali jadi barang unik.

Perilaku konsumtif atau suka berbelanja yang berlebihan sudah pasti hanya akan berujung penyesalan. Daripada sering membeli barang-barang yang mungkin saja jarang atau bahkan tidak pernah dipakai, lebih baik membuat dengan kreasi sendiri.

Ada banyak barang-barang komersial di sekitar tempat tinggal yang jika diberikan sentuhan kreativitas bisa mendatangkan pundi-pundi uang. Bahkan, sampah atau barang yang tidak terpakai bisa dibuat sendiri menjadi barang yang mendatangkan nilai guna dan nilai ekonomis.

Yuk, coba cek di sekitar tempat tinggal, adakah beberapa barang-barang berikut yang bisa disulap menjadi barang yang lebih bermanfaat?

1. Lukisan Cangkang Telur

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lukisan cangkang telur biasanya dijual sebagai benda seni atau pajangan di beberapa galeri seni atau pasar seni di Pulau Dewata, Bali. Namun, Anda bisa membuat sendiri di rumah sebagai kerajinan tangan berbahan telur sembari menghabiskan waktu luang dengan aktivitas bermanfaat. Caranya cukup mudah. Yaitu pilih butir telur yang oval sempurna, kemudian ambil isi atau cairan kuning dan putih telur menggunakan suntikan. Hisap memakai suntikan ini hingga isinya kosong. Jika sudah, cangkang telur siap untuk dilukis sesuai desain yang sudah disiapkan.

2. Gantungan Baju Kayu

Sumber gambar www.youtube.com

Kapstok atau gantungan baju mungkin saat ini sudah tersedia di pasaran dengan berbagai jenis bahan dan model. Namun, dengan kreativitas sendiri kapstok yang unik dan eksentrik bisa dibuat. Bahkan, bisa dipasarkan atau dijual dengan mendatangkan keuntungan komersial yang menjanjikan.

3. Tempat Pensil Botol Plastik

Sumber gambar www.idehshot.com

Punya banyak botol-botol plastik bekas wadah air mineral? Manfaatkan untuk tempat pensil yang unik dan menarik. Ada banyak contoh atau ide-ide kreatif membuat tempat pensil atraktif dari bekas botol plastik air mineral. Misalnya dengan menambahkan washi tape atau isolasi berwarna-warni sehingga botol plastik akan terlihat lebih cantik dan komersial.

4. Miniatur dari Tutup Botol

Sumber gambar www.otosia.com

Hanya dengan sedikit kreativitas, barang-barang bekas apa pun bisa disulap menjadi benda komersial yang mendatangkan nilai manfaat. Termasuk tutup botol yang biasanya akan segera menjadi penghuni tempat sampah karena terbuang percuma. Di tangan orang yang terampil, ternyata tutup botol bisa menjadi miniatur kursi dan meja yang sangat unik. Jika sudah membuatnya, jangan lupa pamerkan barang-barang seni buatan sendiri (DIY) ke media sosial seperti pinterest atau instagram untuk mempromosikan dan mendatangkan pundi-pundi uang segar.

5. Kerajinan Bambu

Sumber gambar www.aliexpress.com

Barang komersial yang ternyata bisa dibuat sendiri selanjutnya adalah kerajinan dari bambu. Seperti diketahui bahan baku bambu di Indonesia sangat mudah dijumpai. Harganya pun cukup murah. Untuk satu lonjor batang bambu bisa sepanjang lebih dari 10 meter dihargai sekitar Rp 50 ribu. Nah, dengan bahan baku yang mudah dan murah, Anda bisa membuat aneka kerajinan tangan dari bambu yang cukup menjanjikan keuntungan. Industri kreatif di bidang kerajinan bambu terkadang juga sampai kewalahan menerima pesanan dari hotel-hotel atau kafe-kafe bertema unik untuk mempercantik interior ruangan mereka. Karena pasar yang masih sedikit, kerajinan bambu bisa memberikan sektor komersial yang cerah bila ditekuni lebih serius.

6. Mozaik dari Keping CD Bekas

Sumber gambar www.bintang.com

Compact Disc atau cakram disc saat ini tidak begitu banyak yang memakai. Orang-orang di era digital beralih ke perangkat USB yang lebih praktis dan fleksibel untuk media penyimpanan ketimbang CD. Nah, jika di rumah ada banyak keping CD bekas yang tidak terpakai, kenapa tidak membuatnya sebagai sebuah kerajinan tangan yang komersial. Pertama-tama CD dibuat kepingan-kepingan seukuran 1 cm untuk mozaik. Kemudian, buatlah rancangan desain berbentuk bunga atau pemandangan. Lalu, kepingan CD ditempelkan ke desain yang sudah dibuat atau buat saja bentuk pola abstrak yang menarik. Maka, hasil karya seni dari kepingan CD bekas kini tampil lebih atraktif dan siap menghias dinding di rumah.

7. Tempat Perhiasan dari Botol Plastik

Sumber gambar aneunurk.blogspot.com

Botol plastik yang sudah tidak terpakai atau terbuang jika menumpuk maka keberadaannya bisa mencemari lingkungan. Selain memberikan ke bank sampah atau pemulung, sebenarnya botol plastik dapat diubah menjadi barang yang lebih komersial. Botol plastik bekas minuman soda biasanya teksturnya lebih padat dan keras, jadi lebih cocok untuk tempat perhiasan yang tampak glamor. Caranya, ambil botol plastik bekas 4-5 buah, kemudian potong pada bagian dasarnya setinggi 2-3 cm. Lalu, susun bertingkat sebanyak 4-5 susun dan ditumpuk sedemikian rupa dengan sebatang besi. Hasilnya, tempat perhiasan yang mewah ini pasti tidak akan ada yang menyangka terbuat dari botol plastik bekas minuman soda

8. Membuat Lukisan Bunga dari Dasar Botol

Sumber gambar id.pinterest.com

Lukisan adalah barang komersial yang paling mudah untuk dijual karena keindahannya. Nah, bagi yang berminat melukis tapi tidak terlalu mahir menerapkan seni rupa ke dalam kain kanvas atau kertas, bisa memanfaatkan teknik yang satu ini. Yaitu dengan memanfaatkan botol minuman soda yang permukaan bawahnya terdapat dudukan khusus. Tempelkan saja bagian bawah botol ini pada cat sesuai warna yang diinginkan, lalu tempelkan lagi ke atas kertas. Dengan dudukan yang terdiri dari 5 tonjolan, maka akan membentuk kelopak bunga indah di atas kertas. Mudah, kan?

9. Lampu Hias Botol Plastik

Sumber gambar www.qallwdall.com

Selanjutnya masih menggunakan botol plastik air mineral yang berwarna biru, Anda dapat menyulap sampah ini menjadi lampu hias yang menawan. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu memotong pada bagian dasar botol plastik. Kumpulkan hingga 10-15 potongan dasar botol lalu susun menyerupai bola. Jika sudah, tinggal menempatkan bola lampu dan kabel, lampu hias pun sudah jadi.

10. Tempat Pensil dari Jerigen Susu

Sumber gambar sun-ebank.com

Botol bekas susu atau minyak yang ada pegangannya (handle) bisa dimanfaatkan sebagai tempat pensil untuk menata dan mengorganisir perlengkapan alat tulis di dalam kelas menjadi lebih rapi.

11. Kerajinan Miniatur Kardus

Sumber gambar materialicious.com

Menengok karya miniatur yang dibuat di dalam kardus ini mungkin sekilas sangat cantik. Tapi, juga membutuhkan skill artistik yang cukup tinggi. Bahkan, karena tingkat kesulitan dan detail pada ukuran yang kecil, membuat karya seni ini bisa dikomersilkan sebagai hiasan atau souvenir pernikahan dan ulang tahun.

12. Lampu Hias dari Kardus

Menjadi salah satu barang yang tak terpakai alias sampah, kardus mungkin ada banyak menumpuk dalam gudang di rumah. Sementara, orang-orang kreatif bisa menggunakan kardus menjadi barang komersial yang lebih bernilai. Seperti untuk bahan membuat lampu hias atau lampu geometrik yang indah ini. Bentuknya bulat dengan model geometris yang indah. Bagi yang ingin menghias kamar tidur atau tidak ingin tidur dengan lampu menyala terang, bisa memanfaatkan kardus bekas disulap menjadi lampu geometrik seperti ini.

Anda Juga Bisa Berkreasi dengan Membuat Kerajinan Tangan Lucu ini

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Puas dengan Hasil Karya Sendiri

Banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan barang bekas. Anda tak akan kehabisan cara untuk berkreasi membuat barang-barang unik. Apalagi saat ini sudah banyak DIY yang bisa disaksikan melalui youtube ataupun sosial media lainnya. Selain unik pastinya Anda akan merasa puas dengan hasil karya sendiri. Selamat mencoba.