10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Sony 2020 untuk Anda yang Ingin Memiliki Fitur Terbaru dari Kamera Mirrorless

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Sony 2020 untuk Anda yang Ingin Memiliki Fitur Terbaru dari Kamera Mirrorless

Kebutuhan kamera saat ini tidak terlepas dari dunia fotografi saja, bagi beberapa orang justru fitur-fitur canggih yang kekinian jadi salah satu alasan untuk memilih kamera mirrorless seperti brand Sony yang sudah terkenal. Yuk, langsung aja cek berbagai rekomendasi kamera mirrorless dari Sony di tahun 2020!

Kamera adalah Peralatan Penting yang Harus Dimiliki jika Ingin Terjun ke Dunia Fotografi

Dunia fotografi semakin hari semakin digemari dan menjadi hobi banyak orang. Untuk itu peran penunjang fotografi seperti kamera sangat diperlukan agar menghasilkan gambar yang bagus.

Jenis kamera dengan segala keunggulan yang dimiliki pun sangat beragam sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan keinginan dan bujet yang dimiliki. Meskipun begitu terkadang ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam demi memiliki kamera mahal.

Selain itu, untuk menjadi fotografer profesional sebaiknya Anda harus mempelajari ilmu dasar fotografi agar mampu menangkap momen terbaik yang diabadikan dalam foto.

Jenis Kamera yang Populer di Kalangan Fotografer saat Ini

Kamera DSLR

Kamera DSLR atau digital single lens reflex camera merupakan kamera mumpuni dengan banyak fitur. Dalam pengoperasiannya menggunakan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder/jendela bidik. Viewfinder adalah lubang kecil yang terletak di belakang kamera, yaitu lokasi untuk mengintip objek foto.

Selain itu kamera ini mempunyai kategori tersendiri mulai dari dari jenis entry level, semipro, sampai pro. Kecanggihan fitur yang dimiliki akan semakin lengkap ketika semakin tinggi pula levelnya dan tentu saja harganya juga ikut meningkat.

Dibandingkan dengan kamera lainnya, Kamera DSLR memiliki banyak varian lensa mulai dari lensa fisheye, lensa standar, lensa tele, atau lensa zoom dengan jangkauan lebih dari 500 mm. Kamera ini bisa berperan ganda yaitu menghasilkan gambar ataupun video high definition. Banyak orang memilih menggunakan kamera DSLR mulai dari masyarakat umum, vlogger, bahkan fotografer profesional.

Kamera DSLR memiliki kelebihan utama yaitulebih fleksibel, kualitas gambarnya sempurna, fitur fotografi lengkap, mudah di-upgrade, dan memiliki kinerja mumpuni. Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki, kamera ini mempunyai beberapa kekurangan yaitu ukurannya lebih besar dibandingkan dengan kamera lainnya dan harganya relatif lebih mahal sehingga tidak cocok untuk pemula.

Kamera Aksi

Kamera aksi sangat cocok untuk traveler yang gemar berpetualang. Kamera ini memiliki ukuran lebih kecil daripada kamera saku, fiturnya terbatas, bentuknya portabel, dan mudah dipasang di mana saja. Meskipun begitu kamera aksi mempunyai sudut lebar, jangkauan menyeluruh, fokus tetap, dan bisa digunakan untuk mengambil gambar dalam posisi diam ataupun video yang disertai suara.

Selain itu kamera ini dapat digunakan dalam berbagai kondisi baik di dalam air, di atas salju, ataupun kondisi berdebu. Banyak orang menyukai kamera aksi mulai dari anak muda penggemar olahraga ekstrem ataupun vlogger. Kamera aksi dapat menghasilkan video dengan resolusi Full HD 1080p dalam kecepatan 30 frame setiap detiknya, bahkan 720p di kecepatan 60 fps sehingga kualitas gambar dan videonya high defenition.

Ciri kamera ini mempunyai bentuk ringkas, kecil, dan portabel dengan dilengkapi fitur image stabilization sebagai penstabil getaran. Beberapa kelebihan yang dimiliki adaah menghasilkan kualitas gambar HD sampai Full HD, harga relatif murah, bersifat waterproof, dan dapat dipasang memori eksternal sampai 32 GB.

Meskipun begitu, kamera aksi mempunyai beberapa kekurangan seperti kualitas foto kurang sempurna walaupun berpiksel besar, hasil rekaman videonya berformat AVI sehingga ukuran lebih besar, dan tidak dilengkapi WiFi. Untuk memindahkan file masih menggunakan cara manual yaitu dengan melepaskan  kartu memori terlebih dulu.

Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless merupakan kamera penyempurna dari DSLR dengan viewfinder yang tidak menggunakan cermin dan memiliki ukuran lebih kecil, lebih ringan, dan lebih ringkas. Selain itu mempunyai sensor dengan kategori 4/3 yang mendekati kualitas hasil foto DSLR. Kemampuan kamera ini sudah mumpuni dan setara dengan kamera DSLR level middle-end.

Dilengkapi dengan kontrol manual dengan lensa yang bisa dilepas dan digonta ganti sesuai dengan kebutuhan ketika penggambilan gambar. Kamera mirrorless memiliki fokus yang sangat cepat dan lebih cepat mengambil gambar.

Meskipun banyak kelebihan yang dimiliki, kamera ini juga mempunyai beberapa kekurangan seperti pembingkaian foto sulit dilakukan karena gambar dalam viewfinder dibalik secara horizontal dari kiri ke kanan. Hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan ketika membidik objek bergerak. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi pengguna yang belum berpengalaman.

Kelebihan Kamera Mirrorless yang Harus Diketahui oleh para Fotografer Pemula

Ukuran yang Kecil sehingga Lebih Mudah untuk Dibawa

Kamera mirrorless merupakan kamera kecil yang tidak menggunakan mirror di depan sensor ataupun pentaprisma. Selain itu kamera ini memiliki bentuk ramping dengan bobot ringan sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku, ketika lensa telah dilepas.

Kamera mirrorless juga mempunyai jarak flange lebih pendek dan ukuran fisik lensanya pun lebih kecil, bahkan lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan dengan kamera DSLR. Jenis kamera yang satu ini sangat cocok digunakan para traveller.

Teknologi Live Preview yang Mudah Digunakan

Kamera mirrorless merupakan kamera yang tidak dilengkapi view finder, namun menerapkan teknologi live preview pada layar utamanya. Kelebihan teknologi ini dapat menampilkan gambar di LCD sebelum foto diambil dan sangat membantu untuk meminimalisir kesalahan ketika pengambilan foto.

Keistimewaan dalam memperbaiki sebelum pemotretan membuat kamera ini sangat diminati banyak orang. Selain itu ukuran LCD yang dimiliki terhitung besar dan memiliki resolusi rapat sehingga Anda akan memperoleh kualitas foto yang bagus.

Meskipun begitu Anda tetap harus selektif dalam membelinya karena beberapa dari kamera jenis ini menyediakan Electronic View Finder (EFV).

Lensa yang Mudah Diganti

Sekarang ini kamera mirrorless banyak digemari masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan kamera jenis ini memiliki beragam lensa yang mudah untuk diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan pemotretan. Beberapa lensa yang dapat Anda pakai adalah fisheye, wide angle, dan lain-lain.

Meskipun banyak varian lensa, namun sekitar 80% pengguna kamera ini hanya memiliki satu lensa. Bagi pemula yang masih belajar fotografi dapat memilih lensa kit/lensa bawaan dari kamera. Ketika kemampuan Anda menjadi lebih profesional bisa menambah jenis lensa kamera sesuai dengan keahlian.

Ketajaman Hasil Foto yang Tidak Perlu Diragukan

Kamera mirrorless mempunyai kemampuan hampir setara dengan kamera DSLR. Kualitas gambar yang dihasilkan pun tajam dan bagus.

Selain itu kamera ini dapat digunakan untuk merekam dengan hasil rekaman lebih tajam daripada kamera DSLR.

Kelebihan utama dari kamera mirrorless ada pada layar LCD yang bisa diputar sampai 180 derajat sehingga dapat menjangkau pemotretan di sudut sempit sekali pun.

Sensornya Lebih Besar

Kamera mirrorless memiliki sensor yang lebih besar sehingga bisa mengambil gambar dengan kualitas tinggi pada resolusi yang sama. Kualitas sensor ini mumpuni dan lebih baik daripada kamera compact. Umumnya produsen kamera jenis ini menanamkan sensor APS-C dan full frame.

Selain itu, dilengkapi pula fitur video berteknologi tinggi untuk menghasilkan gambar kualitas UHD 4K dengan resolusi lebih baik 4 kali lipat daripada rekaman HD. Peminat berbagai sensor dari kamera mirrorless cukup banyak, bahkan beberapa produk Sony berjenis A7 sudah menerapkan teknologi ini.

Ukuran sensor umumnya adalah medium format dan sudah diterapkan pada kamera Fujifilm, sedangkan sensor micro four third banyak diterapkan oleh Panasonic dan Olympus. Untuk sensor paling kecil sebesar 1/2.3 diterapkan pada Olympus Q10.

Mengenai resolusi gambar yang dimiliki kamera mirrorless terhitung dalam kategori terbesar yaitu bisa mencapai 102 MP dengan format sensor medium yang diterapkan oleh Fujifilm GFX100.

Rekomendasi Mirrorless Sony 2020

Sony A6000

Sony A6000 merupakan kamera mirrorless multi interface shoe dan built in flash yang tepat untuk Anda. Kamera ini dilengkapi BIONZ X Image Processor dan sensor 24.3 MP APS-C Exmor APS HD CMOS dengan resolusi maksimum 6000 x 4000 yang memungkinkan Anda memperoleh hasil visual maksimal.

Selain itu, menggunakan lensa Sony 16-50mm f/3.5-5.6 OSS Lens dengan baterai NP-FW50 Lithium-Ion berdaya 1020mAh. Kapasitas yang dimiliki berupa Memory SDHC 16GB/32GB/64GB. Dilengkapi pula LCD anti gores yang dapat diputar ataupun dimiringkan.

Kamera Sony A6000 dilengkapi dengan garansi resmi Sony Indonesia selama 1 tahun dan dalam setiap pembeliannya, Anda akan memperoleh tas kamera, cleaning kit, buku, dan kartu garansi.

Harga Rp. 6.300.000-6.849.000

Sony Alfa 5100

Sony Alfa 5100 merupakan kamera mirrorless yang menggunakan sensor Exmor APS-C CMOS 24.3 MP dan BIONZ X Image Processor sehingga dapat menghasilkan gambar sempurna dan natural. Kinerja Auto Focus dalam kamera ini lebih cepat dan lebih tinggi dengan 170 titik plus fokus sentuh intuitif.

Selain itu terdapat teknologi deteksi wajah, self portrait self timer, ISO 100-25600, Manual Focus Peaking, dan Zebra Function. Dilengkapi dengan LCD layar sentuh dan fleksibel berukuran 3 inci yang dapat diputar 180 derajat.

Terdapat pula fitur NFC dan Wifi yang mendukung transmisi gambar secara wireless. Dalam setiap pembelian Sony Alfa 5100, Anda akan memperoleh garansi resmi Sony Indonesia selama 1 tahun.

Harga Rp. 5.540.000-6.500.000

Sony Alpha A7R III Body

Sony Alpha A7R III Body merupakan kamera mirrorless dengan menerapkan teknologi 42MP Full-Frame Exmor R BSI CMOS Sensor dan BIONZ X Image Processor & Front-End LSI sehingga menghasilkan gambar lebih cepat dan lebih jernih.

Selain itu, dilengkapi dengan ISO 102400 dan lapisan antirefleksi (AR) yang terletak di segel sensor. Sistem pemotretan gambar menggunakan Fast Hybrid AF yang memberikan cakupan area luas dengan kepadatan tingkat tinggi, fokus lebih cepat dalam beragam kondisi pencahayaan dan lebih efektif berfokus pada subjek.

Beragam keunggulan kamera ini memungkinkan untuk menangkap sekaligus mempertahankan fokus satwa liar meskipun lincah dan gesit dalam gerakan yang tidak bisa diduga.

Harga Rp. 32.149.000-33.999.000

Sony Alpha A7 II Kit FE 50 mm F1.8

Sony Alpha A7 II Kit FE 50 mm f1.8 merupakan kamera mirrorless yang menggunakan sensor CMOS full frame (35.8 x 23.9 mm) dengan resolusi 24 MP dengan prosesor Bionz X.

Kamera ini juga menggunakan lensa kamera SONY FE 50mm F1.8 dengan layar LCD 3 inci sehingga menghasilkan gambar kualitas terbaik meskipun efektivitas cahaya rendah. Selain itu dilengkapi pula dengan ISO 100-25600 dan image stabilization dengan desain SLR-style mirrorless.

Kamera Sony Alpha A7 II Kit FE menggunakan sistem Fast Hybrid dan aplikas kamera PlayMemories sehingga secara otomatis fokus akan terus berlangsung dan mampu mengoreksi pengaturan pitch dan yaw.

Tak hanya itu saja, tetapi juga menerapkan mode standar rekam jalan yang dapat memajukan kode waktu ketika perekaman terjadi dan bisa mensinkronkan beberapa kamera menjadi satu. Anda juga dapat menggunakannya untuk merekam timecode dalam mode frame non drop ataupun drop.

Harga Rp. 18.250.000-23.398.700

Sony Alpha A6600 ILCE

Sony Alpha A6600 ILCE merupakan kamera mirrorless yang memiliki performa istimewa dengan fitur menawan dan bodi ringkas. Kamera ini menerapkan teknologi AF tercepat di dunia yaitu 0,02 detik dengan cakupan yang luas dan disertai pelacakan subjek.

Sistem pelacakannya pun real time dengan Eya AF Real time sehingga mampu mendeteksi dan mengikuti pergerakan subjek. Tipe sensor yang dimiliki menggunakan CMOS Exmor tipe APS-C (23,5 x 15,6mm) sebesar 24,2 megapiksel dan lensa Sony E 18-135mm f/3.5-5.6 OSS dan sensitivitas ISO.

Dilengkapi pula sistem pembesaran fokus dan autofokus akurat meskipun dalam kondisi pencahayaan redup serta fokus manual mudah dengan fungsi peaking jelas.

Terdapat pula stabilisasi gambar optik 5 poros sehingga menghasilkan kualitas gambar sempurna, noise rendah dengan resolusi tinggi, ISO lebar, dan gambar diam.

Kapasitas baterai yang dimiliki cukup tinggi sehingga memungkinkan pengambilan gambar berdurasi panjang. Terdapat pula input audio, mikrofon eksternal, dan jack headphone yang mendukung pembuatan film.

Kelebihan Sony Alpha A6600 ILCE yang dimiliki adalah pegangan yang ergonomis sempurna dan fungsi flash serbaguna dengan aspek rasio 1:1. Layar LCD pada kamera ini dapat dimiringkan 180° dengan fungsi sentuh multifungsi.

Selain itu, menerapkan sistem one-touch remote dan one-touch sharing. Produk ini  dilengkapi garansi resmi Sony Indonesia selama 1 tahun.

Harga Rp. 17.999.000-17.999.000

Sony Alpha A6400 Kit 16-50 mm

Sony Alpha A6400 Kit 16-50 mm merupakan kamera mirrorless yang menggunakan format APS-C dari adopsi berbagai fitur dan sensor 24.2MP APS-C Exmor CMOS sensor.

Kamera ini mengakuisisi fokus otomatis 0.02 detik, real-time eye AF, dan kemampuan real-time tracking sehingga menghasilkan visual istimewa. Selain itu kamera ini mampu memotret dengan kecepatan tinggi hingga 11 fps ataupun melakukan pemotretan silent hingga 8 fps.

Dilengkapi dengan AF/AE tracking dengan processor BIONZ X image processing engine dan layar sentuh LCD yang dapat dimiringkan 180°. ISO yang dimiliki sebesar 102.400 dengan pengaturan S&O (Slow & Quick) motion sehingga cocok untuk pembuat foto dan video.

Sony Alpha A6400 Kit 16-50 mm dilengkapi pula dengan 4D Focus dan sistem deteksi fase 425 titik cakupan luas sehingga mampu mencakup sekitar 84% area gambar. Bodi kamera menggunakan magnesium alloy dan dilengkapi tombol segel untuk mencegah debu ataupun kelembapan.

Selain itu terdapat teknologi fungsionalitas antidebu agar filter optik tetap terlindungi, desain layar sentuh, dan dapat dikendalikan jarak jauh nirkabel. Produk ini dilengkapi dengan garansi resmi dari Sony Indonesia selama 1 tahun.

Harga Rp. 13.220.000-14.999.000

Sony Alpha A9 Mark II Body

Sony Alpha A9 Mark II Body merupakan kamera mirrorless yang dirancang untuk bekerja cepat, andal, dan produktif. Dilengkapi dengan sensor 24.2MP full-frame exmor RS CMOS sensor dan prosessor BIONZ X sehingga menghasilkan gambar sempurna dalam kecepatan tinggi.

Selain itu kamera ini menerapkan sistem AF deteksi face 693-titik dengan ISO 100-204800 dan penghitungan AF/AE hingga 60 kali/detik. Selain itu terdapat stabilitas pelacakan real time ataupun real time eye AF. Dilengkapi pula dengan Rana Anti-distorsi kecepatan tinggi 1/32000 detik dan  Quad-VGA OLED Tru-FinderTM sehingga gambar bebas blackout.

Terdapat dua slot media yang mendukung UHS-II dengan stamina operasional kamera setingkat profesional. Dalam setiap pembelian produk ini, Anda akan memperoleh garansi resmi dari Sony Indonesia selama 1 tahun.

Harga Rp. 63.399.000-63.499.000

Sony Alpha A6300 Kit 18-135 mm

Sony Alpha A6300 Kit 18-135 mm merupakan kamera mirrorless yang berfokus pada kecepatan, respons, dan kualitas. Kualitas  gambar dan perekaman yang dihasilkan sempurna dengan resolusi tertinggi, noise lebih sedikit, dan sensitivitas lebar sampai ISO 512004.

Jenis kamera Sony ini memiliki berbagai teknologi canggih yang diandalkan yaitu sistem advanced 4D Focus dan layar LCD 3 inch XGA OLED Tru-Finder yang canggih.

Dilengkapi pula dengan output HDMI dan teknologi one touch sharing sehingga memudahkan sharing hasil foto di jejaring sosial. Produk ini dilengkapi dengan garansi resmi dari Sony Indonesia selama 1 tahun.

Harga Rp. 13.500.000-17.999.000

Sony Alpha 7S Mark II Body

Sony Alpha 7S Mark II Body merupakan kamera mirrorless yang memiliki keistimewaan mampu mengambil foto ataupun merekam video dalam keadaan sangat gelap.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor 12.2MP Full-Frame Exmor CMOS dengan processor BIONZ X Image dan Fast Intelligent AF sehingga kualitas hasil lebih bagus, lebih cepat, dan lebih tajam dengan performa canggih.

Dilengkapi dengan rentang ISO sangat tinggi mencapai 409.600, fitur XGA OLED Tru-Finder, dan menggunakan baterai NP-FW50 Lithium-Ion (1020mAh) sehingga stabil dipakai dalam semua kondisi.

Format yang digunakan berupa Full HD ataupun 4K. Produk ini dilengkapi dengan garansi resmi dari Sony Indonesia selama 1 tahun.

Harga Rp. 28.000.000-34.999.000

Sony Alpha 9 Body

Sony Alpha 9 Body merupakan kamera mirrorless yang memiliki kemampuan multimedia dan dapat memotret dengan resolusi maksimal 6000 x 4000 pixel. Dilengkapi dengan 24MP – full frame BSI-CMOS Sensor dan BIONZ X processor dengan ISO 100 – 51200.

Selain itu kamera ini menggunakan sistem autofokus 693-Titik dan pemotretan 20 fps. Terdapat pula teknologi pelacakan subjek dan stabilisasi gambar SteadyShot INSIDE 5 sehingga memperkecil tampilan goyangan kamera ketika memotret.

Produk ini mampu menyimpan file dalam format RAW dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion NP-FZ100 Sony (2280mAh). Dalam setiap pembelian kamera ini, Anda akan sekaligus memperoleh garansi resmi dari Sony Indonesia selama 1 tahun.

Harga Rp. 56.999.000-144.800.400
From our editorial team

Pilih Kamera Mirrorless Sesuai Bujet Anda

Kamera mirrorless tidak hanya memiliki fitur yang lengkap bahkan canggih menyamai kamera DSLR, namun disamping itu memiliki variasi harga yang sangat beragam. Teknologi yang tertanam dalam kamera mirrorless membuat harganya dapat melambung tinggi, sehingga Anda perlu menyesuaikan dengan bujet yang dimiliki jika ingin membeli kamera jenis mirrorless, ya.