Makan Siang Anda di Kantor Itu-itu Saja? Cobalah 5 Menu Makan Siang Sehat Rekomendasi BP-Guide ini!

Makan Siang Anda di Kantor Itu-itu Saja? Cobalah 5 Menu Makan Siang Sehat Rekomendasi BP-Guide ini!

Sama halnya dengan sarapan pagi, makan siang juga sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Makanan yang dipilih juga harus memenuhi kebutuhan zat gizi seimbang. Berikut rekomendasi menu makan siang sehat versi BP-Guide.

Pekerja Kantoran Cenderung Mengonsumsi Makan Siang yang Tidak Sehat

Sumber gambar www.glassdoor.co.in

Makan siang bagi para pekerja kantoran merupakan hal penting yang tidak bisa dilewatkan, karena sangat diperlukan untuk mengisi tenaga ketika melanjutkan aktivitas berikutnya. Namun, pekerja kantoran seringkali tidak memiliki banyak pilihan menu untuk makan siang, karena terbatasnya waktu dan tempat.

Pekerja kantoran cenderung mengonsumsi makanan-makanan cepat saji untuk makan siang, karena lebih efisien dan bisa didapat dengan mudah. Hal ini dapat berakibat buruk pada kesehatan para pekerja kantoran, karena jadwal yang padat namun tidak disertai dengan asupan gizi yang cukup dari makanan yang sehat.

Padahal, riset telah menunjukkan bahwa menu makan siang yang tidak sehat dapat menyebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi yang tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk menghindari hal tersebut, para pekerja kantoran harus bisa memilih menu makan siang sehat dengan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tips Memilih Menu Makan Siang Sehat untuk Pekerja Kantoran

Sumber gambar swedishcouncil.org

Terdapat beberapa tips untuk memilih menu makan siang yang sehat. Yang pertama adalah dengan mempersiapkan sendiri bekal untuk makan siang. Selain lebih aman, bekal makan siang yang dibuat sendiri juga lebih murah dan sehat, karena Anda dapat mengetahui dan mengatur apa saja isi dari bekal makan siang tersebut.

Anda dapat menyiapkan bekal sehat dengan menambahkan sayur-sayuran atau buah-buahan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kemudian Anda juga perlu memperhatikan gizi yang ada pada makanan tersebut yang harus mencakup karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Namun jika tidak ingin ribet, Anda bisa menyiapkan makanan praktis seperti roti dan sandwich. Anda juga bisa menambahkan salad atau smoothies untuk makan siang yang lebih sehat.

5 Menu Makan Siang Sehat untuk Pekerja Kantoran

Nasi, Sayur, dan Protein

Sumber gambar www.halfbakedharvest.com

Jika Anda termasuk orang yang tidak kenyang jika tidak memakan nasi, maka Anda juga bisa menyiapkan nasi, sayuran tumis atau rebus, dengan dilengkapi lauk sebagai sumber proteinnya. Anda dapat menambahkan ayam panggang, ikan rebus, atau daging tumis.

Apabila Anda menginginkan bekal makan siang lebih sehat, Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah. Namun jangan salah, nasi putih ternyata juga sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari apabila Anda dapat mengatur porsinya dengan tepat.

Jika ingin lauk yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan lauk apa saja asalkan tidak digoreng melainkan dikukus atau dipanggang. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih kenyang pada saat makan siang, namun tetap sehat dan bersemangat saat melanjutkan aktivitas di kantor.

Sandwich

Sumber gambar realfood.tesco.com

Sandwich merupakan salah satu makanan yang simpel dan praktis, namun tetap sehat dan bergizi. Sandwich telah mencakup berbagai nutrisi mulai dari vitamin hingga protein, sehingga sangat cocok untuk menjadi menu makan siang Anda.

Anda juga bisa membuat kreasi sandwich yang sesuai dengan selera Anda. Sandwich bisa diisi dengan selai dan potongan buah-buahan atau dengan isian protein seperti daging, ayam fillet, telur, ikan, keju, dan ditambah dengan sayuran segar.

Sandwich juga identik dengan saus atau mayones untuk menambah rasa pada topping-nya. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan saus atau mayones pada sandwich Anda, karena mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi terlalu banyak tidak akan baik untuk kesehatan tubuh.

Salad Sayuran

Sumber gambar www.myfoodandfamily.com

Salad merupakan makanan tinggi serat yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Anda hanya perlu menyiapkan sayuran hijau yang telah dicuci bersih, lalu dipotong kecil-kecil dan ditambahkan dengan karbohidrat seperti kentang rebus.

Tambahkan juga sumber protein seperti daging sapi atau daging ayam tanpa kulit, untuk menambah nikmat bekal makan siang Anda. Jika biasanya salad identik dengan saus mayones, maka kali ini lebih baik Anda tidak terlalu banyak memberi mayones pada salad sayuran Anda.

Sushi

Sumber gambar www.nogarlicnoonions.com

Selain sehat, sushi juga memiliki rasa yang sangat lezat, sehingga akan dapat membangkitkan semangat Anda untuk kembali menjalankan aktivitas. Anda dapat menghabiskan makan siang Anda dengan cepat dan bisa langsung kembali menjalankan aktivitas selanjutnya.

Makanan asal Jepang ini juga bisa Anda buat sesuai dengan selera Anda, misalnya Anda lebih suka sushi dengan isian salmon dibandingkan sushi dengan isian ayam. Jika ingin bekal makan siang yang lebih sehat, Anda bisa menambahkan banyak sayuran pada sushi, seperti mentimun atau avokad. Sushi yang berukuran kecil juga memudahkan Anda untuk menyantapnya ketika sedang terburu-buru.

Pizza

Sumber gambar thetastyk.com

Jika Anda memilih dengan benar, pizza juga dapat menjadi salah satu menu sehat untuk makan siang Anda di kantor. Anda dapat memilih pizza dengan topping yang tidak terlalu banyak, namun sudah mencakup vitamin dan protein seperti sayur dan daging.

Jika ingin menu pizza yang lebih sehat, pizza homemade dengan topping sayur-sayuran, tomat, dan jamur mungkin bisa menjadi pilihan untuk menu makan siang Anda. Berbagilah dengan teman-teman kantor dan jangan memakan terlalu banyak pizza, agar tidak kekenyangan dan merasa ngantuk saat melanjutkan aktivitas di kantor.

From our editorial team

Persiapkan Bekal Makan Siang yang Bervariasi

Beberapa menu makan siang di atas sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang saat di kantor. Anda dapat mempersiapkan bekal makan siang tersebut di pagi hari sebelum berangkat kerja. Anda juga dapat menyiapkan bekal dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya agar tidak bosan dan lebih semangat dalam bekerja. Jangan lupa untuk selalu memenuhi nutrisi dalam bekal makan siang Anda, ya!