Yuk, Telaah Pikiran Manusia Melalui 10 Rekomendasi Buku Psikologi yang Asyik Dinikmati dan Membuat Wawasanmu Semakin Kaya

Yuk, Telaah Pikiran Manusia Melalui 10 Rekomendasi Buku Psikologi yang Asyik Dinikmati dan Membuat Wawasanmu Semakin Kaya

Ilmu tentang manusia alias psikologi adalah keilmuan yang dinamis, karena psikologi manusia cenderung tidak stagnan. Mempelajari psikologi bisa kamu lakukan dengan cara menyenangkan, yaitu lewat membaca. Yuk, pelajari lebih lanjut lewat rekomendasi buku-buku ini!

Psikologi Sebetulnya Sangat Asyik. Kita Bisa Menelaah Pikiran Manusia yang Super Rumit, Ekstra Misterius, dan Tidak Bisa Ditebak

Sumber gambar tipsforlawyers.com

Psikologi banyak dianggap sebagai suatu hal yang menyulitkan meski bisa dipelajari. Namun bagi yang memiliki ketertarikan kuat akan psikologi, tentunya belajar hal yang satu ini akan sangat menyenangkan. Dengan belajar psikologi maka kita bisa belajar untuk menelaah pikiran manusia dari yang super rumit, misterius, hingga yang tak bisa ditebak.

Ilmu psikologi hadir sebagai ilmu yang mempelajari perkembangan mental dan perilaku seseorang. Dengan kata lain kita belajar mempelajari proses berpikir seseorang supaya mampu membantu menyelesaikan masalah orang yang sedang membutuhkannya. Ilmu ini mengajarkan kita untuk lebih peka. Psikologi erat kaitannya dengan sosiologi, linguistik hingga antropologi.

Ada berbagai jenis buku psikologi yang bisa kamu gunakan untuk mempelajari psikologi lebih lanjut. Bersama BP-Guide, yuk tengok apa saja jenis buku psikologi yang ada. Selanjutnya, intip juga deretan buku bertemakan psikologi untuk kamu baca di waktu luangmu.

Berbagai Jenis Buku Psikologi

Motivasi

Sumber gambar www.rd.com

Buku psikologi hadir dalam berbagai jenis dan salah satunya adalah buku psikologi motivasi. Jenis buku yang satu ini umumnya ditulis oleh para motivator dan diharapkan bisa memotivasi siapapun yang membacanya. Beberapa contoh buku yang inspiratif adalah "La Tahzan", "Sedekah Nggak Mesti Ikhlas", "Tuhan Inilah Proposal Hidupku", hingga "Zero to Hero".

Dengan rajin membaca buku motivasi, maka suatu saat kita akan merasakan energi motivasi dari buku yang kita baca tersebut. Setelahnya secara tak langsung kita juga akan menebar semangat motivasi pada orang di sekitar kita. Jika sudah demikian, maka motivasi tersebut akan tertanam menjadi satu bentuk keyakinan untuk diwujudkan.

Pengembangan Diri

Sumber gambar independent.co.uk

Jenis buku selanjutnya dari buku psikologi adalah buku pengembangan diri. Banyak disukai, buku ini biasanya bersifat umum dan mampu membantu kehidupan banyak orang. Setidaknya kita perlu membaca buku pengembangan diri sesekali supaya bisa mengenali dan menggali potensi yang ada dalam diri kita.

Buku pengembangan diri bermanfaat untuk membuat hidup jadi lebih baik lagi. Buku tersebut bisa mengingatkan hal yang kita tahu namun terkadang kita lupakan. Selain bisa memberikan motivasi, buku pengembangan diri juga bisa membuat tingkat kesadaran diri kita lebih meningkat. Dengan membaca buku ini maka kita bisa lebih tabah menghadapi hidup dan juga bisa meraih lebih banyak hal dalam hidup.

Psikologi Fiksi

Sumber gambar www.nbcnews.com

Selanjutnya sebagai varian dari psikologi ada jenis psikologi fiksi yang perlu kamu tahu. Membaca psikologi fiksi bisa membuat kita menemukan dunia baru yang berbeda. Neil Gaiman selaku seorang tokoh pengarang fiksi menuturkan bahwa membaca fiksi sangat menyenangkan dan menjadi sebuah pelarian bagi pembacanya.

Keith Oatley seorang pakar psikologi kognitif dari University of Toronto juga pernah menuturkan bahwa bacaan fiksi dapat meningkatkan empati seseorang. Menurutnya, kala membaca fiksi, maka kita bisa lebih paham akan orang lain. Membaca psikologi fiksi akan memberikan waktu yang menyenangkan hingga tak bisa diganti dengan uang saking menyenangkannya.

10 Rekomendasi dan Review Buku Psikologi Populer yang Bisa Mengubah Hidupmu

Authentic Happiness - Martin Seligman

Sumber gambar www.simonandschuster.com

"Authentic Happiness" merupakan buku bestseller nasional. Ini merupakan buku bergenre psikologi positif. Dengan membaca buku ini maka kamu akan mulai mempertanyakan mengenai kebahagiaan sejati.

Ditulis oleh Martin Selingman, buku ini menuturkan bahwa kebagiaan bukan hasil dari gen ataupun dari keberuntungan yang baik. Menurutnya kebahagiaan akan terasa lebih lama dan nyata kala kita fokus pada kekuatan pribadi kita daripada kelemahan yang kita miliki.

Hadir dengan latihan praktis, tes singkat, hingga program situs web dinamis, buku ini akan mengajak kita untuk mengidentifikasi kebajikan tertinggi kita dan menggunakannya untuk cara yang belum pernah kita lakukan.

Buku setebal 321 halaman ini merupakan buku impor. Buku dengan ukuran 129 x 198 x 20mm ini memiliki ketebalan 235 gram. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 244.500.

Flow: The Psychology of Optimal Experience - Mihaly Csikszentmihalyi

Sumber gambar www.amazon.ca

"Flow: The Psychology of Optimal Experience" merupakan buku psikologi yang bisa kamu pilih selanjutnya. Buku ini diterbitkan oleh HarperCollins Publishers Inc. Hadir dalam bahasa Inggris, buku ini memiliki ketebalan 303 halaman. Dengan ukuran 155 x 204 x 21mm, buku ini memiliki berat 254 gram.

Buku ini akan memberi tahu ita betapa pentingnya kehidupan ini. Ditulis oleh Mihaly Csikszentmihalyi, buku ini mampu menunjukkan kinerja fokus. Mihaly yang merupakan seorang penulis buku klasik menunjukkan bahwa kala kita sedang berada dalam aliran maka kita bisa mengalami kreativitas yang dalam, kesenangan dan menemukan diri kita sepenuhnya terlibat dalam kehidupan.

Dengan membaca buku in kita akan tahu bagaimana mencapai keadaan itu di dalam pikiran kita sehingga kita menjadi lebih produktif dalam pikiran kita. Dapatkan di Book Depository dengan harga Rp 243.302.

Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ - Daniel Goleman

Sumber gambar amazon.com

"Emotional Intelligence Why It Can Matter More Than IQ" merupakan buku psikologi yang bisa kamu lirik untuk jadi bacaan kala senggang. Buku ini diterbitkan oleh Random House USA Inc. Dicetak Bantam Books Inc, buku ini hadir dalam versi bahasa Inggris.

Buku dengan ukuran 134,11 x 209,55 x 21,08 mm memiliki berat 299 gram dan tebal 358 halaman. Kita akan diajak untuk mengetahui mengenai pandangan baru soal rasional dan emosional. Kita juga akan tahu bagaimana kedua hal tersebut mampu membentuk takdir diri kita.

Diterbitkan pada Februari 2007, buku ini menggambarkan lima keterampilan penting kecerdasan emosi, dan menunjukkan bagaimana mereka menentukan keberhasilan kita dalam hubungan, pekerjaan, dan juga kesejahteraan fisik kita. Buku yang ditulis oleh Daniel Goleman ini bisa kamu beli di Book Depository dengan harga Rp 257.988.

The Happiness Hypothesis - Jonathan Haidt

Sumber gambar amazon.com

"The Happiness Hypothesis: Finding Modern Truth in Ancient Wisdom" ini merupakan buku bacaan yang bisa kamu pilih sebagai buku psikologi. Buku ini akan memberikan kamu gambaran mengenai gagasan untuk bahagia.Kamu bisa baca per bab dan mulai meresapi makna tiap bagiannya.

Buku yang ditulis oleh Jonathan Haidth ini akan membantu kamu untuk memahami kebahagiaan. Terbit dalam bahasa Inggris, buku ini tebalnya mencapai 297 halaman. Produk dengan ukuran 22,86 x 15,24 x 2,54cm ini memiliki berat 0,39 kilogram. Dapatkan di Periplus dengan harga Rp 273.000.

Thinking Fast and Slow - Daniel Kahneman

Sumber gambar amazon.com

"Thinking, Fast and Slow" ini merupakan buku psikologi yang wajib kamu baca. Sebagai psikolog ternama, Daniel Kahneman akan mengajak kita untuk mengerti dan memahami pikiran inovatif serta mengajak kita untuk lebih memahami dua sistem yang mendorong kita untuk berpikir. Sistem yang pertama adalah cepat serta intuitif dan emosional. Sementara sistem kedua adalah lebih lambat, deliberatif ,dan logis.

Buku ini telah memenangkan Hadiah Nobel dalam The Economist pada tahun 2011 lalu.Buku yang diterbitkan penerbit Penguin ini bisa kamu beli di Shopee dengan harga Rp 245.000.

Influence: The Psychology Of Persuasion - Robert B. Cialdini

Sumber gambar amazon.com

"Influence: The Psychology Of Persuasio"n merupakan buku yang ta boleh kamu lewatkan. Buku psikologi ini akan menjelaskan alasan psikologi mengapa orang mulai mengatakan ya dan bagaimana menerapkan pemahaman tersebut.

Pada buku yang satu ini kita akan belajar cara mempelajari enam prinsip universal. Kita juga akan diajak untuk menggunakan 6 prinsip tersebut sebagai pembujuk terampil. Namun di sisi lain, kita juga akan diajarkan bagaimana cara mempertahankan diri dari ajakan tersebut.

Ditulis oleh Dr. Robert Cialdini yang merupakan ahli dalam bidang pengaruh dan persuasi yang berkembang pesat, buku ini ditulis usai penelitiannya selama 35 tahun dan didukung dengan bukti yang kuat. Dapatkan buku ini di Book Depository dengan harga Rp 225.640.

The Invisible Gorilla - Christopher Chabris & Daniel Simons

Sumber gambar amazon.com

"The Invisible Gorilla" adalah pilihan buku psikologi lain yang bisa kamu lirik. Buku yang satu ni hadir untuk mengungkapkan kebenaran dibalik intuisi. Terkadang pikiran kita tak sesuai dengan yang kita inginkan. Saat kita yakin bahwa kita melihat dunia apa adanya, ternyata kita malah melewatkan banyak hal yang menarik.

Ditulis oleh Christopher Chabris dan Daniel Simons, buku ini menggabungkan karya peneliti lain dengan temuan mereka akan perhatian, persepsi, memori, dan penalaran untuk mengungkapkan bagaimana intuisi yang salah sering membawa kita ke dalam masalah. Kita akan mendapat pencerahan mengapa kadang orang menyerah para ilusi dan bagaimana kita memberi semangat pada diri sendiri. Buku ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 90.000.

Outliers: The Story Of Success - Malcolm Gladwell

Sumber gambar amazon.com

Outliers: The Story Of Success" sangat sayang untuk dilewatkan sebagai buku psikologi yang bagus. Buku non fiksi karya Malcolm Gladwell ini mulai dirilis sejak November 2008. Dalam buku ini penulisnya menguji berbagai faktor yang berkontribusi pada tingkat keberhasilan yang tinggi.

Gladwell juga telah mengkaji fakta di lapangan untuk menulis buku yang satu ini. Buku impor ini memiliki berat 220 gram. Dengan ukuran 10.16 x 16.76 x 3.05 cm, buku ini memiliki tebal 384 halaman. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Ro 169.800.

Mindfullness: A Practical Guide to Finding Peace In a Frantic World - Mark Williams and Danny Penman

Sumber gambar amazon.com

"Mindfullness: A Practical Guide to Finding Peace In a Frantic World" adalah buku psikologi yang bisa jadi pilihan kamu. Ditulis dengan indah, buku ini banyak menarik decak kagum para pembacanya. Dalam buku ini kamu akan mendapatkan panduan praktis guna menemukan kedamaian di dunia.

Buku yang ditulis oleh Mark Williams dan Danny Penman ini berhasil mengungkapkan seperangkat praktik sederhana namun kuat untuk memutuskan siklus kecemasan, ketidakbahagiaan stres, dan kelelahan. Buku ini diterbitkan oleh Little Brown Book Group. Dapat dibeli di Womensbook dengan harga Rp 396.606.

Stumbling on Happiness - Daniel Gilbert

Sumber gambar amazon.com

"Stumbling on Happiness" menjadi buku psikologis yang bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Buku yang ditulis oleh Daniel Gilbert ini menunjukkan bahwa lewat persepsi dan bias kognitif, orang membayangkan masa depan yang buruk.

Menurut Gilbert, imajinasi bisa menambah dan menghapus detail. Menurutnya sistem kekebalan psikologis diperlukan untuk membuat hal yang buruk tak terasa seburuk yang dibayangkan. Saran yang diberikan Gilbert dalam bukunya adalah untuk memakai pengalaman orang lain untuk memprediksi masa depan, daripada membayangkannya. Buku ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 269.000.

From our editorial team

Perkaya Wawasanmu dengan Buku Psikologi

Ada begitu banyak hal rumit dalam benak manusia. Hal-hal yang rumit ini sangat menarik untuk ditelusuri, lho. Nah, lewat buku-buku psikologi, kamu bisa mempelajarinya dengan cara asyik. Apalagi bagi kamu penyuka dunia fiksi, ilmu psikologi yang diolah dalam bentuk fiksi akan semakin menarik lagi.