Liburan Makin Nyaman Dengan 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik Ini (2022)

Liburan Makin Nyaman Dengan 10 Aplikasi Booking Hotel Terbaik Ini (2022)

Mau liburan sendiri atau dengan pasangan? Kini memesan penginapan jadi lebih mudah dengan aplikasi booking hotel. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi aplikasi booking hotel terbaik yang bisa Anda download langsung di handphone Anda.

Booking Hotel Makin Mudah dan Nyaman Dengan Aplikasi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perjalanan adalah tempat menginap. Beruntungnya, saat ini Anda hanya cukup bermodalkan smartphone dan jaringan internet untuk memesan kamar hotel dan memastikan penginapan Anda aman dengan mudah.

Melalui aplikasi booking hotel, tak perlu lagi repot-repot telpon sana-sini atau berkunjung langsung ke penginapan tujuan untuk memeriksa kamar yang kosong. Lewat aplikasi, pemesanan hotel atau penginapan pun bisa dilakukan dimana saja, kapan saja.

Anda juga bisa menyortir hotel sesuai dengan bujet yang Anda miliki. Bahkan tak jarang terdapat potongan harga yang bisa Anda klaim lewat aplikasi. Sehingga, ada banyak keuntungan yang Anda peroleh dengan memeriksa dan memesan kamar melalui aplikasi.

Tips Memilih dan Menggunakan Aplikasi Booking Hotel

Cek Ada Tidaknya Promo

Promo yang sering diberikan aplikasi adalah voucher/kupon potongan harga. Jadi Anda bisa lebih hemat. Namun, sebaiknya Anda tidak gampang tergiur promo dan tidak mudah melakukan klaim voucher.

Anda harus jeli dan membaca syarat dan ketentuan promo. Cek juga masa berlaku promo dan detail lainnya sebelum Anda langsung mengklaim voucher/kupon yang ditawarkan di aplikasi.

Periksa Opsi Pembayaran

Beberapa aplikasi memiliki pilihan pembayaran mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga pembayaran di gerai retail semisal Indomaret dan Alfamart. Namun, ada aplikasi booking hotel yang hanya menerima pembayaran dengan sistem kartu kredit.

Jika aplikasi booking hanya menerima pembayaran via kartu kredit, tentunya akan menyulitkan Anda yang tidak memiliki kartu kredit. Oleh karena itu, pastikan aplikasi yang Anda pilih menawarkan pilihan pembayaran yang cocok dengan Anda.

Bandingkan Satu Aplikasi Dengan yang Lain

Setiap aplikasi bisa saja menampilkan harga yang berbeda terhadap satu kamar yang sama. Anda bisa mencari aplikasi yang dapat membandingkan langsung harga dari tiap aplikasi booking hotel. Aplikasi ini sangat praktis untuk mencari tahu harga hotel yang sedang promo.

Cara kerja aplikasinya pun sederhana. Anda tinggal mencari hotel dan lokasi yang diinginkan, kemudian secara otomatis aplikasi akan memberikan perbandingan harga. Tak perlu repot mengunduh dan membandingkan satu per satu aplikasi booking hotel.

Lihat Rating Aplikasi

Saat hendak mengunduh aplikasi booking hotel, Anda akan diberikan tampilan rating pada halaman Google Play atau Apps Store. Rating ini dihasilkan dari pendapat para user yang sudah mengunduh dan menggunakan aplikasi. Ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menilai kualitas aplikasi.

Rating aplikasi dimulai dari 0 hingga 5 bintang. Makin mendekati angka lima, kualitas dan kinerja aplikasi juga makin diakui baik. Kalkulasi ini juga bergantung pada jumlah yang memberikan rating. Rating 5 dari total 2 orang belum tentu lebih baik dibanding rating 4,5 dari ratusan bahkan ribuan orang.

Pastikan Harga Sebelum dan Sesudah Pajak

Jangan mudah terkecoh dengan harga murah yang terpajang di halaman booking hotel. Sebab, murah yang ditampilkan itu belum tentu sudah mencakup semua layanan service serta pajak. Terkadang, harga murah itu hanya merupakan strategi marketing untuk menarik konsumen.

Pada umumnya, harga yang ditampilkan pada aplikasi booking masih belum termasuk service fee dan pajak. Jadi, Anda perlu teliti dan jeli dalam membaca keterangan harga. Namun, ada juga aplikasi yang sudah menampilkan harga nett secara keseluruhan.

Jika Anda tidak mau repot, carilah aplikasi yang sudah menampilkan harga nett.

3 Fitur Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Aplikasi Untuk Booking Hotel

Pembelian Tiket

Akan lebih menguntungkan apabila Anda mencari aplikasi yang juga dilengkapi dengan fitur pembelian tiket transportasi juga. Dengan begitu, Anda dapat memesan tiket transportasi dan hotel dalam satu transaksi. Praktis!

Pilihlah transportasi yang sering Anda gunakan. Jika Anda lebih sering menaiki kereta, cari yang memiliki fitur booking tiket kereta. Begitu juga dengan Anda yang lebih sering menaiki bus atau mobil travel. Rekap pembelanjaan tiket transportasi dan hotel pun akan lebih mudah dilacak karena terdapat dalam satu aplikasi.

PayLater atau Bayar Nanti

Ada beberapa aplikasi booking hotel yang menyediakan fitur pay later. Pada dasarnya, konsep pay later hampir sama dengan kartu kredit, yaitu menunda pembayaran untuk dibayar kemudian hari. Tagihan dapat dibayar 1-12 setelah transaksi dengan skema cicilan ataupun full payment. Fitur ini akan membantu Anda yang tidak memiliki kartu kredit, atau yang ingin bepergian saat bujet minim.

Meskipun begitu, Anda tetap harus membaca ulang syarat dan ketentuan fitur dari tiap aplikasi. Anda juga harus mengecek beban bunga yang akan ditambahkan atas tagihan dan batas waktu pembayarannya. Memahami syarat dan ketentuan dari fitur ini akan memberikan Anda proyeksi pengeluaran di bulan selanjutnya. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, ya!

Layanan Pendukung Lainnya

Aplikasi booking hotel sekarang makin inovatif dan memberikan banyak fitur pendukung yang menarik dan dibutuhkan oleh penggunanya. Beberapa aplikasi menambahkan fitur car rental, tiket wisata, pesan makanan, bahkan pembelian pulsa dan paket data.

Fitur-fitur ini akan sangat membantu dan memudahkan Anda yang sedang berada di luar kota. Anda tak perlu repot-repot mencari ke sana-kemari di daerah yang barangkali belum Anda pahami, terutama pada suasana mepet dan butuh cepat. Semua yang Anda butuhkan bisa tersedia hanya dalam satu aplikasi saja.

Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel yang Bisa Anda Gunakan

Tiket.com

Anda bingung mau menginap di hotel atau di villa? Untuk mengusir kebingungan, coba bandingkan saja harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh keduanya. Anda bisa membandingkannya di aplikasi Tiket.com. Aplikasi Tiket.com menawarkan fitur untuk reservasi villa dan hotel. Jadi, Anda akan mendapatkan lebih banyak alternatif pilihan tempat untuk menginap.

Selain reservasi hotel dan villa, Tiket.com juga menjual berbagai tiket lainnya, sperti tiket transportasi, bahkan tiket event juga. Anda bisa membeli tiket konser, seminar, atau bahkan tiket masuk ke tempat wisata. Semakin praktis karena tidak perlu antri lama lagi untuk menikmati tempat wisata.

Traveloka

Traveloka pun bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mencari aplikasi one stop solution. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan menarik. Selain bisa reservasi hotel, Anda juga bisa melakukan pemesanan tiket transportasi seperti pesawat, bis, travel, kereta api, kereta bandara, mobil antar jemput bandara, hingga Japan Rail pass.

Selain itu, ada juga fitur pembelian pulsa dan paket internet. Traveloka juga mengeluarkan fitur Eats, yaitu layanan pesan antar makanan. Jika fiturnya sebanyak ini, semua yang Anda butuhkan saat akan atau sedang travelling pun bisa dipenuhi dalam satu aplikasi saja.

Trivago

Trivago akan mengumpulkan data, dan memberikan informasi harga hotel yang sama dari berbagai aplikasi booking hotel. Jadi, melalui Trivago, Anda bisa mengetahui pilihan harga hotel dan dapat memilih hotel dengan harga terendah secara cepat tanpa perlu melihat harganya pada satu per satu aplikasi.

Setelah memilihnya, Anda akan langsung dihubungkan dengan aplikasi terkait untuk melakukan transaksi booking hotel. Anda pun bisa mendapatkan hotel dengan harga terendah melalui aplikasi yang satu ini secara mudah dan cepat.

Airbnb

Jika Anda merasa bosan menginap di hotel, cobalah untuk mencari suasana yang berbeda. Anda bisa mencoba pengalaman baru dengan menginap di rumah dengan pelayanan ala hotel. Nah, aplikasi Airbnb menawarkan penyewaan kamar atau seluruh rumah. Anda bisa merasakan tinggal di rumah warga lokal. Tak jarang, rumah-rumah yang disewakan juga sangat bagus, instagramable, dan bisa ditinggali lebih banyak orang.

Aplikasi ini juga tersedia dalam dua fitur pilihan, yaitu Experience dan Online Experience. Anda bisa menemukan kegiatan di sekitar penginapan yang bisa dicoba, seperti surfing, menjahit, membatik, dan lainnya. Jadi, Anda pun bisa mencoba dan mendapatkan pengalaman baru yang mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Pegipegi

Lebih dari 7000 hotel di Indonesia tersedia dalam daftar Pegipegi. Tentunya, semua kamar hotel yang ada dalam daftar Pegipegi akan diberikan harga yang terbaik untuk para pelanggan. Last minute booking pun akan selalu dilayani oleh aplikasi Pegipegi.

Anda pun bisa mendapatkan poin reward setelah melakukan reservasi hotel lewat aplikasi pegipegi. Poin ini nantinya bisa ditukar sebagai diskon untuk penginapan selanjutnya. Selain poin reward, pegipegi juga sering menawarkan banyak diskon potongan harga untuk hotel atau tiket. Tentu harganya pun bersaing dengan yang lain. Pegipegi pun menyuguhkan diskon eksklusif bagi para pelanggan yang selalu memesan kamar hotel di Pegipegi. Jadi, jika Anda pemburu diskon, sering-sering pakai aplikasi pegipegi ini ya!

Mister Aladin

Saat hendak melakukan reservasi di aplikasi booking hotel, Anda biasanya harus mengisi sejumlah data pendukung. Beberapa di antaranya adalah tanggal check in dan check out, jumlah orang yang menginap, dan pilihan kota. Untuk Anda yang malas dengan prosedur ini, Anda bisa mencoba aplikasi Mister Aladin.

Mister Aladdin menawarkan layanan personal assistant 24/7 via chatting. Anda bisa meminta tolong personal assistant untuk membantu mencarikan hotel sesuai kebutuhan. Personal assistant ini akan sangat cepat tanggap melayani kebutuhan Anda. Anda bisa meminta personal assistant untuk mencarikan hotel dengan kisaran bujet yang dimiliki. Serasa jadi bos ya?

TripAdvisor

TripAdvisor akan memberikan review secara nyata dari para traveler yang pernah merasakan penginapan di beberapa hotel. Ada jutaan review kamar hotel dan penginapan yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih tempat yang nyaman dan sesuai dengan bujet.

Selain memesan kamar hotel, TripAdvisor juga akan melayani pemesanan tempat Anda untuk bersinggah ketika sedang traveling atau bahkan liburan. TripAdvisor pun mampu menyajikan berbagai macam restoran yang bisa Anda icip-icip, lho! Sangat melengkapi kebutuhan liburan Anda, bukan?

Booking.com

Saat melakukan reservasi hotel via aplikasi, barangkali tak jarang Anda menemukan info yang kurang jelas dari keterangan yang diberikan. Untuk mengetahui jawaban pastinya, Anda perlu menghubungi langsung hotel yang bersangkutan. Namun, melalui booking.com, Anda akan menemukan berbagai kemudahan.

Jika memesan hotel lewat booking.com, Anda bisa menghubungi pihak hotel tanpa biaya tambahan. Aplikasi ini memiliki fitur yang memberikan Anda akses untuk melakukan percakapan dengan admin hotel atau pemilik properti. Jadi, pulsa Anda bisa selamat dari penyusutan karena menelepon ke nomor telepon. Anda bisa mendapatkan informasi lebih jelas terkait pertanyaan Anda yang bisa disampaikan lewat chat.

agoda

Apabila Anda mempunyai rencana untuk menetap di luar kota dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda bisa mencari apartemen atau indekos untuk ditinggali. Melalui agoda, Anda dapat melakukan pencarian hotel sekaligus apartemen atau indekos sementara. Anda bisa mengecek kamar dan tipe ruangan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan di aplikasi ini.

Apartemen cocok untuk Anda yang tinggal bersama pasangan atau berencana masak sendiri untuk menghemat uang. Anda pun akan menemukan kenyamanan dan keamanan lebih di apartemen. Di sisi lain, indekos cocok untuk Anda yang tinggal sendiri dan punya bujet terbatas.

RedDoorz

Aplikasi RedDoorz sangat cocok bagi Anda para backpacker yang senang mencari penginapan yang nyaman dengan bujet terbatas. RedDoorz adalah jaringan penginapan bujet online terbesar di Indonesia.

Meskipun penginapannya minimalis, RedDoorz tetap memberi fasilitas layaknya hotel. Anda akan diberi air mineral gratis, perlengkapan mandi, linen bersih, dan juga WiFi. Semua penginapan yang direkomendasikan RedDoorz dijamin kebersihannya. Sebagai tempat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pengalaman, RedDoorz sudah cukup memberikan kenyamanan kok.

From our editorial team

Jadi, Mau Liburan Kemana Nih?

Aplikasi booking hotel seperti rekomendasi BP-Guide di atas semakin memudahkan Anda saat mau liburan. Ngomong-ngomong soal liburan, booking hotel sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan harga murah dan banyak promo. Jangan lupa ajak orang tersayang untuk liburan bersama agar makin seru ya!

Tag