10 Pilihan Aplikasi Ibu Hamil yang Bikin Kehamilan jadi Lebih Nyaman dan Terkontrol (2022)

10 Pilihan Aplikasi Ibu Hamil yang Bikin Kehamilan jadi Lebih Nyaman dan Terkontrol (2022)

Ibu hamil tentu ingin segalanya berjalan lancar untuk buah hatinya mulai dari dalam kandungan hingga kelahirannya. Maka dari itu, banyak hal yang harus diketahui oleh ibu hamil. Untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan, Anda bisa mendownload aplikasi seputar ibu hamil. Nah, simak rekomendasi terbaiknya dari BP-Guide!

Ibu Hamil Wajib Memantau dan Mengerti Kondisinya Secara Teratur

Seorang wanita yang baru tahu dirinya hamil tentu akan sangat bersyukur. Kehadiran buah hati yang dinanti-nanti akhirnya tiba juga. Kehamilan adalah hal yang wajib disyukuri. Selain itu, ibu hamil juga pasti ingin kondisinya senantiasa sehat agar bayi yang dikandungnya bisa lahir dalam keadaan sehat dan sempurna.

Saat hamil, ibu harus menjaga dan merawat kesehatannya. Hal ini akan berpengaruh pada janin yang dikandungnya. Saat kondisi ibu sehat maka bayi yang dikandungnya juga akan sehat. Sebaliknya jika kondisi kesehatan ibu hamil kurang terjaga dengan baik maka bisa berdampak buruk tidak hanya bagi ibu hamil namun juga untuk bayi yang dikandungnya.

Sebagai ibu, Anda wajib melakukan berbagai cara demi menjaga kesehatan Anda dan calon buah hati. Maka dari itu, ketahui dengan baik apa saja yang boleh dan harus dilakukan ibu hamil, serta apa saja hal yang dilarang dilakukan oleh ibu hamil demi menjaga kesehatannya dan buah hati.

Untuk hal yang dilarang dilakukan, beberapa diantaranya adalah tidak boleh makan dan minum sembarangan. Kurangi junk food dan juga hindari minuman beralkohol. Kurangi juga kebiasaan buruk seperti merokok atau begadang. Nah, untuk cara yang harus dilakukan demi menjaga kehamilan, Anda bisa cek di bawah ini!

Berbagai Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kehamilan

Rutin Memeriksakan Kandungan ke Dokter

Hal pertama yang wajib dilakukan ibu hamil adalah rutin memeriksakan kandungannya ke dokter kandungan. Ibu hamil setidaknya harus sering mendatangi dokter kandungan untuk mengecek perkembangan janin di dalam tubuhnya. Pemeriksaan rutin ini adalah sebuah amanah yang harus dilakukan ibu hamil. Rutin memeriksakan kehamilan akan memudahkan dalam pemantauan kondisi ibu dan janin yang dikandungnya. Jadi, jika nantinya ada keluhan atau masalah baik pada ibu dan janin, maka bisa segera ditangani dengan baik.

Ibu hamil minimal harus memeriksakan diri 4 kali selama kehamilannya. Pertama, ibu hamil wajib periksa saat usia kandungan memasuki trimester pertama kehamilan. Selanjutnya, pemeriksaan kedua bisa dilakukan pada trimester kedua kehamilan. Pemeriksaan ketiga dan keempat bisa dilakukan di trimester ketiga kehamilan.

Jika memungkinan, ibu hamil boleh saja memeriksakan diri secara rutin setiap bulannya. Dengan memeriksakan tiap bulan, ibu hamil jadi lebih tenang karena bisa memantau dengan tepat mengenai kehamilannya di setiap bulannya. Selain itu ini juga akan mendeteksi apakah terdapat kelainan pada janin sedini mungkin.

Banyak Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara lain yang bisa dilakukan ibu hamil untuk menjaga kandungannya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan sehat. Dengan mengonsumsi makanan sehat maka bisa mendukung tumbuh kembang janin di masa kehamilan. Perlu diketahui bahwa ibu hamil membutuhkan asupan tambahan sekitar 180 sampai 300 kkal setiap trimesternya.

Jangan sampai mengabaikan asupan makanan untuk ibu hamil. Hal ini akan memberi dampak buruk pada ibu hamil karena nutrisi yang didapat tidak optimal untuk memenuhi kebutuhan bayi dalam kandungannya. Ibu hamil akan membutuhkan protein, zat besi, vitamin C, asam folat, dan kalsium selama kehamilan.

Aneka zat gizi tersebut bisa didapatkan ibu hamil dari aneka makanan sehat. Contohnya saja ikan salmon, telur, daging sapi, hingga aneka kacang-kacangan. Bisa juga diperoleh dari makanan dan minuman berbahan susu, ubi, sayuran hijau, dan alpukat. Ibu hamil juga harus banyak minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh ibu dan bayi.

Rutin Berolahraga

Saat hamil, Anda bukannya malah malas-malasan berolahraga. Jangan jadikan hamil sebagai alasan untuk tidak berolahraga karena bagaimanapun olahraga tetap jadi aktivitas penting untuk menjaga pola hidup ibu hamil jadi makin sehat selama kehamilan.

Dengan rutin berolahraga, maka sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh ibu jadi lebih lancar. Ini akan mampu memperkuat otot ibu dan juga bisa mengurangi stres saat kehamilan. Olahraga juga bisa mendukung kecerdasan bayi sejak ia berada dalam kandungan.

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, atau berenang. Lakukan beberapa menit setiap hari untuk berolahraga agar kesehatan tetap terjaga.

Mencukupi Kebutuhan Vitamin

Mengonsumsi vitamin tambahan juga bisa dilakukan jika dirasa dibutuhkan. Jika Anda khawatir kebutuhan vitamin dan mineral harian tidak tercukupi, maka Anda bisa memilih produk vitamin yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan.

Ibu hamil umumnya membutuhkan banyak asam folat dari vitamin B. Ini karena asam folat berperan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Asam folat juga bisa berperan untuk mencegah risiko bayi lahir cacat dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Aplikasi Ibu Hamil Bisa Bantu Anda Memperoleh Informasi Seputar Kehamilan

Sebagai ibu, Anda tentu harus tahu banyak hal mengenai kehamilan dan juga perawatan bayi di awal keberadaannya di dunia. Anda butuh banyak informasi terpercaya. Tentu Anda bisa bertanya pada ibu, ibu mertua, atau pada dokter. Mereka pastinya sudah sangat berpengalaman dalam hal kehamilan dan sebagai hal yang berhubungan dengan bayi.

Namun, tidak ada salahnya juga jika Anda membekali diri dengan pengetahuan seputar kehamilan dari sumber lain. Contohnya adalah dari aplikasi ibu hamil. Perkembangan zaman dan teknologi membuat kita semakin mudah memperoleh informasi mengenai berbagai hal, termasuk juga soal kehamilan dan lainnya. Salah satu sumber informasi seputar kehamilan bisa Anda dapatkan dari aplikasi ibu hamil yang bisa dengan mudah didapatkan di Playstore dan Appstore. Simak di bawah ini rekomendasinya!

Ini Dia Deretan Aplikasi Ibu Hamil yang Bisa Diandalkan

BukuBumil

Sumber gambar play.google.com

Rekomendasi pertama kami adalah BukuBumil. Ini merupakan aplikasi dengan fitur yang beragam. Ada fitur kalkulator berat badan, video animasi janin dengan resolusi tinggi, video USG perkembangan tiap minggu, dan lainnya. Ada juga tips kehamilan, ceklist aneka perlengkapan bayi, hingga persiapan ibu melahirkan.

Dikembangkan oleh anak negeri, aplikasi ini sangat informatif. Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai apa saja yang harus diwaspadai ibu hamil setiap trimesternya. Uniknya lagi, aplikasi bahkan menyediakan deretan musik klasik sebagai relaksasi ibu saat stres dan juga sebagai pembantu agar otak bayi bisa berkembang dengan baik.

Fitur menarik lainnya adalah Islamic Mode dimana Anda bisa mendengarkan bacaan surat Al-Quran yang direkomendasikan selama masa kehamilan. Anda bisa memperolehnya di Playstore dan juga App store.

Glow Pregnancy

Sumber gambar play.google.com

Berikutnya, ada aplikasi bernama Glow Pregnancy. Sama seperti aplikasi sebelumnya, ini bisa Anda dapatkan di Playstore dan juga App store. Ada banyak fitur yang ditawarkan. Mulai dari grafik perkembangan janin, reminder untuk mengingatkan kapan berkunjung ke dokter, reminder untuk minum vitamin, dan lainnya.

Fitur lain yang diunggulkan adalah adanya 1.500 lebih artikel soal kehamilan. Anda bisa mencari tahu lebih dalam seputar kehamilan lewat deretan artikel yang tersedia. Anda juga akan mendapatkan aneka tips soal kehamilan.

Ovia Pregnancy Tracker

Sumber gambar play.google.com

Ovia Pregnancy Tracker juga bisa didapatkan di App store dan Play Store. Aplikasi ini akan bisa membantu Anda memantau asupan nutrisi selama kehamilan. Anda juga bisa tahu tekanan darah dan juga bisa memantau kesehatan fisik Anda selama kehamilan.

Uniknya, Anda juga akan berkesempatan mengetahui ukuran tangan dan kaki calon bayi. Aplikasi ini juga menyediakan pengukur usia kehamilan sehingga Anda tidak perlu bingung lagi menentukan dan mengetahui usia kehamilan secara pasti.

Teman Bumil

Sumber gambar play.google.com

Teman Bumil juga bisa Anda unduh untuk tahu informasi seputar kehamilan. Anda bisa tahu apa saja yang bisa Anda lakukan dan kerjakan selama hamil untuk membuat kehamilan berjalan lancar dan agar kesehatan selalu terjaga. Ada juga fitur Janin 360 dimana Anda bisa tahu bagaimana perkembangan janin dalam kandungan.

Teman Bumil juga menyediakan fitur Agenda yang bisa mengingatkan Anda kapan minum vitamin, kontrol ke dokter, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mencoba fitur Record Mum & Janin yang bisa mencatat data berat dan panjang janin, serta detak jantungnya.

Bukan hanya melulu tentang bayi. Aplikasi ini juga bisa membuat Anda bisa memantau kesehatan Anda lewat cek tekanan darah dan berat badan selama kehamilan.

The Bump

Sumber gambar play.google.com

The Bump merupakan aplikasi lain yang bisa dicoba. Aplikasi bisa didapatkan di App store dan juga Playstore. Dengan aplikasi ini maka Anda bisa mendapatkan banyak sekali fitur yang mendukung Anda selama kehamilan.

Ada fitur dimana Anda bisa dengan mudah melihat perkembangan janin dalam perut melalui animasi 3D. Ibu hamil pastinya juga akan sibuk mencari aneka pilihan nama untuk bayi. Lewat aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan banyak rekomendasi nama untuk bayi. Anda juga bisa mencari aneka artikel seputar kehamilan dalam aplikasi ini untuk menambah pengetahuan dan informasi.

Sprout Pregnancy

Sumber gambar play.google.com

Anda bisa banget memilih aplikasi Sprout Pregnancy sebagai pilihan. Ini bisa didapatkan di Play Store dan App store. Aplikasi ini menghadirkan aneka fitur standar yang harus ada pada aplikasi ibu hamil. Contohnya, informasi perkembangan janin dan juga informasi seputar kesehatan ibu.

Ada juga fitur memantau bobot badan selama kehamilan, fitur kick counter, hingga fitur waktu kontraksi. Anda juga bisa menikmati personalized pregnancy timeline. Adanya timeline tersebut membuat Anda bisa menyertakan foto di timelinenya. Jadi, Anda bisa mengingat masa kehamilan saat melihat aplikasi ini lagi dan foto-fotonya tepat di tanggal Anda memasangnya.

Hallobumil

Sumber gambar play.google.com

Anda bisa mendownload aplikasi Hallobumil lewat App store dan Play Store. Lewat aplikasi ini Anda bisa tahu usia kehamilan secara akurat. Selain itu ada banyak tips seputar kehamilan. Anda juga bisa membaca aneka artikel kehamilan yang bahasanya mudah dipahami.

Aplikasi ini terjamin sumber informasinya karena dibuat oleh tim dokter Hallobumil yang bekerja sama dengan Klikdokter. Aplikasi yang satu ini juga menghadirkan timeline monitoring kehamilan. Anda juga bisa mengetahui informasi terkait kondisi yang dirasakan secara tepat waktu sehingga jika ada masalah bisa langsung ditangani dengan baik.

Mylo Pregnancy & Parenting App

Sumber gambar play.google.com

Mylo Pregnancy & Parenting App adalah aplikasi yang sayang untuk dilewatkan. Anda bisa mendownloadnya melalui App store dan Play Store. Di sini, Anda bukan hanya bisa melihat perkembangan janin setiap minggu. Anda juga bisa melihat panduan diet yang tepat usai melahirkan.

Aplikasi ini juga berisi aneka tips olahraga yang dapat dilakukan ketika hamil. Ada pula fitur untuk merawat dan mendidik anak dari mulai lahir.

Diary Bunda

Sumber gambar play.google.com

Diary Bunda bisa juga dilirik sebagai aplikasi andalan Anda selama kehamilan. Aplikasi bisa didapatkan di Play Store dan App store. Dalam aplikasi ini Anda bisa lebih mudah mengetahui kondisi karena aplikasinya menghubungkan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Anda bisa bertanya kapan saja ada kondisi yang butuh untuk ditanyakan pada dokter. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Ada banyak fitur lain juga yang ditawarkan, seperti fitur perkembangan janin, fitur kontrol kehamilan, dan aneka artikel untuk menambah informasi dan pengetahuan seputar kehamilan.

HaiBunda

Sumber gambar play.google.com

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan adalah HaiBunda. Aplikasi ini merupakan besutan dari Trans Digital Media. Berawal dari website yang berisikan tentang informasi parenting, kini HaiBunda juga hadir dalam aplikasi yang bisa di download lewat App store dan Play Store.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk melakukan tracking selama kehamilan sehingga Anda bisa tahu pasti perkembangan janin. Anda juga bisa membaca aneka artikel mulai dari masa kehamilan, masa menyusui, hingga ilmu parenting.

From our editorial team

Meski Aplikasi Membantu namun Tetap Rutinlah Kontrol ke Dokter

Sebaik apapun sebuah aplikasi tetap saja tidak bisa 100% dalam mendiagnosa apa yang terjadi pada ibu hamil. Meski sudah memilih aplikasi kehamilan yang mungkin menjawab aneka pertanyaan Anda, tetap saja Anda wajib untuk rutin memeriksakan diri ke dokter. Ini supaya Anda tahu secara langsung kondisi janin dan juga kebutuhan janin selama dalam kandungan. Dengan mendatangi dokter, maka jika ada keluhan bisa langsung dipastikan penyebabnya dan juga dicari solusinya secepat mungkin.

Tag