Yuk, Cek 15+ Rekomendasi Sup Mancanegara yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (2018)

Yuk, Cek 15+ Rekomendasi Sup Mancanegara yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah (2018)

Kalau selama ini Anda mengenal sup yang itu-itu saja, coba cek rekomendasi dari kami yaitu sup mancanegara. Menariknya Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Nah, beberapa sup ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengganti menu keluarga. Anda bisa menyajikan sup ini untuk sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Saat cuaca di luar rumah sedang hujan dan semakin dingin, tidak ada makanan yang lebih nikmat selain semangkok sup gurih dan hangat. Selain aromanya yang sedap mengisi seluruh rumah, sup yang berisi berbagai sayuran dapat menambah kehangatan tubuh. Tidak hanya kaya vitamin dan nutrisi tetapi juga membantu tubuh untuk menangkal segala serangan penyakit. Bosan dengan jenis sup sayuran atau sup ayam yang sudah biasa? Ini saatnya Anda mencoba kreativitas dengan masakan sup dari mancanegara. Ternyata, ada banyak jenis sup mancanegara yang bisa dibuat di rumah. Apa saja ya? Berikut ini beberapa sup yang paling populer di seluruh dunia.

Gazpacho dari Spanyol

Sup yang berasal dari pantai selatan Spanyol ini bahkan sering menjadi makanan pokok atau menu sehari hari masyarakat Andalusia. Menggabungkan bahan-bahan seperti mentimun, paprika, bawang merah, jalapeno, dan bawang putih. Selain itu, ada perasan air jeruk nipis, cuka balsamic, saus Worcestershire, jinten, garam dan merica.

Tom Yam dari Thailand

Semua pasti sudah tahu Tom Yam, kan? Biasanya disajikan di restoran Thailand sebagai menu unggulan. Sup ini bercita rasa asam pedas dan biasanya ditambahkan udang atau daging ayam. Tom Yam juga populer di negara-negara seperti Kamboja, Brunei, Malaysia dan Singapura.

Sup Avgolemono dari Yunani

Avgolemono adalah makanan yang paling lezat di Yunani. Merupakan sup ayam yang teksturnya tebal dan kental dengan tambahan telur dan nasi. Bahan pelengkap lainnya ada perasan air jeruk lemon yang menciptakan aroma harum dan menyegarkan. Avgolemono secara harfiah diambil dari bahasa Yunani. Bila diterjemahkan, artinya “telur dan lemon”. Coba bayangkan kelezatan sup telur rebus dengan ayam lemon. Versi ini bisa dibuat kurang dari 30 menit.

Caldo de pollo dari Meksiko

Sentuhan Meksiko untuk sup ayam ini ada pada bumbu rahasia khas Meksiko. Ada jalapeno, ketumbar dan alpukat. Rasa pedas yang menghangatkan tubuh dapat menghindarkan diri Anda dari serangan virus influenza atau mecegah tubuh menggigil karena kedinginan.

Yukgaejang dari Korea

Yukgaejang adalah sup tradisional Korea yang terbuat dari daging sapi dan sayuran. Versi sup Korea ini bahan brisket direbus hingga meresap dan mengental menjadi kaldu. Rasanya sedikit pedas jadi sangat sempurna untuk malam yang dingin.

Molokhia dari Mesir

Molokhia adalah sup yang berasal dari Timur Tengah. Sup ini sangat populer di Mesir dan Lebanon. Bahan utamanya, molokhia (juga dikenal sebagai daun goni) biasanya tidak ditemukan di supermarket, tetapi Anda bisa mendapatkannya dari toko-toko bahan makanan dan toko rempah-rempah. Seperti kebanyakan resep molokhia, sup ini bisa ditambahkan dengan jinten dan cengkeh, untuk memberikan cita rasa Timur Tengah yang khas. Bisa disajikan di atas nasi atau dengan roti kering.

Kapusta dari Polandia

Satu mangkuk Kapusta bisa berisi penuh dengan sayuran dan daging. Isiannya berupa kubis, daging babi, dan sauerkraut. Sup kapusta merupakan sup kubis tradisional Polandia. Biasanya sup kapusta akan disajikan bersama roti mentega atau roti gandum. Tapi, kapusta dapat juga dimakan dengan nasi merah.

Feijoada dari Brasil

Masakan dari Brasil dikenal luas dengan bahan-bahan terbuat dari daging. Resep Feijoda merupakan sup yang terbuat dari kacang hitam tradisional yang biasa disebut feijoada. Di dalam sup terdapat isian bacon, bahu babi, iga sapi dan ham. Jika Anda ingin mengisi perut yang lapar dengan makanan lezat, sup Feijoada bisa jadi pilihan ideal.

Soto Ayam dari Indonesia

Menu yang satu ini sudah pasti sudah tak perlu ditanyakan lagi. Ini adalah bentuk lain dari sup ayam dengan varias dan resep yang sedikit berbeda. Soto Ayam merupakan menu kuliner yang bisa dijumpai di tanah Melayu seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Varian soto ayam di seluruh Nusantara juga berbeda-beda. Ada soto ayam lamongan, soto ayam padang, coto makassar, soto madura, timlo solo, dan masih banyak lagi. Untuk menambahkan aroma, soto ayam ditambah rempah-rempah aromatik seperti ketumbar, kunyit dan jahe.

Caldo Verde dari Portugal

Sayuran kale merupakan salah satu makanan super di seluruh planet bumi. Kaya dengan berbagai kandungan vitamin dan mineral. Tapi, sangat sedikit orang yang mau mempertimbangkan kale sebagai bahan sup. Dalam resep tradisional Portugal ini, caldo verde, kale menjadi bahan utama yang jadi fokus perhatian. Dilengkapi tambahan pelengkap isi sup seperti chorizo, daging atau sosis.

Sharba dari Libya

Masakan Libya begitu lekat dengan aneka bumbu dan rempah-rempah yang kaya. Resep sup tradisional ala Timur Tengah ini buktinya. Menggabungkan bahan daging ayam, makaroni, kunyit, daun thyme, cabai merah dan masih banyak lagi. Meski terdiri dari berbagai bahan, tetapi dari segi pengolahan dan resep sangat simpel dan mudah disiapkan. Pasti akan menyenangkan semua orang yang akan bersantap di meja makan.

Shorba Addis dari Ethiopia

Shorba Addis merupakan salah satu kuliner tradisional dari Afrika. Mirip seperti sop tomat dengan rasa asam yang segar, ditambah bubuk kari serta rempah-rempah yang biasa dipakai dalam masakan khas Ethiopia. Misalnya seperti jahe, bubuk kari atau berbere dan fenugreek. Apabila memasak menu ini, jangan kaget bila aroma harum yang sedap seketika menyerbak ke seantero rumah.

Ribollita dan Minestrone dari Italia

Sup yang mengadopsi resep kuno ala kota Tuscany ini tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Terdiri dari bahan kacang cannellini, kale, swiss chard, dan roti. Enak, gurih dan beraroma sedap. Ribollita akan menjadi santapan makan malam yang sempurna saat melewati bulan-bulan musim dingin. Tak hanya itu, ada juga minestrone. Sup yang populer di Italia ini adalah sup yang terbuat dari kacang, bawang, seledri, wortel dan tomat, dan seringkali ditambahkan pasta.

Ajiaco Cubano dari Kuba

Resep otentik dari negara Kuba, ajiaco criollo memiliki bahan-bahan sayuran dan rempah yang bisa menghangatkan badan. Setelah seharian beraktivitas tubuh akan kembali segar dan bugar setelah menyantap sup yang kini telah populer di Miami, USA ini.

Sup Pangsit dan Sup Asam Pedas dari China

Bagi Anda yang sering menikmati makanan di restoran Cina, tentu sudah tidak asing dengan sup pangsit. Ada berbagai versi, namun agar lebih sehat sebaiknya Anda membuat sendiri dengan takaran sedikit garam. Anda bisa membuat sup ini dengan mudah dan sudah pasti rasanya juga enak. Selain itu, di Cina juga ada sup asam pedas. Racikan bumbu untuk membuat sup ini terdiri dari jahe, lada putih, dan cabai. Sup ini bisa didapatkan dengan mudah di wilayah Sichuan.

Lapskaus dari Norwegia

Dari Norwegia, lapskaus adalah hidangan yang pasti akan membuat tubuh Anda jadi lebih hangat. Isiannya terdiri dari bahan rebusan tradisional seperti daging sapi, wortel dan kentang, dan didihkan perlahan selama lebih dari dua jam. Hal ini dilakukan cukup lama untuk melunakkan daging.

From our editorial team

Nikmati sup dengan roti

Itulah beberapa sup mancanegara yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda. Setiap negara tentunya memiliki ciri khas yang berbeda. Sup bisa menjadi pilihan tepat saat tubuh kurang sehat. Kandungan rempah-rempah yang ada di dalamnya bisa membuat tubuh jadi lebih hangat. Sebagai variasinya, sup bisa dinikmati bersama roti bila Anda bosan menikmati sup dengan nasi. Selamat mencoba.