Bantu Anak untuk Tumbuh dan Berkembang dengan 10 Mainan Bermanfaat Ini

Bantu Anak untuk Tumbuh dan Berkembang dengan 10 Mainan Bermanfaat Ini

Anak-anak memang akrab dengan mainan. Mainan bukan cuma berfungsi untuk dimainkan saja, namun juga memiliki sejumlah manfaat untuk tumbuh kembang anak. Inilah beberapa mainan bermanfaat yang bisa Anda pilihkan untuk anak.

Memilih Mainan untuk Anak Tidak Boleh Asal karena Mainan Bisa Membantu Perkembangan Anak

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa mainan anak memiliki fungsi dan manfaat yang sangat signifikan dalam membantu tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, memilih mainan untuk anak jangan sembarangan, yah.

Mainan yang diperlukan untuk anak adalah mainan yang bisa menunjang pertumbuhannya dengan baik, melatih perkembangan otak, syaraf, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, mainan yang ditujukan untuk anak berbeda-beda sesuai dengan jenjang usia dari anak tersebut. Mainan untuk anak usia 3 tahun misalnya, berbeda dengan mainan untuk anak usia 6 tahun. Karena perkembangan dan kebutuhan mereka juga berbeda.

Manfaat Mainan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Merangsang Pertumbuhan Fisik

Beberapa mainan untuk anak didesain agar mampu menunjang pertumbuhan fisik anak. Salah satunya adalah mainan balok keseimbangan, yang menuntut si anak dapat menggunakan dan mengontrol otot-ototnya dengan baik ketika bermain.

Dengan terus melatih otot sejak kecil, termasuk gerakan tangan, mata, kaki dan sebagainya, tentunya pertumbuhannya juga akan baik dan tubuhnya semakin sehat. Jadi, disarankan untuk memilih mainan anak, terutama di usia perkembangan emas, yakni di bawah 5 tahun, pilihlah mainan yang tepat dan menunjang mereka.

Meningkatkan Percaya Diri

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah, dunia anak adalah dunia bermain. Oleh karena itu, permainan adalah hal yang paling penting bagi anak, sehingga bisa dikatakan mainan menjadi hal yang penting pula bagi anak.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari mainan adalah menjadikan anak Anda lebih percaya diri. Permainan menyusun balok atau bermain puzzle misalnya, bisa melatih kemampuan anak untuk menyusun sesuatu sesuai imajinasinya.

Nah, tugas Anda adalah menguji kemampuan anak Anda, lalu memuji hasil karyanya yang bagus. Selanjutnya, anak Anda akan dengan lebih percaya diri menampilkan hasil karya lainnya yang berhasil ia buat dari susunan balok, lego, dan sebagainya.

Membantu Perkembangan Mental

Jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa masalah mental terkait melulu dengan penyakit mental anak, yah. Mental anak yang baik bisa juga tergantung dari kemampuan si anak berfpkir, mengatur emosi, dan berinteraksi dengan sesamanya.

Nah, kesehatan mental sangat penting untuk ditingkatkan sejak dini, agar ketika dewasa anak Anda bisa lebih dewasa, solutif dan mandiri.

Salah satu fungsi mainan adalah meningkatkan kesehatan mental anak. Proses bertumbuhnya mental adalah sebuah proses yang alami, sehingga memerlukan banyak dukungan mulai dari gizi, kesehatan dan lain sebagainya.

Mainan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kemampuan anak adalah mainan yang menjadikan anak Anda berpikir, bersuara, dan bergerak secara bersamaan.

Meningkatkan Kreativitas

Salah satu kemampuan lainnya yang bisa ditingkatkan karena mainan adalah kreativitas. Nah, agar kreativitas tersebut menjadi lebih sempurna, pilih mainan yang bisa mendukung hal tersebut yah.

Permainan yang menghadirkan petualangan, imajinasi, kreasi dan sebagainya mampu meningkatkan kreativitas anak. Permainan menyusun balok dan lego misalnya, juga bisa dengan baik menjadikan kreativitas anak Anda berkembang lebih baik.

Merangsang Perkembangan Otak

Satu hal yang perlu peningkatan secara signifikan bagi anak adalah kemampuan otak. Banyak jenis mainan memiliki kelebihan untuk meningkatkan dan merangsang kemampuan otak menjadi lebih optimal.

Hasilnya, ketika dewasa, kemampuan berpikirnya benar-benar maksimal. Oleh karena itu, mainan yang dipilih juga harus benar-benar mampu mengakomodasi hal tersebut.

Berbagai kemampuan otak bisa meningkat dengan drastis dengan mainan yang tepat. Tentunya mainan seperti menyusun puzzle serta mainan yang mengasah kemampuan berpikir anak sejak dini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak Anda.

Berbagai Jenis Mainan yang Baik untuk Merangsang Perkembangan Otak Anak

Balok

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mainan pertama yang direkomendasikan untuk anak Anda adalah balok kayu. Mainan satu ini adalah salah satu jenis mainan yang sangat baik untuk mengedukasi anak Anda. Tidak hanya melatih kreativitasnya dalam menyusun bentuk, mainan ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir spasial serta perkembangan motorik anak.

Salah satu mainan balok kayu yang direkomendasikan bisa Anda temukan di Tokopedia. Mainan Balok Kayu - Mainan Edukasi Anak adalah jenis mainan balok kayu dengan bahan terbaik, yakni pinus sehingga lebih kuat dan tahan lama. Cat yang digunakan adalah cat yang tidak mengandung racun, sehingga lebih aman.

Balok berukuran 26x19x7 cm ini memiliki berat sekitar 1,2 kg. Satu set terdiri dari 24 keping balok dan pas untuk anak berusia antara 2-5 tahun. Mainan ini dibanderol seharga Rp 135.000.

Bermain Pasir

Sumber gambar id.iomotaimpact.com

Bermain pasir menjadi suatu kesenangan sendiri bagi anak Anda. Anda bisa membiarkan anak Anda bermain pasir dengan seru di tempat terbuka atau di halaman rumah. Pasir yang aman salah satunya adalah pasir kinetik atau kinetik sand.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Kinetic Sand Pasir. Mainan satu ini terdiri dari satu set pasir anak yang berkilau sebanyak 2 kg dan dilengkapi dengan 43 cetakan pasir untuk membuat berbagai jenis bentuk. Tidak hanya itu, satu setnya juga terdiri dari sand tray, pompa, dan kotaknya. Produk ini dijual di Lazada seharga Rp 160.000.

Lego

Sumber gambar www.blibli.com

Salah satu mainan legendaris yang disukai anak dan dapat mengedukasi anak dengan baik adalah lego. Lego menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anak Anda dapat bermain dengan seru, membentuk sebuah benda, atau apa saja sesuai kreasi anak Anda. Sehingga, kreativitas anak akan menjadi semakin optimal.

Salah satunya adalah Mainan Block Lego Yoyo yang bisa dimanfaatkan oleh anak untuk membuat sejumlah bentuk. Tidak hanya itu, produk ini adalah mainan berkualitas tinggi dengan bahan terbaik menjadikan mainan ini lebih tahan lama. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 355.000.

Produk lainnya adalah Lego Classic 10703 Creative Builder Box. Mainan satu ini adalah salah satu jenis mainan blok yang pastinya disukai anak Anda. Cocok untuk anak yang berusia 4 tahun ke atas. Apalagi karena desainnya penuh warna dan ceria. Dapatkan produk ini di Blibli seharga Rp 345.000.

Boneka Jari

Sumber gambar www.bukalapak.com

Boneka jari sebenarnya tidak hanya ditujukan untuk anak, tapi juga pada orang tuanya. Mendongengkan satu cerita yang menarik pada anak, tentunya akan semakin lebih menarik apabila dilengkapi dengan boneka jari. Tidak hanya itu, boneka jari tentunya akan meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak Anda dengan lebih baik.

Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Boneka Jari Family. Produk satu ini dibuat dari bahan velboa. Jadinya, anak-anak Anda akan semakin tertarik dengan mainan boneka jari ini. Tidak hanya itu, boneka jari ini memiliki banyak jenis dan warna yang menarik.

Satu setnya terdiri dari 6 boneka yaitu ayah, ibu, anak laki-laki, anak perempuan, kakek, dan nenek. Dapatkan produk ini seharga Rp 45.000 di Lazada.

Puzzle atau Bongkar Pasang

Sumber gambar www.blibli.com

Selanjutnya, ada puzzle yang tentunya juga sangat mendukung perkembangan otak anak Anda. Puzzle bongkar pasang menjadikan anak Anda lebih terlatih dalam menyusun gambar dengan sangat baik. Apalagi, kalau gambarnya adalah gambar dari tokoh kartun atau superhero yang disukai anak Anda.

Dengan seringnya menyusun dan membongkar satu gambar, anak Anda sudah berlatih kemampuan mengingat dan kreativitasnya sejak dini. Tidak hanya itu, anak Anda juga akan berlatih memecahkan masalah dengan baik.

Salah satu produk yang ditawarkan adalah Toylogi Wooden Animal Hewan Sapi Jigsaw Puzzle Kayu. Mainan satu ini dibuat dari bahan terbaik, sehingga mudah digunakan juga lebih tahan lama. Mainan di atas papan seluas 30 cm x 22,5 cm x 0,6 cm ini dijual seharga Rp 25.900 di situs Blibli.

Mainan Musik

Sumber gambar www.blibli.com

Bila anak Anda menyukai piano, Anda bisa memilih mainan Enandem Mainan Musik Piano dan Suara Hewan Mainan Anak. Berbeda dengan piano untuk dewasa, piano yang satu ini desainnya lebih ceria dan pas untuk usianya.

Piano mainan satu ini juga mampu mengeluarkan suara yang dapat meningkatkan kemampuan serta kecerdasan anak di bidang musik. Dapatkan produk ini seharga Rp 55.200 di Blibli.

Bila ingin mengenalkan anak Anda pada drum, maka pilihan yang bisa Anda pilih adalah Onlan Drum Big Band Anak Drummer Mainan Drum Anak. Drum satu ini didesain dengan menarik, penuh warna dan minimalis.

Dalam paket ini terdapat bass drum, tom-tom kecil, tom-tom besar, tom-tom mini, cymbal, pedal mekanik, dna dua buah drum stick. Dilengkapi pula dengan tempat duduk dan bisa Anda dapatkan di Lazada seharga Rp 189.000.

Bola

Sumber gambar www.tokopedia.com

Selain menjadikan anak Anda lebih sehat, bermain bola juga membantu berkembangnya otot-otot anak Anda dengan baik, loh. Jadi, tidak ada salahnya memberikan hadiah bola mainan untuk anak Anda.

Mainan Bola Anak bisa menjadi pilihan jitu untuk anak Anda. Bola satu ini bisa dengan mudah dikembangkempiskan dengan bantuan pompa angin. Juga ada gagang agar lebih mudah dipegang. Bola yang terbuat dari bahan PVC berkualitas tinggi dan memiliki diameter 25 cm ini bisa Anda dapatkan di Tokopedia seharga Rp 20.000.

Mainan Dorong

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mainan selanjutnya adalah mobil-mobilan dorong. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah Mobil Dorong Princess With Music. Mobil-mobilan dorong satu ini hadir dalam warna yang menarik, yakni pink dan putih sehingga pas bagi "princess" Anda. Dapatkan produk yang sesuai untuk anak usia 2-5 tahun ini seharga Rp 150.000 di Bukalapak.


Telepon Mainan

Sumber gambar www.blibli.com

Memberikan smartphone pada anak kecil tentunya tidak berpengaruh baik baginya. Jadinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk membelikan telepon mainan. Jadi, anak Anda bisa belajar berkomunikasi, atau berimajinasi dengan handphone mainannya.

Salah satunya adalah Winfun Talk N Pull Phone Mainan Telepon. Bentuknya lucu, juga bisa menjadi bahan pelajaran bagi anak Anda karena dilengkapi dengan 12 pad agar anak bisa belajar berhitung. Mainan yang cocok untuk anak usia 1 tahun ke atas ini bisa Anda dapatkan di Blibli seharga Rp 221.500.

Selanjutnya, ada Mainan Anak Telepon Karakter Doraemon. Bentuknya seperti Doraemon dan dibuat dari bahan plastik yang berkualitas tinggi. Mainan ini berukuran 16x15 cm, menggunakan 2 buah baterai AA, dan bisa mengeluarkan suara jika ditekan. Harganya adalah Rp 150.000 dan bisa Anda dapatkan di Bukalapak.

Rumah Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Rumah boneka menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk melatih kreativitas dan imajinasi anak Anda. Apalagi untuk anak-anak yang memiliki kesenangan bermain boneka.

Dengan rumah boneka, tentunya anak Anda dapat mengasah kreativitas mereka untuk desain sebuah rumah, baik tampilan luar maupun interior rumah tersebut. Tentunya, akan sangat baik bila ternyata anak Anda memiliki bakat di bidang arsitektur, bukan?

Salah satu yang direkomendasikan adalah Sylvanian Families Three Story House Mainan Anak. Mainan satu ini terdiri dari satu rumah dengan figure, namun terjual terpisah. Anda bisa mendapatkannya di Blibli seharga Rp 899.910.

Produk yang direkomendasikan lainnya adalah A1toys Rumah Rumahan DIY Cafe Hutan Plus Lampu LED & Music Box Rim. Produk ini adalah jenis miniatur rumah-rumahan yang dilengkapi dengan miniatur perabotan. Bahan yang digunakan adalah kayu, plastik dan kain berkualitas tinggi. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 573.900.


From our editorial team

Perhatikan Label pada Mainan

Saat memilih mainan untuk anak, sebaiknya Anda teliti membaca label yang berisi keterangan tentang mainan. Pada label tersebut biasanya ada keterangan tentang rekomendasi usia, material, dan label SNI. Jika memperhatikan label ini, Anda bisa menentukan apakah mainan tersebut tepat untuk anak Anda atau tidak.

Tag