Buku Bisnis Adalah Salah Satu Alat dan Metode untuk Belajar Berbisnis
Anda ingin memulai bisnis? Cara terbaik pertama adalah mempelajari tentang bisnis, bagaimana risikonya, juga apa saja teori yang bisa diterapkan. Hal itu diperlukan agar bisnis yang Anda terapkan bisa berjalan dengan nyaman dan sesuai rencana.
Salah satu caranya adalah membaca buku. Tentu saja, sebagai sumber referensi, buku juga menyediakan banyak wawasan, serta hal-hal lain yang akan berguna bagi Anda. Buku tentang bisnis banyak bisa Anda temukan di toko buku, atau di sejumlah toko online. Anda bisa mencari buku apa yang paling pas dengan usaha yang akan Anda jalankan.
11 Buku Bisnis yang Harus Dibaca Sebelum Membuka Peluang Usaha
Everybody Lies - Seth Stephens-Davidowitz
Buku pertama yang bisa Anda coba baca adalah "Everybody Lies" yang dikarang oleh Seth Stephens Davidowitz. Buku ini diterbitkan oleh Harper Collins pada tahun 2017 silam dan menjadi salah satu bacaan yang pas untuk dibaca sebelum memulai sebuah usaha.
Buku ini menawarkan wawasan tambahan tentang kehidupan, juga akan menampilkan perilaku konsumen yang bisa Anda pelajari. Manusia bisa saja berbohong, namun data tidak akan pernah berbohong. Demikianlah yang dipaparkan oleh buku ini dan tentunya bisa Anda pertimbangkan untuk miliki.
Buku setebal 357 halaman ini bisa Anda beli di sejumlah toko buku, termasuk di Gramedia seharga Rp 219.000.
The New Rules of Work - Alexandra Cavoulacos and Kathryn Minshew
Selanjutnya, ada buku berjudul "The New Rules of Work" yang dibuat oleh Kathryn Minshew dan Alexandra Cavoulacos. Keduanya adalah pendiri situs The Muse yang merupakan salah satu situs tentang karir yang terkemuka di dunia. Isi dari buku tersebut adalah tips dan banyak informasi tentang pekerjaan, jalur bekerja, hingga bagaimana untuk memulai karir Anda.
Anda bisa mendapatkan banyak hal, termasuk saran dan tambahan motivasi agar mampu berkarier di bidang usaha dengan lebih baik. Juga berbagai ide-ide baru yang bisa membuat Anda lebih baik dan lebih siap dalam bekerja dan berkarier. Dapatkan buku ini di Amazon seharga Rp 231.540.
Purple Cow - Seth Godin
Ingin lebih baik dalam marketing? Ini buku yang wajib Anda baca. Buku berjudul Purple Cow adalah buku yang ditulis oleh Seth Godin dan terbit sekitar tahun 2002. Bukunya memiliki ketebalan sekitar 120-an lembar dan mengarah pada ide-ide dan saran terbaik untuk menjadikan produk Anda lebih menarik.
Judul yang dipilih, "Purple Cow" atau Sapi Ungu juga mengarahkan ke satu ide menarik perhatian dengan produk Anda. Menurut Seth Godin, di antara ratusan sapi yang ada di lapangan hijau, apabila ada yang berwarna ungu di antaranya, semua yang melihat pasti akan berkata "ada sapi ungu!".
Dapatkan buku ini di Tokopedia seharga Rp 265.000.
Lean Start-Up - Eric Ries
Berikutnya ada buku berjudul "The Lean Startup: How Today's Entrepreneurs Use Continous Innovation to Create Radically Succesful Business" karangan Eric Ries. Ini merupakan salah satu buku dengan penjualan terbaik dari Eric Ries yang bisa Anda pertimbangkan.
Isinya adalah tentang metodologi dan teori lean startup yang bisa Anda gunakan untuk menjadi landasan sebelum mendirikan startup. Tahu tidak, ada banyak startup yang menjadi besar dan lahir dari membaca buku ini, loh. Dapatkan buku ini di Bukalapak, seharga Rp 98.000 saja.
Focal Point - Brian Tracy
Buku yang satu ini ditulis oleh Brian Tracy yang sukses menghadirkan banyak saran tentang visi dan cara membangun karir Anda, tanpa mengorbankan keluarga dan kehidupan Anda. Jadinya, Anda akan diberikan saran untuk jadi lebih disiplin, serta manajemen waktu dengan lebih baik.
Buku berjudul "Focal Point" memberikan saran bagaimana Anda bisa membagi waktu, memberikan tugas pada orang lain serta menjadwalkan diri. Juga, bagaimana menjadwalkan cuti dengan baik, lho. Setelah membaca buku ini, maka Anda akan siap dengan manajemen diri dan karir sampai lima tahun berikutnya. Dapatkan buku ini di Tokopedia seharga Rp 100.000.
Rhinoceros Success - Scott Alexander
Selanjutnya, ada buku "Rhinoceros Success" yang ditulis oleh Scott Alexander. Penulis satu ini sudah menulis tiga buku yang semuanya berkait dengan "badak" atau rhinoceros, antara lain "Rhinoceros Success", Advanced Rhinocerology, dan Rhinocerotic Relativity. Ternyata, isi bukunya adalah motivasi sukses dan mantap dalam berkarier dengan filosofi dari seekor badak.
Meski begitu "buku badak" ini sudah terjual sampai 3 juta eksemplar lho! Hebatnya, buku tersebut ditulisnya ketika ia masih berusia 23 tahun saja. Badak sebagai hewan dengan kulit tebal dan tanduk di muka dijadikan contoh bagaimana hewan yang keras dan berani menentang rintangan, dibandingkan dengan sapi yang hanya makan dan santai, lalu hidupnya lewat begitu saja. Dapatkan buku ini di sejumlah toko online seperti Amazon seharga Rp 147.232.
The Science of Getting Rich - Wallace D. Wattles
Ini salah satu buku klasik, karena terbit di tahun 1920. Namun, pemikiran Wallace D Wattles di buku ini masih bisa Anda terapkan loh. Karena bisa diterapkan sepanjang masa, "The Science of Getting Rich" menjadi salah satu buku yang terus menjadi buku best seller hingga saatini.
Bukan hanya sekedar tips, tapi isinya lebih ke "ilmu pasti" untuk menjadi kaya. Banyak wawasan, paradigma dan motivasi untuk menjadi kaya berada di dalam buku ini. Tertarik juga membacanya dan ingin menjadi kaya? Dapatkan buku ini di Bukalapak seharga Rp 125.000.
Black Edge - Sheelah Kolhatkar
Buku berikutnya menceritakan tentang cerita seorang miliarder bernama Steven A Cohen yang terus berjuang untuk menjaga SAC Capital miliknya tetap bisa menjadi penghasil pundi dollar tanpa terganggu.
Salah satu staf New Yorker, bernama Sheelah Kolhatkar menceritakan cerita tersebut, menjadikan kisah Steve Cohen yang berjuang dari nol sehingga menjadi kaya bisa dijadikan inspirasi bagi seluruh pembacanya.
Tidak hanya masalah bisnis apa yang dibangun Cohen, tapi juga bagaimana menempatkan sesuatu dengan tepat, juga berani mengambil resiko yang tentunya dengan perhitungan yang presisi. Dapatkan buku ini di Amazon seharga Rp 243.590.
Magic of Thinking Big - David Schwartz
David J Schwartz dalam buku berjudul "Magic of Thinking Big" menceritakan bagaimana kekuatan "percaya". Bila Anda percaya, maka hal itu bisa Anda lakukan. Tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan tanpa usaha.
Energi positif dari tubuh Anda, mampu keluar optimal dengan kunci rasa percaya. Bagaimana Anda bisa berfikir "besar"? Hal itulah yang ditekankan Schwartz dalam buku ini. Ia yakin, untuk menjadi sukses, seseorang harus memiliki keyakinan bahwa dia akan sukses terlebih dulu. Dapatkan buku ini di Buku Kita seharga Rp 76.500.
The Lazy Way to Success: How to Do Nothing and Accomplish Everything - Fred Gratzon
Anda adalah seorang pemalas yang ingin sukses? Hal itu mungkin terdengar klise dan tampak tidak masuk akal. Tapi, faktanya Fred Gratzon memaparkan bagaimana kemalasan dilihat dari perpektif lain.
Namun, bukannya jadi malas, Anda justru akan tergerak dengan membaca buku ini. Anda musti bergerak sesuai passion Anda, juga bekerja seperti bermain dan mengikuti kata hati serta panggilan hidup Anda. Dapatkan buku ini di Amazon, seharga Rp 101.439.
Screw It, Let's Do It - Sir Richard Branson
Bila Anda pernah mendengar nama Sir Richard Branson, maka Anda akan tahu bahwa ia adalah seorang miliarder ternama dan CEO dari Virgin Group. Bagaimana cara dia membangun perusahaan hingga menjadi salah satu perusahaan besar dunia dan menjadikan ia sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Padahal, ia mengalami disleksia, loh! Ia sempat dianggap malas oleh guru-gurunya, dan rasa percaya diri yang menjadikan ia bangkit dari keterpurukan.
Bagaimana ide-ide cemerlang, serta kiat-kiat Sir Richard Branson untuk bisa sukses di tengah kesulitan seperti itu? Anda musti membaca buku berjudul "Screw It! Lets Do" it ini. Buku setebal 2014 halaman ini dijual Tokopedia atau di Amazon seharga Rp 95.175 untuk buku hardcopy dan Rp 24.500 untuk soft copy.
Cara Belajar Bisnis Lain yang Harus Dilakukan
Tentukan Target Pasar
Selain membaca buku dan mungkin berdiskusi dengan orang-orang yang sudah sukses sebelumnya, Anda masih perlu mempertimbangkan banyak hal lainnya. Pertama, target pasar Anda. Mau tidak mau, Anda harus tetap mempelajari produk yang akan Anda buat lalu jual, dan ke mana produk itu akan dijual.
Setelah analisa pasar, tentunya Anda akan mempertimbangkan bagaimana produk yang akan ditawarkan, juga bagaimana harga yang pas di pasar tersebut. Setelah itu, bila perlu lakukan pemetaan, lalu cari daya tarik yang bisa digunakan untuk menjadikan produk Anda lebih laku.
Tentukan Barang yang Akan Dijual
Kedua, tapi yang terpenting, apa produk yang akan Anda jual? Anda bisa mendapatkan data suatu produk, mulai dari cara mendapatkannya, atau cara membuatnya, berikut bahannya dan alat pembuatnya di berbagai situs.
Setelah itu, mulai mahirkan diri Anda untuk membuat produk tersebut. Bila Anda adalah reseller, maka pastikan Anda mendapat harga terbaik sehingga bisa menjualnya dengan harga terbaik pula. Dengan produk yang tepat, serta harga yang tepat ke pasar yang tepat, maka produk Anda tentunya akan laku banyak dan Anda akan meraup untung yang besar.
Ukur Kompetisi
Memandang kompetitor juga sangat penting dilakukan. Sebagai pengusaha dan penjual produk, tentunya Anda akan mempertimbangkan berapa orang atau perusahaan yang menjual produk yang sama dengan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mengatur rencana lagi untuk bersaing dengan sehat, dengan para kompetitor Anda.
Pelajari apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari kompetitor Anda. Setelah itu, jadikan produk Anda lebih berkualitas dengan harga yang tidak terlalu jauh. Dengan demikian, Anda bisa memenangkan persaingan dan menjadi yang terbaik dan dicari banyak konsumen.
Atur Pembagian Keuangan (Modal +Cadangan Keuangan)
Keuangan adalah hal yang penting dalam hal perusahaan. Ingat, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan agar usaha Anda tidak bangkrut, dan yang terpenting adalah manajemen keuangan. Jangan sampai keuangan Anda tercampur dengan uang pribadi. Berarti, jangan pula campurkan urusan bisnis dengan urusan pribadi.
Jangan lupa juga untuk menghitung ulang atau penyegaran akuntansi dalam beberapa waktu. Jangan pernah menunggak tagihan atau hutang serta lebih berhemat, agar perusahaan atau usaha Anda menjadi lebih maju dan berkembang.
Buat Target Pencapaian
Terakhir, tentukan target. Mau tidak mau, Anda harus memiliki target pencapaian yang harus didapatkan dalam jangka waktu tertentu. Maka, untuk mencapai target tersebut, Anda akan mempertimbangkan banyak hal, juga menghitung segala resiko yang akan diambil.
Ingat, target juga menjadi pemancing Anda untuk bekerja dengan lebih baik. Tidak hanya itu, target juga akan menjadikan Anda terus melakukan evaluasi diri, apabila sebelumnya gagal mengejar target.
Belajar Bisnis dari Sekarang, Yuk!
Keinginan memulai usaha baru tidak perlu menunggu lama, kita dapat mengawalinya dengan membaca buku-buku bisnis yang tebalnya lumayan banyak. Buku-buku bisnis ini mengantarkan Anda sebagai orang yang masih awam di dunia bisnis. Yuk, upgrade ilmu berbisnis Anda lewat buku-buku rekomendasi ini.