10 Inspirasi Kado untuk Bayi 3 Tahun yang Paling Banyak Diminati (2020)

10 Inspirasi Kado untuk Bayi 3 Tahun yang Paling Banyak Diminati (2020)

Saat hari bahagia kelahiran bayi kolega atau teman Anda yang berada nun jauh di sana tiba, kadang situasi dan kondisi tak bisa izinkan untuk segera menjenguk dan mengucapkan selamat sembari memberi kado. Baru beberapa bulan kemudian kesempatan datang, namun si bayi sudah berusia 3 bulan. Nah, bingung cari kado untuk bayi 3 bulan? Ini dia ide dan inspirasi dari kami.

Jangan Bingung Menentukan Kado untuk Bayi 3 Bulan

Memberikan kado untuk bayi tidak selalu dilakukan saat si bayi baru lahir. Kadang jika kolega atau teman yang sedang berbahagia karena baru memiliki anak berbeda kota, Anda tentu tak bisa seketika itu juga menjenguk dan memberi kado, bukan? Juga kalau Anda sibuk dan belum punya waktu untuk mencari kado, tentu tak bisa melihat si bayi baru lahir.

Karena kondisi-kondisi yang demikian, seringkali Anda baru bisa menjenguk dan memberi kado setelah si bayi tak lagi newborn. Kebanyakan orang baru sempat menjenguk setelah bayi berusia 3 bulan. Kalau sudah demikian, ada baiknya Anda mencari kado yang pas untuk bayi usia 3 bulan.

Mencari kado untuk bayi 3 bulan tentu tidak sama dengan kado untuk bayi baru lahir. Perkembangan fisik maupun emosional si bayi sudah jauh bertumbuh dan berkembang. Sejak usia 2 bulan, bayi mulai memasukkan benda-benda ke dalam mulut, dan belum berhenti di usia 3 bulan.

Bayi juga sudah mulai mengeluarkan suara dan bisa menangkap bunyi-bunyian yang ada di sekitarnya. Bahkan, ia mulai bisa mengangkat kepala dengan tegak saat tengkurap. Ia mulai menyentuh semua yang ada di sekelilingnya, seakan ingin mengajak semua yang ada di sekitarnya untuk bermain bersamanya.

Nah, dengan perkembangan yang sedemikian pesat, adalah suatu tantangan tersendiri untuk memberikan kado yang pas bagi si bayi agar dirinya makin terstimulasi untuk mengembangkan sensor-sensor motorik dan aspek kognitifnya. Tetapi, asal memilih saja kado untuk bayi 3 bulan tentu tidak baik.

Bukan saja kado tidak akan sesuai dengan si bayi, tapi juga bisa membahayakan dirinya! Tapi Anda tak perlu cemas, ada tips-tips menarik dan inspirasi ide-ide kado yang tepat untuk bayi berusia 3 bulan yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Tips Mempersiapkan Kado untuk Bayi 3 Bulan

Umumnya, kado untuk bayi 3 bulan bisa dikategorikan menjadi perlengkapan bayi, pakaian bayi, dan mainan bayi. Tak masalah apa yang akan Anda berikan sebagai kado nanti, yang penting Anda harus memperhatikan keamanan barang tersebut untuk si bayi, kenyamanan saat dipakai, serta kualitasnya agar bisa bertahan lama dan tetap bermanfaat. Tanpa mempertimbangkan hal-hal demikian, maka kado Anda bisa segera rusak dan tak lagi berkesan untuk si bayi dan orang tuanya.

Nah, ini dia beberapa tips praktis saat memilih kado untuk bayi 3 bulan:

  • Jika Anda memberikan pakaian sebagai kado, pastikan Anda memilih yang memiliki warna mencolok. Kualitas warna juga perlu dipertimbangkan sebab anak suka mengigit-gigit baju, jadi jangan sampai membelikan baju dengan warna yang mudah luntur karena bisa tertelan. Kualitas yang baik juga memastikan barang tersebut awet jahitan atau kainnya saat digigit-gigit oleh si bayi.
  • Saat membelikan baju, celana, atau boneka, ingatlah agar tidak ada kawat, kancing, kaitan, atau komponen kecil lain yang bisa melukai si bayi.
  • Usahakan jika membeli barang berbahan kain, barang tersebut mudah dicuci dengan air atau masuk mesin cuci agar tidak merepotkan kedua orang tua.

Inilah Ide Kado untuk Bayi 3 Bulan

Boneka

Mempertimbangkan pertumbuhan bayi yang sudah mulai gemar menyentuh dan penasaran dengan apa yang ada di dekatnya, maka memilih boneka sebagai kado untuk bayi 3 bulan dianggap tepat.

Tak masalah apakah si bayi berjenis kelamin perempuan atau laki-laki, keduanya cocok diberi boneka semata-mata untuk merangsang kemampuan motorik dan visualnya.

Boneka yang hadir dengan berbagai ukuran, bahan, dan warna yang menarik akan mendorong timbulnya rasa ingin tahu si bayi. Salah satu produk yang bisa Anda pilih adalah Winfun Smart Jungle Animal Giraffe.

Mainan berbentuk Jerapah ini memiliki tombol yang jika ditekan akan mengeluarkan suara dan cahaya. Karena memiliki warna yang cerah, bentuk yang unik, dan nada-nada yang indah, maka cocok untuk melatih penglihatan, pendengaran, dan motorik bayi.

Harga Rp. 351.000-475.200

Gelang Rattle Bayi

Rattle adalah kado yang tepat untuk melatih motorik halus tangan dan indera pendengaran bayi. Meski demikian, Anda harus memperhatikan keamanannya karena bayi akan menggoyang-goyangkan rattle dengan keras.

Mengingat bayi akan memakai rattle ini sebagai gelang, maka Anda harus pastikan ukurannya tidak kebesaran atau kekecilan untuk bayi 3 bulan. Produk gelang rattle bayi yang direkomendasikan salah satunya adalah Baby Wang Gelang Rattle Animal.

Gelang rattle ini punya banyak variasi model dan bentuk binatang. Bunyi kerincingnya disukai bayi setiap saat ia menggerakkan tangan.

Harga Rp. 15.900-20.000

Play Gym

Play gym bermanfaat untuk mengajar bayi hal-hal sederhana tentang sebab-akibat. Dengan menendang rattle, ia akan mendengarkan suara yang keluar.

Selain itu, rattle juga didesain dengan warna-warna cerah agar bayi belajar membedakan warna yang dilihatnya. Ia juga akan belajar untuk menggenggam, meraih, dan menajamkan motorik kasar dan sensoriknya.

Harga Rp. 353.000-460.000

Boneka Jari

Boneka jari tergolong sebagai kado unik buat bayi karena untuk memainkannya, dibutuhkan interaksi dengan orang lain, khususnya orang tua si bayi.

Boneka jari ini digunakan untuk mendongeng atau memperagakan cerita. Si bayi mungkin belum bisa memahami ceritanya, namun ia akan belajar memperhatikan benda tertentu dan berimajinasi.

Anda bisa mencoba membeli Baby Talk - Finger Puppet Family yang berisi karakter keluarga. Berisi enam buah boneka jari tiap set-nya, yaitu Ayah, Ibu, Adik, Kakak, Kakek, dan Nenek, Anda bisa menggunakannya untuk mengilustrasikan interaksi dalam keluarga. Terbuat dari bahan halus 3D yang aman dan nyaman

Harga Rp. 33.500-90.000

Toys for Stroller

Kebanyakan orang tua akan membelikan stroller untuk anaknya agar mudah dibawa ke mana-mana. Nah, kenapa Anda tidak membelikan mainan untuk stroller saja? Mainan untuk stroller banyak lho gunanya. Tergantung jenis mainannya, bisa digunakan untuk melatih sensor motorik, pendengaran, atau bahkan penglihatan si bayi.

Coba deh Anda lihat Playgro Musical Travel Mobile. Mainan ini dirancang penuh warna dan sangat bermanfaat untuk melatih indra penglihatan.

Selain itu, bayi juga akan belajar menajamkan pendengaran, mengasah motorik halusnya, berimajinasi, dan mengembangkan kemampuan kognitifnya.

Harga Rp. 375.000-525.000

Bouncer

Agar si bayi tenang saat bepergian, bouncer adalah pilihan tepat untuk membuatnya tetap sibuk dan tidak rewel. Apalagi jika ada mainan lucu yang ditempelkan di bouncer, sudah pasti si bayi akan terus bermain hingga ketiduran. Kebanyakan bouncer didesain agar mudah dibawa ke mana-mana, sehingga siapaun bisa membawanya tanpa kerepotan.

Punya sertifikasi asli dari Eropa, bouncer Sugar Baby Infant Seat ini hadir dengan desain kokoh namun terlihat cute dan pas untuk bayi laki-laki maupun perempuan. Dilengkapi dengan dua buah mainan, si kecil tak akan bosan saat istirahat di sini. Kain yang didominasi warna biru membuatnya tidak mudah terlihat kotor. Bahan material penyusun dibuat agar mudah dibersihkan pula.

Harga Rp. 219.000-424.140

Teether

Teether diakui sebagai perlengkapan yang efektif untuk bayi semasa pertumbuhan gigi. Jika Anda suka, tak masalah kok untuk menjadikannya kado untuk bayi 3 bulan. Di usia yang tepat nanti, ia akan menggunakan teether secara maksimal.

Memilih teether berarti Anda harus memahami beberapa jenisnya. Pertama, Ergonomic teether dibuat untuk merangsang sensitivitas gusi dan gigi sekaligus meredakan rasa gatal di gusi. Teether ini biasanya terbuat dari silikon lembut dan fleksibel sehingga dapat menjangkau bagian dalam mulut.

Kedua, Transition teether yang penting untuk proses pecahnya gusi saat gigi anak tumbuh. Pilih teether jenis ini yang terbuat dari silikon solid, bukan plastik. Selanjutnya, Soothing teether yang berfungsi untuk memberikan kelegaan pada gusi sebelum gigi keluar.

Teether jenis ini terbuat dari silikon lembut yang berisi air agar dapat dibekukan untuk mengurangi rasa sakit di gusi. Terakhir, Messaging teether yang meredakan rasa nyeri saat gigi tumbuh. bentuknya didesain khusus untuk menjangkau gigi sakit bagian dalam.

Harga Rp. 20.000-46.800

Baby Bath Tub

Kebayang betapa lucunya saat si bayi mandi? Ya, Anda bisa memberikan kado sebuah baby bath tub agar wajahnya seceria bayangan Anda. Memang harganya agak mahal, namun itu sepadan dengan fungsi dan kegunaannya.

Jika Anda memang memutuskan untuk memberi baby bath tub, pertimbangkan untuk memilih material yang terbuat dari plastik kuat namun ringan agar jangka waktu pemakaiannya bisa cukup lama antara 2 hingga 3 tahun.

Selain itu, pertimbangkan juga fitur keamanan dan kenyamanan yang dimiliki oleh bath tub tersebut. Agar aman dan nyaman, pilih bath tub yang tidak licin. Kenyamanan dalam menggunakan bath tub juga dilihat dari fitur pembuangan agar mudah dibersihkan setelah dipakai.

Ada Richell Inflatable Soft Baby Bath Tub yang bisa Anda pilih nih. Bath Tub ini didesain untuk dibawa bepergian karena terbuat dari ban yang dapat dipompa dan dikempiskan. Kelebihannya, ada sistem plastik penahan bayi agar tidak tergelincir saat mandi.

Harga Rp. 336.000-484.000

Bottle Set

Bottle Set juga oke lho sebagai kado untuk bayi 3 bulan. Anda bisa memilih yang berbahan dasar plastik atau kaca. Botol berbahan dasar plastik tidak mudah retak atau pecah, namun berpotensi larutnya zat plastik berbahaya saat diberi air panas jika tidak dibuat BPA free. Botol kaca lebih mudah dibersihkan dan tidak berisiko meluruhkan zat berbahaya, tapi botol ini mudah retak dan pecah jika tidak digunakan dengan hati-hati.

Untuk memilih botol plastik yang aman, pastikan botol tersebut tergolong berbahan HDPE (high density polyethylene), atau LDPE (low density polyethylene), atau PP (polypropylene). Anda bisa melihat kode-kode tersebut di bagian bawah botol. Jika menemukan kode PVC, PS, dan PET, sebaiknya tidak dibeli karena botol tersebut tidak tahan panas dan berpotensi mengandung zat berbahaya yang mudah luruh.

Harga Rp. 215.000-301.000

Perlengkapan Tidur

Kenyamanan tidur bayi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan bayi. Jika bayi kurang tidur, maka bisa mengakibatkan gangguan kesehatan mental.

Bayi yang tidur cukup akan mendapatkan hati yang lebih sehat, berat badan yang lebih baik, serta memiliki imunitas terhadap penyakit yang lebih tinggi. Tidur cukup juga membuat peredaran darah ke otak jadi lebih baik dan si kecil akan memiliki daya ingat yang baik. Saat tidur pula hormon tubuh diproduksi dan sel-sel yang rusak digantikan.

Mengingat pentingnya tidur bayi, kado perlengkapan tidur yang nyaman dan menyehatkan adalah pilihan yang tepat. Sebab, selain tidur itu sendiri, posisi tidur yang tepat bisa membuat bayi lebih sehat dan tidak sampai terkena kejadian kematian mendadak.

Bayi yang tidur terlentang akan lebih sehat karena pernapasannya tidak terganggu. Oleh karena itu, perlengkapan tidur yang membuat bayi tidur dengan posisi yang baik menjadi lebih penting buat si bayi.

Harga Rp. 284.900-367.000

Pesan Apa yang Disampaikan saat Memberikan Kado untuk Bayi 3 Bulan

Ucapan yang mengiringi kado untuk bayi 3 bulan tentu ditujukan untuk orang tuanya. Anda bisa memberikan ucapan yang penuh harapan positif maupun kasih sayang. Berikut beberapa contoh ucapan yang bisa jadi inspirasi Anda.

  • "Kami berharap Anda menikmati waktu sebagai orang tua. Kami kirimkan hadiah ini untuk Anda dan si bayi. Selamat!"
  • "Selamat ya atas gelar bapak/ibu baru nya, semoga anaknya menjadi anak yang pintar dan berbakti."
  • "Congratulations! Now is the time to enjoy your baby’s little feet and baby smell. It will not be there forever, and you should take as many pictures as possible. You will want to miss a single precious moment!"
  • "Take the time to really enjoy your child’s infancy; after all, they do grow up so fast. Congratulations on your new life."
From our editorial team

Usia 3 Bulan, Usia yang Menakjubkan!

Memasuki usia 3 bulan, Anda akan melihat bayi berhasil mengalami pencapaian-pencapaiannya yang luar biasa. Bisa jadi ia sudah mulai tengkurap, atau juga mengangkat kepala. Memberikan kado untuk bayi di usia 3 bulan ini akan menjadi ucapan syukur tak terhingga dari keluarganya. Ide dan inspirasi di atas akan membantu Anda untuk memenuhi ekspektasi orang tua si bayi tentunya. Apalah arti sejumlah uang jika dibandingkan dengan sebuah kebahagiaan.