Ini 10 Termos Air Panas Besar Terbaik dan Rekomendasi Berbagai Jenis Termos dari BP-Guide (2022)

Ini 10 Termos Air Panas Besar Terbaik dan Rekomendasi Berbagai Jenis Termos dari BP-Guide (2022)

Berbagai macam varian termos air panas besar baik ukuran, bahan, dan fitur tentu membuat bingung para pembeli. Tapi tidak perlu khawatir, karena BP-Guide siap memberikan rekomendasi termos air panas yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk intip tips perawatan termos juga!

Termos Air Panas Barang Wajib Sehari-hari

Termos air panas besar merupakan salah satu barang wajib yang dapat ditemukan. Baik di kehidupan rumah tangga, perkantoran, hingga bisnis baik dalam skala kecil maupun besar. Tak hanya dapat menyimpan air panas, beberapa jenis termos juga dapat digunakan untuk penyimpanan air dingin. Yuk segera cari tahu tentang termos air panas rekomendasi BP-Guide!

Tips Memilih Jenis Termos Air Panas Besar yang Tepat

Pelajari Berapa Lama Ketahanan Termos

Perlu melakukan pengecekan pada kondisi termos sebelum membelinya agar tidak rugi nantinya. Kamu bisa melihat kondisi penutup termos yang dapat menutup sempurna dengan rapat atau tidak.

Langkah selanjutnya yang sering dianjurkan adalah dengan mendengarkan suara dari termos dalam keadaan kosong. Ciri termos yang baik tentu mengeluarkan suara angin atau kondisi seperti saat kita menyelam ketika termos didekatkan ke telinga.

Perlu diketahui bahwasanya ketahanan setiap termos untuk mempertahankan suhu tertentu berbeda-beda jangka waktunya, yaitu 3 sampai 28 jam. Kamu bisa konsultasikan keterangan lebih lanjut ke penjual.

Perhatikan Bahan Termos

Pengecekan mengenai bahan termos terbagi menjadi dua, yaitu material luar dan dalam. Umumnya untuk bagian luar termos menggunakan material stainless steel dan plastik.

Stainless steel cenderung lebih kuat dan berdaya tahan tinggi, namun lebih berat bobotnya. Sedangkan plastik yang lebih ringan beratnya memiliki kekurangan dalam daya tahan. Plastik cenderung lebih rentan rusak ketika terjatuh.

Untuk bahan interior termos, ada yang menggunakan stainless steel dan ada juga yang berbahan kaca. Stainless steel sebagai konduktor panas dapat menjaga suhu air lebih lama. Meskipun begitu stainless steel dapat digunakan untuk air panas dan dingin.

Di sisi lain, termos berbahan kaca hanya dapat digunakan untuk untuk air panas saja. Hanya saja kaca dapat berbahaya bagi pencernaan bayi karena kecenderungan menghasilkan kristal halus yang dapat tercampur dalam minuman atau makanan.

Pertimbangkan Ukuran Termos sesuai Fungsi

Ketika membeli termos ada baiknya memperhatikan ukuran termos sesuai yang diperlukan. Termos besar air panas untuk kebutuhan rumah tangga memiliki berbagai variasi ukuran mulai 500 ml hingga 3 liter. Sedangkan termos untuk kantor atau usaha memiliki ukuran yang lebih besar lagi.

Lebih Praktis Termos Pencet atau Tuang?

Karena memiliki ukuran yang berbagai macam, maka perlu memperhitungkan juga bobot termos ketika sudah berisi air. Pastikan kamu tidak kerepotan mengangkat atau menggunakan termos tersebut.

Untuk tujuan kepraktisan, kamu bisa memilih hendak menggunakan termos tuang atau termos yang bisa dipencet. Termos tuang biasa dapat dipilih ketika kamu membeli termos dengan volume yang tidak terlalu besar.

Sedangkan termos pencet akan lebih baik untuk termos lebih besar karena tidak perlu mengangkat beban yang berat. Termos pencet memiliki beberapa tipe, ada yang sekali pencet, ada juga perlu beberapa kali tekanan.

Sesuaikan Kebutuhan Menggunakan Termos Listrik atau Termos Biasa

Kebutuhan akan termos listrik akan hampir selalu ada di setiap rumah tangga atau bidan usaha. Untuk yang tidak bisa selalu merebus air atau biasa merebus air di heater, termos listrik dapat menjadi pilihan. Termos listrik memiliki dua fungsi sekaligus, untuk kebutuhan merebus air dan otomatis menyimpannya dalam keadaan panas dengan jangka waktu tertentu.

Tentu ini pilihan yang baik bagi kamu yang tidak memiliki hobi memasak air. Namun sebelum membeli termos listrik, cek kebutuhan watt dan sesuaikan dengan rumah kamu ya.

Cek Budget dan Kualitas

Ada baiknya untuk membeli termos sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki. Ada banyak model termos yang menarik, tapi perhatikan kualitas bahan dan merk termos tersebut.

Langkah pertama untuk membeli termos yang sesuai budget dan kualitas tentu juga dengan memperhatikan merk. Agar tidak kecolongan, kamu bisa membeli termos merk terkenal yang sudah banyak memiliki testimoni akan kualitasnya.

Tidak mengapa mengeluarkan budget sedikit lebih besar untuk ketahanan bertahun-tahun. Tentu saja kualitas termos juga menentukan kesehatan tubuh pengguna karena air panas yang digunakan untuk kebutuhan konsumsi tubuh setiap hari.

Tips Merawat Termos Air Panas Besar agar Tahan Lama

Mengapa Air Termos Cepat Dingin?

Banyak faktor yang menyebabkan air panas di dalam termos cepat dingin. Salah satunya yang paling mudah diamati adalah kurang rapatnya penutup termos karena tidak terpasang dengan baik setelah menggunakan.

Faktor lain adalah adanya kerak berlebih di bagian dalam termos. Kamu dapat mencuci termos untuk menghilangkan kerak, namun ingat untuk tidak mencucinya menggunakan bahan kimia ataupun sabun.
Hal lain yang membuat kinerja termos untuk menyimpan panas berkurang adalah cacat fisik yang dialami termos.

Bisa saja stainless steel luar dan dalam menyatu karena adanya benturan (jatuh) sebelumnya. Penyatuan ini menyebabkan tidak adanya ruang vacuum di antaranya yang menurunkan kemampuan termos.

Trik agar Air Termos Tahan Lama

Ada beberapa tips dan trik agar air panas di dalam termos lebih awet. Pertama sebelum menuangkan air mendidih, isi termos dengan air panas dan diamkan selama 10 menit. Ini akan membuat bagian dalam termos menjadi lebih hangat dan air mendidih yang dimasukkan dapat lebih tahan lama.

Selain itu jaga termos agar tidak sering mengalami benturan atau jatuh. Tips lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering membuka tutup termos agar udara dingin tidak sering masuk ke dalam dan mempengaruhi suhu air panas.

Cara Membersihkan Termos Air Panas dengan Baik dan Benar

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah langsung mencuci termos ketika selesai digunakan dan tidak terlalu lama meninggalkannya di bak cuci. Hal ini bertujuan agar termos tidak bau dan tidak meninggalkan kerak yang sulit dibersihkan.

Kocok termos terlebih dahulu dengan air hangat dan bersihkan secara perlahan dengan menggunakan spons. Setelah itu bilas kembali dengan air hangat.

Sebelum mencuci pastikan untuk memperhatikan keterangan di kemasan atau buku petunjuk pembelian (jika ada), agar tidak terjadi kesalahan dalam pencucian.

Ini Dia Rekomendasi Termos Air Panas Besar Terbaik yang Bagus dan Awet

Lion Star PAP-2000

Lion Star adalah merk peralatan makan dan rumah tangga yang sudah memiliki nama besar di Indonesia. Lion Star memiliki termos air panas besar tipe Lion Star PAP-2000 dengan metode pencet. Untuk itu termos ini lebih praktis digunakan karena tidak perlu mengangkat.

Lion Star PAP-2000 memiliki material plastik tebal yang tahan benturan di bagian luar dan kaca di bagian dalam. Termos yang memiliki daya tampung 2 liter ini dapat bekerja selama 24 jam mempertahankan air panas.

Harga Rp. 210.000-330.000

Delvonta Vacuum Jug HS

Memiliki berbagai macam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu, termos Delvonta Vacuum Jug HS ini juga dilengkapi dengan tanda 'closed' di bagian penutupnya. Tentu ini memudahkan untuk pengguna yang selalu ragu akan kerapatan penutup termos.

Berpredikat sebagai salah satu termos terbaik, daya tahan termos Delvonta ini mampu menjaga air panas hingga 10 jam dengan suhu yang masih tinggi, yaitu hingga 73 derajat. Termos Delvonta Vacuum Jug HS menggunakan bahan stainless steel di luar dan kaca di bagian dalam.

Harga Rp. 113.000-227.000

Maspion TSH-50

Untuk kamu yang lebih menyukai termos berbahan stainless steel di dalam, termos Maspion TSH-50 dapat menjadi pilihan. Termos berbahan stainless steel ini tentu dapat memiliki fungsi ganda sebagai penyimpan air panas dan air dingin.

Memiliki ukuran bodi yang tidak terlalu besar yakni berdiameter sekitar 14 cm dengan tinggi 43 cm, membuat termos Maspion berkapasitas 2 liter ini tepat digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Selain itu termos Maspion TSH-50 memiliki teknologi vacuum flask yang membuatnya kedap udara sehingga daya tahannya yang lebih awet karena partikel asing yang tidak dapat masuk.

Harga Rp. 80.000-99.000

Elephant AP 2500

Untuk kamu yang sedang mencari termos on budget dengan kualitas mumpuni, termos Elephant AP 2500 dapat menjadi variasi pilihan terbaik. Termos yang menggunakan plastik di bagian luar ini merupakan termos pencet yang praktis.

Sudah barang tentu termos pencet dapat menjaga air panas lebih lama karena tidak perlu membuka tutup termos. Termos yang memiliki kapasitas penyimpanan hingga 2,5 liter ini dapat menahan air panas hingga 12 jam lamanya.

Harga Rp. 147.000-185.000

Sigma Vacum Jug Air Pump

Termos pencet selanjutnya adalah Termos Sigma Vacum Jug Air Pump yang juga dilengkapi dengan fitur tombol untuk mengunci tutup. Adanya teknologi ini membuat air di dalam termos tidak akan mudah tumpah.

Termos berbahan kaca di dalam dan stainless steel di bagian luar ini memiliki berbagai macam ukuran dari 2,5 liter hingga 3 liter. Variasi ukuran tersebut cocok untuk kamu yang hendak memilih termos untuk kebutuhan rumah tangga, usaha, ataupun kantor.

Harga Rp. 255.000-375.000

Cookmaster Casamia IDH1400SA2CTM

Untuk kamu yang memiliki usaha catering, kantin, atau usaha besar lain dan membutuhkan termos atau dispenser, Cookmaster Casamia IDH1400SA2CTM dapat menjadi pilihan sempurna. Memiliki ukuran diameter 25 cm dengan tinggi 45 cm, termos Cookmaster berkapasitas hingga 14 liter.

Cookmaster Casamia IDH1400SA2CTM menggunakan bahan stainless steel di bagian dalam maupun luar. Sehingga tidak hanya air panas, termos ini juga cocok untuk menyimpan air dingin. Termos Cookmaster Casamia IDH1400SA2CTM yang memiliki dua kran atau tab ini dapat menyimpan air panas hingga 6 jam lamanya.

Harga Rp. 281.000-475.000

Oxone

Termos praktis berikutnya yang banyak direkomendasikan adalah termos bermerk Oxone. Memiliki rentang ukurang yang berbagai macam, mulai kecil hingga besar memudahkan kamu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Termos Oxone ini berbahan stainless di dalam maupun luar sehingga memiliki fungsi ganda untuk penyimpanan air panas ataupun air dingin. Tutupnya yang memiliki sistem bongkar pasang dapat memudahkan proses pencucian termos setelah digunakan.

Harga Rp. 120.000-275.000

Denpoo Dep-858

Untuk kamu yang membutuhkan termos listrik dengan kapasitas besar hingga 5 liter, Termos Denpoo Dep-858 sangat layak dipertimbangkan. Meskipun memiliki daya tampung yang cukup besar, termos Denpoo ini tidak memerlukan daya yang berlebih, sekitar 700 watt saja.

Memiliki bahan stainless steel, termos Denpoo memiliki kemampuan untuk mematikan power secara otomatis ketika overheat dan menjaga air agar tetap panas. Selain itu termos ini juga memiliki indikator ketinggian air agar kamu dapat mengecek volume air dalam termos tanpa perlu membuka tutupnya.

Harga Rp. 415.000-449.000

IKEA Behovd

Salah satu termos yang estetik baik model maupun warnanya adalah termos IKEA seri Behovd. Termos yang memiliki tinggi hingga 30 cm ini dapat menampung air panas hingga 1 liter.

Termos IKEA Behovd mampu mempertahankan panas air hingga 6 jam lamanya. Meskipun memiliki bentuk seperti teko, kamu tidak perlu membuka-tutup penutup termos ketika adakan menuang air.

Harga Rp. 109.000-179.000

Zojirushi CD-WBQ30

Untuk kebutuhan termos dengan budget berlebih dan fitur teknologi yang variatif termos Zojirushi CD-WBQ30 layak dipertimbangkan. Termos listrik anti lengket berkapasitas hingga 3 liter ini memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu air sesuai kebutuhan, dari 60 hingga 98 derajat.

Kebutuhan variasi suhu ini disesuaikan dengan fungsi kebutuhan air untuk menyeduh berbagai jenis minuman seperti kopi, teh, hingga susu formula bayi. Dari fungsi keamanan, termos ini memiliki fitur dechlorinate yang dapat meminimalisir kadar klorin di dalam air. Selain itu termos Zojirushi juga dapat mati secara otomatis menyesuaikan jumlah air dengan tingkat panas maksimal.

Harga Rp. 2.099.800-3.750.000
From our editorial team

Perawatan Termos Air Panas Besar yang Tepat

Itulah beberapa termos air panas besar yang bisa menjadi pilihan untuk kamu. Jangan lupa merawat termos air panas agar bisa tahan lama. Letakkan termos di tempat yang aman sehingga tidak mudah jatuh dan pecah. Kamu juga bisa membersihkan bagian luar termos menggunakan lap biasa agar lebih aman.