Ajari Buah Hati Berlatih Keseimbangan dengan 10 Rekomendasi Balance Bike! (2020)

Ajari Buah Hati Berlatih Keseimbangan dengan 10 Rekomendasi Balance Bike! (2020)

Bersepeda adalah aktivitas menyenangkan oleh siapa saja, apalagi untuk anak-anak. Jika buah hati masih usia dini, Anda bisa memilihkan balance bike sebagai pilihan. Sepeda yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk buah hati karena pastinya bisa membantunya berlatih keseimbangan sebelum beralih ke sepeda roda dua. Simak rekomendasinya dari kami!

Balance Bike jadi Pilihan Orangtua untuk Mengajarkan Anak Bersepeda Sejak Usia Dini

Bersepeda adalah aktivitas menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Sayangnya, kadang anak-anak takut mengawali bersepeda. Untuk melatih keberanian anak bersepeda sejak dini, maka balance bike bisa jadi pilihan.

Balance bike merupakan sepeda roda dua yang hadir tanpa pedal dan juga rantai. Tujuan sepeda ini adalah untuk melatih keseimbangan anak. Buah hati Anda akan menggerakkan sepedanya dengan cara berjalan. Lalu selanjutnya ia akan mencoba memakainya dengan cara berlari dan kemudian meluncur.

Balance bike bisa digunakan untuk anak sejak usia 18 bulan ke atas. Yang terpenting adalah anak harus bisa berjalan dengan stabil sebelum memakai sepeda ini. Balance bike kerap disebut sebagai push bike atau kick bike. Dengan konsep sederhana ini maka anak bisa melatih keseimbangannya dengan baik. Jika sudah imbang, maka akan mudah baginya untuk naik sepeda roda dua.

Anda yang ingin buah hati tak mudah takut bersepeda tentu bisa jadikan balance bike jadi andalan. Harganya terjangkau dan pastinya bisa memberikan banyak manfaat. Nah, yuk, ajarkan si kecil bersepeda sejak dini!

Manfaat Memakai Balance Bike

Mungkin Anda masih ragu memakai balance bike untuk buah hati. Simak dulu aneka manfaatnya untuk meyakinkan Anda tentang pentingnya balance bike.

Manfaat yang pertama adalah lebih aman untuk anak-anak. Tempat duduk balance bike memang mendekati pijakan. Dengan begini, jika anak jatuh maka tidak akan jauh dari permukaan dasar pijakannya. Balance bike juga memiliki fokus agar si kecil bisa menemukan keseimbangan dengan mudah. Sepeda juga akan melaju sesuai dengan dorongan kaki anak sendiri jadi bisa lebih aman digunakan.

Manfaat keduanya adalah untuk membangun kekuatan dan koordinasi. Balance bike akan mendorong anak untuk menggunakan lengan dan kaki mereka agar bisa melaku ke depan. Ini akan membantu melatih kemampuan motorik dan melatih kelincahannya. Anak juga akan berusaha stabil agar bisa melaju lebih cepat dan efisien.

Balance bike sangat ringan jika dibandingkan dengan sepeda pada umumnya. Dengan naik sepeda ini maka anak bisa mengendarai sepeda sejauh mungkin tanpa merasa mudah lelah. Meski jalanan menanjak, sepeda tentu tidak akan menjadi beban berat untuknya karena balance bike berbobot ringan.

Ketika awal belajar sepeda, tentu anak dan orangtua was-was takut jatuh. Namun dengan balance bike, maka risiko cedera bisa diminimalisir. Ini karena anak akan mengatur kecepatan sendiri dan ia juga bisa berhenti sesukanya. Ia bisa mengendalikan sepeda dengan mudah untuk melambat atau melaju jadi Anda bisa lebih tenang membiarkannya bersepeda.

Balance bike bisa dimulai sedini mungkin. Asalkan anak bisa berjalan dan berpijak dengan aman dan nyaman maka dia sudah bisa mulai naik balance bike. Dengan melatih sejak awal, maka ia juga bisa bersepeda lebih cepat dibanding teman sebayanya.

Bersepeda adalah aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama. Dengan naik balance bike maka ia dan teman-temannya atau bersama keluarga bisa belajar bersosialisasi lebih baik. Ia juga tidak akan merasa sendirian dan bisa bergembira menikmati udara luar sehingga bisa melepas jenuh di rumah.

Tips Memilih Balance Bike

Bahan Sepeda

Saat membeli balance bike, tentu saja bahan sepeda menjadi pertimbangan awal untuk diperiksa. Bahan sepeda akan menentukan berat sepeda tersebut. Meski kebanyakan sepeda balance berbobot ringan, tetap saja kita wajib mengecek bahannya untuk menentukan ketahanan sepeda tersebut.

Ada balance bike yang terbuat dari kayu atau metal. Balance bike dari metal memiliki sifat ringan dan kuat. Selain itu, balance bike juga jadi anti karat. Sayangnya, harganya sedikit lebih mahal harganya.

Sementara itu, balance bike dari kayu lebih ramah lingkungan. Bahan ini awet dan tahan lama asalkan dirawat dengan benar. Harganya juga lebih terjangkau dibanding bahan lainnya.

Perhatikan Ukuran Roda dan Jenis Roda

Hal lain yang harus diperhatikan saat membeli balance bike adalah ukuran roda dan jenis rodanya. Ukuran roda akan menentukan seberapa besar balance bike. Biasanya ukuran roda berkisar anatara 12 ici, 14 inci, hingga 16 inci. Namun untuk balance bike, ukuran roda bisa mulai dari 10 inci dan ini cocok untuk anak usia dini.

Jenis roda pun wajib diperhatikan. Umumnya jenis roda balance bike ada dua, yakni ada yang berisi udara dan ada juga yang padat. Jenis ban yang diisi udara bisa memberikan kenyamanan untuk digunakan di berbagai permukaan.

Jenis ban semacam ini juga bisa mempermudah anak beradaptasi dan bereksplorasi dengan balance bikenya. Sayangnya ada kemungkinan bannya bisa bocok layaknya ban sepeda pada umumnya. Sementara itu, ban solid atau ban padat biasanya terbuat dari foam, plastik, atau karet. Jenis ban ini lebih murah dan lebih ringan.

Ban ini juga lebih mudah perawatannya. Jenis ban balance bike semacam ini membuat anak tidak gampang terpeleset karena bisa menahan getaran dan guncangan dengan baik.

Rem

Periksa juga bagian rem sepeda balance sebelum mmebelinya. Memang sih, anak bisa menghentikan sepeda dengan kakinya, namun dengan adanya tambahan rem pada sepeda maka bisa mengurangi risiko kecelakaan.

Adanya rem juga bisa membuat anak melatih otot tangan dan jarinya. Selain itu, rem juga bisa melatih anak supaya terbiasa dengan rem tangan jadi saat ia berganti sepeda roda dua bisa makin terbiasa.

Untuk balance bike, yang bagus adalah rem belakang yang diposisikan pada stang. Pastikan letak rem tangannya ada di sisi tangan terkuat anak. Cek juga apakah remnya tidak berat saat digunakan agar anak lebih mudah memakainya.

Ketinggian Tempat Duduk

Perhatikan juga ketinggian tempat duduk balance bike saat membelinya. Ukur tinggi anak dan pastikan sesuai dengan tempat dudukan balance bike. Jika sepedanya terlalu besar maka anak jadi kirang tertarik dan jadi frustasi saat menaikinya.

Cek juga apakah tempat duduknya bisa disesuaikan tinggi rendahnya. Dengan begini, maka Anda bisa menaik dan menurunkan tempat duduk sesuai dengan pertumbuhan anak. Biasnaya anak sudah beralih ke sepeda roda dua sebelum anak mencapai dudukan balance bike yang paling tinggi.

Posisi dudukan yang baik adalah saat kaki anak sedikit saja menekuk ketika duduk. Ini akan membuat tubuh anak lebih imbang dan membuatnya lebih nyaman berlari atau berjalan biasa.

Berat Sepeda

Berat sepeda juga wajib jadi pertimbangan sebelum memilihnya. Berat sepeda balance sebaiknya tidak melebihi 1.3 kali berat anak. Jika terlalu berat maka anak akan kesulitan membawa atau mendorong balance bikenya.

Apalagi jika anak kurang kuat maka balance bike akan jadi lebih berat terasa. Jadi, pilihlah yang ringan dan sesuai dengan bobot anak. Tidak perlu mencari fitur tambahan yang terlalu rumit. Adanya fitur tambahan hanya akan membuat balance bike lebih berat.

Ini Dia Rekomendasi Balance Bike yang Bagus

5Rider Balance Bike 3.0 Eva

5Rider Balance Bike 3.0 Eva ini bisa jadi rekomendasi pertama. Balance bike yang satu ini bisa membantu tumbuh dan kembang anak. Hadiahkan sepeda ini pada buah hati untuk membuatnya makin semangat beraktivitas di luar rumah bersama temannya.

Sepeda ini kecil, ringan, dan mudah dikendarai. Sepedanya juga mudah dibawa sehingga bisa melatih keseimbangan dengan baik. Produk ini bisa digunakan untuk indoor dan outdoor. Dengan sepeda ini maka daya fokus anak lebih terlatih.

Selain itu, otot-otot halus jari tengah juga lebih terlatih untuk memegang stang. Produk ini terbuat dari besi yang kuat dan tahan lama. Ukuran bannya 12 inci dengan ban model padat yang anti bocor.

Harga Rp. 500.000-750.000

iimo Balance Bike

Anda bisa juga melirik iimo Balance Bike sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan tampilan premium yang mewah. Velgnya pun terlihat begitu menawan sehingga bikin buah hati makin bersemangat memakainya.

Balance bike ini dibanderol harga terjangkau sehingga Anda tak perlu keluar banyak uang. Sepeda ini terbuat dari bahan alumunium yang antikarat.

Sepeda ini aman digunakan dan bisa mudah dikendalikan buah hati. Balance bike ini dilengkapi dengan rem. Jenis rodanya berisi angin dengan ukuran roda 12 inci. Bobot sepeda ini 3 kg.

Harga Rp. 1.599.000-3.564.000

London Taxi Balance Bike Pro

London Taxi Balance Bike Pro ini juga bisa jadi pilihan berikutnya. Sepeda balance yang satu ini modelnya premium dengan bobot ringan.

Produk yang satu ini bobotnya ringan yakni hanya 3 kg. Balance bike ini memiliki saddle yang bisa disesuaikan. Bagian handlebars dan saddle juga hadir dengan model lebih sporty.

Sepeda ini berbahan aluminium yang antikarat dan tahan lama digunakan. Rodanya jenis isi angin dengan ukuran 12 inci. Dengan sepeda yang satu ini, anak akan lebih bersemangat bersepeda bersama teman-temannya.

Harga Rp. 2.074.000-4.376.000

Odessy Push Bike / Balance Bike

Odessy Push Bike / Balance Bike adalah rekomendasi berikutnya. Produk yang satu ini hadir dengan rangka yang terbuat dari bahan besi yang kokoh.

Sepeda ini bisa mengajarkan anak untuk lebih mudah melatih keseimbangan. Balance bike yang satu ini nyaman dan aman digunakan. Bagian bannya memiliki ukuran 12 inci. Produk ini aman untuk anak usia 2 hingga 4 tahun. Sepeda ini cocok untuk unisex.

Harga Rp. 650.000-940.000

London Taxi Kickbike

London Taxi Kickbike menjadi rekomendasi berikutnya. Ini merupakan produk yang bisa jadi hadiah terbaik untuk ulang tahun si kecil. Desainnya keren dengan handlebars dan saddle yang mudah diatur. Bodinya kecil dan ringan sehingga tidak akan memberatkan anak untuk bersepeda.

Balance bike yang satu ini menarik karena tampilannya klasik kombinasi retro. Sepeda ini terbuat dari baja yang kokoh. Jenis rodanya solid dan kuat. Ukuran rodanya 12 inci. Sepeda ini memiliki bobot 3,5 kg.

Harga Rp. 1.299.000-2.000.000

5rider Balance Bike Push Bike 3.0 Air

5rider Balance Bike Push Bike 3.0 Air cocok juga untuk jadi pilihan. Balance bike yang satu ini akan membantu tumbuh kembang buah hati.

Produk ini mudah dibawa ke mana saja. balance bike ini bisa digunakan anak untuk indoor atau outdoor. Sepeda ini bisa melatih daya fokus anak.

Balance bike ini memakai ban angin dengan ukuran ban 12 inci. Bodi sepeda ini terbuat dari bahan besi yang tahan lama. Panjang sepeda ini 84 cm dengan berat 3,4 kg.

Harga Rp. 650.000-1.424.000

Girasol Pro Children Balance Bike

Girasol Pro Children Balance Bike merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Desain sepeda ini keren dan pastinya bikin anak makin semangat bersepda.

Sepeda ini cocok untuk anak yang terbiasa mengikuti kompetisi. Balance bike ini jauh lebih ringan dibandingkan model standar.

Sepeda ini bisa melaju dengan kencang dan bikin anak lebih nyaman saat balapan. Produk ini terbuat dari alumunium. Sepeda ini bannya berbahan angin dengan ukuran roda 12 inci.

Harga Rp. 2.220.000-5.005.000

Strider Bike 12 Sport White ST-S4WH Balance Bike

Strider Bike 12 Sport White ST-S4WH Balance Bike menjadi pilihan untuk anak. Produk yang satu ini memiliki bobot 3 kg.

Sepeda ini bagian handlebar dan dudukannya bisa disesuaikan. Balance bike ini cocok untuk usia 18 bulan hingga 5 tahun.

Sepeda ini berbahan besi yang kokoh dan kuat. Warna sepedanya beragam dan bisa dipilih sesuai selera si kecil. Produk ini ukuran bannya 12 inci.

Harga Rp. 1.869.000-3.576.000

Thrill Push Bike

Thrill Push Bike menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan aneka pilihan warna menarik.

Balance bike ini modelnya juga keren dan nyaman. Jarak saddle dan ban belakang agar lebar jadi bisa menghindari adanya gesekan saat saddle berada di posisi terendah.

Bagian handlebar didesain melengkung sehingga mudah disesuaikan. Sepeda yang satu ini terbuat dari bahan aluminium. Rodanya berjenis angin dengan ukuran roda 12 inci.

Harga Rp. 1.258.000-2.210.000

Sepeda Keseimbangan | Balance Bike - Maynine

Sepeda Keseimbangan | Balance Bike – Maynine adalah produk yang bisa digunakan buah hati. Sepeda yang satu ini hadir dalam berbagai warna menarik.

Balance bike ini ukurannya kecil dengan bobot yang ringan. Bobot sepedanya 3,4 kg. Sepeda ini bagian setang dan dudukannya bisa disesuaikan.

Produk ini cocok untuk anak usia 18 bulan hingga 5 tahun. Rangka sepeda ini terbuat dari bahan besi yang kokoh. Ban ini jenisnya solid dengan ukuran diameter 12 inci.

Harga Rp. 938.000-1.645.000
From our editorial team

Balance Bike Membuat Anak Terhindar dari Risiko Obesitas

Anak-anak zaman sekarang lebih gemar bermain di dalam rumah dengan gadget. Ini tentu kurang baik untuk tumbuh kembangnya. Supaya anak lebih senang bermain di luar rumah secara aktif, Anda bisa hadiahkan balance bike untuknya. Mengendarai balance bike bisa membuat seluruh bagian tubuh anak bergerak. Ini sekaligus menjadi olahraga untuk membakar sebagian energi yang dimiliki anak. Dengan begini segala nutrisi bisa terbakar dan bermanfaat dan tidak akan menumpuk jadi lemak jahat.

Tag