Ini Tips Jitu untuk Tampil Keren Bagi Pria Berbadan Kurus dan 11 Rekomendasi Produknya

Ini Tips Jitu untuk Tampil Keren Bagi Pria Berbadan Kurus dan 11 Rekomendasi Produknya

Badan kurus bukan berarti kamu harus tidak percaya diri. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan agar tetap fashionable dengan badan kurus kamu. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak tips dari BP-Guide berikut ini, yah.

Badan kurus bukan alasan buat minder, kamu juga bisa tampil gagah loh

Bagi beberapa pria memiliki badan yang kurus seringkali membuat minder. Udah coba makan banyak tapi berat badan tak kunjung bertambah. Bahkan berbagai cara dilakukan untuk menambah massa otot seperti olahraga angkat beban dan minum suplemen penambah berat badan. Tapi hal itu tentu butuh waktu dan tak jarang juga tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan.

Tapi apa hal ini menjadi penghalang kamu buat tampil kece? Tentu tidak dong. Adakalanya kamu perlu coba bereksperimen dengan fashion dan aksesoris yang mendukung. Penampilan yang oke kadang bisa menipu juga loh. Asalkan kamu tau padu padan yang asyik, gak ada lagi deh kamus minder di dalam diri kamu.

Jangan pilih sembarang baju, ini dia 9 tips fashion pria kurus

Atasan dengan warna cerah akan membuatmu tampil lebih ideal

Selama ini kaum adam identik dengan warna pakaian gelap seperti hitam, coklat tua, navy, dll. Padahal untuk pemilik tubuh kurus, warna-warna tersebut akan membuat tubuh terlihat lebih kurus dari aslinya. Cobalah memakai baju atau celana yang berwarna lebih cerah. Arti cerah disini bukan selalu warna yang ngejreng yaa, tapi lebih ke warna netral yang terang seperti putih, abu-abu muda, pastel, dan krem.

Pemilihan warna yang cocok akan membuat tubuh terlihat lebih berisi. Sekarang coba tengok koleksi pakaian di lemari, apa kamu punya baju yang berwarna cerah? Kalau belum... gak ada salahnya membeli beberapa baju berwarna terang untuk referensi fashion kamu.

Hindari pakaian dan celana super ketat

Saat ini banyak fashion pria, baik baju atau celana, yang memiliki model ketat ke badan. Untuk kamu yang punya bodi kurus, lebih baik hindari deh memakai baju atau celana yang super ketat. Hal ini akan membuat tubuh kurusmu benar-benar menonjol dan tidak ideal. Sebagai gantinya kamu bisa memakai baju yang sedikit longgar dipadu dengan celana jeans atau yang berbahan jatuh sehingga tidak ngepas di badan.

Sedikit perhatian yang diberikan pada pakaianmu, akan memberikan dampak yang besar pada penampilan kamu.

Pilihlah motif baju berukuran sedang

Motif berupa gambar atau tulisan pada baju bisa mempengaruhi visualisasi tubuh seseorang. Bagi kamu yang berperawakan kurus hindari pakaian bermotif terlalu besar atau terlalu kecil. Motif yang besar akan membuat postur tubuh tenggelam. Sedangkan motif yang kecil tidak akan seimbang dengan badanmu yang juga kecil.

Pilihlah motif berukuran sedang yang tidak terlalu menonjol. Gambar atau tulisan berukuran medium akan membuat penampilan kamu terlihat lebih stand out.

Jauhi aksen vertikal, lebih baik kenakan strip horizontal

Kembali ke bagian motif, untuk bentuknya usahakan untuk memakai pakaian dengan aksen horizontal bukan vertikal. Strip horizontal, alias melintang ke samping, akan menyamarkan bentuk tubuh kamu yang kurus. Motif ini akan memberi kesan lebar ke samping dan membuat tubuh terlihat lebih berisi.

Sebaliknya, jika pakaian beraksen vertikal, alias melintang dari atas ke bawah, akan memberi kesan tubuh yang langsing. Sehingga pemilik tubuh kurus akan terlihat lebih kerempeng.

Pilih baju yang fit di badan

Maksud kata-kata fit adalah yaitu baju yang pas di badan, tidak terlalu ketat atau pun terlalu longgar. Memakai baju yang ketat akan memperlihatkan cetakan tubuh yang terlalu kurus. Baju yang longgar akan memberi kesan tenggelam dan gak enak diliat.

Jika memilih kemeja untuk kuliah atau kerja coba pakai kemeja berukuran slim fit. Ukuran ini akan pas di badan dan gak ketat banget atau longgar banget. Pilihlah baju yang berukuran sedang sedang saja agar penampilanmu semakin oke.

Terapkan layering

Layering adalah teknik berpakaian dengan memadukan 2 baju atau lebih secara bersamaan. Contohnya dengan memakai kemeja dan jas, kaos dan rompi, atau memakai syal panjang saat cuaca dingin. Cara ini akan menutupi tubuh kurus dan bahkan membuat kamu lebih fashionable.

Coba padukan kaos dan sweater tipis, kaos dan blazer, ataupun t-shirt dan jaket saat berpergian. Mungkin terlihat ribet, tapi percayalah sedikit usaha saja akan membuat penampilan kamu menjadi lebih kece.

Hindari kerah baju yang dalam

Baju berkerah v-neck, longgar, dan rendah sangat tidak disarankan untuk si tubuh kurus. Memakai baju seperti itu akan mempertegas bentuk tubuh menjadi semakin kurus dengan tulang leher yang menonjol. Pilihlah tipe pakaian yang berkerah tinggi seperti model turtle neck. Kerah yang sempit dan tinggi akan membuat tubuh kamu lebih ideal dan proporsional.

Saat ini model baju dengan kerah turtleneck bisa kamu dapati dengan mudah di toko-toko. Jadi kamu gak perlu bingung lagi memilih baju buat hangout dengan teman-teman kamu!.

Tetap proporsional

Perhatikan pemilihan baju saat akan keluar rumah. Jangan terlalu memaksakan gaya fashion tertentu jika dirasa tidak pas dengan bentuk tubuh kamu. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kamu harus pintar pintar memilih perpaduan baju untuk tubuh yang kurus.

Bukan berarti kamu gak boleh bereksperimen dengan gayamu ya. Sebagai contoh jika kaos yang kamu pakai berukuran longgar, jangan gunakan celana yang longgar juga. Padukan dengan jeans yang pas dan tidak terlalu ketat.

Perhatikan ukuran jaket, pilih yang fit dan sebatas sampai pinggang

Jaket tentu aksesoris fashion yang pasti dimiliki oleh semua cowok. Untuk cowok bertubuh ramping, perhatikan ukuran jaket kamu ya dan pastikan ukurannya hanya sebatas pinggang. Jaket yang kependekan sangat tidak enak dilihat karena menambahkan kesan kurus. Sedangkan jaket kepanjangan membuat porsi tubuh menjadi tenggelam dan semakin kecil. Kamu bisa juga menggunakan jaket atau sweater berbahan tebal. Hal ini akan membuat tubuh terlihat lebih berisi.

11+ Rekomendasi pakaian untuk pria kurus

Kaos dalam

Sumber gambar iprice.com

Kebanyakan cowok seringkali malas memakai pakaian dalam. Padahal pakaian dalam memiliki fungsi yang sangat banyak. Bagi pria kurus pakaian dalam akan membuat bodi lebih bervolume, selain itu kaos dalam berbahan katun bisa menyerap keringat sehingga baju yang tidak cepat bau.

Salah satu merk kaos dalam terpopuler adalah kaos dalam merk Rider. Rider menyediakan berbagai size dan bahan yang lembut dan nyaman dipakai. Super Rider SR223BP T-shirt varian warna putih. Berbahan ribbed cotton dengan O-neckline, sangat nyaman dipakai dan berdesain sporty.

Cocok dipakai untuk berbagai aktivitas keseharian kamu. Kaos dalam ini dijahit dengan proses Shrunkenize sehingga tidak mudah berjamur dan ngepas di badan.

Dapatkan di Lazada dengan harga Rp 34 ribu.

Kemeja lengan panjang

Sumber gambar tokopedia.com

Kemeja merupakan benda wajib yang harus dimiliki oleh para pria. Untuk kamu yang berbadan kurus sebaiknya memilih kemeja berlengan panjang daripada yang pendek. Kemeja panjang membuat tubuh terlihat lebih berisi dan proporsional. Selain itu kamu juga bisa memvariasikan kemeja dengan berbagai item fashion lain seperti blazer, jas, dll.

Kamu bisa membeli kemeja panjang di Tokopedia dengan harga Rp 80 ribu.

Ukuran :

  • M/14,5 : Lebar Dada: 51 cm, Panjang: 71 cm.
  • L/15,5 : Lebar Dada: 53 cm, Panjang: 72 cm.
  • XL/16,5 : Lebar Dada: 55 cm, Panjang: 75 cm.

Jaket bomber

Sumber gambar lazada.com

Jaket bomber adalah salah satu fashion item yang gak boleh ketinggalan untuk kamu miliki. Jaket ini sangat cocok dipakai untuk pemilik tubuh kurus. Bahan yang bervolume dan tebal memberikan kesan tubuh yang lebih berisi bagi si pemakai. Saat ini banyak produsen jaket bomber yang menyediakan berbagai variasi warna dan model. Cocok banget untuk para remaja pria jaman now yang selalu fashionable.

Kamu bisa membeli jaket bomber di Lazada dengan ukuran All Size Fit to L seharga Rp 129.900 . Warna yang tersedia yaitu merah, navy, hijau, dan hitam.

Selain itu kamu bisa membelinya di Shopee mulai dari harga Rp 54.150 – Rp 62.700 dengan ukuran M – XXL. Ayo buruan beli dan lengkapin koleksi fashion kamu!

Hoodie

Sumber gambar blibli.com

Hoodie adalah model jaket/sweater bertudung yang sedang ngetren akhir-akhir ini. Memakai hoodie membuat kamu terlihat lebih stylish dan memberi kesan santai. Bagi cowok berbodi kurus, hoodie menyebabkan badan terlihat lebih firm dan bervolume.

Referensi pertama kamu bisa membeli Hoodie di Bukalapak dengan harga Rp 165 ribu. Mereka menawarkan Hoodie Nevada berwarna abu-abu berbahan knit scuba dengan seleting dan kantong di depan. Desain yang kasual akan membuat kamu terlihat lebih kece.

Kedua kamu bisa membeli hoodie di Blibli seharga Rp 169 ribu. Fantasia Hooligan menyediakan hoodie bagi pria berwarna abu-abu muda. Berbahan dasar cotton dan polyester dan front zipper yang sangat nyaman dipakai. Selain itu kamu bisa memilih desain hoodie kesukaanmu karena variasi yang ditawarkan cukup beragam.

Kaos stripe horizontal

Sumber gambar blibli.com

Setiap pria pasti memiliki setumpuk kaos di lemarinya. Tapi terkadang, saking cueknya, para cowok jarang memperhatikan gambar dan model t-shirt yang mereka beli. Untuk kamu si cowok kurus pastikan kamu punya kaos yang bermotif horizontal. Motif ini akan memberi kesan melebar dan tubuhmu terlihat lebih berisi.

Sebagai pilihan kamu bisa membeli t-shirt dari Levi’s Stripe Crew Fashion Tee – Sandwich Stripe Marshmallow Grey. T-shirt lengan pendek berbahan cotton dengan neckline bundar sangat pas untuk tubuh kecil. Dapatkan di Blibli seharga Rp 174 ribuan.

Ada juga kaos lengan pendek stripe berwarna navy dari ZLStore. Berbahan dasar cotton stripe tersedia berbagai ukuran. Dapatkan di Bukalapak seharga Rp 85 ribu.

Jaket denim

Sumber gambar zalora.com

Jaket denim selalu pas untuk kamu pakai kemanapun di setiap kesempatan. Rasanya kurang pas kalo cowok gak punya koleksi jaket jeans di lemari. Jaket ini memberi kesan macho dan sangat nyaman dipakai. Plus jaket denim sangat awet dipakai hingga bertahun – tahun.

Untuk referensi kamu bisa membeli Factorie The Denim Jacket, jaket jeans dengan model regular fit. Memiliki 2 kantong di depan dan samping dan berkancing depan. Detail ripped di jaket ini membuat si pemakai terlihat stylish dan menambah kece penampilan. Tersedia di Zalora seharga Rp 699 ribu.

Kemeja pola kotak-kotak

Sumber gambar zalora.com

Kemeja kotak – kotak adalah model baju yang gak pernah ketinggalan zaman. Model kemeja ini sangat cocok dipakai ke acara resmi seperti kuliah ataupun ke undangan. Kamu juga bisa memakai kaos dan kemeja sebagai blazernya saat gaul bareng teman - teman. Motif kotak – kotak memberi kesan berisi dan membuat cowok terlihat gagah.

Secara online kamu bisa membelinya di:

  • Tokopedia dengan harga Rp 99 ribu. Tersedia dengan ukuran M, L, XL berbahan flannel semi wool dan warna hijau tua.
  • Selain itu tersedia juga di Zalora seharga Rp 249 ribu. Berbahan dasar katun dengan ukuran regular fit dan berwarna navy.

Kaos Polo

Sumber gambar zalora.com

Kaos polo adalah sebutan orang Indonesia untuk kaos bergambar orang bermain polo sebagai modelnya. Selain itu kaos yang berkerah dengan lengan buff dijuluki juga dengan kaos polo. Pastikan memakai kaos polo yang pas di badan kurusmu. Jangan gunakan yang berlengan panjang ya, karena akan memberi kesan kurus dan tidak proporsional.


Rekomendasi Produk

  • Kamu bisa membeli kaos polo Jfashion seharga Rp 74 ribuan yang tersedia di Blibli . Dengan spesifikasi kaos berlengan pendek dilengkapi dengan kancing depan, berbahan dasar Lacos yang simpel dan trendy.
  • Atau di Billabong Die Cut Polo di Zalora seharga Rp 499 ribu. Polo shirt monokrom dengan detail logo print. Berbahan katun yang sangat nyaman dipakai dan berukuran regular fit yang pas untuk tubuh kurus.

Celana chino

Sumber gambar www.projectmonline.com

Pasti kamu bosan kan kalo kemana-mana selalu pakai celana jeans, sesekali cobalah memakai celana chino.Celana chino adalah celana bermodel strecth yang longgar di pinggang dan paha namun pas di betis kamu. Celana ini cocok dipadukan dengan berbagai atasan seperti kaos, kemeja, ataupun hoodie.

Untuk membelinya kamu bisa membeli di Shopee dengan harga Rp 90 ribu. Tersedia berbagai macam ukuran dan warna mulai dari abu-abu, navy, cream, khaki, dll.

Kamu juga bisa membeli di Lazada seharga Rp 77 ribu. Warna yang ditawarkan sangat beragam dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan tubuh kamu.

Celana kargo

Sumber gambar blibli.com

Buat kamu cowok-cowok kurus celana kargo bisa jadi celana favorit kamu. Celana kargo adalah celana berbahan longgar yang sangat nyaman dipakai. Modelnya yang cowok banget membuat penampilan kamu jadi lebih maskulin dan keren. Selain itu, celana ini memiliki banyak kantong dan bahannya tidak berat seperti celana jeans. Celana kargo cocok dipakai untuk sekadar jalan – jalan ataupun menghadiri acara semi formal lainnya.

Rekomendasi produk:

  • Di Blibli kamu bisa membeli celana kargo berbahan cotton twill stretch, dilengkapi dengan saku di samping dan belakang serta desain yang trendy dengan harga Rp 185 ribu.
  • Kamu juga bisa beli di Tokopedia seharga Rp 105 ribu.

Perhatikan size bodi kamu sebelum membeli ya dan baca ukuran yang tersedia agar tak salah beli.

Blazer

Sumber gambar lazada.com

Blazer adalah fashion item yang jarang dimiliki oleh para pria. Padahal apabila dipadukan dengan pas, blazer bisa membuat penampilan kamu jadi lebih oke. Gunakan teknik layering dengan memakai kaos di dalamnya untuk tampilan semi formal. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan acara yang akan kamu hadiri. Dijamin kamu akan terlihat lebih stylish dan fashionable.

Sebagai pilihan kamu bisa membeli blazer berstyle kasual. Berbahan dasar import dengan furing yang nyaman dipakai. Tersedia warna abu – abu. Kamu bisa membelinya di Lazada dengan harga Rp 375 ribu.

Tersedia juga Blazer seperti model pria Korea, Blazer Pria One Button Elegant BL-13. Berkancing satu di depan dengan bahan tetrex yang lembut saat dipakai. Tersedia warna biru muda. Dapatkan di Bukalapak seharga Rp 215 ribu.

Sebelum membeli pastikan dulu ukuran tubuh kamu ya. Agar blazer yang dipakai sesuai ukuran tubuh, gak kekecilan dan gak kedodoran juga.

From our editorial team

Jangan Salah Pilih Pakaian, Bisa Terlihat Tambah Kurus

Pakaian untuk kamu yang bertubuh kurus sebenarnya mudah dicari. Tapi, kalau salah pilih pakaian, kamu justru terlihat lebih kurus. Ingat, jangan cari yang kekecilan, tapi jangan juga cari yang terlalu oversized yah. Tips dan rekomendasi dari BP-Guide di atas bisa menjadi patokan agar kamu bisa tampil fashionable dan terlihat proporsional.