10 Rekomendasi Susu Kambing Terbaik untuk Tubuh Lebih Sehat di 2023!

10 Rekomendasi Susu Kambing Terbaik untuk Tubuh Lebih Sehat di 2023!

Menjaga kesehatan tidak hanya dari olahraga, tetapi asupan tambahan seperti susu. Maksimalkan asupannya dengan susu kambing terbaik untuk membantu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Ada rekomendasi olahan minuman dari susu kambing dan produk goat milk yang bisa menjadi referensi Anda.

Kapan Waktu yang Tepat Minum Susu Kambing?

Susu kambing memiliki kadar kolesterol, lemak, dan kalsium yang tinggi. Susu kambing ataupun sapi sama-sama bisa menyebabkan terjadinya alergi.
Kandungan laktosa yang dimiliki di dalam susu kambing lebih kecil daripada susu sapi. Namun, keduanya tetap baik bagi tubuh dan bisa Anda konsumsi kapan saja, selama Anda tidak alergi dengan susu.

Tidak ada salahnya mengonsumsi susu kambing setiap hari dan waktunya bisa Anda sesuaikan. Sebaiknya hindari konsumsi ketika makan berat atau setelah makan berat.
Anda bisa memilih waktu malam hari sebelum tidur untuk mengonsumsi susu kambing. Apabila Anda memiliki riwayat kolesterol, bisa konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan asupan susu kambing yang tepat.

Manfaat Susu Kambing

Mengatasi Asam Lambung

Susu kambing memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada susu sapi. Kandungan alkali di dalamnya juga sangat aman bagi penderita asam lambung dan maag.

Anda yang memiliki asam lambung akut, sebaiknya mengonsumsi asam lambung agar tidak semakin parah.

Membantu Pembentukan Janin dan Melancarkan ASI

Sangat baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui karena kandungan kalsium dalam susu kambing lebih tinggi. Janin sangat membutuhkan asupan kalsium yang baik agar pertumbuhan tulangnya semakin kuat.

Nutrisi di dalam susu kambing juga membantu melancarkan ASI bagi ibu menyusui. Bagi ibu menyusui yang saat ini terkendala karena ASI tidak lancar, bisa memilih susu kambing untuk membantu memperlancar.

Menjaga Kesehatan Saraf

Kemungkinan stres bisa terjadi karena saraf tidak berfungsi dengan baik. Kandungan zinc dan magnesium di dalam susu kandung dapat menjaga kesehatan saraf.

Saraf pusat yang bisa merespon dengan baik akan membantu menghindari Anda dari stres. Ketika saraf pusat bekerja dengan baik, maka risiko stres juga bisa terhindari dengan lebih baik.

Mengatasi Diabetes

Cocok sekali bagi penderita gula atau diabetes karena kandungan gula pada susu kambing lebih rendah daripada susu sapi. Kandungan A2-betakasein dan asam amino esensial juga bisa membantu memproduksi insulin.

Insulin akan membantu Anda mengurangi risiko gula. Ketika Anda mengonsumsi susu kambing, maka tubuh Anda akan memproduksi insulin sendiri.

Membantu Program Diet

Susu kambing dapat membantu proses pencernaan, sehingga tubuh Anda akan lebih sehat. Berkat itulah, susu kambing sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

Proteinnya yang tinggi juga bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi, Anda tetap bisa mengonsumsi susu meskipun sedang diet.

Variasi Menu Minum Susu Kambing

Goat Milk Smoothie

Sangat cocok untuk menu diet dan bisa Anda siapkan dalam 10 menit.

Bahan-bahan:

  • 150 ml susu kambing
  • Keju sesuai selera
  • 1 sdm madu
  • Mangga sesuai selera
  • 1 sdm mentega almond

Cara Membuat:

  • Campurkan semua bahan, dari susu kambing, keju, madu, mangga, dan mentega almond.
  • Blender bahan-bahan tersebut hingga tercampur dan halus.
  • Anda bisa menambahkan es batu jika lebih menyukai smoothie dingin.
  • Smoothie siap diminum.

Goat Milk Yogurth

Pembuatannya sangat mudah dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

Bahan-bahan:

  • 150 ml susu kambing yang sudah dihangatkan
  • 1 sdt gelatin bubuk
  • Yogurt sesuai selera

Cara Membuat:

  • Tuangkan setengah susu kambing yang sudah dipanaskan ke dalam mangkuk kecil.
  • Taburkan gelatin sampai merata dan tercampur dengan baik.
  • Tambahkan yogurt sesuai selera.
  • Aduk hingga semuanya tercampur.
  • Tuangkan kembali susu kambing sisanya.
  • Tambahkan es batu untuk minuman yang segar.
  • Goat milk yogurt siap diminum.

Coconut Moussue

Seperti minuman modern saat ini dan Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Mengganti susu sapi dengan susu kambing tetapi tetap menghasilkan rasa yang enak.

Bahan-bahan:

  • Buah ceri, sesuai selera.
  • 2 sdt vanilla
  • 1 sdm gula kelapa atau gula pasir.
  • Keju. Sesuai selera.
  • 1 kaleng santan penuh lemak.
  • Kacang vanilla.
  • 5-6 sdm sirup maple.
  • Kelapa dan coklat cincang.

Cara Membuat:

  • Belah buah ceri menjadi dua.
  • Campurkan ceri, vanilla, dan gula kelapa kemudian aduk rata.
  • Diamkan dalam suhu ruang lalu campurkan keju.
  • Blender semua bahan tersebut.
  • Tambahkan santan lemak, kacang vanilla, dan coklat cincang.
  • Masukkan ke dalam freezer hingga beku.
  • Ketika diangkat, Anda bisa menambahkan sirup maple.
  • Coconut Mousse siap disantap.

Rekomendasi Susu Kambing Terbaik

Susu Kambing Etawa

Produk Etawa dihasilkan dari peternakan sapi di lereng gunung Merapi. Selain rasanya enak, susu kambing ini juga memiliki khasiat bagi tubuh. Peternakan kambing tersebut sangat organik dan jauh dari polusi udara.

Proses peternakan yang baik dan bersih juga akan menghasilkan kualitas susu yang baik. Susu yang dihasilkan pun bisa diklaim sebagai susu kambing organik. Sangat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit bronchitis, asma, memulihkan pasien demam berdarah, dan sebagainya.

Harga Rp. 1.500.000-1.800.000

Susu Kambing Gomars

Produk susu kambing bubuk ini memiliki khasiat, seperti membantu menjaga daya tahan tubuh, mengurangi sakit kanker, dan melancarkan BAB. Baik pula diminum oleh penderita diabetes, asma, TBC, atau infeksi paru-paru.

Ada pilihan rasa apabila Anda tidak menyukai susu kambing original. Susu kambing Gomars ini memiliki varian rasa original, strawberry, coklat, dan kopi. Cocok untuk Anda yang baru pertama kali mencoba susu kambing.

Harga Rp. 19.000-23.000

Etawa SkyGoat

Susu kambing dari Etawa ini tidak mengandung gula dan cocok untuk penderita diabetes. Bagi Anda yang sedang diet juga bisa menggunakan susu kambing SkyGoat untuk mendukung program diet.

Mengandung komposisi herbal yang sangat baik untuk kesehatan, yaitu madu propolis, habbatussauda, dan Maltodextrin. Susu kambing ini berbentuk bubuk sehingga lebih awet dalam penyimpanan.

Anda bisa mengonsumsinya tiga kali sehari untuk kesehatan yang lebih terjaga.

Harga Rp. 29.000-30.000

NutriGoat

Susu kambing yang tidak memiliki bau apek dan bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga ibu hamil. NutriGoat menggunakan standar GMP atau Good Manufacturing Process.

Tidak hanya pada proses produksinya yang menggunakan standar terbaik, tetapi susu yang dihasilkan juga dari kambing organik. Bahan pangan pada kambing menggunakan tanaman organik dan tidak mengandung bahan kimia.

Kandungan konsentrat susunya tiga kali lebih besar daripada susu kambing lainnya. NutriGoat ini juga tersedia dalam bentuk kemasan sachet yang bisa Anda bawa kemana-mana.

Harga Rp. 44.000-87.000

RBM Goat Milk

Produk susu kambing yang berasal dari Tegal ini mampu bersaing di pasaran. Sudah mendapatkan izin dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI. Tidak menimbulkan alergi sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan.

Selain membantu mengurangi gejala penyakit, bagus pula untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, susu kambing tidak hanya untuk menjaga kesehatan, tetapi cocok untuk kecantikan.

Tersedia dalam kemasan sachet 25 gram yang bisa Anda bawa ke mana-mana. Ada pula dalam ukuran box yang berisi 10 sachet untuk satu box nya.

Harga Rp. 47.000-65.000

Goatfit Milk Plus Royal Jelly

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan bisa memilih Goatfit Milk untuk mengatasinya. Mengandung susu kambing murni, gula jagung, royal jelly, dan krimer nabati yang akan menghasilkan rasa lebih baik.

Susu kambing ini juga bisa membantu mempertahankan daya tahan tubuh dan penawar racun yang masuk ke dalam tubuh. Cocok untuk anak-anak dan ibu hamil untuk mempertahankan kekuatan tulang.

Penyeduhannya sangat mudah, yaitu hanya menuangkan 2-3 sendok makan ke dalam gelas lalu seduh dengan 150 ml air matang. Tersedia pula untuk tiga rasa, yaitu vanila, coklat, dan strawberry.

Harga Rp. 16.000-19.000

SkyGoat Susu Kambing Etawa

Susu kambing yang mengandung propolis sehingga mampu membantu kesehatan tubuh. Selain menghindari dari berbagai penyakit, seperti ginjal, asam urat, detoksifikasi racun di dalam tubuh, susu ini juga bisa membantu kesehatan kulit.

Cocok untuk ibu hamil karena kandungannya hampir menyamai ASI. Produk lokal ini diproduksi oleh PT Solusky dan sudah memiliki izin BPOM dan sertifikat halal oleh MUI.

Tersedia dalam tiga varian, yaitu original atau vanila, coklat, dan memiliki kandungan propolis. Jadi, apabila Anda menginginkan SkyGoat dengan kandungan propolis yang lebih banyak bisa memilih varian ekstrak propolis.

Harga Rp. 25.000-40.000

Provit Susu Kambing

Memiliki kandungan yang hampir sama dengan ASI dan bisa membantu menjaga stamina tubuh. Daya tahan tubuh akan lebih kuat apabila rutin mengonsumsi Provit susu kambing ini.

Bisa dikonsumsi mulai dari balita, anak-anak, dewasa, sampai lansia. Tidak menimbulkan alergi sehingga aman dikonsumsi siapa pun. Provit susu kambing ini hanya tersedia untuk varian original dan plan.

Mungkin memiliki harga yang lebih mahal, tetapi kandungannya tidak perlu Anda ragukan.

Harga Rp. 65.000-300.000
From our editorial team

Maksimalkan Kesehatan Tubuh dengan Susu Kambing Terbaik

Susu kambing membantu memaksimalkan daya tahan tubuh dan menghindari dari berbagai penyakit. Memiliki lemak yang lebih sedikit sehingga sangat cocok untuk Anda yang juga masih melakukan program diet. Pilihan susu kambing juga saat ini memiliki varian yang bisa dipilih sesuai selera.