Tampil Anggun dan Menawan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Encim yang Fashionable untuk Para Wanita (2021)

Tampil Anggun dan Menawan dengan 10 Rekomendasi Kebaya Encim yang Fashionable untuk Para Wanita (2021)

Sumber gambar review.bukalapak.com

Salah satu jenis kebaya yang bisa Anda pilih adalah kebaya encim. Kebaya asal Betawi ini punya ciri khas yang unik, lho. Kebaya encim memberikan kesan anggun dan menawan saat dikenakan. Yuk, cek dulu berbagai rekomendasi kebaya encim yang fashionable ini!

Kebaya Encim, Kebaya Betawi yang Diperuntukkan Golongan Priyayi

Sumber gambar https://tribunnews.com

Kebaya adalah pakaian tradisional yang kerap dikenakan dalam aneka acara formal, seperti wisuda, pernikahan, atau pesta. Ketika berbicara mengenai kebaya, kebaya berbahan brokat dengan payet pasti menjadi jenis kebaya yang paling sering terpikirkan. Padahal, kebaya hadir dengan beragam model. Bahkan, setiap wilayah memiliki ciri khas kebaya masing-masing.

Suku Betawi yang berasal dari Jakarta juga memiliki model kebaya khasnya sendiri, yaitu kebaya encim. Kebaya encim merupakan salah satu wujud akulturisasi budaya Tionghoa. Kebaya ini dilengkapi dengan bordir yang membuat tampilannya semakin menarik. Perlu diketahui bahwa dahulu kebaya ini hanya dimiliki oleh golongan priyayi. Harganya yang mahal membuat masyarakat dengan kesulitan ekonomi tidak mampu membelinya.

Kenali Jenis-jenis Kebaya yang Ada di Indonesia

Kebaya Jawa

Sumber gambar https://girlisme.com

Berbicara tentang kebaya, sebenarnya ada beragam jenis kebaya di Indonesia. Kebaya yang paling mudah dan sering ditemukan adalah kebaya jawa. Kebaya ini biasanya terbuat dari bahan beludru, katun, sutra, hingga nilon. Biasanya kebaya ini dipakai dalam acara pernikahan, kesenian, hingga upacara adat.

Desain potongannya yang mengikuti bentuk tubuh memiliki filosofi bahwa sebagai perempuan harus bisa menjaga diri sendiri dan menyesuaikan diri. Kebaya jawa terdiri dari beberapa unsur, yaitu kebaya, kemben, stagen, dan kain tapih. Kebaya juga memiliki makna bahwa perempuan itu memiliki sifat lemah lembut dan penyabar.

Kebaya Kutubaru

Sumber gambar pinterest.com/

Jenis kebaya berikutnya adalah kebaya kutubaru. Diyakini berasal dari Jawa Tengah, kebaya ini pertama kali muncul pada akhir abad ke-18. Kebaya klasik ini memiliki desain yang khas, yaitu pada bagian tengah dada terdapat kain tambahan untuk menghubungkan ujung kebaya kanan dan kiri.

Kebaya kutubaru biasanya terbuat dari kain jumputan, namun kini sudah banyak kain lain yang juga digunakan sebagai bahan kebaya kutubaru. Dalam penggunaannya, kebaya ini umumnya dilengkapi dengan tambahan stagen berwarna kontras dan kain batik.

Menjadi kebaya klasik favorit, model kebaya ini bahkan kerap dipilih oleh ibu negara Indonesia, seperti Tien Soeharto, Ani Yudhoyono, hingga Iriana Jokowi.

Kebaya Bali

Sumber gambar pinterest.com

Bali juga menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki kebaya khas. Secara desain, Kebaya bali memiliki detail yang sama dengan kebaya jawa. Dalam pemilihan warna, kebaya bali biasanya dibuat dengan kain berwarna cerah, misalnya putih, merah, kuning, dan oranye.

Berbeda dengan kebaya jawa yang menggunakan selendang di pundak, obi atau selendang pada kebaya bali biasanya digunakan pada bagian pinggang. Pengikatan selendang ini merupakan simbol dari pengikatan nafsu buruk kala memasuki area pura. Obi yang digunakan umumnya memiliki warna yang kontras dengan kebaya.

Kebaya Encim

Sumber gambar pinterest.com

Jakarta juga memiliki kebaya khas yang disebut dengan kebaya encim. Kebaya khas suku Betawi ini terinspirasi dari pakaian perempuan Tionghoa yang masuk ke Jakarta pada masa penjajahan Belanda.

Ciri khas kebaya encim terletak pada bordirnya yang terletak di dada, ujung lengan, dan bagian bawah kebaya. Bordir yang melengkapi kebaya ini menggunakan warna terang dengan motif yang beragam, misalnya saja flora dan fauna. Menggunakan model V untuk kerahnya, kebaya ini didesain menyempit pada bagian pinggang dan melebar pada bagian panggul.

Fakta Menarik Kebaya Encim yang Wajib Diketahui

Asal Usul Kebaya Encim dari Perempuan Tionghoa

Sumber gambar https://fasnina.com/

Berbicara tentang kebaya encim, ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui mengenai kebaya ini.
Kata encim sendiri memiliki makna bibi dan berasal dari bahasa Hokkien yang merupakan salah satu etnis Tionghoa. Encim merupakan panggilan akrab bagi perempuan Tionghoa. Karena model pakaian ini banyak dipakai oleh perempuan Tionghoa, maka disebutlah sebagai kebaya encim.

Ikon Khas Betawi

Sumber gambar https://bergaya.id

Kebaya encim merupakan kebaya khas Jakarta yang juga menjadi ikon khas Betawi. Kebaya ini merupakan bentuk akulturasi budaya Tionghoa dan Betawi di Indonesia. Meski demikian, pada perkembangannya kebaya encim telah mengalami modifikasi sehingga memiliki potongan yang lebih sederhana.

Kini kebaya encim juga banyak dikenal sebagai kebaya kerancang. Kata kerancang berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya berlubang. Hal ini merujuk pada bordir kebaya yang berlubang dengan motif kembang pada bagian bawah dan pergelangan tangan.

Terbuat dari Bahan Katun dengan Detail Bordir

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kebaya encim adalah katun. Namun, banyak pula kebaya yang terbuat dari bahan sutera, nilon, atau poliester. Ciri khas kebaya ini terletak pada desain bordirnya pada ujung lengan, kerah, hingga bagian bawah kebaya. Detail bordirnya juga beragam, mulai dari flora hingga fauna. Salah satu motif yang kerap digunakan adalah bunga peony yang merupakan khas Tiongkok. Dalam pembuatan bordir, biasanya dipilih warna-warna kontras yang melambangkan kemakmuran serta kebahagiaan.

Bagian Bawah Kebaya Berujung Runcing

Selain bordir, ciri khas kebaya encim juga terletak pada detail bawah kebaya yang memiliki ujung runcing. Lipatan pada bagian lehernya dan potongan bagian pinggangnya dirancang menyempit. Sementara bagian panggulnya dirancang melebar, sehingga menciptakan siluet tubuh.

Dengan panjang kebaya yang berada di antara panggul membuat bagian bawah kebaya yang mengerucut tampak lebih menarik. Sementara itu, pada bagian kerah kebaya ini hadir dengan detail menyerupai huruf V yang dilengkapi aksen renda.

Memiliki Warna-warna Terang

Perlu diketahui bahwa kebaya encim tak hanya berkaitan erat dengan pakaian wanita Tionghoa. Kebaya ini awalnya digunakan oleh wanita Belanda dengan bahan krinolin yang rapat dan tebal. Mengingat bahannya yang tidak cocok dengan iklim tropis Indonesia, kalangan Tionghoa memilih untuk mengabdosi kebaya ini dengan bahan yang lebih sesuai. Untuk membedakan kebaya ini dari milik wanita Belanda, maka dipilihlah warna-warna terang yang lebih beragam.

Rekomendasi Kebaya Encim Favorit, Pilihan Banyak Wanita

Kebaya Floy Kutubaru Encim Kartini

Rekomendasi kebaya encim yang pertama adalah Kebaya Floy Kutubaru Encim Kartini. Kebaya ini terbuat dari bahan baloteli yang lembut dan berkualitas tinggi.

Pemilihan bahan ini membuat kebaya adem dan nyaman digunakan. Dilengkapi dengan kancing lepas membuat produk ini ramah bagi ibu menyusui.

Kebaya Floy Kutubaru Encim Kartini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu merah, hitam, navy, kuning, hijau, tosca, pink fanta, abu muda, cokelat susu, ungu, dan maroon.

Produk ini hadir dalam beberapa ukuran, antara lain M, L, XL, XXL, dan XXXL. Setiap pembelian kebaya ini mendapatkan bros bunga secara gratis.

Harga Rp. 45.850-174.000

Kebaya Encim Senada Modern Katun Laser

Kebaya encim adalah salah satu pilihan busana yang cocok dipakai saat wisuda, pesta, serta acara resmi lainnya. Bagi Anda yang tertarik membelinya, Kebaya Encim Senada Modern Katun Laser adalah salah satu produk yang direkomendasikan.

Kebaya ini terbuat dari katun laser impor yang berkualitas dan nyaman dikenakan. Bagian depan kebaya dilengkapi dengan kancing yang memudahkan pemakaiannya. Produk ini juga dibekali dengan bros yang bisa dilepas pasang.

Kebaya ini memiliki beberapa pilihan warna, yaitu hitam, putih, maroon, milo, dan mustard. Produk ini tersedia dalam ukuran M, L, XL dan jumbo 2L, 3L, 4L, serta 5L yang bisa dipilih sesuai ukuran tubuh.

Harga Rp. 89.000-99.000

Daliyu Kebaya Encim Lengan Panjang Bordir Senada

Memiliki karakter yang rapat, para wanita berhijab pasti menyukai kebaya encim. Agar menutup lengan dengan baik, Anda bisa memilih kebaya dengan lengan panjang. Daliyu Kebaya Encim Lengan Panjang Bordir Senada adalah salah satu produk yang bisa dipilih.

Daliyu Kebaya Encim Lengan Panjang Bordir Senada terbuat dari bahan katun paris 40s yang berkarakter halus. Bahan ini juga lembut dan tidak stretch, sehingga lebih nyaman dipakai. Produk ini tersedia dalam ukuran S-XXL dengan pilihan warna pink, navy, kuning, maroon, mustard, lilac, dan abu.

Harga Rp. 87.296-154.000

Kebaya Encim Katun Kubus

Rekomendasi kebaya encim berikutnya adalah Kebaya Encim Katun Kubus. Kebaya ini terbuat dari bahan katun yang halus dan nyaman dipakai. Untuk menambah detail dan teksturnya, kebaya ini dilengkapi dengan bordir kerancang berwarna senada halus.

Kebaya ini hadir dalam ukuran S-5L yang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Sebagai bawahannya, kebaya ini bisa dipadukan dengan kain lilit yang saat ini tengah menjadi tren. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna kebaya encim dengan kain lilit yang digunakan agar tampak serasi.

Harga Rp. 95.000-148.000

Kebaya Encim Silky Caroline

Kebaya model encim memang cocok digunakan oleh wanita dengan segala usia. Bagi anak muda, kebaya encim dengan ukuran pas sepinggang memberikan kesan yang lebih menarik. Tertarik untuk memilikinya? Kebaya Encim Silky Caroline patut dilirik sebagai koleksi kebaya Anda.

Kebaya Encim Silky Caroline terbuat dari bahan silky korea yang memberikan kesan elegan. Produk ini dilengkapi dengan kombinasi kerancang dua lapis berbahan katun yang semakin memperindah tampilannya. Tersedia dalam warna cream, kebaya ini hadir dengan pilihan ukuran M, L, XL, dan 2L.

Harga Rp. 125.000-200.000

Kebaya Encim Organdi Allexuezz

Kebaya Encim Organdi Allexuezz adalah kebaya berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini terbuat dari bahan katun bangkok yang dikombinasi lapis dengan organdi impor. Pilihan bahan ini membuat kebaya encim hadir dengan kualitas unggul yang nyaman dipakai.

Kebaya ini memiliki detail lengan 7/8 yang lebih praktis. Tampilannya semakin cantik dengan bordir. Perpaduan warna bordir dan warna merah kebaya membuat produk ini memberikan kesan berani namun tetap cantik. Kebaya ini tersedia dalam ukuran M, L, XL, XXL, dan XXXL yang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh.

Harga Rp. 160.000-256.000

Kebaya Encim Balotelli KE11 Tangan Panjang

Kebaya Encim Balotelli KE11 Tangan Panjang adalah produk yang patut dipilih bagi Anda yang tengah mencari kebaya lengan panjang. Produk ini terbuat dari bahan balotelli berkualitas yang memiliki karakter tebal. Bahan ini juga halus dan adem, sehingga nyaman dipakai.

Kebaya ini memiliki banyak pilihan warna, seperti hitam, putih, navy, hijau mint, hijau daun, hijau botol, kuning, emas, cokelat susu, merah, pink, orange, dan marun. Tersedia pula dalam ukuran M-5L yang bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda. Kebaya ini cocok dipadukan dengan kain lilit bermotif dengan warna senada.

Harga Rp. 128.000-132.000

Kebaya Encim Lengan Pendek Relia Dusty Pink

Kenyamanan adalah hal utama yang patut dipertimbangkan kala membeli kebaya. Bagi Anda yang mudah gerah, kebaya dengan lengan pendek tentu patut dijadikan pilihan.

Salah satu rekomendasi kebaya encim dengan lengan pendek yang patut Anda pilih adalah Kebaya Encim Lengan Pendek Relia Dusty Pink.

Kebaya Encim Lengan Pendek Relia Dusty Pink terbuat dari bahan katun yang adem dan nyaman dipakai. Produk ini dilengkapi dengan bordir rapi yang membuat penampilan semakin elegan.

Dengan model pendek, bagian lengannya memiliki detail tumpuk yang menarik. Produk ini tersedia dalam ukuran XS, S, M, L, dan XL.

Harga Rp. 155.000-273.000

Kebaya Encim Ondel Betawi

Rekomendasi kebaya berikutnya adalah Kebaya Encim Ondel Betawi. Kebaya ini terbuat dai bahan katun yang adem dan nyaman. Lengannya memiliki detail panjang, sehingga dapat digunakan untuk Anda yang berhijab.

Produk ini dilengkapi dengan bordir warna timbul yang semakin mempercantik tampilannya. Tersedia dalam ukuran M, L, XL, XXL, 3L, 4L, dan 5L yang bisa dipilih sesuai ukuran tubuh.

Untuk pilihan warnanya, kebaya ini hadir dalam warna pink, fanta, hijau botol, kuning, gold, maroon, merah, putih, toska, dan orange.

Harga Rp. 153.000-170.000

Kebaya Bordir Encim Orange 7/8 Vegani 781 Lumajang

Kebaya Bordir Encim Orange 7/8 Vegani 781 Lumajang adalah kebaya encim terakhir yang direkomendasikan. Produk ini terbuat dari bahan katun yang nyaman dipakai. Bagian lengannya hadir dengan model lonceng 7/8 yang cantik dan membuat tangan bergerak leluasa.

Kebaya ini dilengkapi dengan bordir untuk mempercantik tampilannya. Bordir diaplikasikan pada bagian bawah, belakang, kerah, dada, dan tangan. Kebaya berwarna oranye ini tersedia dalam ukuran S, M, L, XL, 2L, dan 3L yang bisa disesuaikan dengan tubuh pemakainya.

Harga Rp. 101.000-110.000
From our editorial team

Padukan Kebaya Encim dengan Aksesori Lainnya

Kebaya encim di era modern bisa Anda padukan dengan aksesori seperti tas, heels, ataupun pernik untuk menghias bagian kepala. Aksesori menjadi pelengkap yang kuat untuk menunjang penampilan Anda saat mengenakan kebaya encim. Kebaya encim sangat cocok untuk dikenakan untuk acara formal ataupun semi-formal, apalagi pemilihan warnanya yang ceria bikin Anda terlihat lebih segar.