10 Rekomendasi Baju Renang Anak Terbaik Untuk Melindungi Si Kecil Saat Berenang (2022)

10 Rekomendasi Baju Renang Anak Terbaik Untuk Melindungi Si Kecil Saat Berenang (2022)

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan buat anak-anak. Tapi pastikan si kecil tetap terlindungi dengan baju khusus renang yang membuatnya semakin nyaman. Yuk, simak rekomendasi baju renang anak terbaik dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Anak Hobi Berenang? Pilih Baju Renang Terbaik Untuknya

Saat berenang, terutama di kolam renang umum, Anda hendaknya memakai baju khusus renang. Baju renang dirancang agar nyaman digunakan saat berenang. Bahkan, kadang petugas kolam renang pun akan meminta Anda untuk memakai baju renang.

Begitu pula dengan anak-anak. Saat Anda mengajak anak-anak berenang, lengkapilah anak Anda dengan baju khusus renang terbaik. Dengan begitu, anak akan terlindungi, dan dapat bergerak dengan nyaman di kolam renang.

Tips Mencuci Baju Renang Anak Agar Awet dan Tahan Lama

Segera Cuci Setelah Dipakai

Menyimpan baju renang terlalu lama di dalam tas dapat menimbulkan bau apek pada baju tersebut. Sepulang berenang, keluarkanlah baju renang Anda dari tas, dan segeralah mencucinya. Ada baiknya untuk merendamnya terlebih dahulu di dalam air dingin, untuk membilasnya dari keringat, tabir surya, kaporit, ataupun kandungan air laut.

Cuci Dengan Tangan

Supaya baju renang Anda bisa lebih awet dan tidak cepat melar, hindarilah penggunaan mesin cuci. Sebab, perputaran mesin cuci dapat merusak serat dan mengurangi elastisitas baju renang. Oleh karena itu, cucilah baju renang Anda secara manual menggunakan tangan.

Gunakan Deterjen yang Lembut

Deterjen yang Anda gunakan untuk mencuci baju renang juga memberikan pengaruh terhadap keawetan baju. Supaya baju renang Anda bisa lebih tahan lama, maka gunakanlah detergen atau sabun cuci yang lembut. Sebaiknya Anda menghindari deterjen bubuk atau sabun cuci yang mengandung butiran scrub.

Jangan Menggunakan Sikat

Terkadang Anda mengandalkan sikat untuk menghilangkan noda pada pakaian. Namun, penggunaan sikat dapat merusak serat dan membuat elastisitas baju renang menjadi berkurang. Jika baju renang Anda terkena noda, sebaiknya kuceklah cucian Anda secara perlahan.

Hindari Menjemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Setelah selesai mencuci baju, dan baju renang Anda telah bersih, saatnya menjemur baju renang Anda. Berbeda seperti t-shirt ataupun baju lainnya, sebaiknya Anda menjemur baju renang secara terbalik. Selain itu, hindari pula menjemurnya di bawah matahari secara langsung karena dapat membuatnya pudar.

Jenis-Jenis Bahan Pembuat Baju Renang Anak

Nylon

Bahan nylon memiliki karakteristik ringan dan kuat. Bahan ini juga bersifat elastis dan pas di badan. Daya serapnya terhadap air juga sangat kecil, sehingga bisa kering lebih cepat. Sayangnya, bahan ini kurang tahan terhadap paparan zat kimia seperti klorin.

Lycra

Bahan lycra ini begitu nyaman dan lembut di kulit. Tingkat kelenturannya juga baik, dan fleksibel saat dipakai. Bahan ini juga tidak mudah sobek. Lycra juga bersifat kedap air sehingga pakaian renang bisa cepat kering. Baju renang dengan berbahan lycra umumnya juga cukup awet.

Poliester

Bahan poliester terkenal awet dan tidak mudah luntur. Bahan ini tahan terhadap paparan klorin. Meski tidak sehalus lycra, beberapa baju renang berbahan poliester biasanya ditambahi dengan pelindung UV agar kulit pun terlindungi dari efek buruk radiasi sinar UV tersebut.

Rekomendasi Baju Renang Anak Laki-Laki

Kottonville Bello Boys Swimwear With Hat

Kottonville menawarkan baju renang anak laki-laki dengan karakter hewan yang lucu dan menggemaskan. Anda bisa memilih hiu atau dinosaurus. Baju renang Kottonville memiliki model jumpsuit yang dilengkapi dengan tudung yang melindungi rambut si kecil dan membuatnya lebih gemas.

Model hiu hadir dengan desain tanpa lengan, dan lebih cocok untuk bayi. Sementara model dinosaurus memiliki lengan, dan aksen di bagian samping yang menyerupai duri di punggung dinosaurus. Model dino ini lebih cocok untuk anak umur 2 tahun ke atas.

Harga Rp. 150.000-350.000

Lee Vierra Ayaka Diving Short Sleeves

Baju renang dari Lee Vierra ini mengusung warna-warna earth tone yang cerah. Modelnya juga cukup simpel dan minimalis, yaitu sehelai jumpsuit lengan pendek dengan resleting di bagian depan yang menjulur hingga area di atas perut.

Tak hanya itu, Lee Vierra juga merancang baju renang yang satu ini agar tahan terhadap klorin dan juga dapat melindungi pemakainya dari sinar UV. Kulit anak pun jadi lebih terlindungi baik saat berenang di kolam renang, maupun saat berenang di pantai atau laut.

Harga Rp. 250.000-400.000

Lasona Kids Swimsuit Baju Renang Diving

Anda mencari baju renang Anda dengan lengan tangan dan kaki yang panjang? Sepertinya baju renang dari Lasona Kids inilah yang Anda cari. Produk ini memiliki desain sporty dengan warna dominan yang cenderung gelap, namun terdapat aksen terang di ujung-ujung lengan.

Baju renang ini dibuat dari material khusus, yang elastis sehingga dapat mengikuti gerak tubuh dan nyaman dipakai. Dilengkapi juga dengan lapisan anti UV, dan tahan terhadap kaporit yang dapat merusak tekstur baju. Bahannya juga ringan dan tidak terasa berat saat keluar dari kolam. Lasona Kids menyediakan rentang ukuran yang cukup luas, sampai ukuran untuk anak usia 11 tahun.

Harga Rp. 300.000-700.000

FlyKids Swimwear Set

Baju renang ini berbentuk floatsuit yaitu baju yang dilengkapi dengan pelampung. Uniknya, foam pelampung pada baju renang anak ini sudah didesain menyatu pada pakaian. Dengan pelampung ini, anak akan terhindar dari risiko tenggelam, sehingga lebih aman.

Baju renang ini tidak bulky seperti rompi pelampung, melainkan cukup lentur dan mampu mengikuti tubuh anak, sehingga memudahkannya untuk bergerak. Ada beberapa varian warna cerah cerah yang tersedia pada Flowswim ini, seperti biru, ungu, pink, dan cyan.

Harga Rp. 150.000-300.000

Mothercare Cool Crab Sunsafe

Baju renang Mothercare Cool Crab Sunsafe ini tampak ceria dan eye-catching. Sesuai dengan namanya, baju renang yang satu ini memiliki gambar crab atau kepiting berwarna oranye di bagian dadanya. Kepiting itu tampak lucu dengan kacamata berwarna biru. Sungguh gemas!

Baju renang ini dibuat dari kombinasi bahan nilon dan spandex yang elastis dan nyaman. Produk ini juga dilengkapi dengan pelindung pada resletingnya, yang dapat mencegah resleting dari macet dan risiko kulit terjepit. Baju ini bisa dipakai oleh bayi hingga anak usia 3 bulan.

Harga Rp. 400.000-700.000

Rekomendasi Baju Renang Anak Perempuan

Lee Vierra Kids Dino Diving

Lucu! Itulah kata pertama yang mungkin tersirat di benak Anda saat melihat baju renang ini. Anak perempuan Anda dapat tampil cute dengan baju renang berdesain dinosaurus nan unik ini. Karakter dino yang didesain dengan warna pink ini membuat si kecil terlihat menggemaskan. Tak ada lagi kesan sangar meski gigi-giginya tajam.

Swimwear anak perempuan ini dilengkapi dengan resleting pada bagian depan yang membuatnya praktis untuk digunakan. Hebatnya lagi, baju ini dilengkapi dengan pelindung terhadap sinar UV sehingga meminimalisir risiko kulit terbakar akibat sinar matahari.

Harga Rp. 300.000-500.000

KIDDIE SPLASH Baju Renang UV Protection

Si kecil bisa berenang dengan nyaman sekaligus tampil feminim dengan baju renang ini. Swimwear dari Kiddie Splash ini terdiri dari atasan berlengan panjang, dan bawahan rok dengan lapis celana pada bagian dalam. Nuansa pink dan aksen rainbow pada baju renang ini memberikan kesan yang ceria.

Swimwear ini dibuat dari material spandex yang elastis, dan dilengkapi dengan UV Protection UPF 50+ yang melindungi kulit si kecil dari paparan sinar matahari yang membakar kulit. Anak pun bisa bebas berenang!

Harga Rp. 150.000-250.000

Lasona Silver Kids Burqini Swimsuit

Anda ingin anak perempuan Anda memakai baju renang yang lebih tertutup? Menjawab keinginan Anda tersebut, Lasona pun mengeluarkan burqini untuk anak. Burqini adalah baju renang yang lebih tertutup, yang biasanya diperuntukkan bagi muslimah.

Burqini dari Lasona ini pun sudah satu set dengan tudungnya, sehingga Anda tidak perlu repot mencarinya lagi secara terpisah. Baju renang ini juga dilengkapi dengan resleting di bagian depan sehingga mudah digunakan. Burqini ini tersedia untuk anak usia 6 tahun ke atas, bahkan hingga ukuran anak perempuan remaja.

Harga Rp. 500.000-700.000

Arena Girls Swim Suit

Swimsuit bergaya klasik dari Arena ini sangat simpel dan sporty. Baju renang ini tidak memiliki lengan pada bagian tangan dan bagian kaki. Bagian belakang baju renang ini pun didesain dengan potongan strap yang unik dan anti geser.

Baju renang anak yang satu ini dibuat menggunakan bahan nylon dengan extra life lycra yang nyaman digunakan. Teksturnya yang lembut dapat meminimalisir risiko kulit teriritasi. Terdapat empat pilihan warna yang bisa Anda pilih, yaitu hitam, merah, navy blue, dan turquoise.

Harga Rp. 250.000-300.000

Summertide Girls Sleeveless Floatsuit

Swimwear berupa floatsuit ini sangat cocok untuk anak perempuan Anda yang baru belajar berenang. Soalnya, swimsuit ini dilengkapi dengan pelampung pada bagian badan. Si kecil pun bisa berenang tanpa takut tenggelam.

Baju renang ini juga didesain dengan renda kecil pada bagian pundaknya, sehingga memberikan kesan yang manis. Pelampungnya juga memiliki motif yang menggemaskan, seperti motif bunga atau hewan, sehingga si kecil pun jadi makin manis saat mengenakannya.

Harga Rp. 500.000-600.000
From our editorial team

Jangan Lepaskan Anak Dari Pengawasan Saat Berenang

Si kecil tidak hanya membutuhkan baju renang berkualitas seperti rekomendasi BP-Guide di atas saja. Yang terpenting adalah pengawasan dari orang tua. Apalagi jika anak masih di bawah 3 tahun, pastikan Anda selalu mendampinginya saat berenang.

Tag