Tertarik Ngevlog? Yuk Simak Tips dan Alat Ngevlog 2019 yang Kamu Butuhkan serta Rekomendasi BP-Guide

Tertarik Ngevlog? Yuk Simak Tips dan Alat Ngevlog 2019 yang Kamu Butuhkan serta Rekomendasi BP-Guide

Sumber gambar studiosini.com

Menjadi seorang vlogger merupakan profesi yang sangat menggiurkan saat ini. Kalau kamu tergiur jadi vlogger, intip dulu rekomendasi alat untuk bikin vlog kamu supaya jadi lebih menarik berikut ini!

Membuat Vlog, Aktivitas Kreatif yang Bisa Mendatangkan Penghasilan

Sumber gambar www.facetofeet.com

Jaman sekarang, jika kita kreatif bisa saja kita mendapatkan uang. Sajian video unik dan kreatif melalui vlog bisa mendatangkan penghasilan melimpah bagi pelakunya. Sekarang ini kegiatan vlogging alias video blogging menjadi kegiatan yang ditekuni sebagai sebuah profesi.

Dari anak kecil, remaja hingga orang tua, banyak yang melirik vlogging sebagai profesi yang menjanjikan. Unggah saja video menarik melalui paltform Youtube. Jika jumlah penontonnya banyak melalui adsense maka kamu bisa mendapatkan uang.

Tergoda untuk mulai ngevlog? Kamu wajib tahu dulu apa saja yang harus kamu persiapkan. Selain itu, kamu juga harus memiliki peralatan yang memadai untuk mendukung aktifitasmu. Simak terus BP-Guide untuk tahu rekomendasi alatnya ya.

Berpikir Membeli Alat Ngevlog? Perhatikan Hal Ini

Kamu akan Perlu Gadget dengan Kamera yang Bagus

Sumber gambar i0.wp.com

Untuk membuat vlog kamu bisa memulai dengan memakai ponsel berkamera. Kendati demikian, tentu saja kamera dari ponsel tersebut haruslah berkualitas cukup baik. Supaya saat merekam melalui kamera ponsel jadi lebih baik dan kualitasnya oke maka kamu perlu alat tambahan seperti stabilizer hingga tripod. Bagi yang masih pemula, sah saja jika ingin membuat video dengan alat seadanya. Namun jika kamu yang ingin hasil video lebih bagus, maka perekaman video bisa memakai camcoder compact, DSLR entry level, kamera mirrorles atau bahkan action cam GoPro.

Terkonsep dengan Cerita Menarik

Sumber gambar www.fluentu.com

Saat awal membuat vlog ada kalanya kamu gugup dan lain sebagainya. Rekam dulu video diri sendiri lalu saksikan berulang dan pelajari kekurangannya. Jika masih terkesan kaku, ada baiknya kamu menyiapkan script khusus pada setiap videonya. Dengan begini maka video kamu jadi lebih terkonsep dan lebih rapi hasilnya.

Kalau video kamu dilengkapi dengan cerita menarik, maka bisa jadi viewers kamu cepat meningkat. Pertimbangkan konten yang sekiranya memikat dan sedang banyak dicari para penonton saat ini. Jika konsepnya bagus dan isinya mengenai apa yang jadi perhatian masyarakat, tentu video kamu berpeluang mendapat banyak view dan juga like.

Gunakan Stabilizer

Untuk membuat video yang keren tentunya harus memakai kamera yang oke punya. Namun jika belum punya kamera keren yang harganya mahal juga tak masalah. Kamu bisa tetap merekam video memakai handycam ataupun kamera ponsel. Saat merekam video di luar ruangan, ada kalanya terjadi goncangan entah karena berlari dan ain sebagainya. Supaya video tidak goyang dan gambar bisa terekam stabil, kamu perlu menyiapkan stabilizer. Alat ini berfungsi mengurangi goncangan sehingga hasil gambar ataupun video bisa lebih fokus dan jernih.

Harus Tekun dan Sabar

Sumber gambar walkbyfaithministry.com

Semua ada awalnya, begitu juga untuk memulai aktivitas vlogging, pasti di awalnya kamu merasa canggung. Kendati demikian kamu bisa mengatasi hal itu dengan banyak berlatih supaya tidak lagi gugup. Intinya adalah kamu harus tekun dan juga sabar saat membuat vlog. Ada baiknya mempromosikan video melalui media sosial mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Selain itu ingat untuk selalu mengunggah video secara teratur supaya viewers kamu makin cepat bertambah.

Macam-macam Alat Ngevlog untuk Modal Jadi Vlogger K eren

Kamera

Sumber gambar www.tokopedia.com

Salah satu rekomendasi kamera dari kami yang bisa kamu gunakan yakni Sony Cyber-shot RX100 IV. Produk yang satu ini memiliki sensor kamera 20,1 MP dengan stacked CMOS sensor. Resolusi video maksimalnya adalah 4K ultra high definition. Kamera ini dilengkapi display LCD 3 inci.

Edisi terbaru ini bisa merekam video slow motion dengan hingga 1000 fps. Cocok digunakan untuk vlogging, kamera ini bagian LCDnya memiliki engsel sehingga bisa diarahkan ke depan dan mempermudah saat merekam. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 11.300.000.

Smartphone

Sumber gambar www.blibli.com

Samsung Galaxy Note 9 akan cocok menemani kegiatan kamu ngevlog. Produk ini hadir dengan kamera depan beresolusi 8MP. Bagian kamera depan ini mampu merekam video dengan resolusi 1440p. Sedangkan di bagian belakang ada kamera ganda dengan kombinasi 12MP dan kamera tele 12MP.

Smartphone dengan layar Super Amoled 6,4 inci ini layarnya didukung resolusi 1440 x 2960 pixel. Sudah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5, smartphone ini unggul di kelasnya. Produk dengan RAM 6 GB ini sudah dibekali memori internal dari 64 hingga 256GB. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 13.110.000.

Lighting

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ketika sedang merekam video, kita butuh pencahayaan yang pas. Saat ngevlog kamu butuh lighting namun tidak perlu yang terlalu berlebihan. Kamu cukup memakai lighting yang sekiranya bisa membuat viewer fokus dan bisa mengurangi shadow di wajah kamu.

Ulanzi Video Light DSLR Smartphone 96 LED W96 ini bisa jadi alat yang membantu kamu membuat vlog. Dengan 860 lumens untuk brightness, dijamin video kamu bisa tampak lebih menarik. Lighting berdimensi 70 x 30 x 100 mm ini akan membutuhkan 4 buah baterai AA. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 185.000.

Tripod

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tripod kerap kali disepelekan oleh pembuat video. Padahal tripod akan sangat membantu terutama kala sedang merekam di perjalanan atau di luar ruangan. Sekarang ini pilihan tripod sudah makin beragam dengan desain menarik guna memenuhi kebutuhan yang spesifik.

Kamu bisa membeli Gorilla Tripod yang mini dan praktis. Simple untuk dibawa kemana saja sehingga cocok untuk para vlogger. Ada 4 pilihan warna yang tersedia. Bagian kakinya fleksible sehingga kamu bisa memasang kamera di tempat-tempat yang memiliki sudut susah sekalipun. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 25.000.

Monopod

Sumber gambar tokokomputer007.com

Video blog yang berkualitas tentunya akan makin asyik untuk ditonton. Karenanya kala memproduksi vlog, sebaiknya kamu sediakan aneka alat pendukungnya. Salah satunya adalah monopod. Fungsinya adalah untuk stabilizer ketika sedang mengambil video agar hasil rekaman video tidak goyang.

2 in 1 Monopod Stabilizer ini bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini memiliki 2 fungsi yakni sebagai monopod dan stabilizer. Kamu bisa memakainya sebagai tongsis untuk mengambil gambar maupun video. Video yang kamu ambil juga bisa jadi lebih fokus. Mudah digunakan, desainnya sangat minimalis dan mudah dibawa. Dapatkan di Tokokomputer007 dengan harga Rp 122.000.

Microphone

Sumber gambar www.jakmall.com

Saat membuat vlog tentu suara kamu juga harus jelas terdengar. Maka jangan lupa untuk membeli mikrofon sebelum memulai merekam video vlog. Ada baiknya kamu membeli mic eksternal karena hasil suaranya jadi lebih baik. Kamu juga bisa merekam audio dari mikrofon eksternal plus disambungkan ke audio recorder portabel.

Taffware Mikrofon Kondenser Studio dengan Shock Proof Mount BM-800. Microphone yang satu ini dibuat khusus untuk keperluan rekaman seperti rekaman studio, rekaman musik dan kebutuhan rekaman profesional lainnya. Produk ini memiliki shockproof mount sehingga bisa menjadi tempat untuk menaruh microphone. Mic ini bisa dicolok dengan kabel XLR dan ujung satunya lagi dengan jack 3.5mm. dapatkan di Jakmall dengan harga Rp 120.700.

Clip on

Sumber gambar www.tokopedia.com

Microphone Clip on BOYA BY WM1 ini bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini didesain untuk DSLR, Mirrorless, Camcorder dan lain sebagainya. Portable mic ini akan mengoptimalkan kualitas suara kamu kala merekam video. Dengan pola pickup Omni, prduk ini memiliki cakupan 360 derajat penuh. Ada kabel 6 meter yang terintegrasi dengan colokan emas 3,5 mm sehingga memungkinkan untuk langsung terhubung ke smartphone dan kamera. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 180.000.

Laptop / Komputer

Sumber gambar www.blibli.com

Untuk membuat vlog yang menawan kamu juga butuh memiliki laptop atau komputer. Gunanya adalah untuk mengedit video supaya jadinya lebih bagus. Kamu bisa menambahkan after effect, memperbaiki kualitas gambar dan lain sebagainya dengan laptop.

Sebagai rekomendasi, ada Laptop Asus Zenbook Pro UHD UX501VW. Produk yang satu ini mengusung prosesor Intel Core i7-6700HQ Quad-core dan GPU NVIDIA GeForce GTX 960M 2 GB. Hadir dengan layar 15.6 inci UHD IPS, layarnya beresolusi 3840 x 2160 piksel. Laptop ini didukung dengan RAM 16 GB dan SSD PCIe G3x4 512 GB. Kamu bisa memakainya untuk mengedit video secara leluasa. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 27.360.000.

Software Editing Video

Sumber gambar larryjordan.com

Untuk tahap akhir dalam membuat vlog adalah mengeditnya. Sebelum dihadirkan pada para viewer, kamu patut mengutak atik video yang kamu buat dulu. Ini supaya videonya jadi makin menarik untuk ditonton. Kamu bisa menggunakan program NLE yang ada di dalam komputer untuk memotong konten rekaman.

Ada banyak aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video. Kamu bisa memakai Adobe Premiere Pro, Apple Final Cut Pro X dan Sony Vegas Pro. Jika ingin yang lebih simple kamu bisa memakai Adobe Premiere Elements atau Apple iMovie. Sementara kalau kamu ingin membuat video lebih atraktif, kamu bisa menyisipkan musik dengan memakai tool Jukedeck.

From our editorial team

Vlogging, Aktivitas Seru untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Perkembangan teknologi memunculkan banyak profesi baru yang menjanjikan. Salah satunya adalah video blogging yang sekarang ini sedang banyak digemari masyarakat. Aktivitas mengunggah video unik dan menarik ini bisa mendatangkan untung jika dilakukan dengan benar. Tertarik mendapatkan penghasilan tambahan dari vlogging? Simak artikel BP-Guide di atas, sekaligus untuk tahu alat apa saja yang kamu perlukan untuk vlogging ya!

Tag