10 Kursi Outdoor untuk Melengkapi Ruang Terbuka Anda (2022)

10 Kursi Outdoor untuk Melengkapi Ruang Terbuka Anda (2022)

Tidak sembarang kursi dapat Anda letakkan untuk menghiasi teras rumah. Dibutuhkan pemilihan material yang tepat hingga cara penanganan baik agar kursi teras Anda tahan lama dan tidak menguras kantong!

Alasan Mengapa Konsep Ruang Terbuka Menjadi Pilihan Banyak Orang

Di era modern ini tak hanya perkotaan, seluruh penjuru dunia pun akan setuju bahwa hampir mustahil menemukan tempat sunyi barang sekadar untuk menenangkan diri. Rumah pun terkadang bukan menjadi tempat terbaik untuk mencari kesunyian mengingat padatnya penduduk dan meningkatnya pembangunan jalan. Riuh kendaraan, bunyi alat elektronik, hingga aktivitas manusia sudah menjadi konsumsi pendengaran sehari-hari. Sehingga tidak aneh apabila banyak orang mendambakan kebebasan serta ketenangan dengan menyisihkan bagian rumah untuk area outdoor.

Ruang terbuka dapat memberikan kesan luas pada rumah meskipun sebenarnya tempat yang Anda miliki tidak terlalu luas. Area terbuka ini juga menjadi tempat yang tepat untuk melakukan kumpul keluarga dan menghabiskan waktu dengan mengobrol atau bermain bersama. Selain itu, berbicara mengenai kesehatan mental, udara segar dan juga paparan sinar matahari yang meningkatkan vitamin D pada tubuh Anda menyebabkan perasaan menjadi lebih baik sehingga Anda terhindar dari stress.

Gunakanlah Furniture yang Sesuai Terutama Untuk Diletakkan Di Luar Ruangan

Berbagai manfaat dan nilai estetika ruang terbuka yang dapat meningkatkan nilai jual rumah Anda memang menggiurkan. Namun, menata ruang terbuka adalah hal yang sulit dilakukan. Pasalnya, Anda tidak dapat asal menempatkan furnitur atau peralatan rumah hanya menilai dari estetikanya saja untuk diletakkan di luar ruangan.

Pemilihan furnitur ini harus dilakukan secara hati-hati apabila Anda tidak ingin terlihat usang dan rusak yang justru akan merusak nilai estetika rumah Anda. Hal yang penting dan harus selalu Anda ingat untuk merancang ruang outdoor, Anda tidak boleh meletakkan furniture indoor di luar ruangan. Alasannya sederhana, karena furnitur indoor tidak dirancang untuk menghadapi berbagai paparan langsung faktor cuaca.

Meskipun Anda membeli furnitur berkelas, mahal, dan berkualitas sekalipun, apabila peruntukannya memang di dalam ruangan tetap saja tidak bisa Anda gunakan untuk di luar ruangan. Tetapi jika Anda memaksa, dijamin uang Anda akan terkuras habis karena usia furnitur yang tidak akan bertahan lama. Berikut merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi furniture indoor Anda tidak bisa diletakkan di luar ruangan.

Furniture Indoor Tidak Tahan dengan Paparan Hujan Frekuensi Tinggi dan Kelembaban Tinggi

Indonesia merupakan negara tropis yang dikenal dengan iklimnya yang cenderung lembap dan basah sehingga hujan seringkali terjadi. Dalam hal tertentu, terutama konsep area outdoor hal ini dapat merugikan karena air hujan dan udara lembab dapat menyebabkan furnitur cepat rusak. Jamur dan lumut menyukai tempat yang lembab dan basah, sehingga besar kemungkinan organisme hidup ini tumbuh dan merusak furnitur.

Terutama jika Anda meletakkan furniture indoor di luar ruangan karena material furniture indoor umumnya adalah bahan organik, seperti press yang menjadi tempat ideal bagi lumut dan jamur untuk hidup. Bukan berarti, furnitur berbahan besi selalu menjadi pilihan yang baik.

Sudah tidak asing bahwa besi yang terpapar dengan air dan oksigen akan menghasilkan reaksi, sehingga mengakibatkan adanya korosi atau pengkaratan. Hal ini menyebabkan furnitur Anda lebih rapuh dan berkurang intensitas warnanya. Air hujan dapat diserap furnitur pada bagian berbeda dan mengering dengan kecepatan yang berbeda pula, hal ini dapat menyebabkan furnitur Anda melengkung dan seiring waktu menyebabkan peralatan Anda tak lagi kokoh.

Furnitur Indoor Sensitif Terhadap Suhu dan Cahaya Matahari

Selain dikenal dengan kelembaban udara yang cukup tinggi, jangan lupakan Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dimana hampir sebagian besar didominasi oleh musim panas. Sama halnya dengan paparan air hujan, temperatur yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan warna furnitur Anda memudar dan tak lagi berkilau.

Kerugian lainnya dari meletakkan furnitur di luar ruangan adalah terkena perubahan drastis suhu dari tinggi hingga rendah. Hal ini menyebabkan peralatan akan memuai atau menyusut sehingga sangat mungkin apabila furnitur pada akhirnya terlihat retak atau terbelah.

Pilihan Material/ Bahan yang Baik Untuk Diletakkan Di Luar Ruangan

Setelah mengetahui beberapa faktor yang dapat merusak furnitur Anda apabila diletakkan di luar ruangan, Anda harus menjadi lebih selektif dan pintar memilih bahan furnitur. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan furnitur dalam jangka waktu yang cenderung panjang atau dalam artian lain, Anda dapat menyimpan uang Anda dari menghabiskannya untuk hal diluar dugaan! Berikut merupakan beberapa material furnitur outdoor yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk memilih peralatan Anda!

Kayu Jati

Ada harga, ada rupa memang bukanlah sebuah peribahasa belaka. Kayu jati adalah contoh konkret yang menggambarkan keindahan yang didapatkan apabila Anda mengorek isi kantong lebih dalam. Kecantikan ukiran dan pola kayu yang disajikan kayu jati memang bukan isapan jempol belaka. Selain itu, kekuatan kayu jati mampu bertahan hingga puluhan tahun sehingga bukan menjadi masalah apabila menginvestasikan uang Anda untuk furnitur tahan lama berbahan jati, bukan?

Furnitur berbahan jenis jati cocok diletakkan di luar ruangan karena kayu jenis ini memiliki kemampuan menolak air sehingga kayu tidak mudah mengembang atau menyusut. Selain itu, kayu jenis ini tidak mudah ditumbuhi serangga dan tidak rentan membusuk karena adanya minyak alami yang dihasilkan oleh kayu jati. Kelebihan lain menggunakan furnitur dengan material kayu jati adalah perawatannya yang relatif mudah dan cukup dibersihkan dengan sabun dan air.

Shorea/ Meranti

Tak kalah populer dari kayu jati, kayu meranti menjadi pilihan bahan furnitur yang banyak diminati. Meskipun lebih berat dan lebih keras dibandingkan dengan kayu jati, kayu meranti memiliki kelebihan tersendiri yang menjadikannya cocok untuk diletakkan di luar ruangan.

Paparan panas pada kayu meranti tidak menyebabkan furnitur retak dan justru meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas kayu. Kelebihan lain dari kayu meranti adalah kandungan minyak alami yang melindungi kayu dari serangan serangga yang menyebabkan pelapukan. Selain itu, harga kayu meranti lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu jati.

Stainless Steel

Furnitur dengan bahan stainless steel banyak dijadikan pilihan furnitur karena kekokohannya untuk menahan beban yang berat sekalipun. Stainless steel memiliki kepadatan yang tinggi sehingga tidak mudah penyok. Selain itu, material ini terkenal dengan anti karat dan tahan terhadap suhu ekstrem.

Adapun material lain yang dapat Anda gunakan sebagai referensi furnitur ruangan outdoor dengan ketahanan yang sama adalah alumunium, besi tempa, resin sintetik, kain akrilik, dan kain poliester.

Tips Merawat Furnitur Outdoor Agar Tetap Awet

Meskipun Anda memiliki furnitur dengan bahan yang kuat dan tahan lama, tidak ada seorangpun yang dapat menduga seberapa ekstrem iklim saat ini. Apabila Anda tidak melakukan perawatan furnitur dengan baik, sangat mungkin terjadi furnitur yang lebih cepat rusak dan rapuh dibandingkan dengan usia seharusnya. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk merawat furniture outdoor kesayangan Anda!

  • Bersihkan furnitur secara berkala!
    Sudah tidak asing lagi untuk diketahui bahwa membersihkan furnitur menjadi hal yang paling esensial untuk menjaga furnitur tetap awet. Debu dan kotoran dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur dengan mengikis lapisan pelindung. Ketika furnitur diletakkan di luar ruangan, tentu saja potensi debu dan kotoran terakumulasi semakin tinggi. Hal ini dapat menyebabkan furnitur kehilangan warnanya.
  • Jangan terlalu lama membiarkan furnitur terpapar udara langsung!
    Ada baiknya ketika tidak digunakan, Anda menyimpan furnitur ke dalam rumah untuk memastikan furnitur bertahan lebih lama. Namun, apabila Anda tidak memiliki cukup ruang di dalam rumah untuk menyimpan furnitur, Anda dapat meletakkannya di luar dan menutupnya dengan penutup tahan air. Selain itu, baik untuk memastikan penutup terikat dengan baik pada furnitur sehingga tidak mudah terbang terbawa angin.
  • Jangan biarkan furnitur terpapar matahari langsung!
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sinar matahari langsung dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur. Maka dari itu, letakkanlah furnitur Anda di bawah bayangan pohon atau pelindung lain seperti payung atau teras yang tidak terpapar matahari langsung. Anda juga bisa menggunakan penyemprot anti matahari dan air untuk menghindari furnitur menguning dan memudar.
  • Gunakan pelindung yang tepat untuk setiap material berbeda!
    Furnitur berbahan kayu akan lebih baik dilindungi dengan menggunakan polyurethane. Senyawa yang disingkat PU ini dapat melindungi kayu dari matahari dan dapat mempercantik pola furnitur berbahan kayu Anda. Paste wax metalic bagus digunakan untuk melindungi furnitur berbahan besi dan berfungsi sama seperti sunscreen pada kulit.
  • Perhatikan penggunaan zat pembersih untuk furnitur Anda!
    Kandungan dan material dari setiap furnitur sangat beragam, untuk itu penanganan pembersihannya berbeda-beda. Gunakan tipe pembersih yang sesuai untuk setiap material untuk mengurangi potensi merusak furnitur.

Rekomendasi Kursi Outdoor Cantik dan Serbaguna!

Kursi Lipat Camping

Kursi Lipat Camping sesuai untuk Anda yang sering bepergian untuk melakukan rekreasi atau memancing bersama keluarga. Kursi ini mudah untuk dibawa kemanapun dan tidak memakan tempat banyak karena dapat dilipat.

Selain itu, kursi lipat ini ringan sehingga tidak sulit untuk membawanya kemanapun. Menariknya lagi, Anda bisa memilih motif yang diinginkan mulai dari berbagai warna polos hingga motif eksentrik karena bahan pokok yang terbuat dari kain poliester.

Harga Rp. 55.000-185.000

Kursi Lipat Teleskopik

Kursi Lipat Teleskopik merupakan rekomendasi kursi outdoor lainnya untuk Anda yang hobi berpetualang. Kursi lipat jenis ini berukuran sangat kecil dan portable sehingga Anda dapat memasukkannya ke dalam tas.

Selain itu, dengan kursi lipat ini Anda bisa menyesuaikan ketinggian kursi sehingga cocok digunakan baik untuk anak-anak hingga dewasa. Untuk kekuatannya Anda tidak perlu khawatir, meskipun berukuran kecil, kursi ini mampu menahan bobot hingga lebih dari 100kg! Anda juga dapat memilih variasi warna yang sesuai dengan selera Anda!

Harga Rp. 72.000-100.000

Bean Bag/Lazy Bag Waterproof

Bean Bag/Lazy Bag Waterproof adalah produk yang belakangan banyak peminatnya. Produk menyerupai bantal ini dapat Anda gunakan sebagai kursi yang pas digunakan untuk bersantai menikmati cahaya matahari pagi atau beristirahat pada sore hari. Bean bag dapat digunakan untuk sekedar duduk, bekerja, atau tidur karena bantal ini akan menyesuaikan bentuk dan postur punggung Anda sehingga membuat Anda nyaman juga rileks.

Lazy bag ini tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi warna, Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera Anda. Namun, untuk meletakkannya di luar ruangan pastikan untuk memilih produk yang bersifat waterproof atau anti air dan hindari warna yang sangat terang seperti putih.

Harga Rp. 75.000-500.000

Kursi Bambu

Kursi Bambu sesuai bagi Anda yang ingin membangun suasana klasik dan sederhana. Warna coklat gelap yang dihasilkan dari furnitur ini sangat serasi jika disandingkan dengan pepohonan rindang dan tanaman hijau lainnya. Dengan perpaduan ini, suasana tenang pedesaan bisa Anda dapatkan dan membuat suasana hati lebih rileks.

Meskipun harganya yang cenderung mahal, kursi bambu ini layak Anda coba karena ketahanannya yang cukup lama. Selain kursi, Anda juga bisa mendapatkan satu set penuh meja dan kursi bambu untuk mempercantik halaman Anda!

Harga Rp. 200.000-875.000

Kursi Jati

Kursi Jati tidak pernah gagal meningkatkan estetika setiap sudut ruangan Anda termasuk luar ruangan. Gaya klasik dan minimalis yang diberikan furnitur berbahan jati ini sesuai untuk melengkapi halaman Anda.

Meskipun harga yang cenderung mahal dibandingkan dengan furnitur lain, kursi jati menawarkan keindahan dan ketahanan yang tak lekang dimakan waktu, asalkan Anda dapat merawatnya dengan baik. Selain itu, ukiran pada furnitur jati juga sangat otentik dan tidak mudah ditemukan dipasaran.

Harga Rp. 1.000.000-4.000.000

Kursi Kayu Meranti

Kursi Kayu Meranti merupakan jawaban bagi Anda yang menginginkan ketahanan furnitur seperti kayu jati namun tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli furnitur berbahan kayu jati. Kayu meranti atau shorea banyak digunakan karena ketahanannya.

Jika Anda mengingat meja dan kursi kayu sewaktu Anda bersekolah, maka kayu tersebut adalah kayu meranti. Furnitur berbahan ini dapat memberikan kesan klasik dan tahan dari serangan rayap atau serangga sejenis.

Harga Rp. 150.000-400.000

Kursi Besi

Kursi Besi mampu memberikan kesan berbeda pada halaman Anda. Melalui variasi bentuk dan warnanya, Anda bisa mendapatkan kesan minimalis, klasik, atau elegan. Kursi ini bagus untuk mempercantik halaman Anda.

Namun penting untuk menyimpan kursi ini di tempat yang teduh dan tidak terpapar matahari atau air hujan secara langsung karena bahan ini cenderung mudah keropos karena berkarat atau mudah panas jika terkena matahari langsung yang berbahaya jika digunakan pada siang hari.

Harga Rp. 300.000-5.000.000

Kursi Aluminium

Kursi Aluminium cocok untuk Anda yang mendambakan kekuatan kursi seperti besi dengan harga yang lebih terjangkau. Material aluminium terkenal akan ketahanannya terhadap karat sehingga cocok untuk diletakkan di luar ruangan.

Meskipun bentuknya tidak bervariasi, namun produk ini sangat fungsional dan baik digunakan jika Anda memerlukan furnitur ini dalam jumlah yang banyak dan harga yang terjangkau. Tetap berhati-hati untuk tidak menggunakan kursi ini pada siang hari yang sangat terik tanpa perlindungan apapun ya!

Harga Rp. 200.000-600.000

Kursi Rotan

Kursi Rotan mampu meningkatkan nilai estetika halaman Anda dengan warnanya yang menggugah juga bentuknya yang sangat bervariasi. Rakitan pada rotan terkenal kuat sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan ketahanannya. Banyaknya variasi bentuk pada kursi jenis ini, memungkinkan Anda untuk memilih gaya yang sesuai dengan selera.

Mulai dari gaya minimalis, mewah, hingga klasik dengan pemilihan warna yang beragam juga dapat Anda sesuaikan. Berhati-hati untuk memastikan peletakkan kursi ini di area teduh dan terhindar dari sinar dan air hujan secara langsung.

Harga Rp. 400.000-1.200.000

Kursi Plastik

Kursi Plastik menawarkan harga yang murah, ketahanan, serta kemudahan untuk dipindahkan yang lebih baik dibandingkan dengan produk kursi lainnya. Produk ini sesuai untuk Anda yang memiliki anggota keluarga yang sangat banyak dan mengadakan acara besar di halaman rumah tanpa harus mengeluarkan budget terlalu banyak.

Selain mudah untuk dipindahkan dan ditumpuk sehingga menghemat lebih banyak tempat, Anda juga tidak perlu khawatir dengan nilai estetika halaman Anda karena dewasa ini beragam desain dan warna modern pada kursi plastik dibuat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Harga Rp. 65.000-300.000
From our editorial team

Sesuaikan Kursi Outdoor dengan Tema Ruang

Itulah beberapa kursi outdoor menarik yang bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda. Sesuaikan kursi outdoor dengan area yang akan digunakan untuk meletakkan kursi. Anda bisa menyesuaikan model kursi dengan tema outdoor di rumah Anda, sehingga menampilkan suasana santai yang nyaman untuk setiap penghuninya.

Tag