Mau Beli Mouse Gaming, Tapi Bujet Terbatas? Ini Dia 10 Rekomendasi Mouse Gaming Berkualitas dengan Harga Terjangkau (2020)

Mau Beli Mouse Gaming, Tapi Bujet Terbatas? Ini Dia 10 Rekomendasi Mouse Gaming Berkualitas dengan Harga Terjangkau (2020)

Apakah kamu hobi bermain game online? Bagi para gamer, mouse gaming adalah piranti yang wajib dimiliki untuk menunjang permainan. Namun, mouse gaming dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan mouse biasa. Tak perlu khawatir, kini ada beragam produk mouse gaming yang hadir dengan harga ekonomis. Penasaran? Yuk, simak daftarnya berikut!

Mouse Gaming Kini Harganya Semakin Terjangkau

Mouse adalah item pelengkap dalam pengoperasian komputer yang memudahkan pergerakan kursor. Di era digital ini, mouse menjadi perangkat wajib untuk bermain game, sejalan dengan semakin banyaknya penggemar eSports. Disebut dengan mouse gaming, mouse ini dirancang dengan tambahan tombol dan fitur khusus lainnya untuk menunjang aktivitas gaming.

Tak hanya digunakan oleh para pro gamer, produk ini juga banyak diminati pemilik hobi game yang ingin merasakan fitur-fitur unggulan dari mouse gaming. Biasanya mouse gaming dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dibanding mouse biasa, tergantung dengan model dan fitur yang dimiliki.

Jenis Mouse Gaming

Massively Multiplayer Online (MMO)

Sumber gambar https://ngelag.com/

Berbicara tentang mouse gaming, ada beberapa jenis mouse gaming yang bisa dipilih oleh penggemar eSports. Pertama adalah Massive Multiplayer Online (MMO). Mouse ini memiliki banyak tombol yang dapat diprogram untuk melakukan perintah tertentu. Mouse gaming ini cocok dipakai untuk memainkan game Dota, Conquest 3 Kingdoms, World Of Warcraft, dan ragam game lainnya.

First Person Shooter (FPS)

Sumber gambar https://ngelag.com/

Jenis mouse berikutnya adalah First Person Shooter (FPS) yang didesain untuk menunjang kecepatan gerakan. Meski demikian, mouse ini telah dilengkapi dengan adjustable DPI yang membuat kecepatan kursor dapat disesuaikan agar tak kehilangan kendali.

Biasanya mouse gaming ini juga dibekali dengan sniper button untuk aktivitas membidik yang presisi. Mouse gaming ini cocok dipakai untuk memainkan game FPS, seperti Counter Strike, Call of Duty, Battlefield, Point Blank, dan masih banyak lagi.

Real Time Strategy (RTS)

Sumber gambar https://ngelag.com/

Bingung memilih jenis mouse gaming untuk meminkan game favoritmu? Kamu bisa memilih mouse Real Time Strategy (RTS) yang cocok digunakan untuk game bersifat universal. Mouse gaming ini tidak memiliki banyak tombol, namun memiliki kenyamanan ketika diklik, begitu pula dengan scroll button-nya. Meski demikian, mouse gaming ini paling cocok digunakan untuk memainkan game RTS, seperti Age of Empire.

Trik Memilih Mouse Gaming yang Sesuai Kebutuhan

Pertimbangkan Cara Menggenggam Mouse

Sebelum membeli mouse gaming, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilihnya. Pertama, pertimbangkan cara menggenggam mouse yang hendak kamu pilih. Dengan mempertimbangkan hal ini, kamu bisa memilih mouse yang nyaman digenggam.

Perlu diketahui, ada tiga cara menggenggam mouse, yaitu palm grip, tip grip, dan claw grip. Ketiganya dilakukan sesuai selera dan kenyamanan masing-masing. Dengan demikian, pilihlah mouse yang cocok dengan cara menggenggammu.

Perhatikan Sensitivitas (DPI) Mouse Gaming

Selanjutnya, perhatikan pula sensitivitas (DPI) mouse gaming yang hendak kamu beli. Sensitivitas pada mouse berarti kamu hanya perlu membutuhkan sedikit gerakan untuk memindahkan kursor di monitor. Semakin tinggi sensitivitasnya, akan semakin memudahkanmu dalam bermain game.

Tombol yang Bisa Diprogram

Dalam memilih mouse gaming, pastikan produk yang hendak kamu pilih telah dilengkapi dengan tombol yang bisa diprogram.

Fitur ini memastikan kamu bisa membuat beberapa shortcut atau fungsi pada tombol mouse. Sehingga serangkaian keystroke dapat digantikan dengan sekali klik tombol mouse untuk mempersingkat waktu.

Tingkat Resolusi Dot Per Inch

Aspek selanjutnya yang perlu diperhatikan kala membeli mouse gaming adalah tingkat resolusi Dot Per Inch (DPI). Perlu diketahui, resolusi DPI berpengaruh pada kelincahan mouse gaming yang digunakan.

Terkait dengan sensitivitas sensor terhadap gerakan, kini banyak mouse gaming yang memiliki pengaturan resolusi DPI hingga beberapa tingkatan untuk menunjang pemakaian.

Pilih Sensor Laser atau Optik?

Mouse gaming memiliki dua sensor yang biasa ditanam, yaitu sensor optik dan sensor laser. Kedua sensor ini memberikan pengaruh yang berbeda pada performa mouse.

Sensor optik memerlukan bantuan mouse untuk bekerja maksimal dan memiliki level DPI mencapai 8000 DPI. Sedangkan, sensor laser bisa bekerja maksimal tanpa mouse pad serta memiliki level DPI mencapai 16.000 DPI. Meski demikian, harga sensor optik lebih murah dibanding mouse laser.

Rekomendasi Mouse Gaming dengan Harga Murah dan Kualitas Jempolan

Rexus Xierra S5 Aviator

Mouse gaming memang menjadi item wajib bagi para pencinta game. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Rexus Xierra S5 Aviator. Mouse gaming ini didesain elegan dan ergonomis dengan cat dan efek logam nikel.

Rexus Xierra S5 Aviator hadir dengan berbagai keunggulan, mulai dari kontrol scroll presisi hingga fungsi hemat baterai otomatis. Mouse gaming yang cocok untuk para profesional ini dilengkapi fitur wireless mouse dengan kecepatan mencapai 2.4 GHZ. Memiliki akurasi dan presisi tinggi, performanya semakin unggul dengan pengaturan tingkat kecepatan hingga 1600 DPI.

Harga Rp. 91.000-99.000

HP M100

Sering kram saat menggunakan mouse untuk bermain game? Bisa jadi mouse yang kamu gunakan memiliki desain yang kurang ergonomis. HP M100 adalah solusi bagi kamu yang menginginkan mouse gaming dengan desain praktis dan ergonomis tanpa ujung-ujung tajam demi kenyamanan kala bermain.

Mouse HP M100 memiliki performa optimal dengan penargetan yang akurat dan kecepatan maksimum. Produk ini hadir menghadirkan kecepatan tinggi hingga 1600 DPI yang bisa disesuaikan dengan cepat. Dibekali dengan lampu warna-warni pada membuat produk ini juga semakin menarik.

Harga Rp. 34.900-53.000

E-Blue Cobra

Baru terjun ke dunia gaming, kamu perlu memilih mouse yang tepat untuk pemula. Salah satu produk yang direkomendasikan adalah E-Blue Cobra. Mouse gaming ini dirancang khusus dengan fungsi dasar, sehingga tidak membingungkan pemakainya.

Didesain ergonomis, produk ini juga dibekali sensor optik red wave yang mampu melacak dengan tepat. E-Blue Cobra dilengkapi dengan tiga opsi sensitivitas, yaitu 400, 800, dan 1600 DPI yang bisa disesuaikan dengan gaya bermain. Produk ini menggunakan konektor USB dalam pengoperasiannya dan kompatibel pada Windows, Mac, dan Linux.

Harga Rp. 85.000-240.000

Logitech G102 Prodigy

Logitech G102 Prodigy adalah mouse gaming yang menghadirkan tingkat akurasi tinggi dengan sensor 200-8000 DPI. Hadir dengan performa yang lebih baik, produk ini telah dilengkapi dengan sensor terbaru yang diproduksi di Swiss. Dengan performa ini membuatmu mampu melatih otot jari dan perasaan untuk membidik dengan tepat.

Mouse gaming ini juga didesain klasik dan ringan sehingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Logitech G102 Prodigy dibekali dengan teknologi lightsync yang menyediakan pencahayaan RGB terbaru. Fitur-fitur terbaiknya membuat mouse ini menjadi salah satu produk yang difavoritkan para profesional di dunia eSports.

Harga Rp. 205.000-225.000

Tt eSports Saphira

Tt eSports Saphira adalah mouse gaming berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini memiliki built-in memori onboard, sehingga bisa membuatmu bebas bermain tanpa keterbatasan perangkat keras. Beratnya pun ideal, sehingga nyaman digenggam.

Keistimewaan produk ini terletak pada sensor optik yang kuat dan akurat, sehingga dapat melacak gerakan cepat. Dibekali dengan lightsync RGB membuat produk ini semakin menarik.

Harga Rp. 580.000

Redragon M601

Agar nyaman digunakan, mouse gaming dengan desain ergonomis lebih banyak dicari. Salah satu produk ergonomis yang bisa dipilih adalah Redragon M601. Produk ini memiliki feet pads berbahan durable teflon yang membuatnya mampu melakukan sliding dengan cepat dan baik.

Redragon M601 dibuat dari bahan ABS berkualitas dengan kabel serat jalinan kekuatan tinggi, sehingga awet dipakai. Dirancang dengan 4 penyesuaian DPI, kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Produk yang memiliki 5 tombol untuk program 5 profil memori ini kompatibel pada sistem operasi Windows, Vista, dan XP.

Harga Rp. 161.500-259.000

Havit HV-MS672

Havit HV-MS672 adalah mouse gaming berikutnya yang didesain ergonomis dengan bentuk V shape yang nyaman untuk pengguna tangan kanan atau kiri. Dengan kabel sepanjang 1,5 meter membuat penggunanya juga lebih leluasa dalam bermain.

Mouse keluaran Logitech ini memiliki 4 tingkatan resolusi, yaitu 800, 1200, 2000, dan 2800 DPI. Produk ini juga dibekali 6 tombol produktivitas dan efisiensi yang mudah digunakan. HAVIT HV-MS672 kompatibel dengan sistem operasi Windows dan Mac.

Harga Rp. 82.500-113.500

Cougar Minos X3

Apakah kamu seorang profesional gamer? Cougar Minos X3 bisa menjadi mouse gaming pilihan untuk kegiatan eSports-mu. Produk ini dibekali dengan sensor PMW 3310 dengan maksimum akselerasi 30G.

Tak hanya itu, produk ini juga menghadirkan 4 tingkatan pengaturan resolusi, yaitu 400, 800, 1600, dan 3200 DPI yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Mouse gaming dengan interface USB plug ini komptibel dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan 10.

Harga Rp. 315.000-392.000

Logitech MX518

Logitech MX518 dalah salah satu mouse gaming yang populer di kalangan para pemain eSport. Menghadirkan kenyamanan klasik, produk ini hadir dengan kinerja yang baik sesui standar masa kini. Mouse ini hadir dengan kecepatan maksimum 400IPS dan kecepatan akselerasi maksimum 40G.

Mouse keluaran Logitech ini menggunakan sensor HERO 16K. Menariknya, kamu bisa menyimpan hingga 5 profil berbeda dalam satu mouse secara langsung. Resolusinya pun bisa diatur sesuai kebutuhan dalam rentang 100-16.000 DPI.

Harga Rp. 575.000-664.278

Fantech W4

Rekomendasi mouse gaming yang terakhir adalah Fantech W4. Produk ini memiliki fitur-fitur menarik, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau. Dilengkapi sensor optik berwarna biru dengan kualitas tinggi membuatnya semakin akurat digunakan.

Resolusinya pun bisa disesuaikan hingga 2000 DPI, sehingga lebih nyaman. Produk ini bekerja pada frekuensi 2,4 GHz versi 2 yang membuatnya tidak akan mengganggu perangkat wireless lain. Didesain futuristik, mouse ini dijamin tidak akan membuatmu bosan kala menggunakannya.

Harga Rp. 48.500-76.000
From our editorial team

Beli Mouse Gaming Sesuai dengan Bujet

Mouse gaming adalah salah satu benda wajib bagi para gamer. Maka dari itu, banyak yang membeli produk ini secara impulsif tanpa mempertimbangkan harga. Padahal, banyak mouse gaming berkualitas yang bisa dibeli sesuai dengan bujet. Daripada hanya menghabiskan dana pada mouse gaming, kamu bisa menyusun bujet untuk melengkapi perangkat gaming, misalnya monitor, headphone, hingga keyboard.