Penampilan Makin Fashionable dengan 8 Rekomendasi Topi Wanita Kekinian Sesuai Bentuk Wajah (2022)

Penampilan Makin Fashionable dengan 8 Rekomendasi Topi Wanita Kekinian Sesuai Bentuk Wajah (2022)

Topi memang aksesoris yang bukan barang wajib, tapi item ini dapat membuatmu terlihat makin fashionable jika dikenakan. Ada beberapa jenis topi yang dapat digunakan untuk acara tertentu. Untuk kamu yang ingin tampil makin stylish dengan topi BP-Guide sudah merangkum 10 topi wanita kekinian yang cocok untuk dikenakan. Simak sampai habis ya!

Makin Keren dan Kepala Tetap Terlindungi dengan Topi Stylish

Tidak hanya berfungsi sebagai pelindung rambut atau mata dari silaunya sinar matahari langsung, topi juga dapat menjadi aksesori yang dapat menyempurnakan penampilan kamu. Banyak ragam jenis topi yang disesuaikan dengan fungsinya. Baik itu topi yang hanya digunakan untuk jalan-jalan atau hangout main bersama teman, topi kerja, hingga topi untuk traveling.

Dunia fashion pun menjawab kebutuhan itu dengan memberikan trend fashion topi yang semakin meluas. Tidak heran jika para wanita memiliki alasan dibalik adanya beberapa jenis topi yang dimiliki untuk koleksi. Selain dapat membuat penampilan terlihat berbeda dan semakin stylish, topi juga akan membuat look kamu lebih elegan dan menarik.

Tips Memilih Topi Sesuai Bentuk Wajah

Bentuk Wajah Bulat

Untuk kamu yang memiliki wajah bulat atau wajah lebar dengan dagu yang membulat sangat tidak disarankan untuk memakai topi yang juga berbentuk bulat. Beberapa topi bulat tersebut seperti topi bowler ataupun beanie. Hal ini dikarenakan topi model tersebut akan semakin menegaskan kesan bulat wajah kamu.

Ada baiknya untuk memilih topi jenis fedora yang memiliki bentuk melebar. Alasannya topi ini akan membuat wajahmu terlihat lebih ramping dan panjang. Topi fedora akan memberikan kesan tegas dan gagah pada penampilanmu.

Bentuk Wajah Oval

Keuntungan dari pemilik wajah berbentuk oval adalah kecenderungan untuk terlihat cocok menggunakan hampir semua model topi. Hal yang perlu lebih dipertimbangkan hanyalah bentuk dan ukuran yang sesuai.

Satu model topi yang sangat disarankan untuk kamu yang berwajah oval adalah bowler hat. Sedangkan alternatif model lainnya yang dapat dipilih adalah tapi beanie maupun topi kupluk yang berbahan rajutan. Hindari untuk menggunakan topi dengan desain yang berukuran besar karena akan membuat wajahmu tertutup atau terkesan tenggelam.

Bentuk Wajah Hati

Wajah bentuk hati hampir memiliki persamaan dengan bentuk wajah oval. Perbedaannya hanya terletak pada bagian dagu. Orang berwajah hati memiliki dahi yang lebih lebar dan bagian dagu yang lebih meruncing.

Pemilik wajah berbentuk hati akan lebih baik untuk menggunakan topi yang menyamarkan kelebaran dahi dan tidak membuat dagu terlihat semakin panjang dan tajam. Topi berbentuk cloche hat akan mampu menyamarkan dahi lebar dan ketajaman dagu.

Bentuk Wajah Persegi

Wajah bentuk persegi memiliki garis rahang yang tegas dan raut muka yang terkesan memiliki sifat galak. Untuk itu pilih topi yang akan membuat wajah terlihat lebih lembut dan sudut tegas di wajah tertutupi.

Ada baiknya untuk memilih topi dengan pinggiran berbentuk bulat seperti floppy, bowler, dan boater hat. Topi jenis baseball cap juga akan menjadi alternatif pilihan yang cocok karena memberikan kesan yang lebih sporty dan dinamis.

Bentuk Wajah Panjang

Pemilik bentuk wajah panjang membutuhkan jenis topi yang membantu menyamarkan bentuk dagu yang memanjang agar dapat membuat wajah lebih terlihat pas dan proporsional. Jenis topi yang disarankan adalah topi boater atau panama yang memiliki pinggiran berbentuk bulat dan datar. Untuk kamu yang berwajah panjang hindari menggunakan topi fedora yang dapat membuat wajah kamu justru semakin terkesan panjang dan lebar.

Rekomendasi Topi Wanita Kekinian yang Cocok untuk Setiap Bentuk Wajah

Floppy Hats

Model topi wanita kekinian yang pertama direkomendasikan oleh BP-Guide adalah topi floppy. Topi ini memiliki bentuk dengan pinggiran yang lebar dan lentur sehingga dapat melindungi mata dari sinar matahari langsung.

Topi yang identik dengan tampilan summer outfit ini tak hanya dapat digunakan untuk berlibur ke pantai atau saat musim panas, tapi juga akan cocok untuk membuat tampilan ala bohemian. Topi floppy akan sangat serasi bila dipadukan dengan pakaian kasual seperti celana jeans atau flower dress. Para hijabers juga dapat mengenakan topi floppy untuk tampilan yang lebih chic dan feminin.

Harga Rp. 30.000-160.000

Bowler

Jika kamu penggemar Charlie Chaplin pasti topi bowler adalah salah satu jenis topi yang familiar. Topi bowler memiliki bentuk bulat dan bagian tepi yang melengkung melingkari topi. Umumnya topi ini terbuat dari bahan beludru yang dilengkapi dengan detail aksesor pita yang melingkar dengan pita yang bisa dilepas pasang.

Pada jaman dahulu kala topi ini hanya tersedia dalam warna hitam dan hanya dikenakan oleh kalangan bangsawan. Namun saat ini semuar orang dari berbagai kalangan dapat menggunakan topi jenis ini.

Desainnya pun mengalami inovasi yang hadir dengan berbagai ragam warna. Topi yang juga dapat diandalkan ketika rambut sedang tidak bersahabat ini dapat menambah kesan feminin kamu.

Harga Rp. 10.000-115.950

Baseball Cap

Untuk kamu para wanita yang ingin berpenampilan lebih sporty atau boyish, baseball cap adalah salah satu topi wanita kekinian yang dapat dijadikan pilihan. Tak hanya populer di kalangan wanita, topi ini juga banyak digunakan oleh pria.

Meskipun memiliki bentuk yang sederhana, topi ini dapat menambah kesan stylish pada tampilan kasual kamu. Beberapa setelan jenis baju yang dapat menemani baseball cap kamu antara lain outfit kaos dengan jacket jeans yang dilengkapi dengan sneakers.

Baseball cap juga mampu melindungi mata dari sinar matahari langsung karena desainnya yang dibentuk memanjang di bagian depan. Desain simpel dan bermanfaat inilah ynag membuat baseball cap menjadi topi yang banyak disukai.

Harga Rp. 23.500-170.000

Bucket Hat

Menurut sejarahnya bucket hat adalah salah satu jenis topi yang hanya digunakan oleh pria. Tapi dunia fashion yang mengalami perkembangan mampu membuat topi ini layak digunakan oleh wanita.

Bucket hat sendiri memiliki bentuk serupa tabung yang memiliki tepi pendek mengitari seluruh bagian topi. Seperti namanya, topi ini memiliki rancangan yang mirip bucket atau ember. Bahannya yang ringan dan sejuk membuat topi ini cocok digunakan untuk traveling, ke pantai, atau sekedar hangout dengan teman.

Topi bucket juga memiliki ragam bahan yang bervariasi, mulai dari denim, wol, hingga canvas. Kamu dapat menggunakan bucket hat dengan paduan kaos, cardigan, jacket jeans, celana jeans, cullote, serta sneakers.

Harga Rp. 17.000-169.000

Baret

Topi baret identik dengan seragam militer Eropa di abad 19. Tak hanya militer, topi ini juga identik digunakan oleh para seniman. Topi ini memiliki bentuk yang menggembung keluar, terlipat kembali ke bagian tengah, dan tidak memiliki tepi.

Topi yang tidak didesain dengan pinggiran ini dapat langung menempel di kepala ketika digunakan. Bahan yang digunakan umumnya wol, katun, atau serat akrilik.

Untuk kesan formal, kamu bisa menggunakan topi baret tepat di bagian tengah kepala. Sedangkan untuk kesan yang lebih santai atau bergaya western, kamu bisa menggunakan topi ini dengan dimiringkan sedikit ke salah satu sisi kepala.

Topi baret dapat digunakan untuk hangout, berlibur, atau bahkan pergi ke kantor. Untuk kamu yang ingin berpenampilan dengan look busana Korea dapat memadukan topi ini dengan rok min dan atasan berlengan panjang.

Harga Rp. 28.900-112.000

Beanie

Beanie yang sering juga disebut dengan topi kupluk adalah topi wanita kekinian yang juga populer di kalangan pria. Tidak seperti model topi lain yang kaku, beanie hadir dengan bahan yang lentur sehingga dapat dilipat dan praktis jika dibawa berpergian.

Topi yang berbahan wol rajut ini juga berfungsi untuk menutupi rambut saat bad hair day atau rambut berantakan. Kerap digunakan saat cuaca dingin, beanie dapat memberikan kehangatan untuk kepala dan telinga kamu.

Untuk itulah topi ini akan nyaman digunakan ketika kamu mengunjungi daerah yang sejuk. Kamu dapat memadukan topi beanie dengan kaos, sweater, parka, ataupun jaket tebal.

Harga Rp. 12.300-140.000

Boater

Menurut sejarahnya, topi ini sering dipakai oleh pelaut atau kru kapal, karena itulah dinamakan boater. Topi ini berbentuk tabung pendek solid yang bagian atasnya rata dengan lilitan pita pada bagian pinggir.

Sebagai ciri khas yang unik seringkali boater dibuat dari bahan anyaman. Salah satu jenis topi wanita kekinian ini akan menyempurnakan tampilan santai kamu yang akan terlihat menarik dan all out. Topi boater ini dapat kamu gunakan untuk hangout ataupun sekedar rekreasi meninkmati matahari di pinggir pantai.

Harga Rp. 25.300-151.000

Fedora

Topi fedora adalah salah satu ciri khasi salah seorang penyanyi terkenal yakni Brunuo Mars. Meskipun begitu topi fedora juga digemari di kalangan wanita.

Topi ini memiliki bentuk crown dengan tekanan di bagian dalam dan mengecil pada bagian depan. Hadir dalam berbagai macam bahan dan warna, kadang kala topi fedora juga dilengkapi dengan aksesori seperti bunga.

Topi ini juga akan cantik jika dipadukan dengan beberapa setelan seperti rok, jeans, floral dress, layered outfit, dan jumpsuits.

Harga Rp. 24.900-279.000

Cowboy Hat

Salah satu topi wanita kekinian yang cocok digunakan untuk setelan bergaya western adalah topi koboi. Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan topi fedora, topi ini memiliki bentuk bagian tepi yang jauh lebih besar dengan tepian yang melengkung di bagian samping.

Kamu dapat memadukan gaya ala koboi dengan menggunakan topi ini dan dipadukan dengan setelan kemeja flannel, celana jeans, dan sepatu boot.

Harga Rp. 28.000-126.000

Newsboy Hat

Memiliki kemiripan dengan topi baret, newsboy hat memiliki ciri khas bagian tepi yang kecil dengan crown yang menempel pada bagian tepi tersebut. Nama newsboy diambil karena gaya topi ini identik dengan gaya loper koran di negara barat.

Topi yang sering juga disebut dengan schoolboy hat ini dapt digunakan untuk gaya outfit kasual ataupun semi formal dengan kesan yang feminin. Kamu dapat memadukan newsboy hat dengan stripe shirt, jacket denim dan celana jeans untuk gaya kasual. Sedangkan untuk outfit semi formal kamu dapat memadukan dengan blouse, rok span, dan kalung.

Harga Rp. 48.500-175.000
From our editorial team

Sesuaikan Model Topi dengna Karaktermu

Berbagai macam model topi memang ada di pasaran dan selalu mengikuti tren. Tapi ada baiknya untuk membeli jenis topi yang sesuai dengan kepribadian maupun style kamu. Pilih topi yang membuatmu nyaman memakainya dan sesuai karaktermu, tidak hanya sekedar mengikuti tren. Tentunya hal ini akan membuat rasa percaya diri dan auramu lebih keluar.