Tampil Klasik dan Fashionable dengan 10 Rekomendasi Topi Fedora yang Cocok untuk Pria dan Wanita (2020)

Tampil Klasik dan Fashionable dengan 10 Rekomendasi Topi Fedora yang Cocok untuk Pria dan Wanita (2020)

Perkembangan dunia fashion sebenarnya selalu berputar, salah satu outfit yang tidak pernah lekang oleh waktu adalah topi fedora. Topi yang memiliki ciri khas karena banyak digunakan para cowboy ini tetap fashionable saat dipadukan dengan outfit masa kini. Nggak percaya? Yuk, intip dulu rekomendasi dari BP-Guide ini!

Topi Fedora Masih Menjadi Favorit Anak-anak Muda Urban

Kalau kamu suka menonton film-film klasik, kamu bisa melihat betapa orang-orang pada era tersebut tidak pernah ketinggalan memakai topi. Dengan crown yang berlekuk dan berkerut memanjang di sisi depan berpadu dengan brim, atau lidah topi, yang memutar di sekelilingnya, topi ini tampak elegan dan unik.

Tentu saja, pada era tersebut, pemakaian topi ini selalu dipasangkan dengan jas yang berdasi, atau jas dengan vest di bagian dalamnya. Berikut dengan sepatu pantofel yang formal. Gaya ini tidak hanya dikenakan pada situasi formal, tapi bahkan pada keseharian mereka. Topi yang sudah menjadi bagian masyarakat sehari-hari pada era itu disebut juga dengan topi fedora.

Nama fedora sendiri diambil dari drama tragedi berjudul “Fedora” karya Victorien Sardou. Pada pementasan itu, Bernhardt, aktor yang memerankan Putri Rusia Fedora Romazov, mengenakan topi dengan bagian tengah yang kusut. Sejak itulah, topi fedora mulai terkenal.

Perlahan, popularitas topi fedora mulai digantikan dengan topi newsboys dan trucker. Namun, akhir-akhir ini banyak musisi yang mulai mempopulerkan lagi gaya ini. Sebut saja Tompi, penyanyi jazz yang sekaligus dokter sehari-harinya, adalah salah satu musisi yang hobi memakai topi, terutama topi bermodel fedora ini.

Sekarang ini, topi fedora mulai menjadi favorit anak-anak muda di daerah urban. Tidak heran, topi model ini memiliki bentuk yang elegan, sekaligus trendi. Selain itu, topi ini bisa dipadupadankan dengan berbagai gaya.

Tips Memilih Topi Fedora

Warna yang Netral

Topi fedora bisa dibilang memiliki bentuk yang cukup unik. Dengan crown berkerut disertai brim lebar, kalau kamu salah kostum, bisa-bisa gaya kamu justru jadi berlebihan dan tidak menarik. Oleh karena itu, kamu harus pintar memadu padankan topi ini dengan outfit yang tepat.

Pilihan warna yang netral, bagaimanapun, paling cocok untuk dipadukan dengan topi model ini. Kalau bisa, pilihlah warna yang solid dan polos, sehingga tidak terkesan ramai dan membuatmu mati gaya. Outfit yang kamu kenakan dengan topi ini juga sebaiknya mempunyai warna yang netral dan sederhana.

Sesuaikan dengan Bentuk Wajah

Anatomi manusia, sekalipun terdiri dari organ-organ yang persis sama, memiliki bentuk yang berbeda-beda. Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki karakteristik sangat beragam. Namun, secara garis besar, bentuk wajah sendiri hanya terdiri dari 4 bentuk, yaitu segitiga, kotak, bulat, oval atau lonjong, dan berlian.

Model aksesori kepala, atau yang ada di sekitar wajah, dapat menonjolkan atau menutupi karakteristik utama pada wajah kamu. Oleh karena itu, pemilihan aksesori kepala, seperti topi, penting untuk diperhatikan agar menyeimbangkan karakter-karakter di wajah kamu.

Bagi kamu yang berwajah tipe oblong atau segitiga, dengan karakteristik wajah panjang ke arah bawah, topi yang cocok untuk kamu kenakan adalah topi dengan brim lebar. Model ini akan memfokuskan perhatian kepada kepala kamu, sehingga bisa menyeimbangkan karakter muka kamu yang panjang.

Sebaliknya, topi dengan brim yang sempit akan cocok dengan kamu yang memiliki karakter wajah tipe berlian. Topi fedora paling cocok untuk karakter wajah ini, karena topi fedora akan mengurangi kesan dahi yang lebar tersebut.

Wajah bulat atau oval mungkin adalah wajah yang paling fleksibel, karena tipe wajah ini cocok mengenakan model topi apa saja. Namun, topi yang paling pas untuk wajah tipe ini adalah model topi baseball cap, trucker cap atau snapback cap.

Di sisi lain, orang dengan tipe wajah kotak bisa tampak kaku dan tegas. Untuk mengurangi kesan itu, orang dengan tipe wajah ini sebaiknya menggunakan topi dengan banyak lekukan dan bundar, seperti flat cap, ascot cap, atau newsboy cap.

Perhatikan Bentuknya

Topi fedora menjadi populer di masyarakat karena fleksibilitasnya. Selain bisa untuk dikenakan kala bersantai, topi ini juga bisa digunakan pada situasi formal. Walaupun begitu, topi fedora kini sudah hadir dengan berbagai macam bentuk dan model. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar jeli dalam memilih model yang tepat, kalau tidak, kamu bisa saltum alias salah kostum.

Topi fedora yang paling cocok untuk kegiatan-kegiatan bernuansa formal adalah tipe klasik, dengan crown yang melesak ke dalam, dan brim sempit yang berlekuk di bagian samping. Ditambah hatband yang sederhana, topi ini bisa membuat kamu tampak berkelas sekaligus memberikan kesan wibawa yang profesional.

Adapula model topi fedora dengan brim yang agak lebar dan cenderung datar. Model topi fedora ini paling cocok digunakan untuk berjalan santai. Tentu saja, kamu juga harus memadukannya dengan outfit yang santai, seperti kemeja lengan pendek atau sweatshirt yang longgar dan celana jeans yang serasi.

Padupadankan Sesuai dengan Kepribadianmu

Fashion bukan hanya soal mengenakan pakaian atau aksesori yang tepat di tempat dan waktu yang tepat pula. Di samping itu, perpaduan antara atasan-bawahan atau pakaian dengan aksesori akan menentukan apakah penampilan kamu menarik atau malah jadi janggal.

Topi fedora ini juga akan membantu penampilan kamu, kalau kamu bisa memadukannya dengan tepat. Itupun sesuaikan dengan kepribadian kamu. Kalau kamu tipe feminin dengan gerak-gerik yang lembut, paling tepat memadukan topi fedora dengan dress selutut atau tujuh perlapan.

Kamu bisa mengenakan dress tanpa lengan untuk menambah kesan feminin. Di sisi lain, kalau kamu menyukai tampilan boyish, kamu bisa memadukan topi fedora ini dengan kemeja yang dipadu dengan jaket luaran yang semi formal, lalu diselesaikan dengan celana jeans.

Buat kaum pria, kalau kamu menyukai gaya yang classy, kamu bisa memadukan topi model ini dengan kemeja yang dipadu jas yang tak berkancing. Untuk memberikan kesan messy, kamu bisa melepas kancing kemeja, untuk sedikit memperlihatkan dada kamu.

Sebaliknya, kalau kamu mencari gaya yang maskulin, kamu bisa memadukannya dengan jaket denim dan celana jeans. Bagaimana dengan kamu yang santai, tapi tetap ingin tampil berkelas? Kamu bisa memadukan topi ini dengan t-shirt yang dilapisi oleh jaket semi formal, jangan lupa padukan dengan celana pendek selutut dan sneakers andalan kamu.

Rekomendasi Topi Fedora Terbaru yang Bisa Dikenakan Pria dan Wanita

Urban State - Straw Trilby Hat

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Kalau kamu mau memakai topi, kamu harus mempertimbangkan lokasi apa yang ingin kamu kunjungi. Apakah indoor atau outdoor? Dingin atau panas? Atau, aktivitas apa yang ingin kamu lakukan, sekadar berjalan-jalan atau nongkrong bareng sahabat atau kerabat?

Topi fedora yang satu ini berbahan straw atau anyaman dari plastik yang ringan, sehingga membuatnya nyaman untuk dipakai, terutama untuk lingkungan beriklim tropis seperti di Indonesia. Topi ini akan nyaman dipakai ketika terik, tetapi aman dipakai kalau sewaktu-waktu turun hujan.

Di luar negeri pun, orang-orang suka mengenakan topi berbahan straw ini pada musim panas. Tentunya, sangat cocok untuk kamu pakai ketika kamu berada di pantai. Selain untuk menahan panas yang bisa langsung merusak kulit wajah kamu, topi ini juga memberikan gaya modern yang chic. Apalagi, warna camel-nya makin menekankan sisi elegan gaya kamu.

Topi ini bisa kamu dapatkan di Zalora dengan harga Rp 139.200.

D&F - Fedora Had

Topi fedora D&F ini akan mengingatkan kamu dengan gaya Tompi. Dengan brim yang agak sempit dan melengkung di bagian belakangnya, topi ini akan memberikan kesan elegan pada penampilan kamu. Apalagi sentuhan hatband dari kulit berwarna hitam menambah aksen modern pada topi ini.

Terbuat dari bahan poliester yang terkenal awet sebagai bahan pakaian. Warna abu-abunya yang netral membuat topi ini bisa dengan mudah disesuaikan dengan gaya kamu. Dengan warna ini juga, kamu bisa memakai topi ini ke acara formal dan non formal.

Kamu bisa mendapatkan Topi Fedora F&D ini di Zalora dengan harga Rp 197.910. Karena topi fedora ini bukan topi yang bisa diatur ukurannya, pastikan ukurannya sesuai dengan kepala kamu, ya! Topi fedora F&D ini berlingkar kepala 57 cm dan diameter 34 cm.

Rown Division - Turment

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Bagi kamu pecinta topi, mungkin bosan dengan gaya topi yang itu-itu saja. Rown Division, perusahaan garmen terbesar di Solo, Jawa Tengah ini, menawarkan gaya topi fedora yang unik dan kekinian. Dengan hatband print yang berwarna cerah, merah dan kuning, topi ini akan membuat kamu tampil beda saat nongkrong bersama teman-temanmu.

Lapisan net di panel bagian tengah topi memberikan sentuhan elegan pada topi turment produksi Rown Division ini. Apalagi warna hitam yang netral akan mudah dipadupadankan dengan warna baju kamu. Kamu bisa mendapatkan topi ini di Zalora dengan harga Rp 144.000.

ELF Bucket Double Color

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Topi produksi Elf ini bermodel dasar topi bucket, dengan brim yang bisa disesuaikan. Untuk mendapatkan model topi fedora, kamu cukup melipat kedua sisi samping topi ini. Sedangkan, kalau kamu lipat seluruh brim dan visornya, kamu bisa bergaya dengan topi bowler yang sangat chic.

Topi ini berbahan katun twill dan mempunyai ukuran diameter sebesar 18-19.5 cm, dengan kata lain, muat untuk keliling kepala sebesar 55-65 cm. Kamu bisa mendapatkan topi unik ini di Blibli dengan harga Rp 185.000. Kalau kamu cepat-cepat membelinya, kamu bisa menambahkan topi ini dalam koleksi kamu hanya dengan harga sebesar Rp 135.000.

Go Green Shop 319-337A Minimalis Style

Kamu tentu tahu kalau sekarang ini isu perubahan iklim semakin memanas? Tidak hanya iklimnya, tetapi juga isunya, dari segi sosial dan politik? Maka dari itu, kesadaran untuk menjaga lingkungan mulai meningkat di kalangan masyarakat. Tidak terkecuali kalangan fashionista dan organ-organ penghasil produk fashion lainnya.

Go Green Shop adalah salah satu toko online yang menjual produk-produk ramah lingkungan. Dengan mengusung konsep sustainable fashion, toko ini juga memproduksi topi fedora dengan motif kotak-kotak yang trendi. Bagian hatband yang bermodel seperti ikat pinggang memberikan aksen yang simpel tapi trendi.

Untuk mendapatkan gaya trendi chic, kamu bisa memadukan topi ini dengan jaket atau mantel panjang. Topi ini memiliki ukuran lebar kepala sebesar 18 cm, panjang kepala 21 cm dan panjang topi 26 cm.

Harga Rp. 33.000-35.000

Milliot & Co. - Bianca Fedora Hat

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Motif animal print sangat digandrungi oleh kaum fashionista sejak dulu, terutama kaum wanita. Namun, gaya ini sedikit tricky, karena motif animal print bisa terbilang mencolok dan rumit. Kalau kamu tidak hati-hati dalam memadumadankan motif ini, gaya kamu malah jadi norak dan tidak sedap dipandang mata.

Loreng Leopard adalah salah satu motif yang biasa jadi pilihan para pecinta animal print ini. Dengan perpaduan warna cokelat mocha dan hitam, motif ini membuat wanita yang mengenakannya tampak kuat dan berani. Bahkan, topi ini bisa memberikan gaya yang elegan apabila dipadukan dengan outfit yang sesuai.

Untuk mengimbangi motif yang berani dan liar ini, kamu baiknya mengenakan outfit dengan warna polos yang serasi dengan warna dominan topi. Kalau kamu ingin tampil chic, kamu bisa memadukannya dengan scarf yang juga berwarna polos.

Topi dengan bahan katun campuran ini sejuk dan nyaman ketika dipakai sehari-hari. Brim yang datar membuatnya tampak elegan. Kalau kamu cukup berani bergaya bersama topi ini, kamu bisa mendapatkannya di Zalora dengan harga Rp 294.900.

Warehouse - Fedora Hat

Kalau kamu tipe orang yang tidak suka ribet dengan penampilan, topi adalah pilihan tepat untuk menghiasi hari-hari kamu. Tidak perlu repot menata rambut dengan apa pun, cukup taruh topi di kepalamu, dan kamu siap menempuh hari dengan gaya yang menarik.

Topi fedora satu ini sedikit bergaya koboi, dengan warna cokelat kehijauan dipadu dengan hatband dari kulit tipis yang dikancingkan dengan sederhana. Kalau kamu memadukannya dengan jeans dan kemeja kotak, kamu akan mendapatkan gaya yang maskulin, sekaligus santai ala koboi di pedesaan.

Namun, jangan pikir kamu tidak bisa bergaya trendi dengan topi ini. Kalau kamu memadukannya dengan dress selutut dan boot ala koboi berwarna serasi dengan topi ini, kamu bisa mencuri perhatian orang-orang di sekitar kamu. Topi ini tersedia di Zalora dengan harga Rp 475.900.

Forever 21 - Floppy Wool Fedora

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Remaja Indonesia tahun 2000-an mungkin sering mendengar merek ini. Sempat booming di tahun 2000-an, Forever 21 menjadi pilihan gaya anak muda dengan model baju yang minimalis tapi modern. Pada masa-masa kejayaannya, Forever 21 bahkan berhasil meraup pendapatan hingga USD 4,4 miliar, atau sekitar Rp 62,48 triliun.

Jadi, produk dari merek satu ini tidak perlu diragukan kualitasnya. Memiliki brim yang lebar, model ini akan tampak anggun menemani tampilan kamu. Perpaduan hatband dengan aksen garis-garis putih memberikan kesan hidup pada gaya kamu, sehingga kamu tidak akan tampil monoton dan membosankan.

Kamu bisa mendapatkan topi ini dengan harga Rp 372.900 di Zalora, walaupun kalau kamu membelinya sekarang, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 372.900. Berbahan wool yang sejuk, kamu bisa mengenakannya dimanapun kamu mau.

Aldo - Nydaydda Fedora Hat

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Berasal dari Kanada, salah satu merek fashion trendi, Aldo, memfokuskan diri untuk produk-produk yang bernuansa retro. Tidak heran kalau Aldo juga memproduksi topi fedora, yang juga merupakan fashion retro yang hidup kembali.

Topi fedora dari Aldo ini terbuat dari bahan wool dan poliester. Bahan wool dari topi ini memberikan kesan alami, tetapi sekaligus trendi. Tersedia dalam 2 warna, topi fedora Aldo ini bisa diperuntukkan untuk kaum pria dan wanita.

Modelnya, dengan crown yang melesak ke dalam dipadu dengan hatband sederhana, model ini bisa kamu gunakan baik dalam situasi formal maupun non formal. Kamu bisa mendapatkan topi ini di Zalora dengan harga Rp 481.900 saja.

Call It Spring - Entada Fedora Hat

Topi fedora yang satu ini paling cocok digunakan dalam situasi santai. Sembari melindungi kepala kamu dari serangan terik matahari, kamu bisa berjalan-jalan santai sambil bergaya. Topi ini cocok kamu padukan dengan sweatshirt longgar yang dipadu dengan celana bermodel pensil.

Untuk kaum pria, kamu bisa memadukan topi fedora ini dengan kemeja lengan pendek yang santai dan celana pendek selutut. Jangan lupa sneakers yang sangat nyaman ketika dipakai berjalan santai.

Bahan poliesternya dijamin membuat topi ini awet sekalipun kamu pakai setiap hari. Selain itu, tentunya topi ini mudah dibersihkan. Kamu bisa mendapatkannya di Zalora dengan harga Rp 252.900.

From our editorial team

Topi Fedora Terkesan Klasik Namun Tetap Stylish

Topi yang sudah populer sejak zaman dahulu ini masih sangat fashionable saat kamu padupadankan lagi dengan berbagai outfit masa kini. Tidak hanya untuk pria, topi ini pun sangat cocok untuk para wanita yang ingin tampil klasik. Jeans selalu jadi outfit tersimpel yang bisa dipadukan dengan topi fedora, bisa dilengkapi dengan kemeja atau kaos andalanmu. Simpel, kan?