Sering Lelah? Coba deh 10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik! (2023)

Sering Lelah? Coba deh 10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik! (2023)

Minuman berenergi aman bila diminum sesekali, misalnya untuk mengembalikan energi tubuh setelah melakukan olahraga berat. Bahkan, apabila dikonsumsi dengan cara yang lebih bijak, minuman berenergi akan menghasilkan manfaat.

Sering Lelah, Coba Konsumsi Minuman Berenergi

Minuman berenergi adalah minuman instan yang dapat meningkatkan stamina setelah melakukan aktivitas. Hal itu karena minuman tersebut mempunyai kandungan seperti kafein, gula, vitamin, asam amino. Selain itu terdapat zat-zat stimulan seperti taurin, guarana, atau L-karnitin.

Seringkali minuman berenergi disamakan dengan isotonik karena dikonsumsi saat berolahraga. Padahal, keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Minuman isotonik berfungsi menyediakan elektrolit dan cairan yang hilang dari tubuh sehabis olahraga.

Berbeda dengan minuman berenergi, berfokus pada fungsi stimulan energi atau membuat tubuh mendapatkan performa fisik maksimal yang didapatkan dari zat stimulan dalam kandungannya. Berbagai kandungannya itu berfungsi untuk memberikan ekstra energi, stamina, hingga merangsang fungsi otak agar lebih bisa berkonsentrasi.

Manfaat Minuman Berenergi

Tahukah kalian bahwa bahan-bahan yang terkandung dalam minuman berenergi terbaik tidak hanya berfungsi untuk menambah tenaga. Banyak yang belum tahu, bahan komposisi dari minuman berenergi juga punya sederet manfaat. Berikut beberapa manfaatnya.

Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas Tubuh

Adanya kandungan seperti vitamin B, seperti vitamin B3, B6, provitamin B5, dan B12 pada minuman berenergi bisa meningkatkan energi dalam menghadapi aktivitas sehari-hari agar tubuh tidak cepat lelah. Vitamin tersebut akan berperan pada proses perubahan lemak menjadi energi di tubuh kita. Selain itu, kandungan taurin juga bisa meningkatkan performa fisik saat berolahraga atau bekerja, sehingga pengonsumsinya bisa lebih produktif.

Menambah Konsentrasi dan Kewaspadaan

Minuman berenergi mempunya kandungan kafein sama seperti cokelat dan kopi. Kafein adalah zat antioksidan yang mempunya fungsi untuk menambah konsentrasi dan kewaspadaan diri.

Banyak orang berpikir bahwa kafein tidak mempunyai manfaat dan memiliki dampak bagi kesehatan. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kafein sendiri mempunyai manfaat yang baik untuk membantu tubuh bekerja secara maksimal di jangka waktu 15-45 menit sehabis dikonsumsi.

Asalkan dikonsumsi secara tepat dan sesuai dengan takaran yang dianjurkan, kafein akan memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Batasan aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat tertentu yakni 400 miligram per hari. Jadi tetap bijak dengan konsumsi kafein untuk tubuh, ya!

Metabolisme Tubuh Meningkat

Adanya kandungan inotisol pada minuman berenergi bisa membuat metabolisme tubuh meningkat. Proses metabolisme tubuh yang meningkat tersebut bisa membakar lebih banyak lemak.

Hal itu juga bermanfaat untuk yang sedang menjalankan program diet. Tidak ada salahnya, kalian yang diet sesekali mengonsumsi minuman berenergi sebelum berolahraga agar membantu pembakaran lemak yang cepat.

Membantu Kesehatan Kulit

Kandungan gula murni yang terkandung dalam minuman berenergi terbaik ternyata bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit loh! Hal itu karena konsumsi gula murni pada kadar yang sesuai bisa membantu memudarkan noda atau flek hitam di wajah.

Selain itu, keseimbangan minyak kulit juga akan kembali. Perhatikan kandungan asupan gula yang dianjurkan oleh Kemenkes, bahwa setiap harinya 50 gram per hari atau sekitar empat sendok makan. Untuk itu, coba pilih minuman bernergi dengan kandungan gula yang sesuai anjuran kebutuhan gula harian kalian ya.

10 Rekomendasi Minuman Berenergi Terbaik untuk Tubuh

Kratingdaeng

Kratingdaeng merupakan minuman berenergi yang berasal dari Thailand. Produk ini menjadi merek yang paling digemari dengan tagline 'Minuman berenergi tepercaya dari masa ke masa'.

Terdapat kandungan kafein, taurine, vitamin B3, B6, B12, provitamin B5 dan inositol. Menariknya lagi, minuman berenergi ini juga cukup aman. Kratingdaeng hanya mengandung 50 mg kafein dan 25 g kandungan gula dalam satu botolnya.

Selain itu juga ada gula yang memiliki efek antioksidan bagi tubuh. Perpaduan kandungan dalam produk ini membantu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh dan melancarkan pembentukan energi.

Berfungsi juga untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi rasa lelah. Minuman ini juga berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan meredakan rasa lelah setelah seharian bekerja.

Rasanya ada kombinasi asam manis yang mengingatkan kita pada rasa buah-buahan. Banyak yang menganggap rasa manis Kratingdaeng sering dianggap lebih manis dari merek lainnya.

Harga Rp. 5.520-11.700

Red Bull

Sama seperti Kratingdaeng, minuman berenergi terbaik Red Bull merupakan minuman berenergi asal Thailand. Dimana Red Bull adalah merek yang dijual ke dunia barat.

Perbedaannya, Red Bull memiliki rasa yang kuat dibandingkan dengan Kratingdaeng. Merek minuman berenergi ini telah banyak dikonsumsi juga oleh banyak orang sejak puluhan tahun yang lalu.

Bahkan, produk ini sering kita lihat di segala macam pertandingan olahraga. Sehingga, Red Bull memang menjadi salah satu minuman berenergi paling terkenal di dunia

Kepopulerannya terjadi berkat kandungan kafein di dalamnya. Minuman ini dapat membantu merangsang fungsi otak, serta membuat tubuh lebih terjaga.

Selain itu, Red Bull juga mengadung vitamin B3, B5, B6, dan B12 untuk memperlancar metabolisme tubuh serta taurine yang dikenal dapat mengoptimalkan performa fisik.

Minuman berenergi Red Bull menggunakan gula asli dengan kadar yang lebih rendah, setara dengan kadar gula pada jus apel atau jeruk. Apabila dideskripsikan, rasanya manis asam khas minuman berenergi.

Harga Rp. 7.360-25.000

Hemaviton Energy Drink

Hemaviton Energy Drink merupakan minuman berenergi dan sekaligus menjadi suplemen penambah stamina. Minuman ini cocok dikonsumsi bagi kalian yang harus tetap segar seharian di tengah aktivitas padat.

Produk minuman energi satu ini mempunyai kandungan taurin. Kandungan tersebut sudah dikenal mampu membuat tubuh terasa segar dan meningkatkan produktivitas tubuh.

Fungsinya sebagai suplemen, minuman berenergi dengan rasa yang sedikit asam ini juga mengandung ekstrak alami dari ginseng. Selain itu, terdapat multivitamin, dan 50 mg kafein yang bisa membantu menyegarkan badan kembali.

Kandungan itu bisa menambah tenaga secara alami sekaligus mencegah dari rasa kantuk saat di perjalanan. Produk minuman berenergi ini cukup praktis dan mudah untuk dikonsumsi.

Kemasannya dibuat dalam botol kaca berwarna gelap yang bisa dibawa kemana saja. Hemaviton Energy Drink hadir dalam botol kaca berukuran 150 ml. Disarankan untuk dikonsumsi setelah makan agar lambung tetap aman.

Harga Rp. 5.120-7.500

Monster Energy Drink

Produk ini telah mendunia dan dikenal sebagai minuman berenergi dengan karakter yang lebih kuat. Kandungan kafeinnya cukup tinggi, dimana satu kalengnya mengandung 120 hingga 160 miligram. Oleh karena itu, minuman berenergi ini cukup efektif meningkatkan energi untuk waktu singkat.

Selain itu, ekstra kafein dibutuhkan untuk meningkatkan konsentrasi dan stamina ekstra. Bukan hanya kafein, produk ini juga memiliki kandungan taurin dan L-carnitine untuk membantu memenuhi kebutuhan energi harian.

Kandungan panax ginseng dalam produk ini juga dikenal mengandung antioksidan yang bagus untuk otak dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak otak. Rasanya yang nikmat dan minuman berenergi ini cocok untuk yang sedang diet.

Hal itu karena minuman ini mengklaim tanpa gula.

Harga Rp. 45.000-79.000

Proman Energenesis

Merek Enesis mengeluarkan minuman berenergi yaitu Proman Energenesis. Produk ini bisa berkhasiat meningkatkan stamina, menyegarkan tubuh, dan menaikkan vitalitas pria.

Proman Energensesis memiliki kandungan vitamin B3, B5, B6, B12, kafein dan ginseng berkonsentrasi tinggi. Semuannya tercampur menawarkan rasa segar dan hangat yang berbeda.

Tingkat kafein di produk ini kurang lebih setara dengan segelas kopi. Kalau kalian bukan penikmat kopi, minuman berenergi ini kira-kira dapat memberi manfaat yang sama.

Pengaruhnya makin dipertajam lagi dengan ekstrak ginseng. Fungsi dari minuman ini dapat meningkatkan konsentrasi dan daya tahan tubuh karena kandungan kafein sebanyak 50 mg yang ada di dalamnya.

Minuman ini juga cocok dikonsumsi saat dalam perjalanan untuk menghindari rasa kantuk. Di lidah, rasa anggur minuman berenergi terbaik ini terasa nikmat.

Harga Rp. 4.982-9.350

Kino Panther

Minuman ini paling cocok dikonsumsi setelah berolahraga karena dapat membantu mengembalikan kesegaran tubuh.

Beberapa kandungannya terdiri dari taurin, kafein, dan inositol. Formulasi kafein, taurin, dan inositol dengan rasa minuman yang kuat dominan asam dijamin bakal membuat Anda melek seketika.

Minuman berenergi terbaik dari PT. Kino memiliki tiga varian rasa yaitu jambu, nanas, dan anggur. Produk ini dikemas dengan kemasan botol dan gelas plastik 75 ml.

Ukuran kemasannya yang kecil, membuat konsumsi minuman berenergi terbaik ini mudah dibatasi. Asupan kafein dan gula dalam minuman ini juga dapat diatur sesuai batas.

Harga Rp. 17.500-21.000

Extra Joss Active

Sedang mencari minuman berenergi dalam kemasan seduh, Extra Joss Active bisa menjadi pilihan. Produk in menjadi minuman berenergi favorit orang Indonesia.

Pasalnya, produk ini diproduksi oleh merek minuman kesehatan Bintang Toedjoe yang legendaris di Indonesia. Segala kalangan menyukainya karena mempunyai rasa yang enak dan efektif terasa di tubuh.

Banyak yang sudah membuktikan Extra Joss Active mengurangi rasa ngantuk saat beraktivitas. Kandungannya pun sangat baik. Minuman ini memiliki kandungan ekstrak ginseng korea dan ekstrak jelly, yang bagus untk memperkuat daya tahan tubuh.

Terdapat juga zat stimulan yang cukup lengkap, mulai dari vitamin B, taurin, dan kafein. Jika dideskripsikan, minuman berenergi seduh ini memiliki sensasi rasa asam yang bikin mata melek.

Kuku Bima ENER-G! RTD

Merek minuman herbal dan sehat dari Sido Muncul mempunyai produk minuman berenergi yaitu Kuku Bima ENER-G! Ready To Drink. Minuman Kuku Bima ini berbentuk botol siap minum yang lebih praktis dibandingkan dengan kemasan sachetnya.

Kuku Bima ENER-G! Ready to Drink ini dapat dijadikan andalan bagi kalian yang senang melakukan aktivitas fisik dan olahraga. Minum produk ini sebagai penambah stamina ini 30 menit sebelum memulai aktivitas.

Fungsinya sebagai minuman penambah stamina dan menyegarkan tubuh. Komposisinya terdiri dari ginseng, royal jelly, madu, taurine, kafein, vitamin B3, vitamin B6, dan vitamin B12.

Hadir dalam kemasan ready to drink, produk minuman berenergi Kuku Bima ini bisa langsung diminum kapanpun dan dimanapun. Selain itu, ada tiga varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera.

Beberapa rasa seperti royal grape, fresh orang, dan red berry.

Harga Rp. 6.711-14.128

BSN N.O.-XPLODE

BSN N.O.-XPLODE merupakan produk minuman berenergi untuk latihan saat olahraga. Berbeda dari minuman benergi lainnya, produk yang satu ini merupakan minuman pre-workout yang biasa dikonsumsi sebelum olahraga.

Fungsinya memberi ledakan energi sebelum mulai latihan dan sebagai suplemen pralatihan olahraga kalian. Efek ini sangat dibutuhkan untuk para atlet. Sehingga, cocok dikonsumsi untuk kalian yang aktif berolahraga dan ingin membentuk otot.

Minuman berenergi ini mempunyai kemasan yang unik dengan warna merah. Kandungan creatinenya bisa menambah tenaga saat latihan olahraga. Tidak ketinggalan juga, kandungan beta alanine di produk ini yang bisa menambah masa otot, baik untuk pria ataupun wanita.

Apabila kalian ingin menambah energi, minuman energi ini bisa meningkatkan ketahanan tubuh dengan ramuan alaminya yang spesial. Minuman ini juga cocok untuk dikonsumsi oleh yang sedang diet, karena hanya mengandung 20 kalori dalam setiap penyajiannya.

Terdapat pula kandungan vitamin B yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Hebatnya lagi, kemanjuran N.O.-XPLODE juga diiringi rasa yang lezat dengan lima pilihan rasa buah.

Dibuat dari ekstra buah membuat produk ini cocok untuk kalian yang alergi atau tidak bisa mengonsumsi dairy product.

Harga Rp. 720.000-775.000

Evolene PREVO

Evolene PREVO merupakan minuman berenergi yang halal untuk pre workout asal Indonesia. Merek minuman berenergi tersebut bisa menjadi penghilang capek yang praktis.

Tesedia dalam kemasan sachet, produk ini menjadi pilihan pas untuk kalian yang ingin membawa minuman berenergi dalam ukuran yang compact. Produk ini berbentuk sachet yang dilengkapi dengan wadah kemasan yang mudah dibawa.

Untuk mengonsumsinya, kalian cukup melarutkan satu sachet ke dalam 150 ml air. Rasa lelah berangsur-angsur hilang dan fokus semakin bertambah. Karena dirancang untuk minuman workout, daya tahan otot kalian akan meningkat sehingga membuat durasi latihan kalian bisa lebih lama.

Selain itu, minuman ini bisa membantu kalian fokus saat berolahraga dan menghasilkan ledakan tenaga yang besar.

Harga Rp. 56.000-170.000
From our editorial team

Energy drink membantu meningkatkan stamina saat dibutuhkan

Kunci agar tetap sehat saat minum energy drink adalah hanya minum saat benar-benar membutuhkan saja. Jangan pernah membiarkan diri untuk meminum minuman berenergi secara rutin.

Tag