Tak Perlu Malu, Ini 10 Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Diberikan Pada Sang Mantan

Tak Perlu Malu, Ini 10 Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Diberikan Pada Sang Mantan

Mantan memang kadang dilupakan namun jika kamu ingin memberikan kado pada orang yang pernah dekat denganmu tidak ada salahnya, bukan? Nah, tak perlu bingung kamu bisa mencontek ide kado pernikahan untuk mantan dengan rekomendasi BP-Guide berikut ini!

Di Hari Spesial Sang Mantan, Ini Inspirasi Kado Untuknya

Sumber gambar reflectivebride.com

Ketika hari ulang tahun kerabat tiba, apa yang ada di pikiranmu? Ingin membeli kado, membuat kejutan, memberi kue? Nah, kalau urusan ulang tahun saja kamu ingin memberikan sesuatu yang istimewa, apalagi saat ia menikah? Pastinya persiapanmu bakal lebih maksimal, kan? Tidak mungkin memberi hadiah yang biasa saja, kan?

Kalau mau berpikir simpel sih, tinggal kasih amplop saja. Tapi, yakin cuma amplop? Ada beragam hadiah pernikahan lainnya yang bisa kamu pilih dan jauh lebih berkesan, lho. Pastinya, hadiah ini lebih unik dan spesial.

Apalagi nih, kalau yang mengundangmu bukan sembarang “sahabat”, tapi mantan kekasih. Wah, pasti pusing tujuh keliling mau kasih apa. Pengennya sih memberikan sesuatu yang spesial, dari hati, tapi kan doi sudah mantan. Sudah mau berumah tangga pula.

Tips Mencari Kado Pernikahan Untuk Mantan

Diundangnya kamu ke pernikahan mantan adalah wujud kepeduliannya atas keberlangsungan silaturahmi kalian. Maka, sejenak saja, kalau kamu masih punya hati padanya, justru ini momen yang tepat untuk move on. Kenangan adalah pelajaran, maka jangan dilupakan tapi juga jangan diingat terus-terusan.

Hampir bisa dipastikan, kamu bakal terbayang masa lalu saat menerima undangan nikah dari mantan. Tiba-tiba jadi ingat anniversary, ingat masa-masa pendekatan, ingat saat kulineran bersama, berpetualang berdua. Ingat saat mengenalkan mantan ke orangtua, atau saat si doi mengucapkan mantra-mantra manis yang membuatmu melayang.

Tidak salah, kok. Tapi tidak bisa dibenarkan juga. Ingat, lho. Momen itu sudah berlalu. Sekarang ini, dia sudah berkomitmen untuk melanjutkan hidup dengan yang lain. Bagaimana denganmu? Kamu juga punya pilihan sama untuk berhenti memikirkan yang tidak-tidak dan beranjaklah.

Tips Supaya Kado Tidak Sebabkan Salah Persepsi

Sumber gambar www.huffingtonpost.com

Sekarang, yuk fokus memikirkan caranya agar kamu memberikan kado pernikahan untuk mantan yang unik, tanpa embel-embel kegalauan masa lalu. Nah, daripada bergalau ria, mending sekarang kita cari tahu kado pernikahan yang pas. Tapi sebelumnya, pastikan hatimu siap memberikan yang terbaik. Perhatikan dulu tips-tips di bawah ini agar kado pernikahan untuk mantan tidak jadi momen galau lagi!

Hindari Pemberian Kado Yang Sifatnya Pribadi

Sumber gambar www.giftalove.com

Kalian memang saling memiliki. Ada momen-momen spesial tentang kalian, yang bahkan mungkin tak dialami oleh dia dan calon istrinya. Semua orang punya setidaknya satu orang istimewa yang dicintai walau tak bisa dimiliki. Kalau dikenang terus-menerus, momen kalian pasti tiada duanya.

Kamu mungkin masih sakit hati dan kesepian. Kecewa, itu sah-sah saja. Tapi masalahnya, sekarang ini dia sudah bakal meninggalkanmu untuk selamanya. Jangan rusak kebahagiaan dia, ya. Termasuk saat memberikan kado pernikahan untuk mantan. Hindari memberikan hadiah yang sifatnya personal. Jangan juga berikan barang yang sifatnya kesukaanmu saja. Berilah kado yang kelak bermanfaat untuk si mantan dan keluarga barunya.

Jangan Berikan Kado Yang Menyangkut Masa Lalumu

Sumber gambar id.pinterest.com

Nah ini juga penting. Kamu dilarang keras memberikan barang-barang yang hanya kamu persembahkan buat mantan. Apalagi kalau barang itu punya kenangan masa lalu saat kamu masih pacaran dengan doi. Big no! Ini hanya akan makin membuatmu tersiksa, sekaligus menyakiti istri mantanmu dan membuat mantanmu jadi kesal juga. Kamu tidak mau semuanya jadi ribet begitu, kan? Sudah, deh. Tenang saja. Kamu juga bakal menemukan the one dan segera menyusul di pelaminan. Be happy!

Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Mantan Yang Bisa Jadi Pilihan

Sumber gambar www.moneycrashers.com

Apakah hatimu sudah oke? Jika iya, sekarang pikirkan apa kado yang cocok untuk mantan di hari pernikahannya? Yang pasti, kado ini tidak boleh menyinggung masa lalu dan menggalaukan siapa pun. Semua pihak harus bahagia dengan pemberianmu ini. untuk itu, berilah kado pernikahan yang “normal” dan layak. Tunjukkan bahwa mantanmu memang spesial, dan kamu sudah bahagia melepaskannya. Butuh rekomendasi? Yuk, cek list di bawah ini!

Mantan Perempuan

Sumber gambar www.thespruce.com

Jika kamu adalah pria yang ingin memberikan kado pernikahan untuk mantan terkasihmu dimasa lalu, kamu bisa memilih beberapa kado yang kami sebutkan berikut ini!

Smash Book Travel Album

Sumber gambar id.pinterest.com

Kamu mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan scrapbook. Intinya sih ini album foto, tapi lebih unik karena ada dekorasi menarik di dalamnya. Kalau dia masih pacarmu sih, kamu bakal mengisinya dengan barang-barang kenangan seperti tiket nonton, kalung, dan sejenisnya.

Tapi karena doi sudah mantan, kamu bisa mengisinya dengan quotes pernikahan yang manis, atau tema lainnya yang menurutmu relevan. Biasanya sih tiap scrapbook punya teman sendiri-sendiri, sehingga dekorasinya juga disesuaikan tema. Bentuknya pun bisa berupa kartu, exploding box, frame, dan album.

Kalau tertarik, kamu bisa mengunjungi LIEVELY.ID. Mereka menjual scrapbook ready, kamu cukup menambahkan foto atau tulisan. Kunjungi Instagramnya untuk melihat-lihat kreasi yang sudah mereka buat, di lievely.id.

Kamu bahkan bisa merancang sendiri desain scrapbook-nya, sehingga ini jadi satu-satunya di dunia, hanya milikmu. Toko online ini sudah berpengalaman, lho. Terpercaya sejak 2011. Kalau oke, silakan pilih tema yang kamu inginkan, lalu hubungi mereka untuk memesan, ya. Harga? Jangan khawatir. Mulai dari 70.000 saja, kok. Murah, kan?

Emergency Chocolate Craft

Sumber gambar 30minutecrafts.com

Siapa sih yang tahan godaan cokelat? Agar lebih spesial, belilah cokelat praline sebanyak 28 buah dengan bermacam rasa yang dikemas manis dengan dekorasi pernikahan. Berikan kado pernikahan untuk mantan kamu ini bersama buket bunga mawar berisi cokelat sehingga makin manis.

Kamu bisa mendapatkan salah satunya di Truly Choco. Ukurannya box-nya 25 cm x 16.5 cm. Tak hanya tampak cantik, rasanya pun enak karena mereka memakai bahan kualitas nomor satu. Tapi biasanya umat Muslim agak was-was membeli kue secara online karena curiga dengan kehalalannya. Nah kamu tak perlu panik, karena ada jaminan halal juga lho karena Truly Choco tidak memakai aroma rum atau wisky. Truly Choco menawarkan beraneka cokelat untuk kebutuhan dan acara yang berbeda. Kalau mau kamu bisa menghubungi nomor telepon 08170694793 dan segera dapatkan cokelat manis seharga Rp 100.000 ini.

Prayer Box

Sumber gambar www.tokopedia.com

Apakah ini pertama kalinya kamu mendengar prayer box? Gampangnya sih diartikan sebagai “seperangkat alat shalat”. Bukan hanya menjadi mas kawin, kamu pun boleh kok memberikan hadiah berupa seperangkat alat shalat ke kedua mempelai. Paket ini berisi mukena, sarung, dan sajadah. Niatkan pemberian ini agar mempelai mampu mengarungi bahtera rumah tangga dalam keadaan beriman pada Tuhan. Cocok deh untuk momen sakral sekali seumur hidup.

Pastinya, pilih mukena dan sarung dengan kualitas bagus, lembut di kulit, nyaman di badan. Kamu bisa membelinya di toko perlengkapan ibadah. Tapi kalau tidak mau terlalu repot, beli online saja! Di Tokopedia ada yang menjual Paket Prayer Set Madina Zhafira berisi mukena (atasan dan bawahan) berbahan katun Jepang, sajadah, tas jinjing, box mika, lengkap dengan al-Qur’an dari Madina Zhafira Rainbow. Ada bonus tasbihnya, lho. Karena persediaan terbatas, jadi silakan kamu tanya-tanya dulu sebelum pesan, ya. Harga prayer box ini 418.000.

Buku Kumpulan Resep

Sumber gambar www.suck.uk.com

Yap, kehidupan rumah tangga pasti membuat mantan cewek kamu harus memasak untuk suaminya. Kado pernikahan berupa buku resep masakan bakal berharga baginya supaya bisa menyajikan makanan nikmat bagi keluarga barunya. Tapi, jangan asal pilih buku resep, ya. Sesuaikan dengan karakter mantan. Mungkin, dia suka makanan tumis, atau kuah-kuahan. Mungkin juga dia sedang suka bikin kue atau menjajal masakan Eropa. Belilah buku resep yang sesuai supaya terpakai olehnya.

Tak masalah kalau mantanmu kurang akrab dengan dapur. Kado ini justru bisa jadi pintu yang memperkenalkannya dengan dapur. Apalagi kalau buku resep itu dilengkapi gambar, bahkan langkah per langkah cara memasaknya agar lebih mudah diaplikasikan.

Nah, kamu bisa membelikannya Dapur Indonesia: 300 Resep Makanan Populer Nusantara yang ditulis oleh Yasa Boga. Sesuai judul bukunya, resep yang dibahas di sini tentunya adalah masakan-masakan khas Indonesia. Ada 300 makanan dari ujung barat ke ujung timur Indonesia, yang dibagi berdasarkan daerah makanan tersebut. Tenang saja, menu-menu dalam buku seharga Rp 199.750 ini sudah disaring, dipilih yang lebih mudah dimasak dan lebih akrab di lidah masyarakat umum Indonesia.

Jika mantanmu sedang demen masak kue, beri saja buku 35 Resep Cake & Kue Kering Andalan sebagai kado pernikahan. Buku yang ditulis oleh Fatmah Bahalwan dan Tim Ncc ini berisi resep kue kering dan cake yang mudah dibuat, lengkap dengan trik-trik detail menghadapi kesusahan membuat kue agar si dia sukses menyajikan makanan kecil lezat untuk sang suami. Buku seharga Rp 95.200 ini disertai DVD yang siap membantu proses memasak. Kedua buku ini bisa kamu dapatkan di Toko Buku Gramedia terdekat.

Vas Bunga

Sumber gambar www.amazon.com

Vas bunga? Lucu juga ya, kalau kamu jadikan kado pernikahan untuk mantan. Dia bisa menaruhnya di ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar. Kamu tinggal meminta florist untuk meramu bunganya. Perlu kamu tahu, ada vas bunga jenis biasa dan vas bunga premium. Pemilihannya tergantung rangkaian bunga yang kamu ingin berikan. Bahannya pun bermacam-macam, ada yang dari kaca, keramin, atau melamin. Pilih juga kesan apa yang ingin kamu berikan: klasik, minimalis, retro, feminim?

Kamu bisa mendapatkannya di department store atau toko alat rumah tangga. Harganya sekitar 100 ribu ke atas. Kalau tak mau repot, klik saja Tokopedia, ada vas bunga manis yang siap mempercantik rumah mantanmu. Vas bunga kaca berukuran 20 x 20 x 13 cm berwarna hitam ini buatan INFORMA. Bisa kamu letakkan bunga dan batu hias di dalamnya. Harga awal mencapai 400.000, tapi ada diskon 30% sehingga kamu butuh membayar 280.000 saja.

Mantan Laki Laki

Sumber gambar it.pinterest.com

Laki-laki yang menjadi mantanmu ini mungkin pernah menyakitimu, tapi setidaknya karena ia pernah dekat denganmu kamu bisa memberikan hadiah kecil untuknya. Berikut beberapa rekomendasi kado pernikahan untuk mantan laki-laki yang bisa kamu pilih.

Jam Tangan Expedition

Sumber gambar www.orvis.co.uk

Kado untuk pria kadang lebih susah ditentukan dibanding wanita. Ini karena pria lebih sulit ditebak. Tapi, bagaimana dengan jam tangan? Kado ini cenderung netral, tapi juga merupakan aksesoris kesukaan pria. Hampir semua pria suka mengenakan jam tangan. Maka, untuk mantan lelakimu, jam tangan akan jadi kado pernikahan yang cocok.

Jam tangan juga pasti berguna untuk dipakai ke kantor, meeting, jalan-jalan atau acara lain. Yang pasti, kado ini bakal membantunya datang tepat waktu dan melihat jam tanpa perlu membuka-buka ponsel. Setuju?

Dari sejuta model, bentuk, dan warna, apa yang jadi kesukaan mantannmu? Ini perlu dipikirkan sebelum membeli supaya menerima merasa bahagia dan akan memakainya. Plus, pilihlah jam tangan berbahan bagus dan berkualitas agar tahan lama.

Jam tangan Expedition bisa jadi pilihan tepat. Ada beragam model kekinian yang bisa kamu tentukan sesuai keinginan dan kebutuhanmu. Expedition dikenal dengan jam-jam nomor satu yang nyaman di kulit, dan berbentuk menarik. Dijamin jam tangan ini akan meninggalkan kesan bagi penerimanya.
Misalnya, jam tangan Expedition E6635 ini. Bahannya dari stainless steel dengan tali kanvas yang trendi. Mesin baterai dengan teknologi Quartz, kamu juga bakal dapat fitur Chronograph dan tanggal dimensi. Berat jam ini 0,5 kg, dengan harga diskon dari Rp 1.640.000 jadi 1.020.000. Tidak percaya? Cek saja di http://arlojijamjakarta.com. Jangan lupa, ada garansi satu tahun juga, lho.

Leather Journal

Sumber gambar www.etsy.com

Walau sudah banyak notepad yang memudahkan kita saat mencatat sesuatu, kehadiran buku agenda tetap berkesan. Bahkan anak-anak sekolah hingga pengusaha papan atas pun masih gemar memakai buku agenda dibanding mengetuk-ketuk layar sentuh. Apalagi jika mantan cowokmu ini punya tingkat kesibukan tinggi, sehingga dia butuh media untuk menulis aktivitasnya seharian.

Memang ada kepuasan tersendiri ketika kita mencatat dengan tangan. Kamu bisa memanfaatkannya dengan meghadiahkan buku agenda untuk mantan. Tapi, agar lebih istimewa, pilih buku agenda yang nampak beda. Yang penting sih, warnanya netral dan tidak mencolok, modelnya pun pilih yang berkelas. Kamu bisa memilihnya secara langsung di toko buku, tapi Tokopedia sudah menyediakannya untukmu.

Leather Journal (buku catatan bersampul kulit) dijual dari harga 200 ribu di sini. Misalnya, leather journal H series Tan Large, yang bisa dibuat sesuai pesananmu. Buku berukuran besar ini disampuli kulit sapi yang digosok. Bentuknya tebal tapi tidak kaku.

Ciri khas buku ini dilihat dari potongannya yang kasar pada bagian sampul, yang dijahit dengan benang nilon. Ada kancing pada sampul untuk mengunci buku. Kertas di dalamnya menggunakan HVS 80 gram polos tanpa garis dengan ukuran 19 x 13 cm berwarna ivory, bebas asam dan tahan lama. Untuk mendapatkannya, kamu butuh merogoh kocek hingga 265.000.

Military Style Travel Duffel Bag

Sumber gambar www.heritagewedding.com

Kalau mantanmu suka memakai tas, maka coba asah otak untuk mencari tas yang sesuai dengan karakter si dia, sekaligus unik dan beda. Kualitas bahan, brand, semuanya berpengaruh, lho. Tas punya aneka desain sehingga kadang malah membuat kita bingung mau memilih yang mana. Solusinya, cari yang sesuai dengan karakter dia. Misalnya, daypack satu ini. Karena ini untuk kado pernikahan, belikan sepasang sekalian agar mereka bisa memakainya untuk momen istimewa.

BukaLapak menjual tas serupa. Tas traveling bermotif Army Selempang ini cocok digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, kualitas impor, lho. Tas multifungsi ini terbuat dari bahan nilon, tersedia dalam warna hitam, tan, dan marpat. Gratis patch tiap pembelian tas ini, lho. Siap? Pilih warnanya dan dapatkan tas seharga 175.000 ini untuk mantanmu.

Exoskeleton Watch

Sumber gambar gopego.com

Jam tangan tetaplah kado unggulan. Ini karena jam tangan memberikan manfaat besar sekaligus jadi bagian dari fashion pria. Kini, pilihannya untukmu adalah jam tangan dari Devon edisi Tread 1 Exoskeleton dengan dua pilihan lapisan. Ada yang berlapis emas atau perah dilengkapi batu safir pada kaca. Devon memberikan aksen sabuk berwarna dan casing berbahan polycarbonate. Casing ini bentuknya unik, mrip kerangka. Tenang, baterainya berjenis litium polimer sehingga kamu bisa mengisi ulang dengan mudah, bahkan tak perlu pakai kabel.

Tertarik? Cus hubungi Devon dan studio desain Devon Works, atau dapatkan jam sejenis di Tokopedia, Lazada, atau toko jam. Misalnya, kamu bisa memilih Fossil ME3027, jam tangan skeleton pria berwarna kulit cokelat dengan automativ movement dan anti air. Jam bergaransi 2 tahun ini bisa kamu dapatkan seharga Rp 2.471.000.

Personalized Key Holder

Sumber gambar id.pinterest.com

Ada sejuta kebutuhan rumah tangga, termasuk printilan-printilan kecil yang kadang terasa remeh tapi di saat yang sama juga sangat dibutuhkan. Misalnya, gantungan kunci. Mantan pacarmu di rumah barunya bersama sang istri pasti membutuhkan alat untuk menyatukan kunci atau membuat sebuah kunci terlihat menonjol sehingga gampang dicari. Entah itu kunci rumah, kunci mobil, kunci motor, dan sejenisnya.
Jadi, jangan ragu memberikan gantungan kunci sebagai kado pernikahan untuk mantan. Ada banyak bentuk dan warna, tapi pilih gantungan yang unik dan beda agar kadomu terkesan istimewa. Sesuaikan dengan kesukaan penerima agar mereka senang memakainya.

Cobalah cek AsmaraKu untuk rekomendasi, yaitu situs belanja online yang menjual gantungan kunci unik. Tersedia gantungan kunci berkualitas nomor satu, misalnya dari merk Wood Design. Nah, kamu bisa pilih gantungan kunci berbentuk hati seharga Rp 25.200 ini. Bahannya terbuat dari kayu sehingga lebih ramah lingkungan. Awas jangan baper dengan lambing hatinya, ya!

Jangan Biarkan Kadomu Sia Sia, Kemas Dengan Istimewa Agar Makin Spesial

Sumber gambar www.sheknows.com

Kado sudah siap. Sekarang, bagaimana mengemasnya agar makin tampak spesial? Banyak orang tidak menyadari bahwa cara kita mengemas kado menunjukkan seberapa sungguhannya kita saat mempersembahkan kado itu. Kamu bisa menggunakan box, tapi ada beragam ide lain yang unik dan layak dipraktekkan, misalnya membungkus dengan kain. Bungkusan kado yang beda akan menjadikan kadomu istimewa, sehingga si penerima senang mendapatkannya. Pastikan saja bungkusanmu itu rapi, bersih, tidak kusut, dan menarik dilihat.

Kado Istimewa Harus Dibarengi Ucapan Istimewa

Sumber gambar i2.wp.com

Sebagai sentuhan akhir, sematkan kartu ucapan dengan kata-kata doa dan dukungan. Iya, sih, dia pernah menjadi bagian spesial dalam hidup kita. Dia pernah jadi bunga tidur dan tempat berbagi. Tapi sekarang, dia sudah jadi mantan. Ada sosok lain yang sudah dipilihnya untuk menemani hidup. Jadi sekarang, lupakan kegalauan dan sakit hatimu. Tulis kata-kata positif dan doa agar mantanmu dan pasangannya bisa bahagia menerima kado itu sekaligus merasakan ketulusanmu. Pasti deh kata-kata itu akan berkesan bagi mantan dan pasangan barunya.

Untuk ucapan tersederhana, kamu bisa menuliskan, “Selamat menempuh hidup baru, semoga dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawadda, warahmah, serta melahirkan keturunan yang bermanfaat untuk keluarga dan sesama, diberkahi rezeki yang baik, dan dilindungi Tuhan Yang Maha Esa.” Terlalu simpel, ya? Kamu bisa membuatnya lebih menyentuh dengan menulis, “Semoga Allah menjadikan sempurna bagi kebahagiaan kalian, serta menjadikan pernikahan ini sebagai ibadah yang berkah.”

Mau yang agak puitis? Begini misalnya, “Senyum purnama kian indah, binar bintang pun tak mau kalah. Teriring doa tulusku untuk kalian yang menikah, semoga menjadi keluarga sakinah.” Atau, “Takdir menyatukan kalian di sini, dalam bingkai upaya menggapai cintai nan hakiki, rekatkan keluarga kalian dengan penuh kasih, agar Allah senantiasa memberkahi.”

Kamu juga bisa memberikan kata-kata motivasi, seperti, “Pernikahan bakal menyulapmu jadi lebih dewasa, meyakinkanmu bahwa kini kamu bukan lagi satu, tapi dua dalam satu. Selamat menjalani hidup baru.” Atau, “Pernikahan jadi awal atas kehidupan barumu kini. Belajarlah untuk terus bersama dalam perbedaan-perbedaan. Selamat menempuh hidup baru.”

Mana nih, yang sesuai dengan gayamu?

From our editorial team

Jangan Ragu Berikan Hadiah Pernikahan Untuk Mantan

Kebanyakan orang tidak mau menghadiri pesta pernikahan sang mantan karena mungkin akan terasa menyakitkan. Namun, tidak semua orang seperti itu, jika kamu adalah salah satu orang yang menghargai mantan, pastinya kamu akan datang memberikan selamat dan juga memberikan hadiah padanya. Pilih hadiah terbaik yang tidak akan menyinggung perasaan mempelai atau mengingatkannya pada masa lalu. Intinya, tunjukkan bahwa kamu juga bahagia dengan pernikahan sang mantan.