6+ Ide Kado Pernikahan di Hari Spesial di 2018

6+ Ide Kado Pernikahan di Hari Spesial di 2018

Ada sahabat atau anggota keluargamu yang bersiap menempuh hidup baru? Kalau begitu tentunya kamu harus menyiapkan hadiah untuk memeriahkan hari istimewa itu, dong! Karena pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup, pasti kamu tidak bisa asal memberi hadiah tanpa memikirkan kesukaan sahabat atau saudaramu. Mau tahu kira-kira hadiah pernikahan seperti apa yang cocok sekaligus bermakna spesial? Simak dulu artikel BP-Guide di bawah ini.

Yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Kado Pernikahan

Sumber gambar hickokphotography.com

Ketika sahabat atau salah satu anggota keluarga kita menikah kurang pas rasanya kalau kita hanya memberikan amplop berisi uang di pesta pernikahannya. Kado pernikahan merupakan salah satu hal yang bisa jadi diharapkan oleh kedua mempelai dari kerabat dekatnya.

Saat memilih kado untuk pernikahan, usahakan memilih barang yang disukai salah satu dari kedua mempelai dan manfaatnya pun jelas. Tapi jangan lupa selain itu kamu juga harus bisa memberikan kado yang unik dan menarik agar dapat dikenang. Banyak barang yang bisa dijadikan kado pernikahan dengan harga yang tidak mahal tapi sangat bermanfaat membantu kegiatan kedua mempelai menjalani kehidupan rumah tangganya yang baru.

Perhatikan Budget Pribadi

Sering kali orang enggan memberikan kado pada momen spesial dalam kehidupan sahabat atau keluarga karena terhalang minimnya budget pribadi. Sangat disayangkan kalau ini terjadi padahal kado bisa menjadi pengingat orang lain akan kita dengan momen spesialnya, apa lagi pernikahan yang terjadi hanya sekali seumur hidup.

Sebenarnya dengan budget yang minim ada banyak barang yang dapat kamu jadikan kado pernikahan, tidak perlu aneh-aneh yang penting fungsi dan kualitasnya. Atau kalau kamu memang ingin memberikan yang spesial bisa saja mengajak teman-temanmu patungan untuk memberikan kado yang agak mahal. Tapi yang perlu kamu ingat adalah kenyataan bahwa kedua mempelai pasti tidak akan memandang kadomu dari harganya, melainkan manfaat dari kado tersebut plus niat baik dari pemberinya.

Andalkan Kreativitas

Sumber gambar creative-revelations.com

Memberikan kado pernikahan untuk sahabat yang berkesan sekaligus bermanfaat memang gampang-gampang susah. Biasanya kamu diharapkan akan memberi sesuatu yang menimbulkan kesan mendalam sehingga mereka akan selalu ingat dengan hari pernikahannya setiap kali mereka melihat barang tersebut. Karena itu, kreativitas bisa jadi salah satu andalanmu saat berurusan dengan kado pernikahan. misalnya kamu bisa menggambar karikatur, coba saja buatlah karikatur wajah kedua mempelai dalam ekspresi lucu dan bahagia, pasti akan jadi hadiah yang menyenangkan!

Carilah Kado yang Unik

Memberikan kado pernikahan memang bisa apa saja, tapi kalo kamu memang ingin memberikan kado yang bisa di kenang, kamu harus bisa memberikan kado yang unik, bermanfaat, dan sesuai dengan selera dari kedua mempelai. Memberikan kado yang unik seperti memberikan surat tentang kisah persahabatan kalian pasti akan sangat kena di hati dan di kenang olehnya.

Kalau mempelai wanita masih dalam proses belajar masak, bisa saja kamu berikan kado piring dengan tulisan resep makanan yang di tulis langsung di piring. Atau salah satu dari kedua mempelai ada yang suka dengan kucing? Berikan saja Paw Me a Cup Set in Cat yang sangat lucu. Ini adalah satu set perlengkapan minum teh dalam bentuk kucing yang sangat lucu yang berfungsi untuk minum teh atau kalau sahabatmu benar-benar pencinta kucing, juga bisa dipajang sebagai tambahan dekorasi rumah.

Cari Kado yang Bermanfaat

Ketika memberikan kado pernikahan usahakan selalu kado itu bisa sangat berguna. apalagi kalau barang itu bisa bermanfaat dalam jangka panjang atau bahkan bisa digunakan kapan saja. Contohnya adalah memberikan kado berupa voucher belanja yang memang manfaatnya sangat fleksibel, apalagi kalau bisa digunakan untuk membeli perlengkapan rumah tangga.

Bisa juga kamu pilihkan peralatan masak, alat elektronik sederhana, atau juga peralatan bertukang yang berguna untuk mempelai wanita atau pria. Selain bermanfaat dalam jangka panjang, hadiah seperti ini juga bisa membuat pasangan yang berbahagia lebih semangat menjalani aktivitas mengurus rumah tangga. Seru, bukan?

Ide Kado Pernikahan yang Bermanfaat

Sumber gambar www.huffingtonpost.com

Saat kamu akan memberikan kado pernikahan, usahakan apapun kado pilihanmu jangan sampai menjadi sesuatu yang sia-sia. Kalau kamu kurang suka memberi hadiah berupa peralatan rumah tangga, ada alternatif seperti gaun atau sepatu cantik yang bisa dipakai sahabat atau saudaramu saat kencan bersama suami atau mungkin ikat pinggang dan dasi untuk melengkapi tampilan resmi sang suami.

Kamu tidak perlu terlalu terpaku pada pakem tertentu saat mencari hadiah pernikahan yang spesial, karena fleksibilitas pilihan akan sangat membantumu dalam berburu hadiah. Sesuaikan saja kado pilihanmu dengan kesukaan calon mempelai, dijamin mereka akan menyukainya.

Video Dokumentasi yang Orisinil dan Spesial

Sumber gambar www.weddingbee.com

Memberikan kado juga tidak harus berupa barang loh, menggunakan video sebagai alat berekspresi tentang perasaan mu terhadap pernikahannya juga bisa membuat sahabatmu bahagia, merasa dihargai, bahkan terharu atas perhatianmu. Kamu bisa memulai dari beberapa minggu sebelum menikah merekam momen-momen kegiatannya, hingga hari H proses pernikahannya yang kamu berikan saat resepsi nanti.

Ide video dokumentasi sendiri bisa sangat bervariasi karena kreasi video memang tidak ada matinya. Agar kesan video buatan sendiri ini tetap eksklusif, jangan pernah merekam video dengan dialog 'alay' yang kesannya jauh dari intelek! Selain itu kamu juga bisa libatkan sahabat atau saudara calon pengantin untuk ambil bagian agar video ini semakin meriah. Nah, kalau kamu perlu referensi, salah satunya adalah video dari Youtube berikut ini yang bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu merekam video sendiri.

Menyumbang Lagu Saat Pernikahan

Memberikan lagu romantis yang kamu siapkan untuk di nyanyikan di pesta pernikahan sahabat mu mungkin bisa menjadi kado yang ter indah untuknya. Walaupun terdengar mudah tapi tidak semua orang yang bisa bernyanyi mau melakukan ini, butuh nyali yang besar dan tingkat percaya diri yang tinggi untuk memberikan kado ini.

Musik memang bisa mengubah suasana hati atau sebagai penguat suasana, terlebih kalau ternyata lagu itu sangat cocok untuk di bawakan ke pernikahan dan merupakan kesukaan kedua mempelai, seperti A Thousand Years, Here Comes The Bride atau bisa juga Canon In D. Tak jadi soal meskipun kamu selama ini kurang percaya diri dengan urusan tarik suara, karena kamu masih bisa latihan dalam beberapa hari menjelang hari H pernikahan. Saat hari H tiba, tak usah malu untuk menyumbangkan satu-dua lagu, pilih saja lagu yang sudah kamu hafal dan tidak terlalu susah untuk memeriahkan pesta pernikahan sahabatmu.

Lingerie Cantik untuk Pengantin Wanita

Sumber gambar www.onewed.com

Kamu bisa juga memberikan kado yang mungkin bisa dibilang sangat berguna dan menarik di kamar pengantin loh, seperti parfum, sabun wangi, aroma terapi, atau bahkan lingerie. Lingerie bukan hanya pakaian yang digunakan oleh para penari seksi saja, tentu saja kaum wanita boleh memakainya untuk meningkatkan rasa percaya diri di depan suami. Jangan cemas dengan bentuk dan ukuran tubuh, pilih saja lingerie yang nyaman dan modelnya benar-benar disukai mempelai wanita, pasti akan jadi hadiah kejutan yang seru!

Ada beberapa merek yang bisa menjadi pilihan kamu untuk memberikan kado berupa lingerie, yaitu You’ve Star Print Salem Bra Set pakaian dalam, terbuat dari bahan katun dan poliester yang nyama pakaian ini cocok untuk wanita dengan ukuran dada 34 B, 35 A dan 36 C harganya cukup murah mulai dari Rp 89.000. yang tak kalah bagusnya adalah Lindex Classic Lace Lingerie Dree, dengan warna hitam yang elegan membuat wanita pasti terlihat lebih seksi dan dilengkapi dengan tali bahu berbahan lembut membuat lingerie ini nyaman dipakai, bahkan untuk pemakaian sehari-hari. Kalau tertarik, lingerie cantik ini bisa kamu dapatkan dari laman Mataharimall.com dengan harga mulai dari Rp 162.000.

Kado Pernikahan Handmade

Kalau kamu ingin memberi hadiah pernikahan yang beda dari biasanya, maka kado yang bersifat DIY (Do it Yourself) bisa jadi pilihan. Kamu bisa mengkreasikannya dengan barang yang tersedia di rumah, membeli bahan mentah, atau dengan menggunakan barang bekas yang tersedia. Memberikan kado buatan tanganmu sendiri pasti sangat berkesan, karena selain tentang kadonya dia juga melihat usaha kamu alam membuat kado untuknya.

Salah satu barang buatan sendiri yang bisa di jadikan kado adalah Lilin Floral. Pembuatannya tidak sulit, bahan-bahannya pun mudah didapat dan ekonomis tapi kamu harus tetap teliti dan hati-hati untuk mendapatkan hasil akhir yang bagus. Penasaran dengan cara pembuatannya? Yuk, baca step-by-step simpel di bawah ini!

Bahan-bahan Lilin Floral:

  • Sumbu
  • Lilin
  • Guci
  • Lem tembak
  • Bunga artifisial untuk dekorasi

Cara membuatnya

  • Pertama letakkan sumbu di tengah-tengah jar kemudian lem menggunakan lem tembak
  • Cairkan lilin diatas kompor atau microwave, tunggu hingga meleleh atau mencair
  • Berikan minyak beraroma dan campur dengan lilin yang sudah meleleh tadi.
  • Supaya sumbu tidak bergerak gunakan selotip di atas jar dan diamkan lilin hingga dingin pada suhu ruang
  • Setelah dingin potong sumbu agar tidak terlalu tinggi
  • Terakhir hias tutup botol dengan hiasan bunga

Nasihat Perkawinan

Sumber gambar eramuslim.com

Pernikahan adalah fase dimana orang memasuki kehidupan barunya, yang sangat berbeda dengan kehidupan dia sebelumnya. Bagi wanita sudah ada tanggung jawab lebih sebagai istri dan mungkin juga sebagai ibu di masa yang akan datang, begitu pun dengan pihak pria yang kini menyandang predikat suami. Di usia pernikahan yang baru mungkin akan banyak perbedaan yang membutuhkan solusi yang terbaik, sebagai kerabat dekat kita bisa memberikannya kado berupa buku nasihat pernikahan.

Kalau sahabatmu yang akan menempuh hidup baru kebetulan gemar membaca, buku berisi aneka nasihat pernikahan adalah hadiah yang sangat tepat sasaran. Melalui buku seperti ini, kita juga bisa ikut menawarkan aneka solusi tanpa kuatir terlihat menggurui. Untuk harga satu buku yang berjudul Buku Hadiah Pernikahan Terindah ini cukup murah sekitar Rp 123.250 di laman resmi Gramedia.com. Sangat ekonomis tapi penuh manfaat, bukan?

Dekorasi Rumah Cantik dan Unik

Sumber gambar dekoruma.com

Memberikan kado berupa dekorasi yang unik bisa menjadi alternatif dalam memberikan kado pernikahan. Sudah banyak pilihan hiasan unik yang bisa melengkapi dekorasi rumah, apalagi pengantin baru biasanya memiliki rumah baru yang berarti membutuhkan pernak-pernik untuk mendeokrasi rumah agar terlihat lebih indah.

Ada beberapa barang yang mungkin bisa menjadi rekomendasi kamu dalam membeli dekorasi rumah unik sebagai kado pernikahan. Yang pertama adalah korden cantik Thin Voile Curtain Castle yang sangat tepat sebagai pelengkap rumah pasangan yang baru berumah tangga. Untuk harganya, satu tirai bernuansa biru lembut ini bisa kamu beli seharga Rp 110.000 di laman Lazada.co.id. Ada juga hiasan dinding dari Maken berupa frame kata-kata mutiara seperti 'Home is Where Your Story Begins' dalam warna-warni cerah yang bisa menjadi dekorasi ruang tamu atau di kamar tidur. Soal harga pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 120.000 untuk satu wall decor berbingkai manis di laman Dekoruma.com.

Jangan Lupakan Ucapan Istimewa untuk Kado Istimewa!

Untuk memberikan kado yang berkesan dan tak terlupakan, tentu kamu tidak bisa hanya mengandalkan keunikan dan daya tarik dari kado tersebut. Tapi kamu juga harus memberikan ucapan dan doa yang terbaik untuk kedua mempelai. Selain merasa di hargai, memberikan ucapan dan juga sangat di harapkan kedua mempelai untuk kelancaran rumah tangga mereka. Kalau kamu ingin memberikan ucapan selamat yang spesial, lihat dulu beberapa referensi dari kami berikut ini ya!

  • Pernikahan merupakan langkah awal bagi kalian berdua, tetap menjaga rasa saling mengasihi satu sama lain ya!
  • Pernikahan bukan hanya tentang 2 orang, melainkan kedua keluarga yang ditakdirkan untuk menjadi satu, jangan cuma cintai orangnya, cintai juga keluarganya. Selamat menempuh hidup baru dan semoga langgeng selamanya.
  • Buat yang sudah halal, selamat bahagia ya, semoga kalian menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Wa Rahmah.
From our editorial team

Hadiah Terbaik untuk Suatu Pernikahan

Setelah membaca tips, trik dan rekomendasi dari BP-Guide di atas, semoga kamu lebih punya inspirasi untuk mencari hadiah terbaik buat pernikahan sahabatmu. Jangan lupa juga bahwa salah satu hadiah terbaik yang bisa kamu berikan adalah doa restu dan ucapan selamat yang tulus, karena sahabatmu akan sangat bahagia mengetahui kamu mendoakan segala yang baik untuknya dan pasangan hidupnya. Peliharalah juga agar persahabatan kalian tidak merenggang meski sahabat sudah menjalani hidup berkeluarga dengan suaminya, ya! Sampai jumpa dalam artikel berikutnya dan happy wedding untuk sahabat!