10 Rekomendasi Perlengkapan Studio Foto yang Perlu Dipersiapkan Fotografer Pemula (2020)

10 Rekomendasi Perlengkapan Studio Foto yang Perlu Dipersiapkan Fotografer Pemula (2020)

Ada banyak peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membangun studio foto. Sebagai pemula tentunya kamu sedikit bingung, bukan? Jangan khawatir, berikut ada tips membangun studio foto dan beberapa rekomendasi perlengkapan yang kamu butuhkan.

Studio Foto Profesional Memerlukan Peralatan yang Memadai

Dunia fotografi yang mampu menghasilkan foto yang halus, jelas, dan natural sangatlah rumit. Kenapa dikatakan rumit? Jelas saja, untuk mendapatkan bidikan foto yang sempurna membutuhkan kemampuan memotret dan berbagai peralatan yang mendukung.

Kemampuan yang dimaksud sebagian kecilnya adalah cara memotret landscape, teknik pencahayaan saat mengambil foto, dan freeze pada objek yang bergerak. Tentunya pembahasan tentang fotografi ini masih sangat luas sekali. Begitu juga dengan peralatan dan perlengkapan pendukung lainnya yang tak kalah penting dan semua itu harusnya ada dalam sebuah studio foto.

Itulah mengapa hasil foto dari studio terlihat begitu bagus ketimbang foto yang diambil oleh seorang amatir. Nah, kamu yang hobi fotografi apalagi sudah memiliki kemampuan yang baik dalam dunia fotografi pasti sangat ingin memiliki studio foto sendiri, bukan? Untuk membuka studio foto tentu kamu membutuhkan banyak peralatan dan perlengkapan yang menunjang agar foto yang dihasilkan bisa maksimal.

Sebelum Membangun Studio, Fotografer Harus Melengkapi Diri dengan Peralatan Ini

Kamera

Jika kamu ingin menjadi seorang fotografer, tentu saja alat yang wajib kamu miliki adalah kamera. Untuk menjadi seorang fotografer profesional yang memiliki studio, setidaknya kamu harus memiliki 2 kamera, 1 kamera untuk digunakan di studio dan 1 kamera untuk memotret di luar studio. Untuk jenis kameranya pun harus kamera DSLR level high-end agar hasil foto yang didapat sempurna. Harganya tentu saja lebih mahal dibanding kamera DLSR entry level karena hasil foto kamera DLSR pro nilainya di atas rata-rata.

Lensa

Selain kamera kamu juga akan membutuhkan lensa dengan diafragma besar jika ingin membangun studio. Lensa ini dibutuhkan dalam keperluan modelling, foto keluarga, hingga foto produk. Namun, sebagai pemula, memiliki lensa kit bawaan sudah cukup untuk menghasilkan foto yang bagus. Seiring dengan berkembangnya studiomu, kamu bisa menambah banyak lensa dari berbagai jenis seperti wide, tele, mikro, hingga landscape.

Tas Kamera

Mengapa tas kamera juga sangat penting? Tas ini akan kamu butuhkan saat melakukan pekerjaan memotret di luar studio. Kamu bisa menyimpan kamera dan perlengkapannya di dalam tas khusus kamera yang waterproof dengan aman. Jika menggunakan tas lain, kamera bisa saja rusak karena tidak ada perlindungan.

Terlebih jika kamu mendapatkan pekerjaan untuk memotret makanan, maka kamu pun harus memiliki plastik pelindung khusus agar kamera tetap aman. Jangan lupa untuk memilih tas kamera yang memiliki kualitas bagus agar kamera terlindung dari kerusakan.

Tips Membangun Studio Foto agar Terlihat Profesional

Siapkan Ruangan dan Dekorasi Pendukung

Untuk membuat studio foto tentunya kamu membutuhkan sebuah ruangan khusus. Sebagai langkah awal, kamu bisa memanfaatkan ruangan yang ada di rumah, akan lebih baik lagi jika ruangan tersebut memiliki jendela. Tidak perlu ruangan yang besar untuk bisa mendapatkan frame foto yang cukup dan memberikan hasil foto yang sempurna.

Untuk mendapatkan pantulan cahaya yang lebih baik, kamu bisa mengecat putih dinding ruangan. Selain itu kamu juga bisa menaruh backdrop pada spot foto. Jangan lupa pula untuk mendekorasi studiomu dengan berbagai pernak-pernik pendukung untuk berbagai tema foto.

Sediakan Pencahayaan dari Lampu

Pencahayaan atau lighting sangatlah penting dalam dunia fotografi untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Pencahayaan bisa didapat dari flash internal dan eksternal serta pencahayaan alami. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan lampu sebagai sumber pencahayaan tambahan. Lampu ini akan dibutuhkan pada saat cuaca mendung atau pada ruangan dengan pencahayaan kurang.

Lampu juga dapat memberikan visualisasi khas pada foto yang dihasilkan. Lampu ini bisa jadikan sumber pencahayaan tambahan seperti yang diletakkan di belakang objek foto atau softbox. Penggunaan softbox dapat memperhalus cahaya sehingga bayangan yang dihasilkan tidak terlalu kuat sehingga hasil foto jadi cemerlang.

Peralatan Foto yang Digunakan Harus Sesuai Kebutuhan

Bujetmu terbatas untuk membangun sebuah studio foto yang kamu dambakan? Kamu bisa memulai dengan menyediakan peralatan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja jika kamu menjadi fotografer untuk sebuah produk, maka kamu hanya perlu fokus pada lensa yang bagus agar bisa mengambil detail objek dengan sempurna.

Untuk pencahayaannya kamu bisa mengandalkan flash yang ada pada kamera. Untuk kameranya sendiri bisa disesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Jika objek fotonya berukuran besar, kamu bisa mengandalkan tirai sebagai latar belakang, bahkan kamu juga bisa memanfaatkan seprei, lho!

Jangan Lupakan Alat Pendukung

Sebagai fotografer profesional yang dapat mengambil foto objek dengan hasil yang bagus, juga membutuhkan berbagai alat pendukung fotografi. Beberapa di antaranya adalah tripod, reflektor, printer, c-stand, kertas mulus, lampu softbox, dan sebagainya.

Tripod berguna untuk mencegah guncangan saat memotret, reflektor untuk memantulkan cahaya, printer untuk mencetak foto, kertas mulus warna putih atau abu-abu sebagai background, hingga lampu softbox untuk pencahayaan. Dan tentunya masih banyak lagi perlengkapan fotografi untuk menunjang kegiatan memotret agar hasil foto menjadi bagus.

Rekomendasi Perlengkapan Studio Foto yang Harus Disediakan

TaffSTUDIO Portrait Foto Studio Lighting Kit Youtube Vlog - VL-9004

Perlengkapan studio foto untuk lighting ini bisa kamu miliki jika pencahayaan dalam studio minim. Satu paket ini terdiri dari 3 Light Bulb Socket lengkap dengan lampu berdaya 45 watt, 3 Light Stand, dan 2 Umbrella Reflector.

Dengan Light Bulb Socket kamu bisa menaruh lampu pada light head, sementara Umbrella Reflector yang berdiameter 77 cm membuat cahaya yang dipantulkan jadi lebih merata. Kamu juga akan mendapat 2 buah light stand yang berukuran panjang dan berukuran pendek. Temperatur warna lampu adalah 5500K dan panjang kabel konektornya sekitar 3 meter.

Harga Rp. 420.100-550.680

TaffSTUDIO RL-19 Lampu Halo Ring Light LED Kamera - White [8W/ 6 Inch]

Satu lagi perlengkapan studio foto yang akan kamu butuhkan untuk pencahayaan adalah TaffSTUDIO RL-19 Lampu Halo Ring Light LED Kamera. Perlengkapan lighting dengan desain yang simpel ini akan memberikan pencahayaan yang cukup untuk pemotretan.

Direkomendasikan juga untuk kamu yang suka mengambil video untuk ditayangkan di berbagai media sosial. Didesain berbentuk ring, maka saat pengambilan gambar objek berada di posisi tengah lingkaran sehingga pencahayaan yang didapat memadai.

Tingkat keterangan dari ring light ini juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Penggunaannya pun sangat mudah karena kamu hanya perlu menghubungkan lampu pada tripod dan meletakkan kamera di tengah lingkaran. Dengan perlengkapan ini maka hasil gambar yang didapat jadi lebih bagus.

Harga Rp. 44.000-59.900

Ulanzi 96 LED Mini Video Ultra Light Lampu Studio Rigging/Vlogging

Ulanzi 96 LED Mini Video Ultra Light Lampu Studio Rigging/Vlogging ini juga menjadi perlengkapan studio foto yang patut untuk dimiliki. Perlengkapan lighting ini sifatnya portable sehingga mudah untuk dibawa bepergian.

Lampu LED ini juga praktis digunakan dan hadir dengan filter 2 warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lampu LED dapat menyala menggunakan baterai AA yang bisa dicas atau kabel USB. Perlengkapan ini juga dilengkapi dengan tombol On/Off dan kompatibel untuk kamera dan camcorder dengan thread standar 1/4-20.

Harga Rp. 113.000-125.000

TaffStudio W803 Portable Light Stand Tripod

Tripod menjadi perlengkapan studio foto yang penting untuk kamu miliki, salah satu pilihannya adalah TaffStudio W803 Portable Light Stand Tripod. Tripod sepanjang 180 cm dengan 3 buah section ini terbuat dari bahan alumunium yang ringan tapi kokoh dan mampu menahan beban hingga 2,5 kg.

Tripod juga dilengkapi dengan flip lock untuk mengunci kaki saat dipanjangkan. Selain itu tripod ini juga didesain agar mudah dilipat sehingga mudah dibawa bepergian, cocok sekali untuk kamu yang sering mendapatkan pekerjaan di berbagai tempat.

Harga Rp. 49.900-62.499

Wireless Trigger OTT-04NE

Wireless Trigger OTT-04NE berguna untuk mendapatkan cahaya dari berbagai angle. Aksesori ini akan memicu strobis atau lampu flash yang tidak terpasang pada kamera. Kilat cahaya yang dihasilkan dari lampu flash ini dapat memberikan hasil foto yang lebih baik. Aksesoris kamera ini memiliki frekuensi 433 Mhz dan 4 channel dengan jangkauan 1 m s/d 20m outdoor. Synchronize speed maksimal 1/250s dan dilengkapi dengan built-In umbrella holder.

Harga Rp. 218.000-245.000

BS-300 Taffstudio Bracket Stand 3M for Backdrop Foto Studio

Kamu yang akan memasang background akan membutuhkan BS-300 Taffstudio Bracket Stand 3M for Backdrop Foto Studio ini. Dengan bracket ini kamu bisa menggantung kain backdrop untuk mendapatkan latar belakang yang inginkan. Lebar bracket 300 x 190 cm dan bahannya terbuat dari alumunium ringan dan tidak mudah patah. 3 kaki pada bracket akan menjaga backdrop tetap stabil dan tidak mudah roboh.

Harga Rp. 150.699-200.000

KS62 Safstar Softbox Reflektor Photography Foto Studio Lighting

KS62 Safstar Softbox Reflektor Photography Foto Studio Lighting merupakan set perlengkapan studio foto yang diperlukan untuk mendapatkan pencahayaan yang sempurna pada foto. Perlengkapan ini terdiri dari Adjustable Light Stand, LED Lamp Head, dan Reflex Softbox. Dengan satu saklar kamu bisa mendapatkan dua pencahayaan, yakni dari 5500K dan 2700K yang kecerahannya bisa disesuaikan mulai dari 1% hingga 100%.

Harga Rp. 800.800-946.900

Godox Mini Master K-150A Kits Lampu Studio

Kamu yang ingin membuka sebuah studio foto profesional, bisa memilih Godox Mini Master K-150A Kits Lampu Studio untuk melengkapi studiomu. Set perlengkapan ini terdiri dari 2 unit mini softbox Godox SB-MS (50 x 70 cm), 1 unit trigger nice DC-04B, 2 unit mini master studio flash K-150 Godox, 2 unit lightstand WT-803, dan 1 unit tas mini studio Godox.

Harga Rp. 2.450.000-3.810.660

Universal Mini Studio Kit Portable Light

Universal Mini Studio Kit Portable Light cocok untuk kamu yang ingin mengambil gambar produk secara detail. Foto produk yang diambil akan terlihat profesional dan terfokus berkat warna background yang solid seperti merah, hitam, biru, dan putih. Satu set perlengkapan studio foto ini terdiri dari 1 tripod, 4 background warna, dan 2 lampu halogen. Dengan perlengkapan ini, hasil foto produk yang kamu foto akan terlihat eksklusif.

Harga Rp. 679.000-1.823.000

Godox BD-08 Barndoor Kit and Color Filter for AD400Pro Flash

Godox BD-08 Barndoor Kit and Color Filter for AD400Pro Flash ini juga akan berguna untuk lighting saat mengambil foto. Dengan perlengkapan ini kamu bisa menerangi area sekitar objek foto. Grid berguna untuk mempersempit sinar yang menyebar dan terdapat pula filter warna untuk ekspresi kreatif. Satu set perlengkapan studio foto ini terdiri dari grid honeycomb, filter hijau, biru, merah, kuning, dan 4-way barndoor set.

Harga Rp. 348.000-488.600
From our editorial team

Sudah Siap Membangun Studio Impianmu?

Sebagai seorang fotografer, memiliki studio sendiri tentunya menjadi hal yang sangat diinginkan. Nah, dengan rekomendasi perlengkapan studio ini kamu sudah bisa membuat studio sendiri. Bagaimana? Sudah siap membuat studio impianmu?

Tag