8 Rekomendasi Merek Keripik Kentang Ini Paling Laris di Seluruh Dunia

8 Rekomendasi Merek Keripik Kentang Ini Paling Laris di Seluruh Dunia

Siapa nih yang hobi makan keripik kentang? Pernah penasaran tidak sih dengan asal muasal keripik kentang? Atau mungkin kamu pernah bertanya soal merek keripik kentang paling ternama di dunia? Temukan semua jawabannya di BP-Guide!

Keripik Kentang Menjadi Kegemaran Semua Orang

Kalau ditanya camilan apa yang paling banyak disukai, mungkin kebanyakan jawabannya adalah keripik. Jenisnya ada banyak sih namun yang paling populer adalah keripik kentang. Kerap disebut sebagai chips, keripik kentang disukai semua kalangan dan semua usia. Keripik kentang hadir dengan aneka pilihan rasa. Kendati demikian rasa yang paling umum adalah gurih. Keripik kentang banyak disukai karena teksturnya yang renyah dan bikin nagih.

Keripik kentang terbuat dari potongan tipis kentang yang digoreng dengan minyak yang banyak. Selain digoreng ada juga yang memilih untuk mengolahnya dengan cara dipanggang sampai kering. Biasanya keripik kentang disajikan sebagai makanan pembuka atau bisa juga jadi camilan kala sedang santai.

Fakta Menarik Mengenai Keripik Kentang

Asal Usul

Mungkin di antara kita ada banyak yang merasa penasaran dengan asal usul keripik kentang. Awalnya seorang koki di New York bernama George Crum menyajikan kentang goreng di sebuah restoran mewah. Ia dikenal pandai menyajikan kentang goreng yang dipotong tebal dan diberi bumbu lalu digoreng.

Namun, suatu ketika ada pelanggan yang protes bahwa kentang gorengnya terlalu tebal. George pun berusaha memuaskan pelanggan dan menipiskan kentang gorengnya. Namun si tamu masih komplain hingga akhirnya George membuat kentang setipis mungkin sehingga menghasilkan kentang goreng renyah dan tidak bisa diiris dengan garpu.

Siapa sangka sajian tersebut memuaskan si pelanggan. Akhirnya keripik kentang buatan George menjadi menu andalan di restoran tempatnya bekerja.

Makna Di Balik Kemasan

Keripik kentang tercipta pada tahun 1860 silam. Namun ide pengemasan keripik kentang baru muncul tahun 1895. Ide ini datangnya dari William Tappendon. Ia mengemas rapi keripik buatannya lalu memasarkan ke publik dengan cara menitipkan ke toko-toko.

Beberapa dari kita tentu pernah bertanya mengapa kemasan keripik kentang dibuat menggembung. Rupanya alasannya adalah karena udara yang ada dalam kemasan snack atau keripik kentang itu bukan udara biasa, melainkan nitrogen. Penambahan nitrogen bertujuan supaya keripik tidak teroksidasi dan mudah basi.

Merek Pertama Keripik Kentang

Nah, pernah penasaran tidak dengan merek pertama keripik kentang? Pengemasan keripik kentang mulai dilakukan pada tahun 1895. William Tappendon dari Cleveland mengembangkan bisnis keripik kentang yang bahannya dari ladang kentang di dekat rumahnya. Ia pun merintis pabrik keripik kentang pertama di negaranya. Keripik kentang buatannya pun dinamakan William Tappendon.

Belum Dipatenkan Hingga Saat Ini

Jika ada makanan unik biasanya selalu ada hak patennya supaya ide tersebut tidak dicuri orang lain. Namun beda halnya dengan keripik kentang. Makanan ini tidak pernah dipatenkan hingga saat ini. George Crum selaku penemu keripik kentang tidak pernah berusaha untuk mematenkan keripik kentang buatannya.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena saat itu orang non kulit putih tidak diperbolehkan mengajukan hak paten. Pada akhirnya keripik kentang bisa diproduksi secara massal dan dijual bebas tanpa memberinya kredit apa pun.

8 Merek Keripik Kentang yang Paling Laris di Seluruh Dunia

Lay's

Sumber gambar www.blibli.com

Kalau mendengar kata Lays pasti kita langsung membayangkan keripik kentang yang renyah. Merek camilan yang satu ini telah menguasai seperempat dari keseluruhan pasar keripik kentang di Amerika Serikat. Produknya dipasarkan juga di berbagai negara Asia seperti Indonesia, Jepang, hingga Thailand. Uniknya, Lays selalu berinovasi dengan rasa yang disesuaikan dengan kuliner lokal. Hal itulah yang membuat Lays banyak diminati di berbagai negara.

Lays Rasa Rumput Laut Keripik Kentang tentu bisa jadi pilihan kamu. Camilan yang satu ini berbahan kentang pilihan. Diolah dengan cara digoreng hingga renyah, camilan ini diberi taburan rumput laut yang nikmat. Camilan ini dibuat dengan teknologi modern sehingga sangat higienis. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 9.100.

Pringles

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pringles adalah camilan keripik kentang yang enak dan menggoda untuk dicoba. Camilan yang berasal dari Amerika Serikat ini banyak disukai semua kalangan. Dengan tekstur tipis, rasa kentangnya begitu nendang dan cocok untuk dimakan di segala suasana. Keripik kentang Pringles sudah ada sejak tahun 1967 silam.

Pringles Original Potato Chips sayang untuk kamu lewatkan. Ada aneka rasa lezat yang bisa kamu cicipi seperti rasa original, keju, dan juga rumput laut. Dikemas dalam ukuran 110 gram, keripik kentang ini berbahan kentang asli. Diiris tipis dan ditabur bumbu lezat, keripik ini begitu renyah dan bikin nagih. Kamu bisa menikmatinya bersama keluarga. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 19.500.

Ruffles

Sumber gambar www.tokopedia.com

Frito Lays mulai memperoleh hak atas keripik kentang merek Ruffles pada tahun 1958. Selanjutnya mereka memasarkan produk keripik kentang dengan potongan bergerigi yang populer. Keripik buatan dari Ruffles dikenal tebal sehingga lebih kuat dan tidak mudah patah di dalam kantong kemasannya.

Ruffles Potato Chips USA ini juga merupakan camilan keripik kentang yang lezat. Produk dari Frito Lays ini berbahan kentang segar dari pegunungan Amerika. Diolah dengan potongan agak tebal, kentangnya dikombinasi dengan keju dan saus asam yang nikmat. Ada aneka rasa yang bisa kamu coba dari merek ini. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 75.000.

Kettle Foods

Kettle Foods merupakan produsen keripik kentang, keripik tortilla, dan selai kacang. Berpusat di Oregon, Amerika Serikat, perusahaan ini menjadi merek keripik kentang alami terbesar di sana. Didirikan pada tahun 1978 oleh Cameron Healy, perusahaan ini menghasilkan produk keripik kentang pertamanya pada tahun 1982.

Kettle brand Potato chips Made U.S.A ini hadir dalam kemasan 142 gram. Ada 5 rasa enak yang tersedia. Produk ini bebas gluten jadi aman untuk yang diet. Bebas gula, produknya juga dibuat tanpa pengawet.

Harga Rp. 48.000-134.000

Utz Quality Foods

Sumber gambar www.tokopedia.com

Utz merupakan sebuah merek camilan yang sudah ternama. Selain memproduksi keripik kentang, merek ini juga memproduksi sunflower chips, tortilla chips, hingga popcorn. Merek ini telah mengantongi sertifikat resmi dari Quality Assurance International. Hal ini menunjukkan bahwa produknya aman dan lebih sehat untuk konsumennya.

Utz Crab Kripik Kentang ini tidak bisa kamu sepelekan. Camilan yang satu ini cocok untuk bersantai. Dengan rasa yang enak dan renyah, camilan ini bikin kamu tidak bisa berhenti memakannya. Ada aneka pilihan rasa dari original, pedas, hingga manis. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 150.000.

Cape Cod Potato Chips

Sumber gambar www.walmart.ca

Cape Cod Potato Chips merupakan salah satu perusahaan makanan ringan yang berkantor pusat di Massachusetts, Amerika Serikat. Merek ini didirikan pada 1980 oleh Steve Bernard. Keripik kentang dari Cape Cod memiliki rasa yang jauh lebih renyah dari keripik kentang pada umumnya.

Cape Cod Original Kettle Cooked Potato Chips adalah produk yang wajib kamu coba. Makanan yang satu ini hadir dengan tekstur renyah dengan rasa mentega yang sedap. Berbahan kentang pilihan, camilan ini diolah memakai minyak nabati murni dan dimasak pada suhu yang tepat hingga berwarna kuning keemasan. Kamu bisa membelinya di walmart.ca dengan harga Rp 48.580.

Zapp's

Sumber gambar www.ubuy.co.id

Zapp’s merupakan merek yang menghadirkan keripik kentang. Keripik kentangnya dimasak dengan minyak kacang tanah sehingga memiliki rasa yang enak.

Keripik Kentang Zapp 5 Ons ini bisa jadi pilihan camilan yang enak. Dengan aneka rasa, dipastikan kamu jadi ketagihan. Camilan yang satu ini cocok untuk berbagai suasana. Kamu bisa membelinya di Ubuy dengan harga Rp 549.078.

Miss Vickie's

Sumber gambar www.walmart.ca

Miss Vickie merupakan merek yang menghadirkan camilan lezat berbahan kentang sejak 1987. Merek ini menjadi favorit di seluruh Kanada. Miss Vickie diakuisisi Frito Lay di awal tahun 1990-an. Kini produk dari Miss Vickie bisa dinikmati di Kanada, Amerika Serikat, dan Eropa.

Salah satu produknya ada Miss Vickie's Kettle Cooked Jalapeno Potato Chips yang wajib untuk kamu coba. Keripik kentang ini diiris dan dimasak dengan teliti supaya hasilnya segar dan renyah. Dikemas khusus sehingga cita rasanya tetap terjaga. Camilan ini bisa dibeli di walmart.ca dengan harga Rp 41.580.

From our editorial team

Camilan untuk Tamasya? Bawa Keripik Kentang Aja!

Orang Indonesia kalau diajak bertamasya pasti paling banyak membawa camilan. Memang perjalanan tanpa ngemil serasa ada yang kurang. Daripada bingung mau membawa camilan apa, kamu bisa pilih keripik kentang sebagai pilihan. Untuk merek dan jenis keripik kentangnya, kamu bisa cek di atas ya!