30 Rekomendasi Para Ahli Merek Keripik Kentang Ini Paling Laris di Seluruh Dunia (2023)

30 Rekomendasi Para Ahli Merek Keripik Kentang Ini Paling Laris di Seluruh Dunia (2023)

Siapa nih yang hobi makan keripik kentang? Pernah penasaran tidak sih dengan asal muasal keripik kentang? Atau mungkin kamu pernah bertanya soal merek keripik kentang paling ternama di dunia? Temukan semua jawabannya di BP-Guide!

Keripik Kentang Menjadi Kegemaran Semua Orang

Kalau ditanya camilan apa yang paling banyak disukai, mungkin kebanyakan jawabannya adalah keripik. Jenisnya ada banyak sih namun yang paling populer adalah keripik kentang. Kerap disebut sebagai chips, keripik kentang disukai semua kalangan dan semua usia. Keripik kentang hadir dengan aneka pilihan rasa. Kendati demikian rasa yang paling umum adalah gurih. Keripik kentang banyak disukai karena teksturnya yang renyah dan bikin nagih.

Keripik kentang terbuat dari potongan tipis kentang yang digoreng dengan minyak yang banyak. Selain digoreng ada juga yang memilih untuk mengolahnya dengan cara dipanggang sampai kering. Biasanya keripik kentang disajikan sebagai makanan pembuka atau bisa juga jadi camilan kala sedang santai.

Fakta Menarik Mengenai Keripik Kentang

Asal Usul

Mungkin di antara kita ada banyak yang merasa penasaran dengan asal usul keripik kentang. Awalnya seorang koki di New York bernama George Crum menyajikan kentang goreng di sebuah restoran mewah. Ia dikenal pandai menyajikan kentang goreng yang dipotong tebal dan diberi bumbu lalu digoreng.

Namun, suatu ketika ada pelanggan yang protes bahwa kentang gorengnya terlalu tebal. George pun berusaha memuaskan pelanggan dan menipiskan kentang gorengnya. Namun si tamu masih komplain hingga akhirnya George membuat kentang setipis mungkin sehingga menghasilkan kentang goreng renyah dan tidak bisa diiris dengan garpu.

Siapa sangka sajian tersebut memuaskan si pelanggan. Akhirnya keripik kentang buatan George menjadi menu andalan di restoran tempatnya bekerja.

Makna Di Balik Kemasan

Keripik kentang tercipta pada tahun 1860 silam. Namun ide pengemasan keripik kentang baru muncul tahun 1895. Ide ini datangnya dari William Tappendon. Ia mengemas rapi keripik buatannya lalu memasarkan ke publik dengan cara menitipkan ke toko-toko.

Beberapa dari kita tentu pernah bertanya mengapa kemasan keripik kentang dibuat menggembung. Rupanya alasannya adalah karena udara yang ada dalam kemasan snack atau keripik kentang itu bukan udara biasa, melainkan nitrogen. Penambahan nitrogen bertujuan supaya keripik tidak teroksidasi dan mudah basi.

Merek Pertama Keripik Kentang

Nah, pernah penasaran tidak dengan merek pertama keripik kentang? Pengemasan keripik kentang mulai dilakukan pada tahun 1895. William Tappendon dari Cleveland mengembangkan bisnis keripik kentang yang bahannya dari ladang kentang di dekat rumahnya. Ia pun merintis pabrik keripik kentang pertama di negaranya. Keripik kentang buatannya pun dinamakan William Tappendon.

Belum Dipatenkan Hingga Saat Ini

Jika ada makanan unik biasanya selalu ada hak patennya supaya ide tersebut tidak dicuri orang lain. Namun beda halnya dengan keripik kentang. Makanan ini tidak pernah dipatenkan hingga saat ini. George Crum selaku penemu keripik kentang tidak pernah berusaha untuk mematenkan keripik kentang buatannya.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena saat itu orang non kulit putih tidak diperbolehkan mengajukan hak paten. Pada akhirnya keripik kentang bisa diproduksi secara massal dan dijual bebas tanpa memberinya kredit apa pun.

30 Merek Keripik Kentang yang Paling Laris di Seluruh Dunia

Keripik Kentang Kemasan Pouch

1. Potabee Seaweed,Berasal dari Kentang Pilihan

Selain rasa rumput laut, keripik kentang dari Potabee ini memiliki berbagai varian rasa lainnya yang juga bisa Anda coba. Namun rasa seaweed dari Potabee ini merupakan salah satu yang paling khas dan disukai oleh banyak orang. Dengan kentang pilihan, keripik kentang ini terbuat menggunakan bumbu rumput laut dan perisa alami untuk menambah rasa yang gurih pada keripik kentang.

Tekstur dari keripik kentang ini sendiri lembut ketika Anda konsumsi serta tidak akan membuat Anda merasa cepat haus. Anda dapat menikmati sebungkus keripik kentang Potabee ini dengan kemasan 15 gram.

Harga Rp. 2.300

2. Lay's, Cemilan Renyah Teman Santai Terbaik

Kalau mendengar kata Lays pasti kita langsung membayangkan keripik kentang yang renyah. Merek camilan yang satu ini telah menguasai seperempat dari keseluruhan pasar keripik kentang di Amerika Serikat. Produknya dipasarkan juga di berbagai negara Asia seperti Indonesia, Jepang, hingga Thailand. Uniknya, Lays selalu berinovasi dengan rasa yang disesuaikan dengan kuliner lokal. Hal itulah yang membuat Lays banyak diminati di berbagai negara.

Lays Rasa Rumput Laut Keripik Kentang tentu bisa jadi pilihan kamu. Camilan yang satu ini berbahan kentang pilihan. Diolah dengan cara digoreng hingga renyah, camilan ini diberi taburan rumput laut yang nikmat. Camilan ini dibuat dengan teknologi modern sehingga sangat higienis.

Harga Rp. 11.950

3. Keripik Kentang Hers, Tekstur Ringan dan Tidak Terlalu Tasty

Herr's memperkenalkan keripik kentang aneka rasa pada tahun 1958. Selain keripik kentang, mereka juga menjual pretzel, popcorn hingga onion ring. Varian rasa originalnya membuat potato crisps ini bisa dinikmati kapan saja. Keripik kentang ini mempunyai rasa dan tekstur yang ringan dan tidak terlalu tasty.

Kerenyahan potato crisps dari Herrs ini begitu terjaga, karena bervarian original rasa asli kentangnya sangat terasa. Gigitan pertama terasa gurih khas keripik kentang dengan after taste yang agak sedikit manis di akhir.

Harga Rp. 55.000

4. F.East Potato Chip, Keripik Kentang Menggugah Rasa

Anda mungkin masih ingat F.east (Flavours of the East) yang viral tahun lalu, berkat debutnya yang menggugah rasa seperti nasi ayam Hainan dan keripik kentang laksa.Varian rasa unik dari keripik kentang ini antara lain Hainanese Chicken Rice, Beef Rendang, Singapore Laksa, dan Egg Prata With Fish Curry.

Harga Rp. 49.000

5. Chitato Potato Chips Rasa Sapi Panggang, Teksturnya Crispy

Anda pastinya sudah tidak asing dengan produk satu ini, dengan rasa sapi panggannya yang terkenal, brand Chitato dari PT.Indofood ini juga memiliki banyak rasa menarik lainnya. Dengan potongan keripik kentang yang bergelombang, bumbu dari keripik kentang ini dapat Anda rasakan di setiap gigitannya.

Memiliki tekstur yang crispy ketika dimakan, keripik kentang dari Chitato dimasak menggunakan minyak alami sehingga menghasilkan keripik kentang yang lebih enak dan sehat. Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 2.500 untuk ukuran 15 gram.

Harga Rp. 2.500

6. Oishi Toss Potato Chips, Menggunakan Bahan Premium

Keripik kentang dengan berbagai pilihan varian rasa, salah satunya merupakan rasa chicken teriyaki yang gurih dan nikmat. Menggunakan bahan-bahan premium, keripik kentang ini dipotong dengan tipis sehingga menghasilkan keripik kentang yang gurih dan renyah ketika digigit. Anda bisa memilih keripik kentang ini sebagai teman ngemil dan bersantai.

Harga Rp. 10.500

7. Thins Potato Chips, Tekstur Gurih dan Renyah

Memiliki enam pilihan varian rasa yang dapat anda cicipi, snack keripik kentang asal negara kangguru ini memiliki desain kemasan yang sekilas terlihat mirip dengan salah satu brand keripik kentang Indonesia. Digoreng dengan potongan tipis, keripik kentang ini akan menghasilkan tekstur yang gurih dan renyah ketika digigit. Selain itu, keripik kentang ini juga sudah diklaim bebas vegan dan juga bebas gluten.

Harga Rp. 55.000

8. Garuda Potato Chips Daging Sapi BBQ, Rasa yang Kuat dan Lezat

Brand Garuda dari PT.Garuda Food yang pada umumnya kita tau merupakan brand yang mengeluarkan snack kacang ini kini mengeluarkan terobosan baru yaitu keripik kentang dengan rasa daging sapi bbq yang lezat.

Dibuat dengan potongan turnado yang unik ini membuat tekstur dari snack keripik kentang ini renyah dan memiliki rasa yang kuat dan lezat hingga Anda tidak bisa berhenti untuk makan. Snack ini dapat Anda beli dengan harga terjangkau untuk ukuran 60 gram.

Harga Rp. 13.000

9. Bro Tatoz Potato Snack, Tekstur Lembut dan Halus

Dengan tiga pilihan rasa berbeda, snack keripik kentang Korea dari Bro Tatoz ini memiliki bentuk yang membuat tekstur dari keripik kentang lembut serta gurih ketika Anda mencobanya.

Rasa gurih dari bumbu snack keripik kentang ini dapat Anda rasakan di setiap gigitannya sehingga Anda akan ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Untuk ukuran 45 gram, Anda bisa menikmati snack ini seraya menikmati drama korea favorite Anda.

Harga Rp. 4.000

10. Ruffles, Camilan Keripik kKentang yang Lezat.

Frito Lays mulai memperoleh hak atas keripik kentang merek Ruffles pada tahun 1958. Selanjutnya mereka memasarkan produk keripik kentang dengan potongan bergerigi yang populer. Keripik buatan dari Ruffles dikenal tebal sehingga lebih kuat dan tidak mudah patah di dalam kantong kemasannya.

Ruffles Potato Chips USA ini juga merupakan camilan keripik kentang yang lezat. Produk dari Frito Lays ini berbahan kentang segar dari pegunungan Amerika. Diolah dengan potongan agak tebal, kentangnya dikombinasi dengan keju dan saus asam yang nikmat. Ada aneka rasa yang bisa kamu coba dari merek ini.

Harga Rp. 64.000

Keripik Kentang Kemasan Zip Lock

11. Ei Salted Egg Potato Chips, Rasa Creamy yang Unik

Dengan bungkus zip lock yang dapat dengan mudah dibuka dan ditutup, snack keripik kentang ini memiliki kemasan yang praktis serta terjamin kualitas dan rasanya tetap sama meskipun sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Dengan rasa salted egg yang sedang naik daun belakangan ini, snack ini memiliki rasa creamy yang unik, manis, serta asin pada setiap gigitannya. Memiliki berbagai ukuran yang beragam.

Harga Rp. 26.000

12. Keripik Kentang Cip Chips, Dengan Varian Bumbu yang Mantap

Keripik Kentang Cip Chips jagonya keripik kentang kriuk, kress, krenyes. Potongannya yang cukup tipis dan garing, serta varian bumbu yang mantap, membuat CipChips menjadi snack potato chips favorit bagi berbagai macam usia. Awas nagih kalau mencoba, 1 pack tidak akan cukup, pasti mau lagi dan lagi.

Jadi harus cobain semua varian Cip Chips, dan temukan varian mana yang paling Anda suka. Kalau Anda doyan banget sama keripik kentang/potato chips, Anda juga bakal suka banget sama keripik kentang CipChips. Buktikan deh.

Harga Rp. 12.500

13. Lenisnacks, Keripik Kentang Rasa Pedas Manis

Salah satu olahan keripik kentang lokal ini memiliki cukup banyak pilihan varian rasa, salah satu varian rasanya merupakan rasa pedas manis yang enak ini. Terbuat dari 100% cabe asli dan dengan menggunakan bumbu-bumbu nusantara.

Snack keripik kentang ini akan membuat Anda ketagihan setelah Anda mencobannya sekali. Tanpa kandungan bahan pengawet serta sudah memiliki sertifikasi halal, Anda dapat mencoba keripik kentang ini dengan harga mulai dari Rp 21.000.

Harga Rp. 21.000

14. Irvins Salted Egg Potato Chips, Rasanya Enak Asin dan Creamy

Salah satu snack keripik kentang dengan rasa salted egg yang juga sudah cukup terkenal ini banyak diminati oleh masyarakat. Produk asal negara Singapura ini terbuat melalui cara manual serta tanpa pengawet dan menggunakan bahan-bahan pilihan.

Memiliki rasa salted egg yang asin dan creamy dengan sedikit sensasi pedas di lidah, anda bisa langsung merasakan aroma dari salted egg ini begitu Anda membuka kemasannya. Harga dari produk ini mulai dari Rp 104.900.

Harga Rp. 104.900

15. Woh Potato Chip, Terbuat dari Bahan-bahan Natural

Snack potato chips dengan rasa original onion salt ini terbuat dari bahan-bahan natural. Snack keripik kentang ini juga bebas gluten dan terbuat dengan cara manual. Terbuat dari kentang pilihan yang dibersihkan dan dipotong dalam bentuk tipis, hasil dari gorengan keripik kentang ini akan terasa gurih dan renyah ketika Anda santap. Untuk ukuran 50 gram, Anda dapat membelinya dengan harga mulai dari Rp 19.900.

Harga Rp. 19.900

16. Springlee Salted Egg Potato Chips, Rasa Asin yang Alami

Merupakan produk lokal asli Indonesia yang dibuat oleh PT.Brata Adi Laksana, snack keripik kentang dengan rasa salted egg ini memiliki rasa asin yang berasal dari rasa alami pada komposisi telur asin yang digunakannya. Rasa asin dan creamy akan Anda temukan disetiap potongan keripik kentang yang memiliki tekstur gurih serta renyah ketika Anda memakannya. Snack dengan harga terjangkau ini dapat Anda konsumsi bersama teman-teman Anda.

Harga Rp. 29.900

Keripik Kentang Kemasan Kaleng

17. Mister Potato Crisps Original, Miliki Varian Rasa yang Banyak

Mister Potato merupakan produk keripik kentang yang pastinya sudah tidak asing untuk Anda. Memiliki banyak varian rasa, rasa original dari produk ini memiliki rasa sedikit asin dengan tekstur yang renyah karena digoreng menggunakan minyak sayur yang berkualitas.

Tanpa lemak hewani, lemak jenuh, dan 100% bebas lemak trans, snack keripik kentang ini lebih sehat dibandingkan dengan keripik kentang lainnya. Harga dari snack ini mulai dari Rp 11.200.

Harga Rp. 11.200

18. Pringles, Cemilan Enak dan Menggoda

Pringles adalah camilan keripik kentang yang enak dan menggoda untuk dicoba. Camilan yang berasal dari Amerika Serikat ini banyak disukai semua kalangan. Dengan tekstur tipis, rasa kentangnya begitu nendang dan cocok untuk dimakan di segala suasana. Keripik kentang Pringles sudah ada sejak tahun 1967 silam.

Pringles Original Potato Chips sayang untuk kamu lewatkan. Ada aneka rasa lezat yang bisa kamu cicipi seperti rasa original, keju, dan juga rumput laut. Dikemas dalam ukuran 110 gram, keripik kentang ini berbahan kentang asli. Diiris tipis dan ditabur bumbu lezat, keripik ini begitu renyah dan bikin nagih. Kamu bisa menikmatinya bersama keluarga.

Harga Rp. 17.000

Keripik Kentang Rasa Unik

19. Mister Potato Ghost Pepper, Keripik Kentang Ghost Pepper

Brand keripik kentang Mister Potato ini berkolaborasi dengan brand snack daebak dan mengeluarkan keripik kentang dengan rasa ghost pepper yang super pedas. Dengan pilihan rasa original, keju, dan seawed, keripik kentang berwarna hitam ini dapat Anda coba terutama jika Anda merupakan pencinta makanan pedas. Anda bisa mencicipi produk ini dengan harga mulai dari Rp 14.500.

Harga Rp. 14.500

20. Piattos Dendeng Balado, Berbagai Ragam Rasa Nusantara

Piattos merupakan salah satu brand keripik kentang yang sudah dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Kini, Piattos mengeluarkan keripik kentang dengan berbagai pilihan ragam rasa Nusantara, salah satunya adalah rasa Dendeng Balado.

Apabila Anda pecinta masakan tradisional Indonesia, maka rasa dendeng balado yang gurih dan nikmat ini dapat Anda jadikan pilihan untuk ngemil atau dimakan bersama dengan nasi hangat.

Harga Rp. 9.000

21. Royce Chocolate Potatochip, Terbuat dari Kentang Berkualitas

Brand coklat populer dari negeri sakura ini mengeluarkan inovasi baru pada produknya yaitu keripik kentang dengan balutan coklatnya yang terkenal itu. Memiliki tekstur bergelombang, rasa coklat manis dapat hadir dan terasa pada setiap gigitan keripik kentang ini.

Keripik kentang yang juga diolah dari kentang pilihan ini menghasilkan keripik yang gurih dan renyah ketika digigit. Meskipun harga dari produk ini cukup mahal, namun keripik kentang ini worth it untuk Anda coba setidaknya sekali.

Harga Rp. 285.000

22. Japota Happy Honey Butter, Miliki Rasa yang Unik

Dengan rasa unik yaitu gurih bercampur dengan rasa manis dari madu, snack keripik kentang ini menjadi favorite banyak orang kini. Potongan keripik kentangnya yang tipis dan dibalut dengan bumbunya membuat Anda akan merasakan renyahnya kentang berpadu dengan rasa asin, gurih, dan manis pada setiap gigitannya. Ketika Anda membuka produknya, Anda juga bisa langsung mencium aroma madu yang manis dan menggoda. Harga dari produk ini mulai dari Rp 8.500.

Harga Rp. 8.500

23. PotatoQ, Keripik Kentang Rasa Sosis Jumbo Meksiko

Memiliki 3 pilihan varian rasa, keripik kentang dari PotatoQ ini memiliki pilihan rasa sosis jumbo meksiko yang cukup unik karena belum ada snack keripik kentang dengan rasa ini sebelumnya. Memiliki packaging yang cukup kecil yaitu hanya 28 gram/pcs, snack ini cocok apabila Anda ingin ngemil namun khawatir akan makan terlalu banyak. Keripik kentang ini memiliki tekstur yang tipis, renyah dan juga enak.

Harga Rp. 2.000

24. Lorenz Pomstick Paprika, Miliki Sedikit Lemak Jenuh

Snack keripik kentang stik dari negara Jerman ini memiliki rasa unik yaitu rasa paprika. Snack ini diolah dengan menggunakan minyak bunga matahari yang mengandung lebih sedikit lemak jenuh jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit yang umumnya digunakan untuk menggoreng keripik kentang.

Harga Rp. 35.000

25. Keripik Kentang Pedas Ratu, Rasa Pedas Unik NIkmat

Bisnis lokal seperti Ratu Catering yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun menyajikan Keripik Kentang Pedas yang terkenal di Lampung, kini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga Indonesia dimanapun berada. Dikemas dalam plastik kedap udara, bisa Anda jadikan alternatif oleh-oleh kuliner untuk teman atau kerabat.

Rasa pedasnya yang unik dan nikmat akan membuat Anda ketagihan dan ingin mencicipinya. Selain dijadikan camilan, keripik kentang ini juga bisa dinikmati dengan nasi panas. Anda bisa menjadikan ribiko ini sebagai camilan atau sebagai teman saat makan nasi. Dengan berat sekitar 225 gram, produk ini telah mendapatkan sertifikasi BPOM dan Halal dari MUI.

Harga Rp. 33.500

26. Tricks Kimchi Baked Crisps, Keripik Kentang Rasa Kimchi

Dalam beberapa tahun terakhir, makanan Korea menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Tricks juga meluncurkan keripik kentang dengan rasa kimchi yang khas. Rasa pedas, asam, dan asin dari keripik kentang ini akan membawa Anda seolah-olah menemukan negeri ginseng di Korea!

Selain itu, Anda bisa mendapatkan kotak berisi sepuluh bungkus keripik ini hanya dengan ceban. Lebih hemat dan dapat dibagikan! Jadi bagi yang menyukai sensasi pedas dan asam, produk ini bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Harga Rp. 9.200

27. K-POKI Potato & Cheese Corn Dog, Rasa Unik Menggugah Selera

Corn dog adalah hidangan Korea Selatan yang terbuat dari patty sosis sosis dengan adonan encer yang cukup kental yang terbuat dari tepung jagung mentah (tepung jagung). K-POKI corn dog memiliki lapisan kedua kentang di bagian luar, sehingga cukup mengenyangkan saat dikonsumsi. Pengolahan snack kentang ini cukup sederhana yaitu menggoreng.

Karena snack kentang ini adalah makanan basah, maka sebaiknya disimpan pada suhu sekitar -18 derajat untuk penyimpanan lebih lama. Setelah menggoreng, jangan lupa untuk segera menghentikannya. K-POKI Potato cheese dan corn dog dikemas dalam box plastik dengan berat bersih 100 gram.

Harga Rp. 37.000

Keripik Kentang Sehat

28. Van Landa Keripik Kentang, Tanpa Tambahan MSG

Keripik kentang yang terbilang cukup lebih sehat ini tidak menggunakan tambahan MSG, tanpa perasa, tanpa pewarna, dan juga tanpa pengawet buatan. Maka itu, apabila anda menghindari untuk makan MSG, anda bisa menikmati snack dengan berbagai pilihan varian rasa yang menarik untuk dicoba. Anda dapat membeli produk keripik kentang yang tidak kalah dengan produk lainnya ini dengan harga hanya mulai dari Rp 14.000.

Harga Rp. 14.000

29. Red Rock Deli Sweet Chilli & Sour Cream, Tanpa Bahan Pengawet

Keripik kentang yang terbuat dari bahan penyedap alami dan juga tanpa tambahan MSG serta bahan pengawet ini merupakan salah satu snack keripik kentang yang setingkat lebih sehat dibandingkan dengan produk lainnya.

Merk keripik kentang asal Australia ini juga menyediakan berbagai varian rasa menarik yang bisa Anda coba, salah satunya yang cukup terkenal adalah rasa Sweet Chilli & Sour Cream dengan rasa pedas dipadukan dengan rasa kecut yang cukup kuat.

Harga Rp. 95.000

30. Kettle Foods, Bebas Gluten Aman untuk Diet

Kettle Foods merupakan produsen keripik kentang, keripik tortilla, dan selai kacang. Berpusat di Oregon, Amerika Serikat, perusahaan ini menjadi merek keripik kentang alami terbesar di sana. Didirikan pada tahun 1978 oleh Cameron Healy, perusahaan ini menghasilkan produk keripik kentang pertamanya pada tahun 1982.

Kettle brand Potato chips Made U.S.A ini hadir dalam kemasan 142 gram. Ada 5 rasa enak yang tersedia. Produk ini bebas gluten jadi aman untuk yang diet. Bebas gula, produknya juga dibuat tanpa pengawet.

Harga Rp. 48.000-134.000
From our editorial team

Camilan untuk Tamasya? Bawa Keripik Kentang Aja!

Orang Indonesia kalau diajak bertamasya pasti paling banyak membawa camilan. Memang perjalanan tanpa ngemil serasa ada yang kurang. Daripada bingung mau membawa camilan apa, kamu bisa pilih keripik kentang sebagai pilihan. Untuk merek dan jenis keripik kentangnya, kamu bisa cek di atas ya!