10 Rekomendasi Pakaian Batik Keren untuk Tampilan Formal para Pria (2019)

10 Rekomendasi Pakaian Batik Keren untuk Tampilan Formal para Pria (2019)

Sumber gambar pixabay.com

Para pria yang ingin tampil formal tidak melulu harus mengenakan kemeja dan jas, loh. Kamu juga bisa kenakan batik untuk tampilan keren penuh gaya. Cek segera yuk, rekomendasi batik formal dari kami di BP-Guide!

Batik Kini Semakin Diminati, Khususnya oleh Generasi Milenial

Sumber gambar keepo.me

Batik saat ini bukan lagi pakaian yang hanya dikenakan para orang tua. Batik mulai digemari para kawula muda. Hal ini terbukti dari makin banyaknya generasi milenial yang mengenakan batik dalam berbagai acara. Bukan hanya dalam acara resmi, namun juga dalam kehidupan keseharian.

Batik saat ini banyak dihadirkan dengan gaya yang modern. Tak jarang batik juga dikombinasikan dengan bahan kain lainnya. Hal ini membuat batik terkesan lebih modern dan juga lebih bergaya.

Para penggemar batik tentu memiliki banyak koleksi di rumahnya. Nah, supaya koleksi batik tetap awet, batik harus dirawat dengan benar. Cek caranya bersama BP-Guide dan jangan lupa cek juga koleksi pakaian batik rekomendasi kami.

Cara Merawat Batik agar Tetap Awet

Hindari Mencuci dengan Mesin

Sumber gambar www.batiksemarang.com

Sekarang ini sangat sedikit dari kita yang tidak bergantung pada mesin cuci. Alat yang satu ini memang sangat memudahkan tugas kita untuk membersihkan pakaian. Namun, ada kalanya kita harus meninggalkan penggunaan mesin cuci. Contohnya kala kita mencuci baju batik.

Mencuci batik dengan mesin akan membuat warnanya cepat pudar. Kainnya pun jadi lebih mudah melar. Jadi sebaiknya kamu mencuci batik dengan tangan saja, ya.

Gunakan Sabun Khusus

Sumber gambar wolipop.detik.com

Jika ingin kemeja batik kamu lebih awet, maka kamu harus membersihkannya dengan benar. Pakailah sabun khusus untuk membersihkan kemeja batikmu.

Namun, jika tidak menemukan sabun khusus untuk batik, maka kamu bisa memakai sampo. Sampo sangat lembut sehingga aman untuk mencuci batik. Karena kandungan aditifnya sedikit, maka sampo bisa menjaga batik agar tetap indah dalam waktu yang relatif lama.

Caranya sangat mudah, kamu tinggal larutkan sampo dengan air sampai tak ada bagian yang mengental. Celup kain batik ke dalamnya lalu kucek sebentar. Segera bilas kain batik kamu usai dikucek, ya.

Jangan Menjemur Langsung di Bawah Matahari

Sumber gambar parangboket.blogspot.com

Tahapan selanjutnya dalam menjaga batik supaya tetap awet dalam waktu lama adalah memperhatikan cara menjemurnya. Usai mengucek dan membilas, kamu wajib mengeringkan batiknya. Satu yang perlu diingat, jangan memerasnya secara berlebihan ya. Jangan pula menjemur baju batik tepat di bawah teriknya sinar matahari secara langsung.Hal ini hanya akan memudarkan warna batik dengan cepat.

Kamu bisa mnjemur baju batikmu di tempat teduh. Atau alternatif lainnnya adalah mengangin-anginkan batik hingga kering. Tariklah bagian tepi batik secara perlahan agar serat yang terlipat kembali ke posisi semula.

Tidak Perlu Menggunakan Wewangian

Sumber gambar pewangilaundry.com

Siapa sih yang tidak ingin bajunya harum sepanjang hari? Untuk mendapatkan hal itu, terkadang kita menambahkan pelembut dan pewangi saat mencuci pakaian. Dengan begini, meski baju disimpan lama di lemari, maka aroma baju tetap wangi dan segar.

Namun, siapa sangka kalau ternyata pewangi pakaian kurang baik digunakan terutama untuk kain batik. Pelembut dan pewangi pakaian bisa membuat serat kain mudah rusak. Maka hindari memakai pewangi pakaian saat mencuci batik kamu, ya.

Jika ingin harum, kamu cukup menutupi batik dengan koran lalu semprotkan cairan pewangi dan pelembut kain tadi di atas koran. Hal ini berlaku khususnya untuk kain batik tulis dan batik sutera.

Simpan Dalam Plastik

Sumber gambar www.bukalapak.com

Usai dicuci dan dikeringkan, sekarang saatnya kamu harus menyimpannya dengan tepat. Khusus untuk baju batik, jika ingin lebih awet maka kamu bisa menyimpannya dalam plastik. Hal ini berguna supaya batik tidak dimakan ngengat. Kamu bisa juga menyimpan kemeja dengan cara digantung. Namun jangan lupa melapisinya dengan plastik, ya.

Cara lain untuk menghindari supaya batik tidak dimakan ngengat adalah dengan memberi sedikit merica yang dibungkus tisu di lemari tempat menyimpan batik.

10 Rekomendasi Pakaian Batik Pria untuk Tampilan Formal

BATIK SEMAR - Hpj Fr Db 45 Rfp Endahing Kusuma Kc 41

Sumber gambar www.zalora.co.id

Saat membeli baju batik, kamu harus memperhatikan motif serta warna batiknya. Setiap daerah di Indonesia memiliki motif batiknya tersendiri. Kamu perlu memilih yang sesuai sehingga kamu bisa lebih mudah kala ingin melakukan padu padan dengan bawahan yang kamu miliki.

Hpj Fr Db 45 Rfp Endahing Kusuma Kc 41 ini merupakan pakaian batik persembahan dari Batik Semar. Produk kemeja batik ini hadir dengan detail kerah dan kancing depan. Berpotongan regular fit, batik ini memiliki kombinasi warna merah, biru, dan putih. Terbuat dari bahan katun yang tidak transparan, batik ini ringan dan tidak stretch. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 756.000.

DAYS by DANAR HADI - Hem Pendek Slimfit Batik Motif Aneka Tumpuk

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kamu bisa tampil keren dengan kemeja batik kapan saja. Ini karena kemeja batik cocok juga dipadukan dengan aneka bawahan selain celana bahan. Jika suasananya semi formal atau kasual, kamu bisa kombinasikan batik dengan celana jeans, loh.

DAYS by DANAR HADI menghadirkan Hem Pendek Slimfit Batik Motif Aneka Tumpuk. Kemeja ini terbuat dari bahan katun tidak transparan yang ringan. Batik print ini hadir dengan lining kontras. Produk slim fit ini memiliki kerah dan juga kancing depan. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 309.000.

Rianty Batik - Kemeja Slimfit Jerico

Sumber gambar www.blibli.com



Kemeja Slimfit Jerico adalah produk keren persembahan dari Rianty Batik. Atasan kemeja pria ini hadir dalam model lengan panjang. Ada ukuran S hingga 3L yang bisa dimiliki. Baju batik berwarna navy ini terbuat dari bahan katun. Dengan desain etnik, kemeja yang satu ini memiliki kancing tersembunyi dan saku di bagian dada kiri. Kamu bisa membeli batik ini di Blibli dengan harga Rp 424.150.

Pradawita Batik Kemeja Lengan Pendek Gambiraloka 1B - Multi

Sumber gambar www.zalora.co.id

Ada kalanya beberapa dari kita malas memakai batik karena terkesan panas. Sebenarnya ini tergantung dari bahan kain batiknya. Jika daerah kamu berhawa panas, hindari memakai batik yang terlalu tebal dan memiliki furing. Gunakan batik berbahan katun supaya lebih adem dan tidak bikin kamu merasa kepanasan.

Pradawita Batik Kemeja Lengan Pendek Gambiraloka1B Multi ini sayang untuk kamu lewatkan. Kemeja lengan pendek ini hadir tanpa bahan furing di dalamnya. Terbuat dari bahan katun, bajunya cepat menyerap keringat jadi kamu tidak mudah gerah. Baju dengan satu kantong ini pastinya bikin gaya kamu makin modis. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 303.200.

Rianty Batik - Hem Reyno

Sumber gambar www.zalora.co.id

Kamu bisa mengenakan batik dengan potongan slim fit dan reguler. Kemeja dengan potongan tersebut bisa membuat kamu terlihat lebih langsing dan percaya diri.

Rianty Batik menghadirkan Hem Reyno. Kemeja yang berpotongan regular fit ini cocok untuk aneka suasana formal. Materialnya adalah katun tidak transparan dan ringan. Dengan kancing depan, batik ini memiliki detail kerah. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 494.910.

Batik Putra Bengawan - Hem Kp Satria Trg Rd Pb

Sumber gambar www.zalora.co.id

Saat mengenakan pakaian batik, sebaiknya jangan terlalu banyak memakai aksesori. Terlalu banyak aksesori malah membuat kesan tampilan terlalu ramai. Kamu cukup tambahkan jam tangan saja supaya tampilan jadi lebih mempesona.

Batik Putra Bengawan mempersembahkan Hem Kp Satria Trg Rd Pb. Kemeja yang satu ini hadir dalam lengan pendek. Baju dengan detail kerah ini memiliki satu kantong di bagian depan. Terbuat dari bahan katun, bajunya berwarna hitam. Kemeja bermotif abstrak ini memiliki kancing depan sebagai bukaan. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 120.000.

Waskito - Kemeja Batik Katun KB LE ALM 68 - Grey

Sumber gambar www.zalora.co.id


Waskito menghadirkan Kemeja Batik Katun KB LE ALM 68. Kemeja berwarna abu-abu ini memiliki motif batik print yang indah. Ada detail kantong di bagian depan baju dan kancing depan sebagai bukaan. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 293.300.

ARJUNA WEDA - Hem Batik Balpung

Sumber gambar www.zalora.co.id



Hem Batik Balpung merupakan baju persembahan dari Arjuna Weda. Kemeja batik print ini terbuat dari bahan katun dan dilengkapi dengan kantong depan dan bukaan kancing depan. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 164.700.

Adikusuma - Kemeja Batik

Sumber gambar www.zalora.co.id

Adikusuma menghadirkan Kemeja Batik untuk kamu. Kemeja berbahan sutera ini tidak transparan dan teksturnya ringan. Nyaman dikenakan, baju warna abu-abu ini hadir dengan motif batik print. Baju berkancing depan ini memiliki detail kantong depan. Dapatkan produk berpotongan regular fit ini di Zalora dengan harga Rp 239.600.

ISVARA BATIK - Kemeja Batik Lengan Panjang Chakra

Sumber gambar www.zalora.co.id

ISVARA BATIK menghadirkan Kemeja Batik Lengan Panjang Chakra. Baju yang satu ini terbuat dari bahan katun yang tidak transparan. Produk ini memiliki tekstur ringan sehingga tidak membuat kita kegerahan. Kamu bisa membelinya di Zalora dengan harga Rp 559.000.

From our editorial team

Ketahui Cara Membersihkan Batik Supaya Koleksi Batik Kamu Jadi Lebih Awet

Sekarang ini batik sudah mulai banyak dilirik sebagai pakaian favorit para generasi milenial. Kalau kamu salah satu yang menggandrungi batik, tentu kamu memiliki banyak koleksi batik. Jangan cuma bisa memakainya saja, kamu juga wajib bisa menjaga dan merawatnya. Ketahui cara mencuci dan membersihkan batik supaya lebih awet sesuai uraian di atas. Selanjutnya, jangan lupa juga untuk mengecek rekomendasi batik formal dari kami, ya!