Mouse Gaming Paling Pas untuk Menemani Anda Bermain Game Seharian (2020)

Mouse Gaming Paling Pas untuk Menemani Anda Bermain Game Seharian (2020)

Bermain game dengan mantab dan bisa menyelesaikan setiap level dengan baik, tentunya akan lebih pas bila didukung dengan mouse gaming. Nah, mouse gaming terbaik tentunya tidak bisa dipilih sembarangan. Berikut rekomendasi mouse gaming terbaik yang tepat untuk Anda.

Mouse Gaming Memberikan Performa Maksimal Saat Bermain Game

Selain kemampuan dalam bermain game, untuk menjadi gamer pro tentunya dibutuhkan perangkat pendukung agar performa gamer saat bermain game tetap optimal. Semakin lengkap perlengkapan yang dimiliki gamer, maka semakin tinggi pula kemungkinan gamer dapat memenangkan pertandingan.

Semakin tinggi permintaan atas produk-produk gaming, membuat produsen perlengkapan gaming seperti Logitech, Razer, Steel Series, dan Rexus semakin gencar berlomba untuk menciptakan perlengkapan gaming yang lebih canggih.

Salah satu perlengkapan gaming yang wajib dimiliki oleh gamer adalah mouse gaming. Mouse gaming adalah perlengkapan gaming untuk para gamer PC. Semakin tinggi kualitasnya dan semakin banyak fitur-fitur yang ditawarkan dapat membuat performa gamer saat bermain game menjadi meningkat.

Hal ini dikarenakan mouse gaming memberikan akurasi dan ketangkasan tambahan untuk para gamer agar dapat memenangkan pertandingan.

Mengenal Istilah Pada Mouse Gaming

LOD

LOD atau lift-off distance tentunya telah sangat familiar di telinga para gamer. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan jarak antara sensor yang ada di bagian bawah mouse dengan alas mousepad yang dipakai. Semakin kecil LOD-nya atau semakin jauh jarak LOD, maka mouse akan kesulitan untuk merespons perintah. Rentang jarak LOD yang dapat dijangkau oleh mouse berkisar antara 0,5mm hingga 3mm.

Namun, ukuran LOD tidak terlalu berpengaruh dengan pola permainan Anda. Semuanya hanya tergantung pada kebiasaan atau kenyamanan Anda. Misalnya, jika Anda sering tidak sengaja mengangkat mouse saat bermain game, maka pilihlah mouse gaming yang memiliki LOD yang tinggi. Tetapi jika Anda tidak terbiasa mengangkat mouse, LOD yang rendah juga tidak akan mengganggu permainan Anda.

DPI

DPI atau dots per inch adalah ukuran dari sensitivitas mouse gaming. Semakin tinggi DPI-nya, maka semakin sensitif pula mouse terhadap gerakan. Mouse dengan DPI yang tinggi dapat menjangkau jarak yang lebih luas hanya dengan sedikit gerakan. Namun, semua tergantung kepada kenyamanan Anda. Karena mouse yang memiliki DPI tinggi terkadang sangat sensitif, sehingga sangat susah untuk dikendalikan.

Selain itu, DPI yang tinggi hanya cocok untuk digunakan bermain game saja. Jika Anda menggunakannya untuk keperluan yang lain, seperti meng-copy-paste file, maka DPI yang terlalu sensitif akan mempersulit Anda. Untuk itu, pilihlah mouse gaming yang dilengkapi dengan pengaturan DPI manual agar Anda bisa menyesuaikan DPI mouse dengan kenyamanan Anda.

Polling Rate

Polling rate adalah istilah mouse yang artinya adalah kecepatan informasi yang dapat dilakukan oleh mouse gaming Anda. Jika polling rate mouse Anda mencapai 125 Hz, maka mouse gaming Anda dapat me-report kepada komputer setiap 8 millisececond. Jika mouse gaming Anda memiliki polling rate 500 Hz, maka mouse gaming Anda dapat memberikan report setiap 2 millisecond.

Jika Anda adalah gamer yang membutuhkan mouse yang memiliki pergerakan cepat tanggap, pilihlah mouse gaming yang memiliki polling rate yang tinggi. Biasanya para produsen mouse gaming membekali produknya dengan polling rate dari 500 Hz hingga 1.000 Hz. Jumlah polling rate tersebut tentunya akan mendukung performa Anda saat bermain game. Tetapi lagi-lagi semuanya diserahkan kepada kenyamanan Anda. Jika Anda lebih nyaman dengan mouse yang memiliki respons yang tidak terlalu cepat, Anda bisa memilih mouse gaming yang memiliki polling rate yang rendah.

Perbedaan Mouse Gaming dan Mouse Biasa

Desain Mouse Gaming Lebih Keren

Berbeda dengan mouse biasa, mouse gaming didesain dengan gaya modern dan futuristik. Tidak hanya dari segi bentuk yang beragam, tetapi mouse gaming juga dilengkapi dengan berbagai lampu, tombol, dan stiker yang membuatnya menjadi lebih menawan. Desain tersebut dirancang sedemikian rupa karena tampilan mouse merupakan salah satu faktor yang mempertegas identitas para gamer.

Pemilihan bentuk mouse adalah salah satu pembeda antara para gamer dan pengguna PC biasa. Semakin menarik bentuknya, maka semakin tinggi pula kelasnya di hadapan para gamer yang lain. Bahkan, banyak gamer yang menjadikan bentuk mouse sebagai ciri khas dari suatu kelompok atau klan.

Faktor Ergonomis

Kenyamanan mouse gaming begitu menjadi perhatian para produsen. Berbeda dengan mouse biasa yang relatif jarang digunakan, tetapi mouse gaming memiliki porsi penggunaan yang lebih sering. Terlebih para gamer pro yang menggunakan mouse dalam waktu yang lama. Maka dari itu, produsen mouse gaming menciptakan desain mouse yang ergonomis.

Mouse gaming biasanya didesain dalam bentuk yang menyesuaikan dengan telapak tangan para gamer. Biasanya bentuknya lonjong dan melebar. Selain itu dilengkapi busa agar lebih empuk. Namun, tangan para gamer terkadang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum Anda membeli mouse gaming, pilihlah ukuran yang cocok dan nyaman untuk tangan Anda.

Dilengkapi Tombol-tombol Khusus

Berbeda dengan mouse standar atau mouse biasa yang hanya memiliki dua atau tiga tombol saja. Mouse gaming memiliki tombol yang lebih banyak. Jika mouse biasa hanya memiliki tombol klik kanan, tombol klik kiri, dan rol tengah untuk scroll, mouse gaming dilengkapi berbagai tombol seperti tombol mengatur DPI, tombol melakukan perintah kembali-selanjutnya, tombol klik tiga kali, dan tombol lainnya.

Tambahan tombol ekstra tersebut tidak hanya membuat tampilan mouse gaming menjadi lebih serius dan berbobot, tetapi juga mempermudah kerja gamer. Jika Anda biasanya masih membutuhkan bantuan keybord, mouse gaming dapat membuat Anda dapat melakukan berbagai pekerjaan hanya dengan satu tangan saja, yaitu mengklik berbagai tombol di mouse. Tidak hanya untuk gaming, mouse dengan fitur dan tombol yang banyak dapat membuat aktivitas desain atau editing Anda menjadi lebih mudah.

Tingkat Resolusi Dot Per Inch

Mouse gaming biasanya dibekali dengan DPI yang tinggi. Berbeda dengan mouse biasa yang hanya memiliki DPI yang standar. Semakin tinggi DPI, maka performa Anda saat bermain game akan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan DPI berpengaruh pada kecepatan dan akurasi, sehingga dapat meningkatkan ketepatan dan ketangkasan Anda dalam bermain game.

Jika Anda bermain game dengan mouse biasa, gerakan Anda akan terbatas dan refleks Anda menjadi lebih menurun. Resiko tersebut dapat menyebabkan Anda kalah dalam pertandingan. Itulah yang menjadikan alasan para gamer selalu memilih mouse gaming atau mouse khusus game untuk mendukungnya.

Sensitivitas Lebih Tinggi

Sensor optik pada mouse berpengaruh pada tingkat sensitivitas. Mouse biasa memiliki tingkat sensitivitas yang standar, karena dirancang hanya untuk kebutuhan menggerakkan kursor saja. Namun, untuk para gamer, mouse harus memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan sensitivitas dapat berpengaruh pada permainan.

Semakin tinggi sensor optik yang dimiliki mouse, maka semakin tinggi pula kemungkinan gamer dapat memenangkan pertandingan. Mouse biasa hanya dapat merespons gerak dengan lambat dan kurang halus. Masalah tersebut tentunya sangat mengganggu para gamer saat bermain game. Inilah kelebihan dari mouse gaming. Biasanya mouse gaming dilengkapi dengan sensor optik yang sensitif, sehingga Anda bisa bergerak dengan lincah dan cepat di dalam game.

Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik untuk Para Gamers

SteelSeries Rival 700

SteelSeries Rival 700 adalah mouse gaming yang hadir dengan tampilan layout yang mendukung berbagai grip style, sehingga sangat nyaman digunakan. Desain layout ini membuat tangan Anda nyaman dan tidak pegal meskipun bermain dalam waktu yang lama.

Terbuat dari bahan yang lembut dan ringan disentuh. Bagian sampingnya dibuat lebih nyaman dan pas dalam genggaman. Untuk kapabilitas tracking-nya, mouse gaming ini memiliki rasio 1:1 tanpa akselerasi, sehingga dapat memberikan Anda kecepatan respons 1 ms tanpa lag. Anda juga diberikan akses praktis untuk mengatur resolusi hingga 16.000 CPI. Sensor optiknya memberikan sesitivitas yang sangat tinggi, sehingga dapat merespons gerakan hingga kecepatan 300 inci per detik dengan akselerasi 50 gram.

Harga Rp. 1.075.000-1.386.000

Dragonwar Thor G9

Dragonwar Thor G9 adalah mouse gaming yang berukuran 340 x 250 x 3mm dan dilengkapi dengan kabel sepanjang 1,8 meter. Mouse yang didesain ergonomis ini dilengkapi dengan gambar naga bercahaya pada bagian atas, sehingga membuatnya lebih keren dan futuristik. Mouse yang dilengkapi dengan lampu LED ini dibekali dengan berbagai fitur andalan yang dapat dioperasikan melalui 7 tombol. Didukung dengan DPI maksimal 3200 DPI dan dapat diatur hingga 800 DPI. Bagian konektor USB-nya dilapisi dengan emas agar integritas transmisinya menjadi lebih handal. Pembelian produk dari Dragonwar ini juga adisertai mousepad berukuran 34 x 25 cm yang dapat mendukung DPI mouse.

Harga Rp. 220.000-230.000

Logitech G502 Proteus Spectrum

Logitech G502 Proteus Spectrum adalah mouse gaming yang memiliki berat 3.6 gram, namun Anda bisa mengontrol berat dan keseimbangannya sesuai dengan kenyamanan Anda. Mouse yang memiliki sensor optik yang responsif dan akurat ini membuat performa permainan Anda menjadi meningkat. Mouse ini dilengkapi dengan manuver DPI maksimal hingga 12.000 dan dapat Anda atur hingga minimal 5 DPI. Mouse gaming yang didesain untuk dual-mode dan gaming-grade scroll wheel ini memiliki fitur tambahan yang lengkap dan dapat dioperasikan melalui 11 tombol yang telah diprogram. Fitur kostumisasinya membuat Anda dapat menyesuaikan tingkat kenyamanan dengan permainan.

Harga Rp. 799.000-1.299.000

Corsair Scimitar RGB

Corsair Scimitar RGB adalah mouse gaming yang didesain ergonomis dan dinamis dengan bentuk yang nyaman di telapak tangan dan memiliki multicolor backlight. Mouse yang dilengkapi dengan sensor optik grade 16000 DPI ini memiliki sensitivitas yang sangat tinggi, namun Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kenyamanan Anda. Untuk engine pelacakannya, memiliki kecepatan dan ketepatan yang sangat akurat. Dilengkapi dengan 17 tombol yang bisa Anda program, sehingga Anda tidak perlu bantuan keyboard lagi, karena semuanya bisa dilakukan oleh mouse. Untuk mendukung setting device, dilengkapi dengan sistem interface yang friendly dan kompatibel dengan perangkat PC dengan port USB.

Harga Rp. 1.407.900-1.935.000

Gigabyte Aorus M2

Gigabyte Aorus M2 adalah mouse gaming yang memiliki dimensi 117 x 63 x 36 mm dan memiliki panjang kabel 1,8 meter. Bobotnya yang ringan dan bentuknya yang minimalis dapat membuat Anda lebih leluasa dalam menggerakannya. Didesain dalam bentuk ambidextrous yang membuat tangan Anda nyaman saat menggenggamnya. Mouse gaming dari Gigabyte ini memiliki sensor optik yang andal dengan tingkat DPI hingga 6200 yang dapat disesuaikan dan report rate hingga 1000 hertz. Mouse yang memiliki saklar omron 50 juta klik ini dilengkapi dengan RGB Fusion 2.0 yang dapat disinkronkan dengan perangkat AORUS lainnya. Dibekali dengan 8 tombol dan 4 bonus tombol makro ekstra yang dapat disesuaikan melalui software Aorus Engine.

Harga Rp. 395.000-416.000

Razer Naga Epic Chroma

Razer Naga Epic Chroma adalah mouse gaming yang didesain dinamis dan futuristik dengan chroma lighting yang memiliki 16,8 juta warna yang bisa Anda pilih. Dibekali dengan teknologi wireless gaming-grade yang membuat Anda bebas bergerak tanpa dibatasi oleh kabel. Mouse gaming dari Razer Naga ini dibekali dengan tombol sebanyak 19 buah, di mana 12 tombolnya diletakkan pada posisi jempol. Semua tombol tersebut memiliki switch mekanik untuk aktuasi, sehingga Anda bisa mendapatkan feedback taktil dengan lebih cepat dan lebih mantap. Tombol tersebut juga menjadi akses instan yang dapat mendukung Anda memenangkan pertandingan di dalam game.

Harga Rp. 1.955.000-3.615.000

Razer Mamba Chroma

Razer Mamba Chroma adalah mouse gaming yang dirancang ergonomis dengan pegangan samping untuk menambah kenyamanan Anda saat bermain game. Dibekali dengan sensor optik yang canggih sehingga memiliki sesitivitas yang tinggi. Mouse gaming yang zona pencahayaannya telah diperluas ini sangat tangguh dan tahan lama, karena mampu bertahan hingga 50 juta klik. Sensor optikalnya memiliki 16.000 DPI yang dapat menghasilkan pergerakan hingga 450 inci per detik dengan akselerasi 50 G. Razer juga menanamkan sembilan tombol yang dapat diprogram sesuka hati Anda. Tombol ini bisa Anda manfaatkan untuk mendukung performa Anda saat bertanding di dalam game. Ditambah dengan roda gulir taktil yang lancar tanpa lag.

Harga Rp. 2.357.520-2.650.000

Logitech G602

Logitech G602 adalah mouse gaming yang dilengkapi dengan teknologi nirkabel, sehingga dapat membuat Anda bermain dengan bebas. Logitech merancang mouse G602 dengan sangat tangguh dan tahan lama, karena mouse gaming ini dapat bertahan selama 250 jam non-stop dengan masa pakai baterai yang kuat.

Rasakan sensasi kecepatan laporan hingga 2 milidetik. Kecepatan tersebut membuat apa yang Anda perintahkan dapat dilaksanakan mouse tanpa ada lag. Hal ini dikarenakan bidikannya seakurat 250 DPI hingga manuver berkecepatan tinggi hingga 2.5000 DPI.

Harga Rp. 1.085.000-1.930.000

SteelSeries Sensei Wireless

SteelSeries Sensei Wireless adalah mouse gaming dari SteelSeries yang didesain simpel dan berkelas. Dibekali dengan tingkat sensitivitas yang tinggi, yaitu 50 DPI sampai 16.400 DPI. Sensitivitas tersebut dapat membuat Anda bermanuver secepat yang Anda inginkan. Selain itu, mouse gaming ini telah dibekali dengan teknologi nirkabel yang dapat membuat Anda dapat bermain dengan bebas. Untuk akselerasinya, mouse dari SteelSeries ini dibekali dengan 18.000 CPI, 450 IPS dan 50 G. Ditambah dengan sensor TrueMove Pro yang telah dioptimalkan secara khusus, sehingga memiliki sensor yang cepat tanggap. Mouse gaming ini memiliki 8 tombol yang dapat diprogram, sehingga dapat mendukung performa Anda saat bermain game.

Harga Rp. 1.575.000-2.900.000

Corsair Ironclaw RGB Wireless

Corsair Ironclaw RGB Wireless adalah mouse yang didesain dalam tipe palm grip, sehingga dapat menempel sempurna di tangan Anda. Lapisan karet khusus bertekstur pada sisi kiri dan kanannya membuat Anda dapat bermain dengan nyaman tanpa pegal dalam waktu yang lama.

Sensor optiknya menggunakan Pixart PMW 3391 yang dapat menghasilkan performa yang tinggi dengan tingkat sensitivitas hingga 18.000 DPI. Tersedia dalam tiga mode konektivitas, yaitu tanpa kabel, mode bluetooth, dan mode kabel braided yang memiliki keunggulannya masing-masing. Mouse gaming ini sangat tangguh dan tahan lama, karena mampu bertahan hingga lebih dari 50 juta klik. Dilengkapi pula dengan sepuluh tombol yang dapat diprogram, sehingga dapat Anda manfaatkan untuk menunjang performa Anda dalam bermain game.

Harga Rp. 1.689.480-2.000.000
From our editorial team

Mouse Gaming Mutlak Diperlukan Untuk Hasil Terbaik Saat Main Game

Bermain game dengan mouse biasa tentunya membuat Anda menjadi lebih sulit mengalahkan gamer yang menggunakan mouse gaming. Sejumlah fitur di mouse gaming menjadikan Anda lebih mudah dan efektif dalam mengalahkan lawan dan menyelesaikan setiap level. Produk yang direkomendasikan di atas tentunya bisa menjadikan Anda lebih nyaman bermain game dengan hasil terbaik.