Tunjang Performa Anda Dengan 7 Ide Atasan Kerja Wanita Yang Stylish

Tunjang Performa Anda Dengan 7 Ide Atasan Kerja Wanita Yang Stylish

Baju kerja kini sudah tak kaku lagi. Ada banyak pilihan model dan warna baju yang bisa dijadikan atasan kerja bagi para wanita karier. Penampilan kamu pun bakal lebih stylish dan trendi. Temukan berbagai inspirasi untuk tampil stylish di tempat kerja bersama BP-Guide.

Atasan Kerja Wanita Tak Lagi Terlihat Membosankan dan Monoton

Tampil cantik dan menarik, siapa yang tidak mau? Setiap kaum hawa pasti mendambakannya. Bahkan ketika bepergian untuk berbelanja, ke kantor, pergi ke kampus, atau hanya di rumah saja pasti kita ingin selalu terlihat cantik.

Untunglah, di zaman yang makin berkembang ini baju wanita sudah banyak ragamnya. Kita bisa memainkan pilihan warna dan model untuk menunjang penampilan. Terutama ketika akan dipakai untuk bekerja di kantor.

Di kesempatan kali ini kita akan mengulas tips memilih atasan kerja untuk wanita. Dengan memadukan warna-warna yang tepat sehingga terlihat up to date, trendi, dan tidak ketinggalan zaman.

Tips Memilih dan Membuat Atasan Kerja Wanita Lebih Stylish

Perhatikan Komposisi Warna

Saat memilih atasan untuk kerja, kamu harus memerhatikan warna dari baju yang akan dikenakan. Biasanya perpaduan dua warna pakaian sudah cukup. Jika lebih banyak, ditakutkan akan terkesan berlebihan. Kamu bisa padukan atasan putih dengan vest blue navy atau dengan celana hitam.

Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris dengan warna yang berbeda. Bisa dengan warna lain seperti warna-warna pastel agar terlihat manis dan lebih muda. Warna-warna ini sangat mudah untuk dipadupadankan. Lalu, earth tone seperti merah atau oranye dengan tujuan agar warna spicy yang ditampilkan tidak terkesan meledak-ledak.

Nah, kalau ingin yang paling aman bisa gunakan warna hitam dan putih. Warna ini akan selalu berhasil memberikan penampilan kamu menjadi klasik dan anggun.

Pakaian Kerja Harus Sesuai Bentuk Tubuh

Jika pemilihan warna sudah tepat tetapi motif dari pakaian yang kamu pakai salah, maka akan membuat penampilan menjadi tidak enak dilihat. Oleh karenanya, wanita harus mengetahui dan memahami bagaimana bentuk tubuh mereka sendiri.

Pemilihan busana ditentukan oleh bentuk badan. Kamu yang bertubuh tinggi hindari pakaian yang terlalu ketat dan kerah yang bermodel v-neck, karena akan membuat kamu terlihat semakin kurus.

Kalau kamu bertubuh mungil, disarankan untuk tidak memilih pakaian yang terlalu panjang atau terlalu besar. Pilih atasan yang panjangnya tidak melebihi pinggul. Pemilihan warna yang senada akan memberikan kesan kamu lebih tinggi dari biasanya.

Terakhir, jika tubuh kamu gemuk, bisa memakai pakaian berwarna gelap. Karena warna gelap akan menyamarkan bentuk tubuh sehingga membuat tubuh kamu terlihat lebih langsing.

Padankan dengan Sepatu High Heels

Setelah pakaian kerja sudah pas, jangan lupa tambahkan sepatu high heels untuk menunjang penampilan kerja kamu. High heels akan membuat kamu semakin percaya diri dan membantu postur tubuh terlihat lebih tinggi. Tetapi, sesuaikan dengan model high heels yang sesuai dengan kaki kamu.

High heels memiliki banyak macamnya, seperti pump shoes, stiletto, ankle boots, platform, ataupun wedges. Untuk sehari-hari kamu dapat mengenakan platforms, wedges, ataupun ankle boots karena sepatu ini memiliki hak yang sejajar dengan sepatu. Kaki kamu pun tidak akan mudah lelah daripada menggunakan sepatu high heels yang lain.

Pilih Model Tas yang Klasik dan Elegan

Apapun jenis tas yang kamu pakai, harus bisa bermanfaat untuk membawa jenis barang yang kamu perlukan. Tas yang tepat akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kamu selama memakainya dan dapat menyempurnakan penampilan kamu.

Untuk memberikan kesan klasik dan elegan kamu perlu sesuaikan dengan pakaian yang akan dikenakan. Seperti pemilihan warna pada tas. Kamu bisa padukan busana yang terang dengan tas berwarna netral seperti hitam dan cokelat.

Lalu, ukuran tas juga harus dipertimbangkan. Karena wanita karier pasti membawa banyak barang untuk ke kantor, jadi pasti memerlukan tas yang besar untuk memasukkan barang-barang bawaan mereka.

Terakhir pemilihan motif. Tas yang bermotif bisa dipadukan dengan pakaian kerja dengan model blazer polos atau model tunik yang tidak memiliki motif.

Jangan Remehkan Blazer atau Outer Tambahan

Setiap wanita wajib untuk mempunyai blazer atau outer pendukung lainnya untuk pergi ke kantor. Blazer dan outer seperti cardigan akan membuat tubuh kamu terlihat lebih langsing.

Ada tips untuk memilih cardigan yang pas. Pilihlah cardigan dengan bentuk kerah yang membuat dada kamu terkesan sempit dan bisa juga cardigan yang memiliki panjang hingga ke paha.

Nah, untuk blazer carilah yang berbahan tegas karena bahan ini akan menutupi kelebihan berat badan kita. Kamu bisa menggunakan ikat pinggang dengan bentuk yang menarik untuk membentuk penampilan yang unik juga glamour. Untuk mempersingkat waktu saat bersiap-siap ke kantor kamu bisa menyiasatinya dengan memilih outer atau blazer dengan warna-warna yang netral seperti cokelat, putih, hitam, atau abu-abu.

Kombinasikan dengan Aksesoris yang Serasi

Menggunakan aksesoris untuk pergi ke kantor, mengapa tidak? Yap! Aksesoris akan mengubah penampilan seseorang. Memadukan kemeja simpel dengan kalung besar yang terdiri dari berbagai macam warna akan mengesankan wanita profesional dan stylish.

Kamu tidak perlu mengenakan semua aksesoris seperti gelang, jam tangan, kalung, cincin, ikat pinggang, ataupun anting. Hanya perlu sesuaikan dengan kebutuhan. Dan kamu dapat memiliki tampilan yang sederhana namun tetap trendi.

Kamu juga dapat mengenakan rok pensil dengan baju polos dan cardigan yang senada ditambahkan bros cantik. Maka, rasa percaya diri akan muncul berkat aksesoris yang kamu kenakan.

Pilih Bahan Yang Tepat

Untuk wanita karier yang bekerja di kantor, jangan lupa untuk memilih baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak gampang kusut. Kamu harus sesuaikan dengan kondisi tempat bekerja. Bahan yang sering digunakan untuk seragam kerja biasanya adalah bahan polyester dan bahan katun.

Kain katun ini biasanya terbuat dari bahan alami, Dengan memiliki daya serap yang tinggi, sangat pas untuk kamu yang bekerja tidak di dalam ruangan ber-AC. Biasanya perusahaan yang menggunakan kain katun ini merupakan perusahaan pabrik dengan tingkat suhu yang sangat tinggi.

Sayangnya, kain ini mudah kusut dan juga kotor dan pengeringannya pun cukup memakan waktu. Berbeda dengan kain polyester yang berbahan dasar dari plastik yang diolah sehingga berupa serat-serat yang dijadikan dalam lembaran kain. Bahan ini sangat cocok untuk kamu yang bekerja dengan mobilitas yang tinggi, karena tidak mudah kusut dan tidak gampang melar. Lebih nyaman digunakan di lingkungan kerja yang ber-AC, bahan ini juga sangat mudah kering pada saat setelah dicuci.

Sesuaikan Lengan Atasan Anda

Lengan yang besar bukan alasan kamu untuk tidak tampil stylish! Kamu hanya perlu menyesuaikan lengan dengan atasan yang akan dipakai. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menyiasati kekurangan dari lengan kamu. Untuk kamu yang ingin terlihat lengan yang lebih ramping, kamu bisa memakai baju dengan panjang lengan tiga perempat. Hindari atasan yang tanpa lengan karena akan menarik perhatian pada lengan atas kamu.

Baju yang berlengan pendek juga membuat kesan lengan atas kamu akan tampak semakin besar. Memang baju dengan lengan yang panjang akan menutupi bentuk dari lengan kamu yang besar, tetapi kamu harus menghindari bahan sifon agar tidak tembus pandang. Bisa juga dengan memadukan atasan dengan outwear kesukaan kamu seperti jaket atau bolero. Tapi, sesuaikan dengan situasi dan kondisi saat memakai outwear, agar tidak kepanasan saat memakainya.

Inspirasi Model Atasan Kerja Wanita yang Anti-Kecewa

Atasan Model Peplum

Ada beberapa inspirasi yang bisa kamu lakukan ketika akan mengenakan atasan untuk bekerja. Salah satunya atasan dengan model peplum. Model ini biasanya berbentuk blouse, kemeja, ataupun crop blazer. Peplum ini paling tepat dipadukan dengan rok bermodel pencil skirt atau skinny jeans.

Lalu, untuk sepatu kamu bisa mengenakan closed toe pumps atau lace up booties agar kamu makin terlihat elegan. Baju ini akan memberikan ilusi pada pinggang kamu dan membuat terlihat lebih langsing. Ownfitters mengeluarkan peplum dengan model stripes dan kerah v-neck. Kamu bisa mendapatkan peplum ini di Zalora dengan harga Rp 205.000.

Blus Batik

Sumber gambar www.bobobobo.com

Batik sudah menjadi pakaian wajib bagi sebagian besar karyawan pada setiap hari Kamis. Nah, banyak sekali nih kombinasi batik yang bisa digunakan untuk acara formal, non formal, maupun untuk kamu ke kantor. Batik sangat menonjolkan motif dan desain-desainnya yang bisa kamu padukan dengan aksesoris dan bawahan yang cantik.

Aeterna Batik dari Manu ini memiliki desain model tunik dengan 100% berbahan katun yang pastinya sangat nyaman. Ditambah dengan aksen kerah yang semakin membuat tampilan kamu menjadi trendi. Harganya hanya Rp 287.200, bisa membelinya melalui Bobobobo.

Kemeja

Sumber gambar www.cottonink.co.id

Kemeja selalu nyambung ketika dipadukan dengan bawahan favorit kamu. Salah satunya seperti celana panjang. Kamu akan menampilkan kesan elegan dan profesional dengan memberi ikat pinggang pada celana. Kombinasi rok juga akan pas untuk kamu dengan menyisipkan kemeja di dalam rok dan disempurnakan dengan outer cardigan. Pasti akan membuat kamu semakin bergaya feminin dan chic.

Keller Multi Fabric Shirt ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pakaian kemeja dengan bahan 100% katun, pastinya kamu akan sangat nyaman memakainya. Untuk harganya hanya Rp 299.000 dan bisa kamu dapatkan pada store Cotton Ink atau website-nya langsung.

Blus Lengan Panjang atau 3/4

Sumber gambar www.zalora.co.id

Blouse adalah pilihan tepat untuk kamu pergi ke kantor dengan perpaduan celana panjang, jeans, ataupun rok. Kamu akan terlihat sangat cantik dan juga feminin. Blouse salah satu atasan kerja yang wajib dimiliki.

Salah satunya Minimal Paisley Jacquard yang terbuat dari kain katun campuran dengan bahan jacquard. Dengan motif floralnya, baju ini juga memiliki panjang lengan ¾ yang tentunya akan membuat kamu terlihat makin ramping. Terdapat zipper di bagian belakangnya yang memudahkan kamu untuk memasang dan melepas blouse tersebut. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp 349.900 dan kamu bisa membelinya di Zalora.

Flowy Shirt

Sumber gambar www.zalora.sg

Flowy shirt sedang marak dipakai oleh para wanita kerja. Karena dikenakan dengan aksen gaya tumpuk akan menciptakan tampilan yang kasual namun tetap elegan. Kamu bisa menambahkan belt dengan warna yang mencolok dan memadukan bawahan celana yang high waisted, cullote pants, atau black jogger pants untuk terkesan boyish.

Brand yang mengeluarkan model flowy shirt, yaitu Mango Pocket Flowy Shirt yang berbahan viscose berwarna navy dengan detail kerah dan lengan yang panjang. Terdapat kancing dan kantong pada bagian depan baju dengan potongan regular fit. Untuk pakaian ini Mango menjualnya seharga Rp 449.000.

Drape Blouse

Sumber gambar www.uniqlo.com

Draping merupakan teknik pembuatan pola dasar yang dikerjakan langsung pada manekin ataupun dressform. Dalam membuat draping desainer akan membuat tanda garis pada manekin sebelum menggunting pola yang akan dijahit. Nah, kalau drape blouse adalah blouse yang pada bagian leher dibiarkan terlepas menggantung yang dihasilkan dengan teknik memotong bahan yang menyerong. Koleksi drape blouse ini telah dikeluarkan oleh brand Uniqlo.

Memiliki bahan yang ringan dan nyaman dipakai untuk pergi ke kantor. Drape blouse Uniqlo ini memiliki panjang lengan ¾ dengan berbagai macam warna, seperti off-white, natural, brown, black, dan yellow. Memiliki desain yang simple dan elegan serta material spandex dan polyester akan menambah kesan feminin kamu. Harga yang dipatok untuk baju ini Rp 299.000.

Atasan Turtle Neck

Sumber gambar www.zalora.co.id

Model pakaian dengan ciri khas kerah yang tinggi menutupi leher, turtle neck kini kembali ngetren di kalangan wanita apalagi untuk para wanita karier. Memang, memadukan turtle neck tidaklah mudah, tapi kamu hanya perlu memadukan dengan bawahan rok bermotif atau bisa juga dipadukan dengan blazer. Biasanya bahan yang digunakan untuk turtle neck ini cenderung ringan dan terbuat dari katun, tetapi ada juga yang berbahan spandex atau wol yang sangat tipis.

Noir Sur Blanc selalu mengeluarkan produk pakaian hangat untuk musim dingin ataupun untuk pergi bekerja. Dengan nuansa feminin Ladies Turtle Neck ¾ Sleeve ini menampilkan warna putih yang sangat adorable. Dengan bahan katun dan aksen ribbed kamu akan terlihat trendy memakai baju ini. Dalam online shop Zalora baju ini dihargai sebesar Rp 449.000.

Sweater

Sumber gambar berrybenka.com

Saat musim hujan tiba, kamu pasti membutuhkan pakaian hangat untuk pergi ke kantor. Sweater adalah pilihan yang tepat. Memadukan sweater dengan bawahan yang pas pasti akan menunjang penampilan kamu di kantor. Biasanya sweater dipadukan dengan berbagai macam model rok. Seperti kamu bisa mengenakan kemeja polos untuk dan sweater sebagai outer-nya.

Kemudian, kamu hanya perlu tambahan rok mini dan sepatu flat pasti akan sangat cantik dan tentunya kasual. Di website Berrybenka Label mengeluarkan produk sweater terbarunya Kovina Navy Combine Sweater, yaitu sweater dengan motif garis-garis. Dengan bahan katun yang sangat nyaman, sweater ini tidak pernah salah untuk kamu gunakan di musim hujan saat ini. Harganya pun sangat murah dan dibanderol dengan harga Rp 189.000 saja.

From our editorial team

Padankan dengan baik dan tepat

Banyaknya ragam atasan kerja wanita membuat kamu kebingungan akan pilih yang mana. Pastikan kamu bisa mendapatkan atasan yang tepat. Pilihan yang tepat adalah yang warnanya tidak nabrak, sesuai dengan postur tubuh maupun akseoris yang dikenakan. Sehingga kamu akan selalu terlihat trendi dan stylish. Pastinya tidak akan ketinggalan zaman.