10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Ini Membantu Bayi untuk Belajar Makan Sendiri (2019)

10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Ini Membantu Bayi untuk Belajar Makan Sendiri (2019)

Semakin bertambahnya umur, bayi juga perlu mengonsumsi makanan pendamping ASI. Pada fase ini, mengajari bayi untuk makan sendiri sangat penting untuk mendukung perkembangan saraf motoriknya. Maka dari itu, gunakan kursi makan bayi untuk membuatnya lebih mandiri. Jangan asal pilih kursi makan bayi, yuk simak rekomendasi kursi bayi terbaik dari BP-Guide!

Kursi Makan Dapat Membantu Bayi untuk Belajar Makan Sendiri

Anak adalah anugerah terindah yang diberikan Sang Kuasa kepada kita. Sebagai orangtua kita akan memberikan segala hal terbaik demi menunjang tumbuh kembang anak. Seperti misalnya kala anak berusia 6 bulan dan sudah memasuki waktunya pemberian MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu).

Mengajarkan anak makan sendiri bisa dimulai kala ia memulai tahap MPASI. Butuh kesabaran ekstra untuk mengajarkan anak makan sendiri. Meski awalnya sulit, namun anak akan terbiasa mandiri jika ia diajarkan menyuap makanannya sendiri.

Anda bisa meletakkan bayi pada kursi makan supaya bayi bisa belajar untuk makan sendiri. Apa saja manfaat dari kursi makan bayi ini? Bersama BP-Guide kita akan mencari tahu manfaat dan juga rekomendasi produknya.

Manfaat Kursi Makan Bayi yang Perlu Dipertimbangkan

Mengawasi Si Kecil jadi Lebih Mudah Saat Makan

Kursi makan bayi memang sangat diperlukan oleh ibu dan balita. Kursi ini bisa digunakan saat Anda sedang repot dengan banyak hal. Anda bisa meletakkan kursi ini di dekat Anda ketika Anda tengah sibuk. Dengan demikian Anda bisa lebih mudah mengawasi tingkah si kecil kala berada di atas kursinya.


Bayi Bisa Mulai Belajar Makan Sendiri dengan Adanya Kursi Bayi



Bayi bisa mulai belajar makan sendiri dengan adanya kursi bayi. Anak Anda akan lebih bebas dan aman untuk mengasah keterampilan makannya di atas kursinya. Ia bisa leluasa dalam mengamati berbagai tekstur makanan yang ada. Selain itu ia juga bisa lebih mudah menyendok makanannya sendiri.

Si Kecil Bisa Ikut Makan Bersama Keluarga

Kebiasaan baik bisa diajarkan sedini mungkin, termasuk juga dengan kebiasaan makan anak. Anda bisa membiasakan si kecil untuk menyantap sendiri makanannya sedari dini. Saat seluruh keluarga sedang makan, Anda bisa meletakkan si kecil pada kursi makannya sendiri. Biarkan ia turut serta saat makan bersama dengan keluarga. Kebiasaan makan bersama ini akan bisa memberi dampak positif pada si kecil. Ia jadi biasa berkomunikasi dengan keluarganya dan lebih dekat bersama anggota keluarganya.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Kursi Bayi

Pilih yang Disertai Tali Pengaman

Karena banyak sekali manfaat dari kursi bayi, maka jangan sampai Anda salah memilih kursi bayi. Pertama yang perlu diingat adalah memilih kursi yang disertai dengan tali pengaman. Keberadaan tali ini akan bisa membuat si kecil tetap di tempatnya dan tidak mudah terjatuh.

Saat memasang talinya, usahakan memberi kelonggaran agar tubuh buah hati tidak merasa sesak. Adanya tali pengaman akan membuat anak duduk tegak di tempatnya dan merasa nyaman. Tali ini berguna untuk mengurangi risiko anak terguling jatuh saat duduk.

Kaki-kaki Kursi Harus Terbuat dari Material Kuat

Supaya keselamatan bayi bisa lebih terjamin, maka Anda harus memastikan kursinya aman dan kuat untuk dipakai si bayi. Kursi makan bayi hadir dalam berbagai bahan, namun yang paling umum digunakan adalah kayu dan juga bahan fiber.

Bahan kayu umumnya lebih berat dan lebih kuat. Sementara bahan fiber lebih ringan sehingga lebih mudah dipindah dan juga dibongkar pasang. Kursi berbahan kayu terkenal lebih kokoh dan kuat untuk menopang bayi. Jika bahan kursinya kuat, maka kursi tidak akan mudah terguling dan aman digunakan si kecil.

Bantalan atau Dudukan Terbuat dari Bahan yang Nyaman untuk Bayi

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan kala membeli kursi makan bayi adalah bagian dudukannya. Kursi makan bisa sekalian mengajarkan si kecil cara duduk yang benar. Maka Anda bisa memilihkan bantalan duduk yang sekiranya membuat si kecil betah duduk lama.

Pilih saja kursi dengan bahan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Anda juga perlu memperhatikan bagian punggung dan pantat kursi karena kedua bagian itu akan menempel langsung pada kulit bayi. Usahakan bahan kursinya nyaman dan tidak membuat si kecil kegerahan.

10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik yang Cocok untuk Si Kecil

Pliko 505 High Chair Kursi Makan Bayi

Sumber gambar blibli.com

Pliko dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perlengkapan bayi. Merek yang satu ini sudah banyak dipercaya para ibu di berbagai negara karena kualitas produknya memang top. Produk dari Pliko juga dijamin awet untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Pliko 505 High Chair bisa menjadi pilihan Anda. Begitu nyaman untuk di kecil sehingga ia bisa bermain dan juga makan di mejanya sendiri. Produk ini hadir dengan nampan, sehingga anak bisa makan dengan tenang dan tidak berantakan. Dudukannya nyaman dan hadir dalam 3 warna menarik yang bisa dipilih.

Cocok untuk anak usia 3 hingga 6 tahun, high chair ini bisa juga dipakai untuk meja belajar anak. Ada seat belt sehingga anak akan lebih aman kala duduk di kursinya. Memiliki 3 posisi sandaran dan 3 posisi meja, bagian nampan bisa dilepas. Anda bisa membelinya di Orami seharga Rp 870.000.

Birds N Bees Cocolatte Swing High Chair Kursi Makan Bayi

Sumber gambar blibli.com

Birds N Bees Cocolatte Swing High Chair Kursi Makan Bayi cocok juga untuk menjadi pilihan Anda. Kursi warna cokelat ini tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Hadir dengan 2 posisi recline seat back dan meja, tray pada produk bisa dilepas pasang dengan mudah. Supaya Anda lebih mudah mengaturnya, ada tombol pengatur di bagian sisi kursi untuk kecepatan auto swing.

Kursi ini lengkap dengan musik untuk membuat si kecil lebih nyaman dan tenang kala sedang duduk. Uniknya lagi, kursi berangka besi ini juga lengkap dengan USB charging mode, loh. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 1.899.000.

Ikea Antilop Baby Chair High with Tray Set

Sumber gambar blibli.com

Ikea Antilop Baby Chair High With Tray Set ini sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Kursi makan anak ini bentuknya simpel dan mudah dibongkar pasang sehingga memudahkan penyimpanan. Bisa dibawa bepergian karena praktis dan tidak memakan banyak tempat.

Bagian ujung mejanya sudah dirancang terangkat untuk mencegah cairan tertumpah di lantai sehingga tidak ada lagi tumpahan makanan dan minuman. Anak jadi lebih mudah untuk duduk dan menyantap makanan bersama keluarganya.

Kursi ini cocok untuk anak berusia hingga 3 tahun atau berat maksimum 33 pon. Dilengkapi sabuk pengaman, sehingga anak lebih aman ada di kursinya. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 299.000.

Mamalove HA79 High Chair Kursi Makan Bayi

Sumber gambar blibli.com

Mamalove HA79 High Chair Kursi Makan Bayi ini hadir dengan motif zig zag yang ceria. Kursi makan ini layak dipakai untuk anak usia 6 bulan hingga 3 tahun. Memiliki 5 posisi ketinggian dan 4 posisi recline, bagian kursi bisa dilepas dan dicuci untuk menjaga kebersihannya. Ada seatbelt untuk menjaga keamanan si kecil pada kursi ini.

Produk mudah dilipat dan disimpan karena tidak memakan banyak tempat. Rangka kursi berkualitas terbaik sehingga tampak kokoh dan tahan lama dipakai. Anda juga bisa mudah memindahkan kursi karena sudah lengkap dengan 2 roda depan. Anda bisa membelinya di Blibli pada harga Rp 829.000.

BabyDoes High Chair Ultimo Kursi Makan Bayi

Sumber gambar blibli.com

Babydoes Ultimo High Chair ini merupakan kursi makan untuk bayi. Dengan lebar kursi 28 cm, produk ini cocok untuk anak usia 6 bulan ke atas. Anda bisa mengatur posisi duduk sebanyak 2 posisi. Sudah ada seatbelt, sehingga anak lebih nyaman duduk dan makan. Kursi ini mudah dilipat dan mudah untuk diringkas.

Hadir dengan pijakan tahanan kaki bayi jadi anak bisa menapak dengan tenang. Rangkanya berbahan aluminium dan juga dilengkapi dengan fitur gagang yang ada pada bagian bawah tempat duduk. Ini akan memudahkan kita untuk membawanya layaknya seperti sebuah koper. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 550.000.

Yamatoya Sukusuku Plus Table Kursi Makan Bayi

Sumber gambar blibli.com

Yamatoya Sukusuku Plus Table ini hadir dengan warna natural yang cantik. Kursinya ramping sehingga Anda lebih mudah mengatur posisi duduk si kecil. Kursi ini kuat dan bisa menahan beban sampai 60 kg. Kursi makan seberat 7 kilogram ini hadir dalam ukuran 530 x 555 x 805 cm. Berbahan rubber wood yang ramah lingkungan, bagian jok kursi bisa disesuaikan.

Ada pijakan kaki untuk anak yang sedang tumbuh sehingga nyaman dipakai si anak. Lengkap dengan sabuk pelindung, produk ini dirancang begitu ergonomis. Bergaransi 1 tahun lamanya, dapatkan di Mothercare dengan harga Rp 1.620.000.

Nuna Zaaz Almond Kursi Makan Bayi

Sumber gambar blibli.com

Nuna Zaaz Almond Kursi Makan Bayi ini tentu saja bisa menjadi pilihan tepat Anda. Kursi ini cocok untuk anak usia 9 bulan hingga dewasa karena bisa menahan berat hingga 100 kilogram. Dengan 5 titik safety harness, Anda jadi bisa tenang meninggalkan si kecil pada kursinya.

Bahan tempat duduknya nyaman dengan busa kursi yang empuk. Mudah dibersihkan dan kursinya tidak akan menyerap air. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 2.100.000.

FABIO FHC 868 Electric Baby Highchair

Sumber gambar blibli.com

FABIO FHC 868 Electric Baby Highchair merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Kursi yang satu ini hadir dengan 2 posisi yang bisa disesuaikan dengan bayi. Produk ini hadir dengan 5 speed dan juga 12 iringan jenis musik. Lengkap dengan tray, sehingga si kecil bisa mengasah kemampuan makannya. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 2.000.000.

Cosatto Hight Chair Noodle Supa Magic Unicorn

Sumber gambar blibli.com

Cosatto Hight Chair Noodle Supa Magic Unicorn Kursi Makan Bayi ini tentu saja akan jadi pilihan tepat bagi Anda. Kursi makan dengan 5 titik safety harness ini bisa digunakan kala si kecil berusia 6 bulan. Tinggi kursinya bisa disesuaikan hingga 6 posisi.

Dirancang dengan desain ergonomis sehingga mejanya bisa dilepas dengan mudah. Selain itu juga praktis disimpan karena bisa dilipat. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 2.800.000.

JOIE Meet Mimzy Snacker Petite City Kursi Makan Bayi

Sumber gambar blibli.com

Joie Meet Mimzy Snacker Petite City ini adalah kursi makan bayi yang praktis digunakan. Produk ini memiliki 3 posisi sandaran dan 3 posisi nampan dengan cup holder. Cocok untuk digunakan untuk bayi berusia 6 bulan hingga anak berusia 3 tahun. Produk yang satu ini hadir dengan keranjang penyimpanan sehingga bisa dipakai menyimpan barang.

Dengan desain yang ringkas, produk bisa dilipat untuk memudahkan penyimpanan. Ada tray unik di bagian belakang kaki yang bisa dimanfaatkan. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 900.000.

From our editorial team

Memilih Kursi Makan Bayi Tidak Bisa Sembarangan

Memilih kursi makan bayi tentu tak bisa sembarangan. Sebelum membeli produk kursi makan bayi, Anda harus memerhatikan bahan pembuatan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bayi. Melalui artikel ini Anda dapat mengetahui berbagai hal lain yang harus diperhatikan sebelum membeli kursi makan bayi berikut rekomendasinya.