Aman dan Kaya Nutrisi, Ini Dia 10 Skin Care Organik untuk Kulit Lebih Sehat (2022)

Aman dan Kaya Nutrisi, Ini Dia 10 Skin Care Organik untuk Kulit Lebih Sehat (2022)

Popularitas skin care organik semakin meroket seiring dengan kesadaran masyarakat akan kesehatan kulit dengan bahan alami. Mulai dari toner, serum, hingga oil cleanser, ada banyak produk skin care organik yang tersedia di pasaran. Tertarik untuk mencobanya? Ini dia 10 rekomendasi skin care organik yang patut dilirik untuk kulit yang lebih sehat.

Mengenal Skin Care Organik

Skin care organik kini menjadi produk perawatan yang banyak digemari. Produk perawatan kulit ini terbuat dari bahan alami, seperti biji-bijian, bunga, tanaman yang tidak dipupuk kimia, maupun olahan hewan non pestisida. Bahan yang digunakan juga tidak menggunakan bahan dengan rekayasa genetik.

Untuk mendapatkan label organik, suatu produk skin care harus memenuhi sejumlah persyaratan. Beberapa aspek yang diperhatikan adalah persentase kandungan bahan organik, persentase minimum bahan sintetis sebagai pengawet, serta proses manufaktur.

Keunggulan Skin Care Organik

Aman Bagi Kulit

Skin care organik dinilai lebih aman bagi kulit, karena terbuat dari 100% bahan alami tanpa bahan kimia berbahaya. Bahan-bahan alami yang umumnya digunakan relatif aman dan tidak membuat wajah mudah iritasi, misalnya saja tea tree oil, ekstrak argan, ekstrak lavender, hingga shea butter.

Produk organik ini juga lebih aman digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Meski demikian, Anda dengan kulit sensitif disarankan untuk melakukan konsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum mencoba produk organik.

Kaya Nutrisi

Diformulasi dari bahan alami, sudah pasti membuat skin care organik kaya akan nutrisi. Sebut saya shea butter atau tea tree yang kaya vitamin E dan D untuk menutrisi kulit wajah, sehingga lebih sehat dan terawat.

Ada juga ekstrak anggur, delima, atau white tree yang kaya antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan kolagen. Skin care organik umumnya juga mengandung kombinasi beberapa bahan alami untuk memperkaya manfaatnya bagi kulit.

Cruelty-Free

Skin care organik dibuat dengan prinsip cruelty-free atau tanpa uji coba ke hewan. Dengan demikian, produk organik ini tidak melibatkan atau merugikan hewan saat diproduksi. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang menjunjung tinggi animal welfare atau kesejahteraan hewan sebagai sesama makhluk hidup.

Menggunakan skin care organik, berarti Anda turut mendukung gerakan untuk tdak menggunakan pengujian pada hewan dalam industri kecantikan. Sebab, pengujian ini dapat menyakiti atau membahayakan hewan.

Lebih Ramah Lingkungan

Selain tanpa melalui uji coba terhadap hewan, keunggulan lain dari skin care organik adalah lebih ramah lingkungan. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan pada produk perawatan kulit tersebut bebas bahan kimia berbahaya.

Selain membahayakan kulit, penggunaan bahan kimia berbahaya juga berdampak buruk pada lingkungan. Baik berasal dari proses produksi, maupun residu sisa penggunaan, penggunaan skin care dengan bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan polusi tanah, air, maupun udara.

10 Rekomendasi Skin Care Organik

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser

Rekomendasi skin care organik yang pertama adalah Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Cleanser. Pembersih wajah alami ini dirancang untuk menenangkan kulit yang berjerawat. Produk dengan pH 5.0-6.0 ini efektif mengangkat kotoran dan minyak di wajah.

Kandungan minyak tea tree di dalamnya mampu merawat kulit yang rentan berjerawat, sementara kandungan gotu kola dan kulit lemon dapat menyeimbangkan sebum dan mencegah jerawat. Produk ini dapat digunakan dua hari sekali untuk kulit yang lebih bersih dan terang.

Harga Rp. 97.500-104.000

Skin Dewi Thyme Blemish Gel

Skin Dewi Thyme Blemish Gel adalah produk berikutnya yang masuk daftar rekomendasi. Kandungan phytosphingosine berperan sebagai agen antimikroba dan antiinflamasi yang lembut.

Sementara, kandungan chamomile jerman yang dimilikinya berperan sebagai anti-inflamasi yang menenangkan kulit. Produk ini dibuat dengan bahan organik, tanpa tambahan alkohol.

Kombinasi bahan organiknya mampu mengurangi peradangan dan kemerahan, tanpa mengeringkan kulit. Cukup oleskan pada area yang berjerawat kemudian tunggu hingga gel benar-benar kering sebelum mengoleskan krim wajah.

Harga Rp. 188.600-232.500

Mineral Botanica Niacinamide Serum With Artichoke Leaf Extract

Mineral Botanica Niacinamide Serum With Artichoke Leaf Extract adalah produk yang memiliki beragam manfaat bagi kulit. Skin care organik ini mengandung Niacinamide, Artichoke Leaf Extract, Panthenol, Saccharide Isomerate, Vitamin C, Allantoin, dan Citric Acid.

Produk keluaran Mineral Botanica ini mampu melembapkan dan menenangkan kulit. Cocok juga untuk Anda yang memiliki masalah minyak berlebih dan juga jerawat. Serum ini juga mampu menjaga elastisitas kulit serta mengecilkan pori-pori.

Harga Rp. 75.252

Organic Supply Co. French Green Clay

Masker wajah adalah salah satu jenis skin care yang banyak tersedia dengan bahan organik. Salah satu produknya adalah Organic Supply Co. French Green Clay. Produk ini berbahan tanah liat hijau yang ditambang dari tambang batuan dasar di Prancis.

Tak hanya kaya mineral, produk ini juga alami tanpa pewangi maupun sintetis. Organic Supply Co. French Green Clay memiliki tekstur yang halus, mewah, dan sangat menyerap, sehingga mampu menarik kotoran dari dalam kulit.

Selain untuk wajah, masker ini juga bisa digunakan sebagai lulur. Produk ini dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk manfaat terapeutik tambahan, misalnya saja dengan minyak esensial atau gel lidah buaya.

Harga Rp. 120.000

THE BATH BOX Aquabloom Oil-Free Moisturizer

Skin care organik berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah THE BATH BOX Aquabloom Oil-Free Moisturizer. Produk ini merupakan pelembap wajah dengan kandungan lebih dari 48% Centella Asiatica Extract, Edelweiss Extract, Astragalus Root Extract, Madecassoside, dan Asiaticoside.

Pelembap organik ini hadir dengan tekstur gel-cream yang mudah diaplikasikan. Kandungan alaminya bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit wajah. Diperkaya dengan Saccharide Isomerate membuatnya mampu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.

Harga Rp. 89.250-105.000

Indoganic Beauty Camellia Deep Cleansing Oil

Bagi Anda yang tengah mencari cleansing oil organik untuk sehari-hari, Indoganic Beauty Camellia Deep Cleansing Oil bisa menjadi pilihan. Produk ini diformulasikan kaya dengan antioksidan dan tanpa bahan kimia berbahaya.

Indoganic Beauty Camellia Deep Cleansing Oil mampu membersihkan sisa makeup dan kotoran di wajah secara optimal, sehingga lebih bersih, lembut, dan bercahaya. Skin care ini telah terdaftar di BPOM dan dapat digunakan untuk usia 12 tahun ke atas.

Harga Rp. 49.999-141.550

Solusi Organik Face Scrub

Martha Tilaar rupanya juga memiliki lini skin care organik yang bernama SOLUSI. Salah satu produk andalannya adalah Solusi Organik Face Scrub. Face scrub ini mampu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang sirkulasi, sehingga kulit menjadi lebih halus dan bersih.

Solusi Organik Face Scrub juga mampu membersihkan pori-pori untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Skin care organik ini diformulasikan bebas paraben, ramah lingkungan, dan tanpa melalui animal testing.

Harga Rp. 148.344-198.357

Utama Spice Face Serum

Rekomendasi skin care organik berikutnya adalah Utama Spice Face Serum. Serum ini mengandung essential oil, seperti minyak argan dan minyak jojoba yang melembapkan dan menenangkan kulit. Produk ini aman digunakan, karena terbuat dari bahan-bahan alami tanpa bahan sintetis.

Utama Spice Face Serum cocok untuk Anda yang tengah mencari serum wajah dengan anti-penuaan yang alami. Serum ini membantu meregenerasi sel kulit, mengurangi garis halus dan keriput, serta menjaga hidrasi kulit.

Harga Rp. 152.000-22.000

Eucalie Argan Oil Certified Organic Anti Aging Serum

Eucalie Argan Oil Certified Organic Anti Aging Serum adalah rekomendasi skin care berikutnya untuk mencegah penuaan dini. Produk keluaran Eucalie ini terbuat dari 100% Argan Oil alami yang bersertifikasi organik dari ECOCERT and COSMOS.

Serum ini diformulasikan tanpa sulfat, fragrance, paraben, silikon, maupun bahan kimia berbahaya lainnya. Formulanya mudah menyerap ke kulit, sehingga mampu memberikan kelembutan dan kelembapan yang optimal.

Selain mampu memperbaiki tekstur kulit dan mencegah penuaan dini, produk ini juga mampu meredakan iritasi dan meningkatkan produksi kolagen. Eucalie Argan Oil Certified Organic Anti Aging Serum bisa digunakan sebagai serum wajah maupun rambut untuk memperbaiki tekstur rambut.

Harga Rp. 219.000

Moriganic Exfosure Face Toner

Skin care organik terakhir yang masuk dalam daftar rekomendasi adalah Moriganic Exfosure Face Toner. Toner ini diformulasi dengan AHA, BHA, Mugwort dan Bakuchion yang kaya manfaat.

Tak hanya mampu mengangkat sel kulit mati dan mengatasi pori-pori tersumbat, produk ini juga mampu memperbaiki tekstur kulit. Moriganic Exfosure Face Toner cocok untuk Anda yang tengah mengalami masalah jerawat dan komedo.

Toner ini aman untuk kulit berjerawat dan ramah skin barrier. Produk keluaran Moriganic ini aman digunakan karena bebas alkohol, mineral oil, paraben, SLS, maupun silikon.

Harga Rp. 79.900
From our editorial team

Benarkan Skin Care Organik Lebih Aman Dibanding Sincare pada Umumnya?

Banyak yang beranggapan bahwa skin care organik jauh lebih aman dibandingkan skin care pada umumnya, karena terbuat dari bahan yang alami tanpa bahan kimia berbahaya. Nyatanya, perlu dipahami bahwa risiko efek samping atau reaksi pada kulit sensitif tetap mungkin terjadi. Maka dari itu, bagi para pemilik kulit sensitif sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan produk skin care. Anda juga bisa melakukan patch test untuk mengetahui reaksi kulit terhadap produk baru yang hendak digunakan.