Yuk, Coba Variasi Resep Minuman Jahe Hangat untuk Kesehatan Rekomendasi BP-Guide! (2020)

Yuk, Coba Variasi Resep Minuman Jahe Hangat untuk Kesehatan Rekomendasi BP-Guide! (2020)

Sumber gambar www.medicalnewstoday.com

Saat ini minuman rempah-rempah saat ini kerap menjadi pilihan minuman kesehatan. Salah satunya minuman jahe hangat. Minuman jahe juga bisa dikombinasikan dengan bahan lain yang cocok dinikmati untuk minuman sehari-hari. Berikut beberapa resep dari BP-Guide.

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Minuman Herbal

Tubuh manusia sangat rentan terkena berbagai penyakit. Entah yang disebabkan oleh virus maupun bakteri, penyakit itu mudah menyerang pada tubuh manusia yang imunnya lemah. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai asupan gizi untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat.

Asupan gizi ini bisa didapatkan melalui berbagai olahan makanan atau minuman. Beberapa waktu terakhir, minuman herbal menjadi pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus. Anda pun mungkin salah satu yang tertarik ingin memahami lebih jauh mengenai bagaimana menjaga kesehatan tubuh dengan memanfaatkan minuman herbal.

Kali ini akan dibahas mengenai minuman herbal yang terbuat dari jahe. Apa saja khasiatnya dan bagaimana variasi resep minuman jahe hangat ini? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

8 Khasiat Minuman Herbal dari Bahan Jahe

Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Khasiat pertama dari minuman herbal berbahan jahe adalah untuk menurunkan kolesterol. Jahe adalah bahan alami yang kandungannya dalam tubuh akan mengikat kolesterol jahat dan melarutkannya untuk dibuang dari dalam tubuh.

Inilah sebabnya, mengapa kebanyakan penderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi jahe hangat secara rutin. Jika kolesterol jahat dalam tubuh bisa ditekan, maka resiko penyakit jantung pun bisa dicegah dengan signifikan.

Menurunkan Berat Badan Berlebih

Anda yang sedang melakukan program menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mengonsumsi air rebusan jahe. Air rebusan jahe jika dikonsumsi secara rutin setelah makan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jadi Anda tidak akan cepat lapar dan nafsu makan pun akan sangat berkurang. Anda pun kemudian menjadi lebih mudah mengatur makanan apa saja yang Anda konsumsi guna menurunkan berat badan.

Mengatasi Mual dan Mencegah Muntah

Berbagai jenis mual ternyata efektif diatasi dengan mengkonsumsi jahe hangat. Hal ini didukung oleh berbagai penelitian yang dilakukan di bidang kesehatan.

Khususnya bagi para pasien yang baru melakukan operasi ataupun kemoterapi, minum jahe hangat setelahnya dapat membantu menekan rasa mual dan ingin muntah yang seringkali menyerang. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi jahe hangat pun sama bermanfaatnya untuk mengatasi mual dan muntah.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan dalam jahe diketahui juga memiliki manfaat dalam mendukung sistem pencernaan manusia. Khususnya jika Anda rutin mengkonsumsi jahe hangat, maka Anda yang mengalami masalah seperti sembelit atau wasir bisa segera teratasi. Tidak perlu lagi Anda mengalami kesulitan BAB dan masalah pencernaan lain, jika Anda rutin mengkonsumsi jahe hangat setiap hari.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Anda khawatir dengan risiko pertumbuhan sel kanker yang saat ini semakin banyak menyerang? Konsumsilah jahe hangat secara rutin. Jahe diketahui mengandung senyawa yang bersifat anti kanker. Jadi dengan mengkonsumsi jahe secara rutin, maka Anda bisa mencegah risiko berbagai jenis kanker yang mungkin menyerang tubuh Anda.

Menjaga Kesehatan Mulut

Perhatikan juga kesehatan mulut Anda dengan mengkonsumsi jahe secara rutin. Jahe memiliki kandungan anti bakteri yang mampu membuat mulut lebih sehat dan tidak berbau.

Mulut dan gigi diketahui menjadi tempat favorit bersarangnya bakteri jahat. Oleh karena itu, jahe bisa membantu Anda membersihkan mulut dan gigi lebih menyeluruh.

Mencerdaskan Kemampuan Kerja Otak

Ternyata jahe pun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan otak Anda. Berdasarkan hasil beberapa penelitian di bidang kesehatan, jahe diketahui memiliki kandungan yang akan mencegah kerusakan otak. Jadi hingga usia lanjut, Anda bisa memiliki fungsi otak yang maksimal dan terhindar dari risiko penyakit otak yang saat ini sering ditemukan.

Mengatasi Berbagai Nyeri Otot dan Sendi

Sumber gambar www.healthline.com

Satu lagi khasiat minuman jahe hangat untuk kesehatan tubuh Anda adalah dalam hal mengatasi nyeri otot dan sendi. Aktivitas yang padat setiap hari membuat Anda menjadi lebih mudah merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh.

Jika Anda mengonsumsi jahe hangat, maka kandungannya dapat membantu Anda menghentikan peradangan yang terjadi dan menghilangkan rasa nyeri tersebut.

Berikut Ini 5 Resep Minuman Jahe Hangat untuk Kesehatan Anda!

Resep Jus Jahe

Sumber gambar theheartysoul.com

Sesuai namanya, jahe akan di jus dengan campuran beberapa bahan lain untuk membuatnya lebih mudah untuk dikonsumsi. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk pembuatannya.

Pertama, Anda terlebih dahulu harus memilih jahe yang segar dan tidak keriput. Kedua, cuci bersih dan potong kasar jahe tersebut. Ketiga, haluskan jahe menggunakan juicer.

Keempat, campurkan jahe yang telah halus ke dalam satu cangkir air panas dan saring. Kelima, tambahkan madu dan minum segera selagi hangat.

Resep Teh Jahe Lemon

Berikutnya, Anda juga bisa membuat minuman jahe hangat menjadi sebuah teh. Tentunya Anda harus menambahkan bahan teh dan juga lemon ke dalam campuran minuman jahe hangat ini. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat membuat teh jahe lemon adalah seperti yang dijelaskan berikut ini.

Pertama, panaskan air secukupnya dan rebuslah jahe. Kedua, jika sudah harum matikan api dan tambahkan bubuk teh ke dalam air panas. Ketiga, aduk campuran teh dan rebusan jahe hingga berubah warna.

Keempat, iris lemon dan diamkan 20 menit di dalam campuran air. Kelima, saring air teh dan konsumsi selagi masih hangat.

Resep Wedang Jahe Madu

Khusus untuk pembuatan wedang jahe madu kali ini mungkin sedikit berbeda dengan resep lainnya. Anda harus menyiapkan bahan berupa jahe, cengkeh, daun pandan, kayu manis, gula merah, gula pasir, garam, dan madu. Bungkuslah jahe dengan kain tule sebagai langkah pertama.

Setelah itu, rebus jahe yang telah dibungkus tadi bersama berbagai bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika sudah mendidih, saringlah air rebusan dan pisahkan dari bahan-bahan rebusan. Tambahkan madu ke dalam campuran air dan segera konsumsi air wedang jahe madu yang nikmat ini.

Resep Wedang Jahe Rempah

Kali ini ada resep minuman jahe hangat yang dibuat menjadi wedang bersama berbagai rempah-rempah lain. Anda perlu menyiapkan cengkeh, kapulaga, dan kayu manis sebagai pelengkapnya.

Langkah pembuatannya adalah pertama rebus semua rempah hingga harum dan mendidih. Kedua, saringlah air rebusan rempah dan rebus kembali.

Ketiga, selama direbus tambahkanlah gula pasir dan madu ke dalamnya. Keempat, aduk terus rebusan dan celupkan teh sambil terus diaduk. Kelima, setelah berubah warna hidangkanlah wedang jahe rempah ini untuk dikonsumsi selagi masih hangat.

Resep Wedang Jahe Susu

Sumber gambar www.lifealth.com

Cara yang kelima mengolah jahe menjadi minuman hangat adalah dengan membuat wedang jahe susu. Sebenarnya dalam proses pembuatannya tidak terlalu berbeda dengan resep minuman jahe hangat lainnya.

Namun ada beberapa bahan yang harus Anda siapkan selain jahe, yaitu siapkan daun pandan, secang, susu, serai, gula, dan garam. Langkah pembuatannya adalah dengan merebus jahe, secang, serai, dan daun pandan dalam air hingga harum.

Kedua, tambahkan gula pasir dan garam ke dalam rebusan. Ketiga, tambahan susu kental manis ke dalam air rebusan dan aduk hingga benar-benar merata sebelum dikonsumsi.

From our editorial team

Yuk, Segera Coba Resep Minuman Jahe untuk Kesehatan

Sudah tahu ingin memasak resep minuman jahe hangat yang mana? Pilihan manapun akan memberikan manfaat yang sama baiknya untuk kesehatan Anda. Jadi pastikan untuk segera mencoba resep-resep yang telah dijelaskan di atas, ya!