Ayo Kenali 7 Hewan Tercepat di Bumi dalam Daftar Berikut! (2020)

Ayo Kenali 7 Hewan Tercepat di Bumi dalam Daftar Berikut! (2020)

Dunia hewan penuh dengan kejutan buat kita manusia. Ingin tahu apa saja hewan tercepat di dunia? Yuk, simak artikel ini!

Ternyata Ada Banyak Sekali Ragam Hewan di Bumi Ya

Bumi merupakan tempat yang nyaman untuk berbagai makhluk hidup tinggal dan bertumbuh. Tidak hanya untuk manusia, bumi pun diketahui merupakan habitat bagi berbagai hewan dan tumbuhan. Seperti manusia, hewan pun memiliki ragam dan keunikannya sendiri. Berbagai hewan tersebut berkembang biak dan terus memenuhi bumi. Kadang kala, Anda pasti pernah merasa bingung bukan apa saja jenis hewan yang ada di bumi?

Sebenarnya, berbagai ragam hewan di bumi ini bisa dikelompokkan. Pengelompokkan hewan ini yang kemudian membuat hewan lebih mudah dikenal oleh manusia. Dasar pengelompokkan hewan bisa berbeda-beda bergantung kebutuhan. Jika Anda ingin mengenal kelompok hewan berdasarkan habitatnya, maka biasa hewan tersebut akan dikelompokkan menjadi tiga. Penasaran apa saja kelompok hewan tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis Kategori Pengelompokkan Hewan di Bumi Berdasarkan Habitatnya

Kali ini kenali dahulu kategori pengelompokkan hewan di bumi berdasarkan habitatnya. Ada hewan yang hidup di air, daratan, dan air-daratan. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Hewan yang Hidup di Air

Jenis hewan yang dikelompokkan berdasarkan habitatnya paling pertama dikelompokkan sebagai hewan yang hidup di air. Sesuai dengan namanya, tentu hewan-hewan ini adalah hewan yang seringkali Anda temui. Misalnya Anda tentu pernah melihat ikan hidup di air bukan? Bagaimana dengan air yang hidup di daratan, adakah? Tentunya tidak ada. Jadi ikan adalah salah satu jenis hewan yang hidup di air. Ada juga beberapa hewan lain yang hidup di air, seperti kuda laut, udang, cumi-cumi, dan lain sebagainya.

Hewan yang Hidup di Daratan

Lalu selain hewan yang hidup di air, Anda juga pasti sudah tahu bahwa hewan juga ada yang hidup di daratan. Namun hewan yang hidup di daratan ini biasanya termasuk juga hewan-hewan yang dapat terbang. Sehingga banyak juga orang yang mengelompokkan hewan yang dapat terbang sebagai hewan yang hidup di udara. Akan tetapi, dalam pembahasan kali ini hewan yang dapat terbang tetap masuk dalam kategori hewan yang hidup di darat. Contohnya tentu adalah berbagai mamalia seperti harimau dan singa. Ada juga unggas seperti bebek, ayam, dan tentunya burung.

Hewan yang Hidup di Air dan Daratan

Kelompok hewan terakhir berdasarkan habitatnya adalah hewan yang hidup di air dan daratan. Jenis hewan yang seperti ini dikenal juga dengan nama hewan amfibi. Ada cukup banyak hewan yang masuk ke dalam kategori ini. Misalnya seperti katak, buaya, kepiting, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hewan-hewan ini memiliki kemampuan untuk tetap bertahan hidup baik di dalam air maupun di atas daratan.

Ayo Kenali 7 Hewan Tercepat di Bumi dalam Daftar Berikut!

Ingin tahu hewan apa yang tercepat di bumi? Jika hanya melihat dari hewan yang hidup di air, maka Anda tidak akan membandingkannya dengan hewan yang hidup di daratan dan keduanya. Namun kali ini, kita akan membandingkan kecepatan hewan yang hidup di udara. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Peregrine Falcon

Jika di masyarakat kita sering mendengar bahwa macan tutul adalah hewan yang tercepat, ternyata hal ini kurang tepat. Pasalnya, hewan tercepat di bumi yang pertama bukanlah macam melainkan seekor burung berjenis Peregrine Falcon ini. Burung ini adalah burung predator dengan jenis Falcon. Tidak sama dengan elang, namun bentuk tubuhnya mirip dengan elang. Kecepatan burung ini adalah 389 km per jam dan memiliki kemampuan memburu yang sangat cepat.

Golden Eagle

Hewan tercepat di bumi posisi kedua masih ditempati oleh jenis burung. Burung kali ini adalah burung elang berjenis Golden Eagle. Kecepatannya mencapai 320 km per jam dan menjadi salah satu hewan predator yang paling ditakuti di udara. Kecepatan burung elang yang satu ini dilengkapi juga dengan cengkraman yaang mematikan, sehingga burung ini memang sangat ditakuti. Jadi berhati-hatilah dengan burung elang.

White Throated Needletail

Kali ini adalah jenis burung layan-layang. Namun burung layang-layang dengan White Throated Needletail ini memiliki kecepatan yang jauh di bawah dua burung sebelumnya. Kecepatan per jamnya adalah 171 km. Jika dilihat dari karakteristiknya, memang burung ini bukanlah burung pemangsa. Jadi wajar saja tidak perlu memiliki kecepatan luar biasa seperti burung sebelumnya. Jenis makanan burung ini adalah serangga dan bisa banyak Anda temukan di kawasan Asia juga Australia.

Eurasian Hobby

Satu lagi jenis burung falcon yang masuk dalam daftar hewan tercepat di bumi. Burung falcon kali ini bernama Eurasian Hobby. Anda bisa menemukkannya di kawasan Eurasia. Ukuran tubuhnya tergolong kecil dan tidak sebesar burung falcon sebelumnya. Kecepatannya mencapai hingga 160 km per jam dan digunakan untuk berburu mangsa juga. Mangsa favorit burung ini adalah kelelawar dan burung lain. Manusia pun bisa menjadi sasaran dikejar burung ini.

Brazilian Free-Tailed Bats

Posisi kelima ditempati oleh hewan berjenis kelelawar, masih juga hewan yang bisa terbang. Jadi kali ini kelelawar yang sangat cepat bernama Brazilian Free-tailed Bats. Sesuai namanya, hewan ini ada di Brazil dan memiliki kecepatan hingga 160 km per jam seperti mobil di jalan tol. Luar biasa bukan kecepatan hewan yang tergolong kecil ini? Perlu Anda ketahui, kelelawar bukanlah hewan yang menakutkan melainkan sangat lucu.

Frigate Bird

Satu lagi burung yang termasuk dalam hewan tercepat di bumi adalah Frigate Bird. Jenis burung ini adalah burung yang mengonsumsi ikan. Sehingga secara karakteristik tubuh, burung ini memiliki kemampuan terbang yang cepat dan paruh yang tajam. Frigate Bird diketahui memiliki kecepatan hingga 153 km per jam. Hidup di negara-negara beriklim tropis dan sub-tropis, burung ini banyak ditemukan di pinggir pantai.

Rock Dove Pigeon

Siapa yang pernah menyangka bahwa burung merpati pun termasuk ke dalam hewan tercepat di bumi? Burung merpati dengan jenis Rock Dove Pigeon ini memiliki kecepatan hingga 149 km per jam. Kecepatannya bisa sangat mengejutkan untuk Anda karena ukuran tubuhnya pun cukup besar. Anda bisa menemukan burung ini di daerah seperti Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat.

From our editorial team

Kecepatan yang luar biasa membuat hewan makin dikagumi!

Banyak juga bukan hewan tercepat di bumi dengan kecepatan yang fantastis? Jadi tidak hanya macan tutul yang sering Anda kira cepat, burung-burung banyak yang memiliki kecepatan luar biasa. Mulai sekarang Anda bisa lebih waspada dan memperhatikan hewan-hewan ini di sekitar Anda!