Mau Tahu Rahasia Tampil Trendi di 2018 dengan Hijab Modern? Ini Dia 5 Panduan Khususnya!

Mau Tahu Rahasia Tampil Trendi di 2018 dengan Hijab Modern? Ini Dia 5 Panduan Khususnya!

Siapa bilang menggunakan hijab harus dengan model yang monoton. Kini, sudah ada banyak cara menggunakan hijab, sehingga Anda bisa terlihat syar'i dan modis. Baik hijab dengan style anggun, ataupun simpel. Untuk itu, simak saja panduan berhijab modern dari BP-Guide berikut ini.

Apa Sih Hijab Modern Itu?

Kata hijab tentu saja sering Anda jumpai dalam istilah sehari-hari, namun kata yang berasal dari bahasa Arab ini memiliki artian yang berbeda. Biasanya hijab atau jilbab dikenal sebagai kain yang menutupi kepala muslimah dengan beragam bentuk dan jenisnya, akan tetapi arti sebenarnya dari hijab ini ialah penghalang. Sehingga tak heran bila penggunaan kata hijab dapat juga sebagai menutupi sesuatu misalnya tirai pembatas, kelambu, papan pembatas dan lain sebagainya yang digunakan untuk membatasi satu dan lain hal.

Pada dasarnya artian penghalang ini lebih mengacu pada tata cara berpakaian seorang muslimah yang sopan dan pantas. Di mana pakaian ini menutup aurat sesuai syariat agama. Yang dimaksud menutup aurat bukan hanya sebagai penutup kepala atau rambut, dan menutupi tubuh pada bagian atas. Akan tetapi juga meliputi lengkuk tubuh dan perhiasan wanita, dari ujung kepala hingga kaki.

Manfaat Mengenakan Hijab bagi Wanita

Banyak yang Terlihat Lebih Anggun dengan Berhijab

Sumber gambar www.cumicumi.com

Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan seorang muslimah ketika menggunakan hijab, atau yang lebih dikenal dengan berhijab. Misalnya wanita tersebut lebih terlihat anggun dengan aura baik lebih terpancar. Bila ada yang beranggapan dengan menggunakan hijab maka kecantikan dapat berkurang, maka orang tersebut salah besar. Wanita yang menggunakan hijab tanpa disadari keanggunan dirinya dapat terlihat jelas. Hal ini dikarenakan Tuhan menciptakan wanita memiliki derajat yang sangat mulia. Apabila ia mengikuti syariat islam dengan berpakaian yang sesuai ajaran Islam, maka kecantikan itu akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu dipamerkan.

Selain itu juga, wanita yang menggunakan hijab memiliki aura yang lebih pede. Bahkan lebih cantik, lebih menarik, dan juga lebih lembut. Dengan begini tak bisa dipungkiri bila pria akan sangat segan untuk menggoda seorang wanita berhijab.

Hijab Membuat Rambut Anda Lebih Terjaga

Sumber gambar www.centroone.co.id

Jika Anda menggunakan hijab, maka tak perlu khawatir dengan kesehatan rambut. Dengan berhijab maka rambut akan terlindungi dari terik matahari yang dapat menimbulkan masalah rambut serta kulit kepala yang serius. Selain itu Anda juga dapat melindungi rambut dari debu, polusi, serta radikal bebas.

Perlu diingat bahwa rambut membutuhkan nutrisi yang baik, sehingga Anda tidak boleh lalai dalam melakukan perawatan. Pada dasarnya rambut yang tertutup hijab akan terasa lembab, serta lebih mudah rontok. Oleh karena itu, jagalah mahkota Anda yang paling berharga ini.

Memperlambat Proses Penuaan Dini

Banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya penuaan dini yang dialami oleh wanita muda. Tidak hanya dari segi pola hidup dan gaya hidup yang dijalani tidak baik, tetapi juga dari paparan sinaran matahari pada kulit. Sinar matahari memiliki dampak yang tidak baik pada kulit. Bila kulit telah terkena paparan sinar matahari, dapat memicu sel melanin pada kulit keluar dan membuat jaringan elastin dan kolagen rusak. Hal ini berakibat pada keindahan serta kelenturan kulit, sehingga menimbulkan keriput. Ini merupakan awal penuaan dini.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena proses penuaan dini ini dapat diperlambat bila Anda menggunakan hijab. Kulit wanita berhijab akan lebih terlindungi dari sinar matahari. Dimana hal ini lebih baik daripada menggunakan cream untuk melindungi kulit. Selain itu, hijab juga dapat membuat wajah Anda menjadi lebih putih dan tetap terjaga kelembapanya.

Mencegah Kanker Kulit

Sumber gambar www.hipwee.com

Banyak orang yang belum tahu jika kulit terlalu banyak terkena sinar matahari dan menggunakan pakaian yang ketat dalam waktu lama, maka dapat meningkatkan resiko terkenanya kanker kulit. Penyebabnya dimulai ketika kulit terpapar sinar ultraviolet (UV). Di mana hal ini membuat matinya DNA pada sel kulit, yang dapat berubah menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. Bila orang berkulit putih yang memiliki kulit mudah terbakar matahari, maka kemungkinan terserang kanker ini lebih besar. Area tubuh yang paling rentan terkena paparan ialah wajah, leher, tangan dan kaki.

Oleh karena hal itulah, wanita yang menggunakan hijab dalam aktivitas sehari-hari dapat mencegah terkena kanker kulit. Di mana bagian yang rawan terkena paparan sinar UV ditutupi oleh hijab. Selain itu juga pakaian longgar yang dikenakan wanita berhijab dapat mencegah timbulnya sel kanker kulit.

Melindungi dari Radang Kulit Luar (Solar Keratoses)

Sumber gambar www.tips-cewek.com

Banyak hal yang dapat ditimbulkan bila kulit terkena sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) secara berlebihan, dalam jangka waktu yang lama. Seperti terjadinya solar keratoses atau radang kulit bagian luar. Walaupun pada dasarnya kulit memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan minor sendiri, akan tetapi kemampuan ini akan selalu menurun yang menyebabkan radang kulit terjadi.

Ciri umum yang bisa dilihat pada kulit ialah perubahan kondisi kulit yang terlihat bersisik dan kasar. Bagian tubuh yang rentan terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, seperti kulit kepala, wajah, bibir, telinga leher, lengan, sisi belakang tangan, serta tungkai. Dengan menggunakan hijab, maka kulit akan terlindungi sepanjang hari dan menurunkan resiko terkenanya radang kulit. Di mana bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari akan ditutupi oleh pakaian longgar dan panjang. Selain itu juga, hijab dapat mencegah dari berbagai macam penyakit kulit lainnya.

Macam-macam Cara Berhijab sebagai Referensi untuk Anda

Cara Berhijab Simpel dengan Kerudung Segi Empat

Sumber gambar www.trendbajumuslim.com

Untuk menggunakan hijab dalam aktivitas sehari-hari, banyak model serta gaya yang bisa Anda kenakan, seperti menggunakan kerudung segi empat. Cara berhijab dengan menggunakan kerudung segi empat sangat gampang dan simpel. Di mana jilbab ini bisa Anda gunakan pada acara formal maupun semiformal.

Dengan kreasi yang bisa memodifikasi kain agar tampil cantik dan elegan, membuat cara berhijab dengan kerudung segi empat sangat digemari. Satu hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan jenis hijab ini yaitu pemilihan panjang serta lebarnya, agar ketika digunakan tidak terlihat kecil.

Untuk mengaplikasikan cara berhijab ini, Anda perlu mempersiapkan jilbab segiempat, peniti, dan ciput ninja. Cara memakainya sebagai berikut.

  • Kenakan ciput ninja yang membuat rambut tidak terlihat lagi.
  • Setelah itu gabungkan kedua sisi yang bersebrangan pada jilbab segiempat yang mana akan membuat hijab membentuk segitiga, lalu kenakan di kepala.
  • Samaratakan panjang bagian kiri dan kanan, lalu sematkan peniti pada hijab tepat di bawah dagu.
  • Bila sudah selesai, ambil ujung bagian hijab sebelah kanan. Kemudian putar kebelakang mengelilingi leher hingga kembali kebagian depan dan berada di sebelah kanan.
  • Ambil bagian hijab sebelah kiri, lalu ikat hingga menjadi bentuk pita dengan hijab bagian kanan tadi yang masih ada, dan rapikan.

Berikut ada pula sekilas video cara menggunakan hijab segi empat. Silahkan disimak!

Cara Berhijab Segi Empat dengan Pashmina

Sumber gambar www.kapanlagi.com

Cara berhijab lain yang bisa dicoba ialah menggunakan hijab pashmina. Pashmina sendiri merupakan kain yang berasal dari bahan Kashmir yang memiliki artian kain wool. Tidak heran bila harga pashmina cenderung lebih mahal. Dengan bahan ini Anda bisa tetap tampil cantik dan menawan. Cara berhijab ini banyak disukai banyak wanita karena proses menggunakannya yang gampang dengan bentukan yang sangat cantik.

Untuk menggunakan hijab segiempat pashmina ini, Anda harus mempersiapkan ciput, jarum pentul, dan hijabnya. Dan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Gunakan ciput terlebih dahulu hingga rambut tidak terlihat lagi, dengan ciput ini dapat mempermudah Anda menggunakan hijab nantinya.
  • Bentuklah hijab seperti Anda menggunakan hijab biasa, dengan membuat sisi kiri lebih panjang daripada sisi kanan.
  • Kemudian, masukan sisi pendek hijab sebelah kiri, dengan cara memasukkannya ke dalam hijab sebelah kanan.
  • Tarik ujung hijab tersebut hingga membentuk lengkungan, lalu bisa disematkan jarum pentul agar tidak mudah lepas dan kemudian rapikan hijab.

Ada pula cara menggunakan hijab pashmina yang bisa Anda ikuti dalam video berikut ini.

Cara Mengenakan Hijab Segitiga

Sumber gambar beautynesia.id

Selain jilbab segiempat, Anda bisa melirik model hijab segitiga yang saat ini sangat trendi di kalangan hijabers. Cara berhijab segitiga ini dapat Anda bawa dalam kesempatan apapun baik itu santai maupun formal. Di mana nuansa yang diberikan hijab segitiga ini sangat modis dan nyaman kamu kenakan kapan saja.

Bila ingin menggunakan jilbab segitiga untuk acara pesta, tutorial dari Dian Pelangi berikut ini dapat Anda coba.

  • Siapkan ciput ninja, jilbab segitiga, jarum atau peniti, serta bros yang memiliki bentuk anting.
  • Anda bisa kenakan ciput ninja terlebih dahulu, lalu kenakan jilbab segitiga dengan sisi yang sama panjangnya.
  • Agar hijab tidak berantakan, Anda bisa menyematkan jarum pentul pada bagian atas kepala.
  • Ambil sisi kanan hijab, kemudian sematkan dengan bros yang menjuntai pada sisi kiri tepat di atas telinga.
  • Lalu ambil sisi kiri dan sematkan pada baju kanan dengan peniti. Rapikan hijab.

Cara Berhijab dengan Kerudung Paris

Cara berhijab menggunakan kerudung paris sangat diminati oleh wanita muslimah. Itu dikarenakan kerudung paris lebih unggul dari segi bahan maupun modifikasinya yang sangat simpel, namun hasilnya tampak modis. Tidak heran kerudung ini memiliki banyak model serta jenis yang laris di pasaran.

Untuk membeli kerudung ini, Anda perlu mengetahui bahan dan jenisnya. Beda bahan tentu saja beda pula harga dan kualitas yang akan didapatkan. Bila Anda ingin mendapatkan kerudung paris dengan kualitas super, maka jenis Maxtel menjadi pilihan yang wajib kamu beli. Jenis ini berbahan vual Paris yang lembut dan sangat nyaman untuk dikenakan. Ciri lainnya dari kain ini ialah kain agak mengkilap, keset, namun tidak licin. Jika kain ini digunakan untuk berhijab maka akan sangat mudah untuk dibentuk. Bisa juga dililit, sehingga tidak meninggalkan bekas lipatan sangat sebanding dengan harganya yang relatif mahal.

Jenis kerudung paris lainnya ialah jenis Sham-san. Kain ini hampir menyerupai jenis Maxtel namun memiliki lebih banyak variasi motif. Selanjutnya, jenis Alfath yang memiliki kualitas di bawah Maxtel dan Sham-san. Untuk menjaga kualitas dari kerudung paris ini, banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Jangan mencuci dengan menggunakan mesin cuci yang dapat membuat kain cepat rusak. Selain itu, sebelum menggunakan hijab paris, Anda perlu menyetrikanya dengan rapi.

Supaya jilbab selalu tampak rapi setelah disetrika, maka jilbab dapat digantung agar tidak kusut. Dan hal lainnya ialah ketika menggunakan kerudung paris, gunakanlah ciput dulu sebelumnya karena secara umum kerudung paris memiliki material yang transparan. Selain itu berhati-hatilah ketika menggunakan peniti yang dapat membuat kerudung menjadi berlubang.

Bila Anda ingin tampil cantik dengan kerudung paris, maka bisa mengikuti cara berhijab segitiga paris modern terbaru tahun 2017 ini.

  • Siapkan jilbab paris, ciput ninja, serta peniti terlebih dahulu.
  • Kenakan ciput ninja dan lipat kerudung paris hingga berbentuk segitiga.
  • Taruh hijab pada kedua pundak, dengan sisi kiri lebih pendek daripada sisi kanan.
  • Ambil sisi kiri lalu tarik ke atas dengan posisi miring dan menyamping. Pasang jarum pentul pada ujungnya yang berada di belakang sebelah kanan kepala Anda.
  • Akan terlihat bila hijab menyilang dengan ninja.
  • Kemudian, ambil sisi kanan yang lebih panjang. Lalu tarik ke atas dan dipasang di kepala dalam posisi yang berlawanan dengan sematan hijab sebelah kiri tadi. Pastikan agak sedikit ke belakang, agar ninja pada bagian kening tetap dapat terlihat.
  • Ujung hijab ditarik lagi ke bagian kanan dengan melewati arah belakang. Lalu pasang peniti pada bagian sebelah kanan di bawah hijab yang menjuntai agar tidak terlihat.
  • Anda bisa menyematkan jarum pada bagian hijab sebelah kanan yang masih longgar agar tidak bergeser.
  • Dan terakhir Anda bisa berikan bros panjang pada bagian yang kosong di sisi kepala sebelah kiri.

Cara Berhijab Pashmina yang Praktis

Sumber gambar www.ziahijab.com

Apabila kamu ingin tampil modis, maka pashmina merupakan pilihan yang patut Anda pertimbangkan. Pashmina yang terbuat dari bahas kashmir memiliki bentuk panjang seperti selendang, dengan ketebalan seratnya sekiar 15-19 mikron. Bila Anda menemukan harga pashmina cenderung mahal, dapat dipastikan itu terbuat dari kashmir asli. Bahkan ada juga yag mencampurkannya dengan sutra, sehingga tak heran dulu pashmina dilambangkan sebagai lambang kemewahan.

Ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum membeli pashmina agar nantinya tidak mengecewakan, seperti pilihakan jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah. Selain itu, pemilihan warna juga sangat penting yang dapat menonjolkan aura Anda. Kemudian, pilih model dan motif jibab yang ingin Anda sesuaikan dengan busana yang akan dikenakan. Kenakan bahan yang memang sesuai dengan acara yang ingin Anda hadiri, seperti pesta, santai, atau acara formal.

Anda tentu tidak ingin ketinggalan untuk tidak modis dengan hijab pashmina yang sedang hit dikalangan wanita muslim. Untuk itu, Anda bisa mempraktekkan cara berhijab pashmina yang praktis ini. Namun sebelumnya Anda harus mempersiapkan ciput ninja, pashmina sifon, jarum pentul, dan aksesoris kalung.

  • Kenakan ciput ninja menutupi kepala, sehingga rambut tidak terlihat lagi.
  • Kenakan pashmina di atas kepala dengan sisi kiri lebih panjang daripada sisi kanan.
  • Selanjutnya ambil bagian yang lebih panjang, bawa hingga melewati belakang sisi kanan hijab dengan memutari leher dan kembali ke bahu kiri.
  • Anda bisa sematkan jarum pentul di kiri dan kanan kepala agar hijab tidak mudah bergeser.
  • Ambil sisi yang lebih pendek kemudian letakkan di bahu kiri dan sematkan jarum pentul.
  • Anda bisa juga menambahkan aksesoris kalung untuk nembahkan kesan modis dalam penampilan.
From our editorial team

Berhijab Syar'i nan Anggun dan Modis

Saat ini, telah banyak model menggunakan hijab, yang membuat Anda terlihat lebih anggun dan modis. Tentunya tetap syar'i. Selain dilihat dari segi agama, tentu keuntungan dari kesehatan dan kecantikan bisa Anda dapatkan. Bahkan, inner beauty Anda lebih terpancarkan. Jadi, kenapa tidak dari sekarang mencoba-coba bereksperimen dengan berbagai model hijab?