Simak Rekomendasi 10+ Hadiah untuk Anak Berusia 7 Tahun yang Fun dan Edukatif di Sini

Simak Rekomendasi 10+ Hadiah untuk Anak Berusia 7 Tahun yang Fun dan Edukatif di Sini

Sumber gambar amazon.com

Hadiah adalah salah satu hal yang dinanti-nanti anak dari orang tua. Tidak harus menunggu momen istimewa, Anda bisa memberi bingkisan menarik bagi anak-anak seperti mainan edukatif yang bisa membantu tumbuh kembang mereka. Berikut referensi mainan untuk anak usia 7 tahun yang bisa Anda pilih.

Hadiah sebagai Bentuk Apresiasi Tumbuh Kembang dan Kreativitas Anak di Usia 7 tahun

Sumber gambar nymag.com

Anak-anak dikenal sebagai pribadi energik yang memiliki stamina tak terbatas. Bermain adalah aktivitas yang paling disenangi anak sampai menginjak masa pubertas. Usia 7 tahun adalah masa peralihan pada anak dari lingkungan taman kanak-kanak ke bangku sekolah dasar. Memberikan hadiah berupa mainan bisa menjadi bentuk apresiasi tumbuh kembang dan kreativitas anak di usia 7 tahun.

Menemani anak bermain terkadang membosankan bagi sebagian orang tua. Padahal cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan mental anak atau pun mempererat hubungan orang tua dan anak menjadi lebih intens.

Agar tidak cepat bosan Anda bisa memberikan kado berupa mainan yang bisa dimainkan bersama seperti puzzle, miniatur, set toys, atau pun permainan role play seperti boneka, robot, dan yang lainnya. Buatlah sesi bermain bersama anak menjadi lebih menyenangkan dengan rekomendasi mainan untuk anak usia 7 tahun dari kami.

Memilih Hadiah yang Bermanfaat untuk Anak 7 Tahun

Bisa Membantu Perkembangan Kreativitas

Sumber gambar success.com

Bermain, selain menyenangkan, bisa menjadi media kreativitas bagi setiap anak. Di masa golden age, anak-anak bisa lebih mudah menyerap informasi dan pengetahuan yang diberikan. Bermain adalah cara yang paling tepat untuk mengajarkan sesuatu yang baru pada tiap anak.

Berikan peluang pada anak untuk menyelesaikan tantangan dan memecahkan masalah pada permainan. Cara ini akan membuat anak menjadi lebih kreatif dan pantang menyerah. Berilah permainan yang mengasah kreativitas seperti bermain slime/lilin, puzzle, lego, menggambar, atau pun bercerita menggunakan boneka.

Aman dan Tidak Berbahaya

Sumber gambar blog.mass.gov

Faktor keamanan sangat penting dalam memilih mainan yang tepat bagi anak Anda. Pertimbangkan komposisi bahan pembuatan mainan dan perhatikan labelnya. Jangan sampai mainan terbuat dari bahan beracun dan berbahaya bagi kesehatan anak.

Setelah membeli mainan, segera dicuci untuk menghilangkan kuman dan virus penyebar penyakit. Pastikan juga mainan tidak memiliki partikel kecil yang gampang lepas seperti perhiasan dengan aksesoris mungil. Dampingi selalu anak saat bermain agar anak selalu aman dalam pengawasan orang tua.

Mengasah Keterampilan Anak

Sumber gambar afolhadobosque.net

Sesi bermain bisa menjadi saat yang tepat untuk sarana belajar anak. Pilihlah permainan yang mengasah keterampilan anak dan mengasah otak seperti bermain basket dengan ring mini, sepak bola dengan bola karet, ataupun bongkar pasang miniatur mainan.

Cara ini akan mengembangkan kemampuan motorik anak dan membuat anak bergerak aktif. Sediakan alat permainan yang mendukung tumbuh kembang anak Anda ya, Bunda..

Rekomendasi Hadiah Anak 7 Tahun yang Pasti Disukai

Alat Lukis

Sumber gambar bukalapak.com

Menggambar adalah kegiatan yang disenangi anak-anak. Dengan aktivitas ini anak akan belajar mengenal warna dan bentuk dan berimajinasi menggambar pemandangan, karikatur, atau benda yang anak sukai. Anda bisa memberikan alat lukis sebagai hadiah untuk anak usia 7 tahun.

Berikut rekomendasi alat lukis terbaik dari kami:

  • IKEA MALA Kotak Cat Air Alat Lukis Anak. Alat lukis iini terdiri dari 14 tablet warna dengan 2 cangkir air dan 2 kuas. Pilihan warna yang beragam dilengkapi dengan peralatan melukis akan membuat sesi menggambar menjadi lebih menyenangkan bagi anak Anda. Dapatkan seharga Rp 259.800 di Bukalapak.
  • Crayon Set Art. Satu kotak alat gambar ini terdiri atas 3 tingkatan dengan 54 pcs alat gambar. Tingkat pertama berisi 12 warna cat air beserta peralatan melukis lainnya. Tingkat kedua berisi 12 pcs spidol warna. Tingkat ketiga berisi 12 pcs crayon dan 12 pcs pensil warna. Tersedia dengan gambar kartun yang beragam seperti Frozen, Cars, Spiderman yang disukai anak-anak. Dapatkan satu set lengkap seharga Rp 100.000 di Bukalapak atau seharga Rp 198.462 di Lazada.
  • Crayon set. Satu set crayon ini berisi 46 pcs dengan warna-warna yang beragam. Anda juga bisa memberikannya sebagai hadiah untuk anak-anak lainnya. Dapatkan seharga Rp 90.000 di Lazada.

Lego

Sumber gambar bukalapak.com

Lego adalah permainan yang cocok dimainkan anak-anak dan dewasa. Anda bisa menghabiskan waktu luang bersama anak-anak sambil bermain lego. Game ini sangat ampuh untuk meningkatkan kreativitas anak dengan cara yang menyenangkan.

Jika Anda sedang mencari lego untuk anak, berikut rekomendasi dari kami:

  • Lego Black Panther Movie Lepin 07100 Rhino Face Off. Satu set lego berisi 257 pcs yang berisi lego berbentuk karikatur film terkenal yaitu Black Panther. Terdiri dari 3 figur karakter yaitu Black Panther, Okoye, dan Killmonger. Dapatkan seharga Rp 110.000 di Shopee.
  • Lego Classic Creative Bricks Set. Lego ini cocok untuk anak Anda yang baru mengenal mainan lego. Terdiri dari 221 pcs lego dengan 29 warna yang bisa dikreasikan sesuai imajinasi anak-anak. Dapatkan seharga Rp 290.000 di Lazada.

Puzzle atau Rubik

Sumber gambar shopee.co.id

Puzzle dan rubik adalah permainan edukatif yang mengasah kecerdasan seorang anak. Bermain puzzle bisa sangat menyenangkan jika gambar yang harus disusun adalah karakter favorit sang anak, seperti tokoh kartun terkenal yang digandrungi anak. Rubik juga memberikan tantangan tersendiri bagi anak Anda. Jika Anda ingin memberikan mainan yang mendidik, puzzle dan rubik bisa menjadi pilihan yang tepat.

Rekomendasi dari kami:

  • Building Blocks Puzzle Kayu. Satu set puzzle terdiri dari 15 pcs blok kayu yang dapat disusun menjadi sebuah puzzle menarik. Anda bisa memainkannya bersama anak dan mendapatkan quality time terbaik. Dapatkan seharga Rp 102.000 di Lazada.
  • Rubik 2x2 YongJun Guanpo Magic Cube. Bermain rubik sampai tuntas memang sulit bagi sebagian besar orang dewasa. Namun bukan berarti anak-anak tidak bisa mencobanya. Anda bisa memberikan rubik dengan ukuran 2x2 untuk anak Anda. Ukurannya yang tidak terlalu besar sangat cocok dimainkan oleh anak berusia 7 tahun. Dapatkan seharga Rp 85.000 di Blibli.

Sepeda

Sumber gambar lazada.co.id

Sepeda adalah alat transportasi yang pertama kali dikenal anak bahkan sejak usia 3 tahun. Bermain sepeda adalah aktivitas menyenangkan bagi semua anak. Di sore hari biasanya anak-anak bermain bersama dengan bersepeda keliling komplek/cluster.

Coba Anda tengok apakah sepeda anak Anda masih dalam keadaan bagus? Apa sepedanya sudah kekecilan untuk usianya? Jika iya, memberikan sepeda sebagai hadiah adalah ide yang tepat untuk anak usia 7 tahun.

Rekomendasi dari kami adalah sepeda dari Polygon tipe 16" Crosser. Sepeda ini memiliki rangka besi yang kuat serta tahan banting sehingga awet dipakai. Rantai dan spatbor sepeda dilengkapi dengan pelindung yang menjamin keamanan anak saat berkendara. Selain itu Polygon memberikan garansi selama 5 tahun untuk sepeda berjenis ini. Dapatkan seharga Rp 960.000 di Lazada.

Rollerblade

Sumber gambar bukalapak.com

Bermain sepatu roda bisa menjadi aktivitas baru bagi anak Anda. Bermain rollerblade secara rutin akan meningkatkan kegesitan dan keseimbangan anak. Namun perlu diingat pastikan keamanan dan kenyamanan menjadi prioritas utama dalam memilih rollerblade bagi anak.

Belilah rollerblade sesuai ukuran kaki anak, jangan terlalu besar ataupun terlalu sempit. Pastikan juga Anda membeli perlengkapan lainnya seperti helm, pelindung siku dan lutut agar anak tetap terlindungi saat bermain.

Rekomendasi rollerblade dari kami sepatu roda Inline Skate. Jika anak Anda masih pemula, sepatu roda ini sangat cocok diberikan sebagai kado. Rem tersedia di roda sepatu sebelah kanan dan roda bagian depannya bisa menyala jika berputar.

Tersedia dalam 3 ukuran yaitu S (ukuran sepatu 26-29), M (ukuran sepatu 30-34), dan L (ukuran sepatu 35-41) dan dalam warna hijau, ungu, dan pink. Dapatkan seharga Rp 123.500 di Tokopedia dan Rp 118.000 di Bukalapak.

Perlengkapan Sekolah

Sumber gambar bukalapak.com

Terkadang pergi sekolah bisa menjadi aktivitas membosankan bagi anak-anak. Berkutat dengan pelajaran dari pagi hingga siang bisa membuat anak jenuh dan malas bersekolah. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memberikan perlengkapan sekolah dengan gambar-gambar lucu yang disukai anak. Pilihlah peralatan sekolah dengan warna dan gambar menarik untuk membuat anak semangat bersekolah.

Perlengkapan sekolah rekomendasi kami:

  • Peralatan Sekolah Tsum Tsum. Tsum Tsum adalah kartun Disney yang digemari oleh anak perempuan. Bentuknya yang lucu dengan warna yang cerah akan membuat hari-hari sekolah anak menjadi lebih menyenangkan. Satu set terdiri dari tempat pensil beserta isinya, dompet, dan botol minum. Dapatkan seharga Rp 90.000 di Bukalapak.
  • Tas Sekolah Anak Karakter Kartun Kitty. Satu lagi tokoh kartun kesayangan anak perempuan, yaitu Hello Kitty. Tas ini terbuat dari bahan yang halus dan lembut dan didesain khusus untuk penggemar Hello Kitty. Tersedia dalam warna kuning. Dapatkan seharga Rp 54.900 di Lazada.
  • Onlan Tas Ransel Anak Tayo. Demam Tayo memang sedang melanda anak-anak Indonesia. Tokoh kartun berupa bus kecil dari Korea Selatan ini memang sedang diminati anak laki-laki di seantero Indonesia. Anda bisa memberikan tas sekolah bergambar Tayo untuk anak laki-laki Anda. Dapatkan seharga Rp 55.000 di Lazada.
  • Sophie Paris - Gianvito Bag. Selain aksesoris untuk wanita, Sophie Paris juga memiliki lini fashion untuk anak-anak. Salah satunya Gianvito Bag yang cocok untuk anak berusia 7 tahun. Terbuat dari bahan nylon berwarna hijau, sangat fashionable dan awet dipakai. Dapatkan seharga Rp 69.900 di Lazada.

Playpad

Sumber gambar shopee.co.id

Perkembangan teknologi memberikan dampak khusus terhadap jenis permainan anak. Saat ini banyak permainan edukatif anak yang sudah memiliki sistem yang canggih dan variatif. Salah satunya adalah Playpad. Playpad menyediakan beragam fitur sebagai sarana belajar anak-anak. Playpad akan menemani anak bermain sambil belajar dengan cara menyenangkan.

Rekomendasi dari kami:

  • Ipad Arab (Playpad Anak Muslim) 4 in 1. Playpad tersedia dalam 4 bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Inggris, Arab, dan Mandarin. Dioperasikan dengan 3 pcs baterai AA. Terdapat banyak aplikasi di dalamnya seperti bacaan sholat, doa sehari-hari, lagu-lagu anak muslim dan fitur pelengkap lainnya dalam satu paket. Anda bisa membelinya seharga Rp 60.000 di Shopee.
  • Mainan Ipad Papan Tulis 2 Fungsi 3 Bahasa.Playpad ini memiliki 3 bahasa berbeda yaitu Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris. Di dalamnya tersedia banyak aplikasi edukatif untuk anak shaleh seperti doa sehari-hari, bacaan sholat, surat-surat pendek, mengenal huruf hijaiyah, dan banyak lagi. Selain itu ada pula aplikasi permainan lainnya seperti spelling, piano, dan layar papan tulis. Dapatkan seharga Rp 64.900 di Bukalapak.

Buku Mewarnai

Sumber gambar bukalapak.com

Mewarnai selain menyenangkan bisa menjadi media pembelajaran yang tepat bagi anak-anak. Mereka bisa mengenal berbagai warna dan melatih bagaimana mewarnai gambar dengan rapi dan presisi. Anda bisa memberikan buku mewarnai bagi anak untuk teman bermain.

Berikut rekomendasi dari kami:

  • Creative Book 7 in 1. Satu set buku berisi ragam aktivitas yang beragam, mulai dari membaca, menulis, menghitung, menggambar, mewarnai, menggunting, dan menempel. Berbagai kegiatan dalam satu buku sangatlah praktis dan recommended untuk mengisi waktu luang anak. Dapatkan seharga Rp 39.500 di Bukalapak.
  • Colouring Book Adinata Small. Jika anak Anda cepat sekali jenuh, Anda bisa memberikan buku mewarnai yang tipis namun dengan jenis yang beragam. Buku mewarnai yang satu ini berisi 12 halaman dengan 1 lembar stiker. Tersedia dalam beragam karakter kartun yang disukai anak seperti Frozen, Spiderman, Captain America, dan seri Princess lainnya seperti Belle, Rapunzel, dll. Dapatkan seharga Rp 16.200 di Elevenia.

Action Figure

Sumber gambar lazada.co.id

Memberikan mainan kepada anak laki-laki terkadang membingungkan karena hanya berkutat pada mobil-mobilan dan remote control. Sebagai pilihan Anda bisa membeli mainan berupa action figure pada anak lelaki. Mainan berbentuk 3 dimensi ini, akan melatih daya imajinasi anak dan bisa dimainkan bersama teman lainnya.

Rekomendasi action figure dari kami:

  • TME Robocar Poli Transformable Robot Bucky and Mark. Satu lagi tokoh kartun dari Korea Selatan yang digemari anak-anak, yaitu Robocar Poli. Karakter ini diminati karena Poli dan teman-temannya bisa berubah dari mobil menjadi sosok robot yang baik hati dan kuat. Anda bisa membeli satu set action figur yang berisi 2 pcs seharga Rp 95.000 di Blibli.
  • Tobot Mini Titan 2 Cars Combine. Robot adalah mainan yang digemari terutama oleh anak laki-laki. Tobot Mini Titan dapat berubah menjadi mobil dan robot yang dapat dibongkar pasang. Dapatkan seharga Rp 130.000 di Lazada.

Buku Bacaan

Sumber gambar amazon.com

Buku adalah jendela dunia. Di era serba digital seperti saat ini jangan sampai Anda melupakan untuk mengenalkan buku pada anak-anak. Anda bisa menyediakan berbagai buku untuk anak dan menaruhnya di rak buku rumah Anda.

Rekomendasi buku anak dari kami:

  • The Little Mermaid Big Golden Book, by RH Disney (2013). Buku ini bercerita tentang putri duyung yang jatuh cinta pada pangeran di darat. Kisah ini sangat melegenda dan digemari oleh anak-anak seantero dunia. Anda bisa membelinya seharga Rp 135.000 di Amazon.
  • Miss Rumphius, by Barbara Cooney (1982). Walaupun sudah dirilis sejak lama buku ini masih sangat digemari. Bercerita tentang seorang wanita bernama Rumphius yang berkelana dan bermimpi ingin membuat dunia menjadi lebih baik. Anda bisa membelinya seharga Rp 140.000 di Amazon.
From our editorial team

Sesuaikan dengan Hobi atau Minat Anak

Tidak semua mainan disukai anak-anak. Beberapa anak lebih memilih mainan sederhana daripada mainan mewah jika mereka menyukainya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda menilik hobi si kecil. Anda bisa memberikan hadiah yang sesuai dengan minat atau hobi mereka. Mainan edukatif yang sesuai dengan hobi atau minat juga bisa mengasah keterampilan yang mungkin saja berguna di masa depan.

Tag