Makin Semangat Membersihkan Rumah Dengan 10 Rekomendasi Sapu Lantai Ini (2021)

Makin Semangat Membersihkan Rumah Dengan 10 Rekomendasi Sapu Lantai Ini (2021)

Sapu lantai sangat penting dimiliki di setiap rumah. Fungsi utamanya adalah membersihkan kotoran yang ada di lantai agar semua penghuni rumah lebih nyaman dan betah berada di dalamnya. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi sapu lantai terbaik buat Anda!

Sapu Adalah Alat Rumah Tangga Wajib Punya!

Sapu merupakan alat kebersihan yang dianggap wajib dimiliki di setiap rumah, dan dianggap sebagai perlengkapan yang paling mudah dan praktis, untuk membersihkan debu pada lantai juga sarang laba-laba di berbagai sudut rumah.

Walaupun sekarang sudah ada alat yang lebih modern untuk membersihkan debu di lantai rumah, seperti penyedot debu atau vacuum cleaner, namun keberadaan sapu masih tetap eksis dan masih banyak diminati.

Permintaan terhadap sapu yang terus ada, membuat sapu terus diproduksi. Bahkan, sapu juga dikembangkan dengan berbagai macam jenis dari sapu ijuk yang tradisional sampai sapu yang bekerja secara otomatis dapat membersihkan lantai rumah sendiri.

Berbagai macam jenis sapu ini kadang membuat Anda menjadi bingung untuk memilih sapu yang cocok untuk dibeli dan dimiliki. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Tips Menyapu Lantai Agar Rumah Tetap Bersih

Sesuaikan Jenis Sapu Dengan Penggunaan

Dalam memilih sapu, Anda bisa memperhatikan bentuk atau modelnya. Model sapu yang memiliki ujung bulu yang miring akan membuat Anda lebih mudah membersihkan bagian bawah perabotan seperti kolong tempat tidur, bawah kursi, pinggir lemari, dan semacamnya.

Selain bentuknya, Anda juga dapat memilih sapu berdasarkan bahan dasarnya. Sapu berbahan sintetis cenderung lebih ramah dipakai untuk lantai rumah berbahan keramik parket atau vinyl. Hal ini karena teksturnya lebih halus dan tidak mudah merusak lantai.

Agar kegiatan menyapu lantai semakin nyaman, pilih juga sapu yang gagangnya setidaknya setinggi pundak supaya bahu dan tangan tidak gampang merasa pegal.

Jika Lantai Basah, Keringkan Dulu

Hindari menyapu lantai yang basah atau lembab. Menyapu lantai yang basah akan membuat sapu ikut menjadi basah. Alih-alih menjadi bersih, justru hal ini membuat basahan air menyebar dan menimbulkan noda di banyak tempat.

Jadi, sebelum menyapu lantai, sebaiknya Anda mengelap lantai yang basah terlebih dahulu, entah itu karena air ataupun bahan makanan seperti saus dan kecap. Tunggu sampai bagian lantai tersebut kering dan barulah mulai untuk menyapu lantai.

Pastikan Sapu Dalam Keadaan Bersih

Terkadang debu, jaring laba-laba, maupun rambut melekat pada sapu dan membuat sapu tak dapat membersihkan secara maksimal. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan dahulu sapu dari kotoran yang melekat.

Tidak ada salahnya Anda menyisir bagian sapu dengan menggunakan jari ataupun lidi agar tidak ada kotoran yang menyangkut di sapu. Bahkan, jika keadaan sapu benar-benar kotor, Anda bisa mencuci dan mengeringkannya. Sapu yang bersih akan membuat hasil menyapu lantai pun menjadi lebih bersih.

Mulai Menyapu dari Sudut Ruangan

Titik atau area awal menyapu lantai bisa sangat berpengaruh terhadap kebersihan lantai yang telah disapu. Idealnya, menyapu lantai rumah dilakukan dari suatu sudut ruangan.

Kemudian Anda teruskan menggiring debu dan kotoran dari sudut ruangan ke bagian tengah ruangan. Lanjut ke area yang mudah untuk memindahkan debu dan kotoran ke dalam pengki. Biasanya area yang menjadi tempat mengumpulkan debu ini merupakan bagian di dekat pintu atau bagian tengah ruangan.

Kumpulkan Kotoran ke Dalam Pengki

Setelah kotoran dari penjuru ruangan terkumpul, segeralah serok semuanya ke dalam pengki. Lakukan penyerokan dengan hati-hati. Gerakan menyerok yang terburu-buru dan asal bisa membuat debu kembali beterbangan ke berbagai area lantai dan rumah.

Jika debu dan kotoran sudah terkumpul ke pengki, jangan biarkan terlalu lama dan menunggu hasil sapuan dari ruangan lain. Segera buang kotoran di pengki ke tempat sampah untuk menghindari risiko tumpah atau terbawa angin.

Cara Merawat Sapu Lantai Agar Bulu Tidak Mudah Rontok

Gunakan Satu Sisi Saja

Cara menggunakan sapu akan berpengaruh terhadap ketahanan sapu. Saat Anda baru membeli sapu dan mulai menggunakannya, sebaiknya Anda konsisten menggunakannya pada satu sisi bulu untuk beberapa saat.

Hal ini bertujuan supaya jika terjadi kerusakan pada satu sisi, Anda bisa menggunakan sisi lainnya yang masih bagus. Sehingga Anda tidak perlu menggonta-ganti sapu, dan mencegah bulu atau sumbu sapu menjadi mudah rontok.

Jangan Digunakan di Lantai Basah

Selain membuat lantai makin kotor karena debu yang terikat air atau suatu noda yang jadi melebar, menyapu pada lantai basah pun berdampak buruk pada keawetan sapu yang digunakan.

Menyapu pada lantai yang basah akan membuat bulu sapu menjadi basah atau lembab, kotor, bahkan ujungnya menjadi menyatu dan tak dapat digunakan dengan efektif. Lap dahulu lantai hingga kering, barulah Anda menyapunya.

Simpan Dengan Benar

Cara menyimpan sapu juga menjadi faktor perawatan yang harus Anda perhatikan dalam merawat sapu yang Anda miliki.

Menyimpan sapu secara terbalik dengan bulu sapu di atas dapat meminimalisir kerontokan pada sapu. Sebab, jika Anda menyandarkan sapu dengan posisi bulu di bawah, hal ini dapat memungkinkan bulunya terlipat dan menjadi mudah rontok. Apalagi jika Anda menyandarkan sapu di balik daun pintu, bulu sapu pun dapat tergilas sewaktu-waktu. Anda juga dapat menggantungnya sehingga bulu sapu tidak berada di lantai.

Rekomendasi Sapu Lantai yang Bikin Rumah Tetap Bersih Mengkilap

Scotch Brite Sapu Ijuk Set ID-45

Scotch Brite Sapu Ijuk Set ID-45 merupakan sapu ijuk yang ringan, sehingga Anda mudah menggunakannya dan membuat Anda tidak mudah pegal karena sapu yang berat.

Meskipun terlihat seperti ijuk asli, namun bulu sapu ini terbuat dari nilon yang melekat pada gagang dan tidak mudah rontok.

Kerennya, jika bulu sapu ini dirasa sudah rusak, Anda bisa mengganti bulunya saja tanpa perlu membeli sapu baru. Jadi lebih hemat dan mengurangi timbulan sampah.

Harga Rp. 50.000-100.000

GM Bear Sapu Otomatis Ultra Broom Putih 1085

Sapu otomatis dari GM Bear ini mampu menjangkau kolong tersulit dengan mudah, lho!

Berkat bulu-bulu sikatnya, kotoran halus yang dilewati sapu ini dapat terserap ke dalam penampung dengan cepat dan bersih.

Desain produk yang minimalis juga akan membuat Anda nyaman dan mudah menggerakkannya.

Harga Rp. 90.000-250.000

Maspion B-103 Sapu Lantai

Maspion, brand lokal yang terkenal sebagai produsen peralatan dan perabotan rumah tangga ini juga memproduksi sapu. Salah satu produknya yang cukup diminati adalah sapu lantai seri B 103.

Sapu lantai yang terbuat dari bahan plastik ini terbilang ringan dan mudah digunakan. Gagang sapu Maspion ini juga panjang, sehingga Anda bisa menggunakan sapu ini untuk membersihkan lantai rumah dengan maksimal, baik itu lantai keramik atau juga lantai kayu.

Harga Rp. 20.000-35.000

Hawaii Ayana Sapu Lantai Gagang Metal

Hawaii Ayana Sapu Lantai Gagang Metal memiliki bulu yang melengkung, kokoh, dan tidak mudah rontok.

Gagangnya begitu panjang dan bisa Anda gunakan untuk menjangkau kolong tempat tidur, meja, kursi, dan sebagainya. Tubuh Anda pun tidak perlu membungkuk saat membersihkan lantai karena ukuran gagangnya yang panjang.

Produk ini juga menawarkan varian warna yang mencolok. Menarik, bukan?

Harga Rp. 65.000-85.000

NAGOYA 824 Sapu Nilon

Sapu ini didesain dengan motif karakter yang lucu dan menggemaskan, seperti si kucing Garfield yang lengkap dengan lekukan pada bagian telinganya. Ada pula domba, koala, dan lain sebagainya. Desain sapu yang lucu bisa bikin semangat bersih-bersih ya!

Di samping itu, sapu ini dibuat dari nilon yang berkualitas, sehingga tidak akan mudah rusak.

Harga Rp. 23.000-50.000

Lion Star Livina Broom No. 333

Lion Star Livina Broom No. 333 terbuat dari bahan plastik berkualitas sehingga dapat Anda andalkan untuk membersihkan lantai.

Sapu ini dibuat dengan bulu yang tidak mudah patah ataupun rontok. Gagangnya ringan, dan dapat dibongkar pasang sehingga Anda dapat menyimpan sapu ini dengan mudah, termasuk memudahkan Anda jika ingin membersihkan bulunya.

Sapu lantai dari Lion Star ini memiliki warna yang beragam dan biasanya didesain dengan warna-warna cerah yang menarik.

Harga Rp. 40.000-70.000

Bagus Sapu Lantai (Floor Broom) Tipe 339

Bagus Sapu Lantai (Floor Broom) Tipe 339 memiliki bulu yang terbuat dari bahan nilon. Bulunya tebal sehingga dapat mendorong debu dan kotoran tanpa tercecer.

Bahan bulu dan gagangnya terbuat dari bahan berkualitas sehingga dapat tahan lama.Anda pun dapat memakai sapu ini dalam jangka panjang.

Sapu ini dilengkapi dengan bagian handle yang kokoh dan tidak mudah lepas sehingga Anda bebas menggantungnya di mana saja saat menyimpannya.

Harga Rp. 60.000-100.000

COOGER Sapu Pembersih Lantai Otomatis

Siapa bilang sapu otomatis hanya bisa digunakan di lantai ubin saja? COOGER Sapu Pembersih Lantai Otomatis ini dapat digunakan di lantai kayu juga. Bahan bulu sapu ini terbuat dari serat poliester yang lembut untuk membersihkan lantai Anda.

Selain dapat membersihkan lantai dan setiap sudut rumah dengan pas, penyimpanan sapu otomatis ini juga tidak memakan tempat karena produk ini bisa disimpan dalam posisi vertikal.

Harga Rp. 100.000-200.000

BOLDe Super Broom X-Tra

Dengan menggunakan sapu ini, larangan menyapu lantai basah adalah pengecualian. Sebab, ibarat sambil menyelam minum air, produk dari BOLDe ini dapat digunakan untuk menyapu dan mengepel lantai sekaligus.

Kain microfiber di antara sikat bulat dan sikat roll nya membuat kegiatan menyapu lantai basah pun tidak akan jadi masalah. Lantai akan langsung mengkilap dan bersih tanpa perlu mengepel lagi. Hemat tenaga!

Harga Rp. 45.000-100.000

NAGOYA 802 Sapu Ijuk

Jika Anda mencari sapu dengan bahan ijuk yang asli, NAGOYA 802 Sapu Ijuk lah pilihannya. Bahan ijuk dari serat pohon aren yang digunakan pada sapu ini sangat lembut sehingga mampu menyapu kotoran berukuran kecil sekalipun, dan kelembutannya tidak akan menggores lantai.

Uniknya, gagang sapu merk NAGOYA menggunakan bahan besi yang dilapisi dengan plastik yang kuat agar kokoh dan tidak mudah patah.

Harga Rp. 15.000-20.000
From our editorial team

Menjaga Kebersihan Lantai Tidak Cukup Hanya Dengan Sapu

Selain menyapu lantai dengan produk rekomendasi BP-Guide di atas, sebaiknya Anda juga mengepel lantai untuk membuatnya lebih bersih. Menyapu saja tidak cukup karena tidak bisa membuat lantai terlihat mengkilap. Menyapu dan mengepel lantai dilakukan setiap hari agar rumah semakin bersih.