8+ Inspirasi Kado Pernikahan Yang Bagus Untuk Teman Istimewa di 2018

8+ Inspirasi Kado Pernikahan Yang Bagus Untuk Teman Istimewa di 2018

Ketika seorang teman yang istimewa hendak melangsungkan pernikahan, tentu kamu tak ingin melewatkan kesempatan tersebut untuk memberikan hadiah buatnya. Pastinya mencari kado itu gampang-gampang susah, tapi kamu enggak pengen kan mewakilkan persahabatan begitu lama hanya lewat sebuah kado yang biasa saja? Nah, untuk membantu kamu mencari solusi, BP-Guide telah menyiapkan ide kado pernikahan yang bagus untuk temanmu itu.

Teman menikah jangan bingung mencari hadiah

Ada yang bilang kalau sahabat adalah saudara yang tidak memiliki pertalian darah. Apalagi kalau kamu memiliki sahabat yang sudah saling kenal selama belasan tahun lamanya. Kamu tentu sudah menjadi saksi hidupnya mengalami banyak hal. Mulai dari saat dia di wisuda, dia mendapat pekerjaan pertamanya, hingga dia akhirnya menemukan sang tambatan hati. Dan ketika sahabatmu itu sudah menemukan sosok pilihannya, kamu tentu akan jadi orang yang begitu menantikan hari pernikahannya.

Pernikahan seorang sahabat baik, bisa menjadi sebuah hari yang begitu dinantikan oleh seseorang. Well, meskipun di Indonesia memang lebih terbiasa memberikan hadiah pernikahan dalam bentuk uang, tak ada salahnya lho kalau kamu memberikan sebuah hadiah spesial dalam bentuk barang kepada sahabatmu di hari pernikahannya. Melalui hadiah dalam bentuk barang di hari pernikahan, bisa saja persahabatanmu dengannya akan semakin erat dan istimewa. Termasuk yang tengah menghitung hari menjelang pernikahan sahabatmu dan bingung mau memberikan bingkisan apa? Intip tips-tips sederhana berikut ini yuk!

Tips mempersiapkan kado pernikahan yang bagus dan tidak mengecewakan

Bagi semua orang di dunia ini, pernikahan adalah sebuah momen sakral sekali seumur hidup. Siapapun tentu mendamba memiliki pernikahan yang indah dan tak terlupakan. Berangkat dari hal itu, memilih kado bagi sahabat yang menikah, tidak boleh dilakukan secara gegabah. Untuk mempermudah proses itu, ada baiknya kamu mengingat-ingat lagi apa kegemaran sahabatmu. Contohnya kalau sahabatmu menyukai karakter kartun Disney atau superhero, hal-hal kecil itu bisa sangat membantumu dalam memilih kado untuk pernikahannya kelak.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memang tak ada salahnya memberi kado pernikahan dalam bentuk uang, tapi memberikan kado dalam bentuk barang akan membuat sahabatmu lebih berbinar di hari pernikahannya. Hanya saja yang harus kamu ingat, kamu harus memberikan hadiah yang memang berguna untuknya. Kamu tentu tak mau dong hadiah darimu cuma tertinggal di gudang, sia-sia dan tak berguna? Untuk itulah ada baiknya kamu mengenal apa saja yang disukai oleh sahabatmu dan calon pendamping hidupnya.

Sebagai orang yang selalu ingin sahabatnya menjadi lebih baik dalam kehidupan, tak ada salahnya kamu memberikan kado buku kumpulan nasihat pernikahan. Buku itu bisa sangat bermanfaat bagi sahabatmu dan pasangan hidupnya yang tengah akan memulai membangun sebuah rumah tangga indah. Namun kalau kamu ingin memberikan kado tak terlupakan lainnya, kamu bisa bertingkah bak paparazzi. Yap, kumpulkan foto-foto sahabatmu dan calon mempelainya itu sejak mereka masih PDKT, resmi jadian, kencan pertama hingga resmi lamaran dan hendak menikah. Foto-foto itu bisa kamu cetak dan dihias dalam sebuah pigura berbingkai cantik dan diberikan padanya. Sahabatmu akan sangat terharu bahagia karena bangga memiliki dirimu yang menjadi saksi dalam kehidupannya.

Kado istimewa lain yang bisa kamu berikan adalah memberinya sebuah video yang berisi teman-teman atau bahkan mantan pacar sahabatmu (tentunya yang masih akur). Kumpulkan orang-orang itu dan minta mereka memberikan testimoni yang berisi harapan akan pernikahan sahabatmu. Percayalah, sebuah video tidak akan pernah lekang dimakan usia, sehingga sahabatmu bisa melihatnya kapanpun dan menyadari ada orang-orang hebat di sekitarnya, termasuk kamu.

Inspirasi kado pernikahan yang bagus untuk teman kamu

Selain beberapa tips yang sudah disebutkan, sejatinya ada banyak sekali ide kado pernikahan untuk sahabatmu. Kamu pun bisa memilahnya satu-persatu mulai dari kado pernikahan untuk kebutuhan di dapur, kamar tidur, dekorasi rumah hingga bulan madu. Untuk dapur tentu saja jelas berangkat dari fakta bahwa pernikahan membuat seorang perempuan lajang menjadi istri dan calon ibu, jadi peralatan memasak atau membuat kue bisa jadi pilihan. Kalau untuk barang di kamar tidur, tampaknya seprai adalah opsi paling mudah dan benar-benar berguna. Sementara untuk kado dekorasi rumah, kamu bisa memberi peralatan kebutuhan rumah baru semisal jam dinding hingga lukisan pemandangan cantik. Dan kalau untuk kado bulan madu, tentunya tak jauh-jauh dari tiket liburan ke tempat yang romantis. Namun kalau kamu ingin meninggalkan kesan yang cukup nakal, ide memberikan kado lingerie bagi sahabatmu termasuk hal yang legal kok.

Percaya atau tidak, sebuah hadiah yang diberikan seorang sahabat di hari pernikahan memiliki makna yang jauh lebih mendalam daripada sekadar uang. Di sinilah peluang bagi dirimu untuk memilih opsi memberikan hadiah berupa barang kepada dirinya. Hanya saja satu hal yang harus kamu ingat, memberi kado kepada sahabat di hari pernikahannya akan membuat kamu harus menyisihkan waktu berlebih. Jangan pernah berpikir bahwa hadiah yang bermakna merupakan hadiah yang mahal, karena sejatinya yang dibutuhkan adalah ketulusan yang memiliki nilai lebih mahal daripada benda mewah.

Set Piring Makan

Kado pertama yang cocok kamu berikan untuk sahabatmu yang akan menikah adalah satu set piring makan. Yap, pernikahan adalah sebuah langkah awal dua orang sejoli memulai segalanya dengan baru. Status yang baru, kehidupan yang baru dan tentunya rumah yang baru. Mayoritas para pengantin baru akan masih disibukkan dengan kewajiban melengkapi peralatan dapur mereka. Untuk itulah kado satu set piring makan jelas akan benar-benar membantu mereka.

Ada banyak sekali pilihan set piring makan sesuai warna atau motif yang bisa kamu pilih. Salah satunya seperti satu set piring Vicenza P131 motif Marigold Original seharga Rp. 15.000 di Tokopedia atau piring saji Lstore Cro dengan motif bunga dengan harga satuannya Rp. 99.000 di Lazada.

Wine

Adakah di antara kamu yang berpikir 'Kok wine jadi kado pernikahan sih?' Eits, jangan salah! Karena wine dengan packaging yang tepat bisa jadi kado pernikahan yang istimewa bagi sahabatmu. Apalagi jika kamu memiliki sahabat dan kekasihnya yang menyukai kebebasan dan cita rasa tinggi, wine adalah pilihan terbaik. Sudah jadi rahasia umum kalau wine merupakan minuman dengan kesan mewah yang mayoritas punya kemasan menarik, sehingga membuatmu tak perlu bingung-bingung membungkusnya lagi.

Kalau kamu ingin memberikan kado wine, beberapa contoh berikut ini bisa jadi masukan bagimu. Yang pertama adalah Bordeaux Wine yang merupakan anggur merah asal Bordeaux, Prancis Barat. Wine yang cocok dinikmati dengan keju, ham, atau steak ini bisa kamu beli seharga Rp. 10.000.000 di ceriwis.net. Berikutnya ada Lambrusco yang merupakan wine asal negara seksi lainnya, Italia. Sparkling Red wine dengan rasa asam sedikit manis ini bisa kamu beli di indowineliquor seharga Rp. 320.000. Contoh lain yang paling murah adalah Adelaide Hills Shiraz. Seperti namanya, anggur merah ini diproduksi di kawasan perbukitan Adelaide, Australia dari anggur sejenis shiraz. Mematok harga Rp. 300.000, wine ini bisa kamu pesan di danmurphys.com.

Peralatan Memasak

Kado lain yang bisa benar-benar berguna bagi sahabatmu yang menikah adalah peralatan memasak. Karena, siapa yang tak butuh makan? Pasangan pengantin yang baru menikah dan pindah ke hunian baru tentu masih memiliki dapur kosong melompong yang tentu akan sangat bahagia dengan kado pemberianmu. Kamu tak perlu pusing-pusing mencari peralatan memasak karena ada banyak sekali toko yang menyediakan hingga toko online yang bisa kamu akses dengan mudah.

Salah satunya adalah satu set panci serbaguna berbahan stainless steel tebal yang bisa kamu beli di alfacart.com seharga Rp. 525.000. Produk lain juga bisa kamu temukan di elevania.com yakni BigJ Cookware yang berisi tiga buah alat masak senilai Rp. 89.000. Sementara ini e-commerce lain seperti tokopedia.com menyediakan satu set panci berisi tujuh buah yang bisa digunakan untuk menggoreng hingga merebus seharga Rp. 365.000.

Handuk Berkualitas

Disebutkan di awal bahwa kado pernikahan untuk sahabat tidak harus sesuatu yang mahal. Beberapa lembar handuk berkualitas yang dibungkus secara unik dan keren bisa kamu pertimbangkan. Kenapa handuk? Karena pasangan pengantin baru membutuhkan banyak sekali barang baru termasuk perlengkapan mandi. Namun lantaran ini adalah hadiah pernikahan untuk sahabatmu, maka sudah wajib hukumnya agar kamu mencari produk yang benar-benar bagus dan kreatif.

Tak hanya memilih bahan yang halus dan punya daya serap air tinggi, kamu bisa memberikan bordiran nama sahabatmu dan calon mempelainya di handuk itu. Bahkan kamu bisa membubuhkan tanggal pernikahan mereka berdua supaya lebih berkesan. Tak butuh budget terlalu tinggi kok, karena di shopee.co.id sudah disediakan dengan harga sekitar Rp. 210.000 untuk dua handuk cantik. Selain di shopee, elevania.com juga menyediakan handuk berhias bordir yang sudah dikemas cantik untuk kado pernikahan sahabatmu seharga Rp. 284.200.

Mug Couple

Cangkir bisa jadi kado yang umum diberikan tamu undangan dalam sebuah pernikahan. Namun karena kapasitasmu hadir sebagai sahabat kedua mempelai, maka kado cangkir darimu tidak boleh jadi biasa-biasa saja. Kamu bisa memilih cangkir couple dari Cutie Pootie Design dengan gambar mempelai pria atau perempuan yang lucu ini hanya seharga Rp 150.000. Lebih asyiknya lagi, Cutie Pootie juga menyediakan custom design yang bisa kamu buat sendiri seperti tulisan tanggal pernikahan atau nama kedua mempelai. Menyempurnakan kado pernikahan, Cutie Pootie akan mengemas setiap pasang cangkir couple dengan kardus lucu dilapisi bubble wrap sehingga barang pecah belah ini aman.

Selain Cutie Pootie, pilihan mug Mrs Bride & Mr Groom ini bisa kamu dapatkan pula di shopee.co.id. Dirancang khusus sebagai kado pernikahan, sahabatmu jelas akan sangat berkesan karena mug seharga Rp. 75.000 ini punya tampilan yang unik. Namun kalau kamu ingin yang lebih terjangkau, bisa membeli mug couple bertuliskan Mr & Mrs seharga Rp. 40.000 sepasang. Jadi gimana? Kado yang unik, lucu dan berkesan tak melulu harus jutaan rupiah kan?

Apron Memasak

Ketahuilah satu hal, pasangan pengantin baru pasti akan menganggap berbagai hal yang mereka lakukan bersama adalah sesuatu yang romantis, tak terkecuali memasak. Kamu nanti akan sering mendengar cerita sahabatmu bagaimana mereka berdua memasak untuk makan malam bareng atau sang suami membuatkan sarapan sederhana yang tampak istimewa. Untuk itulah, kado apron memasak jadi pilihan yang tepat bagi pasangan mesra ini. Kamu tentu akan sangat bahagia jika apron pemberianmu bisa jadi saksi bagaimana sahabatmu menjalin romantisme di dapur bersama pasangan hidupnya.

Sekedar informasi pula, seseorang yang baru menikah pasti akan sangat bersemangat untuk memasak hidangan bagi pasangannya. Untuk itu kado pemberianmu akan membantu betul sahabatmu yang belum bisa memasak karena menjaga baju tidak kotor terkena noda minyak atau kuah masakan. Ada banyak sekali apron-apron lucu yang tersedia dua untuk pasangan pengantin baru. Seperti apron pasangan bertuliskan Mr & Mrs di tokopedia.com seharga Rp. 170.000. Atau kalau sahabatmu dan pasangannya adalah penggemar superhero, apron di bukalapak.com seharga Rp. 110.000 untuk satu set ini bisa jadi pilihan untukmu. Dan untuk mereka yang menggemari boneka teddy bear, apron berwarna hitam, merah dan cokelat seharga Rp. 148.000 di lazada.com ini akan bisa menarik minatmu.

Jam Couple

Benda pasangan lain yang bisa kamu pertimbangkan sebagai kado pernikahan sahabatmu adalah arloji alias jam tangan couple. Banyak orang yang meyakini bahwa orang yang dewasa haruslah memiliki arloji di pergelangan tangannya. Sehingga hal yang masuk akal jika kamu memberikan kado jam tangan couple bagi sahabatmu yang akan mengarungi kehidupan dewasa lewat sebuah pernikahan. Selain itu, pasangan yang mengenakan jam tangan couple bakal terlihat makin manis dan serasi.

Jika jam tangan couple jadi pilihanmu, maka hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah hadiah itu tak hanya sekedar jam tangan couple berbentuk lucu, tapi haruslah awet dan berkualitas. Beberapa contohnya bisa kamu intip di couplejamtangan.com yang menyediakan jam tangan berbagai warna seperti silver-brown, white silver-brown, white gold-black, white gold brown, white silver dan black silver dengan harga sangat terjangkau yakni Rp. 180.000. Namun kalau sahabatmu dan pasangannya seorang yang fashionable, maka jam tangan couple di tokopedia.com senilai Rp. 200.000 adalah pilihan tepat. Kenapa begitu? Karena arloji ini tak cuma punya desain cantik, tetapi juga waterproof dengan paduan warna coklat dan gold.

Ingin membelikan arloji yang sedikit bermerek? Tentu saja produk dari Casio bisa jadi andalan. Dengan kualitas yang sudah terjamin baik dan desain yang mewah, Casio mematok harga Rp. 926.000 yang bisa kamu beli di jamtangancasio.com.

Couple Wall Art

Nah, kalau hadiah ini sangatlah cocok sebagai dekorasi bagi rumah sahabatmu yang baru saja menikah. Apalagi jika kamu memilih couple wall art yang akan membuat sahabatmu selalu mengenang momen pernikahan yang sakral itu. Ada banyak sekali pilihan model wall art yang tersedia, bahkan kamu bisa membubuhkan nama sahabatmu dan calon pasangan hidupnya seharga Rp. 91.000 di aliexpress.com.

Tapi jika kamu ingin memberikannya wall art yang akan selalu mengingat persahabatan kalian, maka kamu bisa membeli produk wall art dengan tulisan Best Friends for Life dengan harga yang sangat terjangkau yakni cuma Rp. 39.000 di tempat yang sama. Menilai kalau wall art konvensional terlalu sederhana? Kamu bisa membeli wall art dari clay yang beri frame di sisterclay dengan harga sekitar Rp. 230.000. Yang menarik, produk wall art clay ini dijual custom sehingga kamu bisa memesan tulisan atau boneka hingga hiasan lain di frame sesuai permintaan.

Jam Dinding Kayu

Sebuah rumah tidak akan sempurna tanpa yang namanya jam dinding. Selain sebagai pengingat waktu, jam dinding akan memberikan sentuhan pada tembok kosong nan sepi. Untuk itu, jam dinding bisa jadi pilihan terbaikmu sebagai kado pernikahan sahabatmu tercinta. Kamu tentu akan senang kalau jam dinding pemberianmu sebagai penanda waktu sang sahabat menanti pasangannya pulang bekerja. Untuk mencari jam dinding pun tak perlu ribet, karena bukalapak.com menyediakan jam dinding seharga Rp. 170.000 yang terbuat dari kayu.

Kenapa harus jam dinding kayu? Karena jelas akan terasa artistik dan begitu berbeda dari jam dinding pada umumnya. Jam dinding kayu tentu tampak sangat cantik berpadu dengan tembok putih bersih. Salah satu jam dinding kayu terbaik disediakan oleh qlapa.com dengan harga Rp. 179.000 yang dibuat oleh para perajin profesional. Bahkan lazada.co.id juga menyediakan jam dinding kayu dengan bingkai foto dengan harga Rp. 254.000. Tentu saja dengan jam dinding berbingkai, kamu bisa memasang foto terkonyol sahabatmu dengan pasangan hidupnya. Membuat mereka selalu berseri-seri saat melihat waktu.

Jangan lupa persiapkan ucapan terbaik untuk pernikahan teman kamu

Last but not least, semua hadiah yang kamu berikan sebagai kado pernikahan sahabatmu tidak akan sempurna tanpa sebuah ucapan. Kalimat yang tepat akan memberikan efek mendalam yang susah terlupa di benak seseorang. Untuk itu tak ada salahnya kamu memutar otak sekaligus meluangkan waktu untuk merangkai kalimat mutiara di hari paling berarti bagi kehidupan sahabatmu. Berikan sedikit petuah bijak bahwa pernikahan adalah hal penting bagi seorang manusia. Bahwa pernikahan adalah momen sekali seumur hidup yang harus dikenang sepanjang masa.

Karena pada dasarnya, pernikahan bukanlah semata tentang janji setia dan sumpah cinta sehidup semati saja. Pernikahan adalah sebuah penerimaan dengan ikhlas bagi dua orang anak manusia untuk bersama dalam suka dan duka hingga ajal menjemput. Anyway, selamat menempuh hidup baru untuk sahabat tercintamu!

From our editorial team

Untuk teman yang lebih dekat dari saudara, biarlah kado terbaikmu berkesan selamanya..

Dengan memperhatikan satu-persatu inspirasi kado di atas, kami di BP-Guide berharap kamu bisa memilih satu yang paling tepat untuk sahabatmu. Tak perlu bingung soal harga, mahal atau murah itu relatif, yang penting adalah niat yang tulus darimu demi kebahagiaan sahabatmu itu. Selamat memberikan yang terbaik!