10 Rekomendasi Sofa 3 Seater Aesthetic dengan Berbagai Gaya (2022)

10 Rekomendasi Sofa 3 Seater Aesthetic dengan Berbagai Gaya (2022)

Salah satu perabot yang pasti ada dalam ruangan adalah tempat duduk dan sofa adalah salah satu jenisnya. Sofa 3 seater dapat menjadi pilihan praktis karena dapat menampung banyak orang dalam satu ruangan. Banyaknya fitur tambahan dan gaya yang ditawarkan seringkali membuat bingung ketika memilih. Tak perlu khawatir karena BP-Guide sudah mengkurasi sofa-sofa terbaik dari yang terbaik hanya untuk kamu!

Ruangan Semakin Estetik dengan Sofa 3 Seater

Salah satu elemen penting dalam interior rumah atau ruang adalah sofa. Sofa memiliki banyak fungsi seperti tempat untuk menerima tamu, tempat untuk duduk bahkan sekarang sofa muncul dengan fungsi lain seperti bisa untuk tidur hingga menyimpan barang.

Sofa sendiri hadir dalam berbagai bentuk dan model, salah satunya adalah sofa dengan tiga seater. Sofa tiga seater ini menawarkan ruang duduk yang cukup bagi tiga orang dewasa. Walaupun banyak pula ukuran sofa tiga seater ini lebih besar dan bisa menampung duduk lebih dari tiga orang.

Kebanyakan sofa tiga seater ini dilengkapi dengan cushion atau bantalan dasar dan bantalan sandaran yang bisa dilepas. Menurut standarisasi pengukuran, biasanya sofa 3 seater ini hadir dengan lebar sekitar dua meter yang tidak termasuk dengan ukuran cushion atau bentuk modelnya.

Sofa tiga seater ini bisa menjadi salah satu pilihan elemen furniture tempat tinggal untuk melengkapi ruang tamu atau ruang tengah dirumah yang bisa dipadu padankan dengan furnitur lainnya.

Cara Memilih Sofa 3 Seater Terbaik yang Paling Nyaman

Sesuaikan Dimensi Rak dengan Ukuran Ruangan

Saat sudah menemukan sofa yang sesuai dengan keinginan, jangan sampai lalai untuk mengukur sofa hingga ruangan untuk tempat sofa karena ini merupakan tips sangat penting. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan seperti membeli sofa terlalu besar sehingga tidak ada ruang gerak yang leluasa.

Untuk itu perhatikan panjang ukuran ruangan dan sofa yang ingin dibeli, lalu ukur juga lebar pintu dan sofa apakah nantinya akan menghalangi untuk dipindah atau tidak. Ukur juga tinggi sofa yang pas sehingga tidak bertabrakan dengan furniture lain seperti rak yang menempel di dinding.

Bilamana bingung bagaimana cara mengukur karena tidak alat ukur yang memadai, bisa menggunakan kertas atau koran yang ditaruh sesuai dengan ukuran sofa yang nantinya bisa digunakan sebagai skala pembanding di ruangan begitu pula sebaliknya.

Kenali Rangka dan Kekuatan Sofa

Sofa merupakan salah satu investasi untuk ruangan dalam waktu jangka panjang, jadi habiskan waktu sebanyak mungkin untuk memilih bahan terbaik yang digunakan dalam membuat sofa. Pilihlah bingkai kayu yang solid dan keras sebagai rangka karena ini akan menambah masa awet dari sofa sehingga tidak mudah rusak.

Perhatikan pula sendi yang ada pada sofa sebagai komponen untuk menjaga rangka agar tetap kuat, sendi yang hanya menggunakan lem atau diikat dengan pasak tidak akan sekuat dengan sendi yang menggunakan perpaduan keduanya atau yang ada tambahan sekrup.

Pastikan pegas pada sofa juga baik saat memberikan pantulan dan kenyamanan saat duduk, jika pegas tidak bekerja dengan baik, akan memberikan rasa tidak nyaman sehingga mengganggu saat duduk atau rebahan.

Pilih yang Sesuai dengan Gaya Interior Hunian

Memilih sofa yang sesuai style menunjukkan gaya hidup dan nilai estetika yang kita punya. Selain memilih model sofa yang pas, warna dan bahan sofa juga masuk dalam pertimbangan untuk menambah nilai estetika ruangan anda.

Kebanyakan orang akan memilih warna kalem atau netral untuk desain ruang tamu atau ruang tengah mereka. Apapun warna favoritmu pastikan memilih warna yang pas dengan ruangan sehingga menambah vibe positif dan bisa menaikan mood. Pemilihan warna yang pas dapat membantu memantulkan cahaya sehingga ruangan tampak lebih luas dan nyaman.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan kain pada sofa yang bisa menambah jangka panjang umur sofa. Beberapa pilihan kain pada sofa yang bisa dijadikan bahan pertimbangan antara lain bahan performance karena bagi yang mempunyai anak kecil atau hewan peliharaan bahan ini cocok digunakan, karena mudah dibersihkan dari noda dan biasanya tahan air dan minyak.

Selain itu, kain bahan campuran wol sangat bagus dan tahan lama dan mampu menyembunyikan noda, namun perawatannya cukup sulit. Sedangkan linen cocok untuk yang mencari style yang bisa meningkatkan nilai estetik.

Kemudian bahan kulit sangat awet dan mudah dibersihkan, cukup dengan menggunakan lap sedikit basah saja untuk membersihkannya. Untuk bahan beludru dapat digunakan sebagai pilihan untuk yang mencari kesan mewah. Terakhir bahan sintetis dapat ditemukan bagi yang mencari sofa dengan bahan bagus tapi harga terjangkau.

Cek Ricek Fitur Tambahan

Dalam membeli sofa perhatikan fitur-fitur tambahan lain untuk mendukung kenyamanan selain menambah gaya dan nilai estetika. Salah satunya adalah perhatikan lengan pada sofa, bentuk sofa tradisional biasanya mempunyai bentuk lengan sofa yang besar dan menggulung.

Lengan sofa ini bisa dimanfaatkan sebagai sandaran samping atau bantalan kepala saat rebahan. Lalu, biasanya pada sofa 3 seat ada salah satu sandaran kursi yang bisa direntangkan memanjang kebelakang untuk posisi terlentang, dengan sandaran kaki yang bisa diangkat pula.

Banyak produsen sofa 3 seat yang juga membuat sofa dengan menawarkan tempat duduk ortopedi khusus untuk menopang pinggang dan punggung, namun harga yang ditawarkan biasanya cukup tinggi. Terakhir, sekarang banyak inovasi sofa yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan juga untuk solusi tempat penyimpanan jika mempunyai ruangan yang sempit.

Perhatikan Kemudahan Perawatan

Kebersihan sofa juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan, karena selain untuk menjauhkan dari tungau dan debu kebersihan juga menambah nilai estetika saat memandang dan menambah kenyaman pula serta sofa bisa lebih awet untuk digunakan. Untuk itu rutinlah dalam membersihkan sofa, dan pastikan memilih sofa yang perawatannya mudah sehingga tidak terlalu membebani.

Beberapa sofa baru kini hadir dengan kain pelindung lapisan cushion sehingga dapat membantu menutup sofa dengan baik dari debu dan kotoran serta membersihkannya pun mudah, cover tinggal dilepas dan dimasukkan kedalam mesin cuci. Pastikan pula sofa yang dibeli mempunyai bahan yang dapat dibersihkan dengan lap atau tisu basah saat terkena noda.

Untuk sofa yang berbahan kulit juga bisa menggunakan pembersih khusus kulit agar lapisan kulit tampak mengkilap dan seperti baru.

10 Rekomendasi Sofa 3 Seater yang Bikin Ruangan Makin Estetis

Hongo Sofa 3 Seater by Heim Studio

Rekomendasi pertama adalah sofa dari Heim Studio yang bernama Hongo Sofa 3 Seater yang memiliki ukuran 75x77x190 cm. Sofa dengan 3 dudukan yang memiliki gaya modern classic japandi ini terbuat dari kain sofa woven dengan dudukan berbahan foam. Sedangkan kaki sofa terbuat dari plastik.

Meskipun sandaran tidak bisa dilepas, lain halnya untuk dudukan sofa bisa dilepas dan dicuci untuk memudahkan perawatan.

Harga Rp. 3.699.000-5.799.000

Cubix Series Modern Minimalis 3 Seaters

Memiliki bentuk modern minimalis, sofa Cubix 3 Seaters memiliki desain fleksibel yang dapat digunakan terpisah. Dari satu sofa dengan 3 dudukan dapat dipisahkan menjadi sofa single.

Di samping itu, untuk bagian dudukan dan sandaran dari sofa ini dapat dilepas sehingga memudahkan untuk pencucian. Sofa dengan ukuran 62x186x62 cm bahan kayu terbuat dari solid sungkai untuk yang berwarna terang dan solid akasia untuk yang berwarna gelap.

Harga Rp. 2.420.000-3.380.000

Sofa Chesterfield 3 Seater

Sofa bergaya Chesterfield bermula dari abad 18 dengan desain khas berupa motif kancing yang dibenamkan di permukaan sandaran ataupun dudukan sofa. Pada mulanya sofa Chesterfield menggunakan rangka kayu berat, namun saat ini mengalami inovasi dengan menggunakan rangka aluminium agar lebih ringan. Untuk sofa tiga dudukan umumnya berukuran 80x210x80 cm.

Harga Rp. 1.450.000-3.499.000

New Paulo 2 Sofa 3 Seater by Informa

Dibuat dari material berkualitas tinggi, New Paulo 2 Sofa 3 Seater dari Informa ini didesain dengan warna yang elegan yakni hitam. Sofa berukuran 69x209x50 cm tersebut terbuat dari bahan kulit sintetis yang dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Selain itu material lain yang digunakan adalah PVC. Memiliki desain bergaya modern, dudukan sofa ini memiliki tingkat kepadatan yang baik sehingga memiliki bentuk yang stabil dan tetap empuk.

Harga Rp. 7.999.000-10.999.000

Kabyio Sofa Jati Mix Rotan 3 Seat

Memiliki ukuran 70x200x85 cm, Kabyio Sofa Jati Mix Rotan 3 Seat terbuat dari material perpaduan kayu dan kain viena. Sedangkan pelapisan akhir pada bagian kayu berwarna walnut doff yang dikerjakan secara custom.

Harga Rp. 6.310.000-6.285.000

Sofa Sudut Cendrawasih by Lovise

Sofa sudut Cendrawasih didesain menggunakan bantalan busa tebal untuk memaksimalkan kenyamanan penggunaan. Selain itu sofa ini juga dilengkapi dengan konstruksi yang kuat dan kokoh agar semakin awet. Ketahanan lama ini disempurnakan dengan jahitan yang rapi dan kuat di bagian kain sofa.

Terdiri dari tiga pilihan warna yakni coklat kayu, graphite, dan biru, material sofa ini berbahan polyester canvas bertipe viena. Sedangkan rangka sofa berbahan pinus yang dikombinasi dengan sengon dan bagian kakinya menggunakan jati. Memiliki ukuran 150x200x83 cm, sofa sudut Cendrawasih dari Lovise ini nyaman dan lembut ketika diduduki.

Harga Rp. 4.399.000-6.861.000

Vienna Way Sofa Retro

Sofa dudukan tiga berikutnya yang direkomendasikan adalah Vienna Way Sofa Retro. Sofa ini memiliki warna terang yang diperoleh dari bahan kayu jenis sungkai solid. Sedangkan varian warna gelap yang ditawarkan diperoleh dari bahan kayu jati, teak, atau mahoni.

Terbuat dari kayu berkualitas baik membuat sofa ini memiliki konstruksi yang kuat. Untuk bagian busa berbahan royal foam. Sedangkan material kain sofa terbuat dari velvet, oscar, kanvas, dan fabric suede.

Harga Rp. 1.414.000-3.809.600

Sofa Bed Davincie

Cocok digunakan untuk ruang bergaya minimalis, Sofa Bed Davincie juga memiliki harga sangat terjangkau. Terbuat dari kain merk daphne dan vienna yang berjenis kanvas, sofa ini menawarkan banyak pilihan warna yang diantaranya chestnut, golden, marine, dan masih banyak lagi.

Tak hanya menjadi sofa, Davincie juga dapat dialihfungsikan sebagai tempat tidur sehingga tak hanya dapat digunakan di ruang tamu saja, namun juga ruang keluarga. Sofa Bed Davincie memiliki ukuran 180x55x55 cm.

Harga Rp. 1.000.000-1.679.000

Michio Sofa 3 Seater by Heim Studio

Sofa berdesain minimalis berikutnya adalah sofa dari Heim Studio yang bernama Michio Sofa 3 Seater. Sofa dengan gaya Japanese Scandinavian atau Japandi yang sedang menjadi tren saat ini dilengkapi dengan fitur storage di kedua sisi lengannya.

Untuk itu selain dapat digunakan untuk duduk santai, sofa ini juga memiliki tempat penyimpanan buku atau gadget. Memiliki warna natural, sofa ini tentu dapat dikombinasikan dengan warna furnitur apapun yang kamu miliki.

Harga Rp. 3.199.000-7.399.000

Sofa Okin 3 Seat by Ivaro Furniture

Sofa Okin 3 Seat yang dikeluarkan oleh Ivaro Furnitur ini memiliki bahan berkualitas tinggi dengan kaki yang seluruhnya terbuat dari material besi. Tidak seperti sofa lain pada umumnya, bantal sandaran dari sofa Okin dapat dibongkar pasang untuk kemudahan perawatan atau pencucian.

Selain itu perawatan yang dilakukan juga dapat hanya menggunakan penyedot debu saja. Tersedia dari berbagai macam warna diantaranya hitam dan krem, detail desain Sofa Okin 3 Seat by Ivaro Furniture terlihat dari model jahitan kancing yang membuat visualnya terlihat lebih menarik.

Harga Rp. 2.750.000-4.999.000
From our editorial team

Perhatikan Perawatan atau Pencucian Sofa

Sebelum membersihkan sofa perlu untuk mengenal bahan sofa karena tiap bahan tentu memiliki perlakuan yang berbeda. Selain itu hindari membersihkan sofa setiap minggu karena dapat membuatnya cepat pudar, terlihat usang, dan pemukaannya menjadi berbulu.